Jurusan Teknik Sipil: Info Jurusan & Universitas Terbaik

Jurusan Teknik Sipil: Info Jurusan & Universitas Terbaik

Jurusan Teknik Sipil: Info Jurusan & Universitas Terbaik

Sudah menjadi rahasia umum, teknik sipil menjadi salah satu jurusan di perguruan tinggi dengan penghasilan memadai di dunia kerja. Akan tetapi, besar kecilnya gaji kadang dipengaruhi oleh tempat belajar, apabila bergengsi maka perusahaan akan menimbang besaran gaji yang patut diberikan. Bagi kamu peminat jurusan ini dan sedang mencari kampus, yuk simak artikel ini!

 

Tentang Jurusan Teknik Sipil

Secara umum, teknik sipil adalah jurusan yang mempelajari tentang proses merancang, membangun, merenovasi sera mensupervisi berbagai infrastruktur, seperti bangunan gedung, jalan, jembatan, bendungan, bandara dan lainnya.

Dalam jurusan ini kamu akan belajar mengenai bagaimana merancang bangunan yang kuat, aman dan efisien. Kamu juga akan belajar mengenai berbagai unsur-unsur bahan dalam bangunan, seperti kayu, baja, beton, kaca dan sebagainya untuk menentukan bahan mana yang sesuai untuk proyek pembangunan yang dilakukan.

Teknik sipil memiliki peranan besar dalam kehidupan manusia karena dalam membangun sebuah bangunan maupun infrastruktur lainnya harus mempertimbangkan manfaatnya bagi masyarakat, fungsinya dan juga keselamatan pekerja.

 

Hubungi tim marketing kami di sini.

 

Mengapa Kuliah di Luar Negeri?

Kemudian, mengapa kuliah teknik sipil di luar negeri? Tanpa merendahkan kualitas universitas dalam negeri, berikut 5 alasan yang sering jadi alasan mengapa banyak pelajar yang memilih melanjutkan studi ke luar negeri.

  1. Termasuk bidang STEM

Pertama, teknik sipil masuk dalam salah satu bidang STEM yang sangat vital untuk perkembangan berbagai sektor. STEM adalah singkatan dari Science, Technology, Engineering & Mathematics yang memiliki transferable skills yang selalu dibutuhkan di semua sektor. Lulusan STEM sangat dicari di negara-negara besar, seperti Amerika, Inggris dan Australia.

     2. Kualitas Pendidikan

Kedua, bukan rahasia lagi jika universitas di luar negeri memiliki standar pendidikan terbaik. Hal ini semakin sempurna dengan dukungan berbagai fasilitas lengkap, seperti laboratorium lengkap untuk praktik dilengkapi peralatan canggih. Hal ini tentu akan semakin membantu mahasiswa untuk belajar dengan baik dan lebih siap bekerja ketika lulus kuliah.

     3. Kesempatan magang & pertukaran pelajar

Ketiga, universitas di luar negeri biasanya menjalin kerja sama dengan universitas di negara lain yang memberi kesempatan pertukaran pelajar internasional hingga magang di perusahaan konstruksi asing. Selain memberi pengalaman kerja, magang juga memungkinkan mahasiswa memiliki koneksi profesional yang berguna saat mencari pekerjaan nantinya.

 

Universitas Terbaik di Dunia

Selanjutnya, dilansir dari QS World University Rankings 2018 berikut ini adalah top 3 universitas terbaik di dunia untuk jurusan teknik sipil: 

  1. University of Oxford

Kampus yang satu ini sudah tidak bisa dipungkiri lagi kesuksesannya dalam menelurkan orang-orang berbakat. University of Oxford merupakan salah satu kampus terbaik di dunia dan menjadi kampus idaman oleh seluruh masyarakat di dunia. 

Tak ayal lagi, University of Oxford juga menjadi kampus terfavorit bagi seluruh remaja yang baru saja lulus. Banyak ilmuan-ilmuan lahir dari kampus tersebut.

      2. Stanford University

Kampus yang telah berdiri sejak 1885 menjadi salah satu pilar kebanggaan Amerika di akademis. Di samping itu, para mahasiswa wajib menyelesaikan mata kuliah teknik maupun rekayasa supaya mereka benar memahami pengantar hukum dasar teknik yang mencakup mekanika fluida lingkungan dan hidrologi. Lalu, mereka juga belajar mata kuliah wajib yang mencakup desain arsitektur, konstruksi, dan geoteknik.

     3. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Masih berada di Amerika, kampus lain yang tak kalah super dari Stanford University adalah Massachusetts Institute of Technology (MIT). Faktanya, kampus satu ini memang menjadi salah satu kampus terbaik di dunia dan menjadi impian banyak anak muda.

Berdiri sejak 1861, kampus ini memberikan ujian masuk terlebih dahulu pada siswanya untuk menentukan bakat dan kemampuan mereka. Setelah ujian, barulah siswa dikelompokkan sesuai dengan bidangnya, seperti bidang sipil, lingkungan, atau sistem.

 

Prospek Kerja

Seperti disebutkan di atas, lulusan teknik sipil memiliki banyak sekali peluang kerja di masa depan. Hal ini sejalan dengan kebutuhan pembangunan infrastruktur yang tak akan pernah berhenti di mana pun. Hal ini menciptakan banyak lowongan pekerjaan untuk lulusan jurusan ini, baik di dalam maupun luar negeri.

Beberapa contoh pekerjaan yang bisa ditekuni oleh lulusan teknik sipil di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Insinyur Konstruksi
  2. Kontraktor Konstruksi Bangunan
  3. Insinyur Struktur
  4. Sumber Daya Perairan
  5. Insinyur Pemeliharaan Bangunan

 

Layanan Mediamaz Translation Service

Gimana nih sahabat Meddy, tertarik untuk daftar jurusan Teknik Sipil di luar negeri? Yuk persiapkan segala dokumen pendaftaran kamu, seperti ijazah, transkrip nilai dan sebagainya. Untuk terjemahan kamu bisa menggunakan layanan jasa kami, loh. Dengan harga yang pas di kantong, hasil terjemahan pun berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.