Jurusan Public Policy: Informasi Jurusan dan Prospek Kerja

Jurusan Public Policy: Informasi Jurusan dan Prospek Kerja

Jurusan Public Policy: Informasi Jurusan dan Prospek Kerja

Bagi sebagian orang mungkin jurusan Public Policy (kebijakan publik) masih terdengar asing, sebenarnya apa sih jurusan Public Policy itu dan apa aja sih yang dipelajari di dalamnya? Berikut penjelasannya.

 

Tentang Jurusan Public Policy

Secara akademik jurusan ini merupakan program studi interdisiplin yang membahas dan mencari hubungan antara teori dengan teknik analisis untuk beberapa bidang seperti politik, ekonomi, filsafat, hukum ataupun psikologi. Selain itu, fokus utama yang dipelajari dalam jurusan ini yaitu tentang memahami isu-isu yang dapat mempengaruhi pemerintah.

Biasanya program studi Public Policy ini ditawarkan untuk program pascasarjana. Materi pembelajaran atau konten dari jurusan ini kerap kali bersinggungan dengan program Public Administration. Karena keduanya sama-sama memiliki tujuan untuk bisa memahami tentang administrasi publik dan bagaimana suatu kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah dirumuskan. Maka dari itu, terdapat beberapa perguruan tinggi yang menawarkan gelar Dual Degree pada jurusan ini.

Hal yang menarik dari jurusan ini ialah, kebutuhan akan lulusan Public Policy ini akan selalu dibutuhkan dan terus meluas secara kompetitif. Alasannya adalah dalam suatu pemerintahan pasti akan selalu terdapat permasalahan dari segi apapun, dan peran yang diberikan oleh lulusan dari jurusan ini yaitu bisa mempraktikan ilmu yang dimiliki dari pendidikan sebelumnya dan mampu memberikan pemikiran baru yang inovatif dan dapat berpengaruh pada keberhasilan program atau kebijakan publik yang dibuat.

 

Hubungi tim marketing kami di sini.

 

Apa Saja yang Dipelajari?

Dalam masa perkuliahan, mahasiswa jurusan Public Policy ini harus bisa menguasai metode penelitian kuantitatif ataupun metode analisis lainnya. Sebab ketika lulus dan berhasil mendapatkan pekerjaan yang relevan. Mereka akan dihadapkan dengan bagaimana dalam melakukan atau menyelesaikan suatu analisis, evaluasi, hingga memanajemen aktivitas politik. Selain itu, mahasiswa Public Policy ini akan mendapatkan keterampilan dalam berpartisipasi di bidang pelayanan pemerintah, pengetahuan dasar mengenai hukum, pengelolaan kontrak, ataupun hal-hal lain yang berkaitan langsung dengan publik.

Sayangnya, di Indonesia sendiri hanya terdapat satu perguruan tinggi yang menyediakan program studi dengan jurusan Public Policy. Universitas Indonesia adalah satu-satunya perguruan tinggi negeri yang membuka program Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik (MPKP).

Program ini menawarkan studi pada bidang yang berbeda-beda, antara lain: Ekonomi Perencanaan Daerah, Ekonomi Keuangan Negara dan Daerah, Ekonomi Persaingan Usaha, Ekonomi Keuangan dan Perbankan, Ekonomi Globalisasi, Ekonomi Infrastruktur dan Properti, serta Manajemen Sektor Publik yang terdiri dari Infrastruktur Publik dan Penanggulangan Kemiskinan.

Pada dasarnya kehidupan manusia selalu diatur oleh sebuah kebijakan. Kita pun sebagai manusia sudah seharusnya mengikuti kebijakan yang dibuat demi kebaikan bersama. Itu dia penjelasan tentang jurusan Public Policy dan berbagai hal yang dipelajari di dalamnya, sangat menarik bukan.

 

Mediamaz Translation Service

Masih bingung dan membutuhkan penerjemah dokumen untuk kelengkapan perjalanan, persyaratan pendidikan, ataupun dokumen legalisasi di luar negeri? tidak perlu khawatir! Kami Mediamaz Translation Service penyedia jasa layanan penerjemah tersumpah dan terpercaya akan membantu kamu kapanpun dan dimanapun. Hilangkan kekhawatiran kamu karena kami siap melayani 24 jam!.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *