Kehidupan Di Jepang: Kegiatan Sehari-hari di Jepang yang Sesungguhnya

Kehidupan Di Jepang: Kegiatan Sehari-hari di Jepang yang Sesungguhnya

kehidupan jepang

Aktivitas merupakan kebutuhan penting bagi kehidupan manusia entah itu dalam memenuhi kebutuhan ekonomi atau dalam hal kesehatan sekalipun. Di berbagai belahan dunia tentu saja memiliki perbedaan aktivitas, tahukah anda aktivitas di suatu negara sangat berpengaruh terhadap kemajuan negaranya? Aktivitas merupakan sumber kehidupan terpenting bagi manusia yang dapat membentuk karakter suatu negara. Kehidupan Jepang memiliki perbedaan dengan kehidupan di Indonesia, kehidupan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti wilayah dimana orang tersebut tinggal. 

Pada artikel kali ini kami akan memberikan sejumlah informasi menarik untuk anda simak mengenai kehidupan Jepang yang unik mulai dari gaya hidup wilayah perkotaan dan pedesaan hingga aktifitas umum apa saja yang biasa dilakukan oleh orang Jepang sehingga membuatnya dikenal dunia akan hal itu.

KEHIDUPAN DI JEPANG & DAILY ROUTINE MASYARAKATNYA

Populasi masyarakat Jepang rata-rata tinggal di wilayah perkotaan seperti Tokyo, Yokohama, Kawasaki, Osaka dan Nagoya. Sebagian besar pekerja yang berada di wilayah perkotaan memiliki manajemen kerja yang tinggi dan etos kerja yang sangat ketat. Dengan hidup di wilayah urban menjadi masyarakat Jepang untuk menggunakan transportasi umum dalam memenuhi aktivitas harian mereka terutama untuk berangkat ke kantor.

Transportasi umum yang terkenal di Jepang adalah kereta cepat atau shinkansen yang memiliki kecepatan hingga 300 km/jam yang memungkinkan masyarakatnya betah dengan fasilitas tersebut. Kereta biasanya mulai berangkat jam 7 pagi karena hal tersebut sesuai dengan jam kerja atau jam aktivitas masyarakat Jepang dalam memenuhi kebutuhan harian mereka. 

Ada beberapa informasi yang kami dapatkan dari quora.com mengenai aktivitas harian atau masyarakat Jepang yang umumnya dilakukan berdasarkan pengalaman masing-masing individu. Menurut Masahiro Yusuke, kehidupan Jepang yang dilakukan sebagai warga negara Jepang adalah memulai aktifitas pagi dengan secangkir kopi atau jika terhitung akan mengalami keterlambatan biasanya akan pergi ke restaurant Jepang. 

Diatas tadi merupakan salah satu rutinitas berdasarkan pengalaman pribadi, lalu bagaimana dengan rutinitas yang memang biasanya dilakukan oleh orang Jepang? Berikut informasi nya untuk anda yang kami rangkum menurut https://factsanddetails.com/japan/cat19/sub122/item647.html#:~:text=The%20daily%20activities%20of%20a,decisions%2C%20giving%20out%20allowances%20to dan tsunagu.com

Vending Machine

Kehidupan Jepang tidak bisa dilepaskan dari aktivitas teknologi. Ketika anda mengunjungi Jepang tidak usah heran jika melihat di sepanjang jalan tersedia fasilitas vending machine. Banyak sekali vending machine di Jepang yang menjual makanan hingga minuman dingin atau panas. 

Tatami

Rumah tradisional Jepang biasanya terdapat tatami atau matras kecil yang digunakan sebagai alas duduk.

Mengedepankan Kualitas

Orang Jepang dalam membeli sesuatu terkenal akan menuntut sehingga tidak heran jika mereka mengutamakan kualitas dibanding harga. Berlaku ketika mereka membeli sayur dan buah-buahan, mereka akan memilih yang terbaik dan masih segar sehingga tidak heran jika supermarket disana hanya menjual kualitas yang terbaik, jika ada buah atau sayur yang tidak memenuhi standar maka tidak akan layak jual atau harganya akan turun dan lebih sedikit peminatnya

Kepercayaan Dewi Matahari

Layaknya keseharian di Indonesia, kehidupan Jepang pun demikian. Nasi merupakan makanan pokok orang Jepang, mereka menanak nasi menggunakan alat penanak nasi yang disebut dengan rice cooker. Sebagian rumah di Jepang tidak memiliki oven atau mesin pencuci piring. Orang Jepang juga tidak menggunakan pengering khusus karena mereka percaya bahwa dewi Matahari, Shinto Amaterasu melihat langsung ke bawah ke benda-benda yang tidak dijemur, sehingga anda tidak perlu heran jika banyak melihat pakaian di balkon-balkon rumah Jepang banyak yang digantung dibawah sinar matahari.

Budaya Lepas Sepatu

Menurut adat Jepang, orang wajib melepas sepatu atau sandalnya jika ingin masuk kedalam rumah. Biasanya sepatu dan sandal ditaruh di genkan atau area pintu masuk dan harus berhati-hati untuk tidak menginjak genkan dengan kaki telanjang sebab di dalam adat orang Jepang memang harus seperti itu. 

Tepat Waktu

Setiap menit sangat berharga bagi orang Jepang sehingga hal ini lah yang menjadi kebiasaan orang Jepang untuk disiplin. Sebelum anda merencanakan untuk bekerja di Jepang pastikan bahwa anda mengetahui peraturan disana karena untuk hal keterlambatan atau urusan bisnis lainnya, terlambat adalah suatu hal yang tidak bisa ditoleransi lagi

Naik Kendaraan Umum

Kebanyakan orang Jepang menghabiskan waktu mereka untuk naik kendaraan umum seperti yang paling populer adalah shinkansen. Di Jepang kereta sangat padat sekali terutama jika menjelang pulang kerja. Karena saking padatnya kereta, ada sebuah profesi unik yang khusus menangani penumpang yang membludak atau dikenal dengan oshiya dimana petugas membantu mendorong paksa masuk penumpang ke dalam kereta.

Tidur di Tempat Umum

Ketika anda mengunjungi Jepang tidak perlu bingung lagi ketika melihat kebiasaan unik yang satu ini. tidur siang di kantor atau kendaraan umum adalah hal yang wajar dan dapat diterima oleh budaya setempat. Dalam bahasa Jepang dikenal dengan inemuri atau tidur saat bertugas yang berarti hal ini adalah tanda ketekunan yang halus atau sebagai tanda bahwa anda orang pekerja keras. 

Kotak Makan siang / Bento

Negara Jepang terkenal akan kotak makan siang mereka atau biasa disebut dengan bento. Bento tidak hanya berlaku untuk anak sekolahan saja namun orang dewasa yang bekerja kerap kali disediakan bento. Jika kotak makan siang di dunia umumnya hanya berupa makanan saja, di Jepang bento biasanya dikreasikan dalam berbagai macam bentuk dan karakter yang lucu.

Olahraga Pagi

Menurut informasi yang kami peroleh dari livejapan.com orang Jepang hingga saat ini masih suka melakukan rutinitas di pagi hari dengan melakukan olahraga ringan. Olahraga yang populer dilakukan adalah senam. Ada sebuah stasiun tv di Jepang yang khusus menayangkan acara olahraga di pagi hari dengan nama stasiun tv NHK. 

Membaca Buku

Menjadi hal yang wajar jika di Jepang banyak orang berlama-lama berdiri untuk membaca buku di toko buku. Mereka sangat menghargai karya penulis negara mereka sendiri sehingga tidak heran banyak buku yang sering dibaca adalah buku novel, komik manga dan lain-lain.

Tidak Buang Sampah Sembarangan

Ketika tinggal di Jepang, anda akan banyak belajar tentang kedisiplinan termasuk tidak membuang sampah di sembarang tempat. Orang Jepang biasanya membawa sampah mereka ke rumah ketika bepergian karena ada hal yang perlu anda ketahui bahwa di Jepang tidak banyak menyediakan tempat sampah loh! Jadi ketika anda mengunjungi Jepang pastikan untuk membawa sampah anda sampai ke rumah, tempat sampah biasanya hanya disediakan di tempat-tempat tertentu seperti McDonald’s atau toko lainnya. 

KEHIDUPAN JEPANG & HOBI ORANG-ORANGNYA

Negara Jepang merupakan salah satu negara maju yang dalam segi ekonomi sedang maju pesat. Kemajuan ekonomi didukung oleh aktivitas masyarakatnya yang giat dalam bekerja, karena terlalu fokus akan dunia kerja sering kali membuat orang Jepang merasa jenuh. Tidak heran jika waktu luang disaat hari libur biasanya mereka melakukan kegiatan kesukaan mereka atau hobi. Berikut merupakan hobi yang biasa dilakukan oleh orang Jepang menurut sugoii-japan.com 

  1. Hobi orang Jepang terutama yang tinggal di wilayah perkotaan adalah mengisi waktu libur mereka dengan bermain Pachinko atau arcade game lainnya.
  2. Anime di Jepang sangat terkenal hingga seluruh dunia, banyak orang mengisi waktu libur mereka untuk menonton anime kesukaan mereka di platform streaming seperti Netflix
  3. Hobi tradisional juga masih dijalani oleh beberapa orang di Jepang, seperti bersantai di pemandian air panas atau dikenal dengan onsen. Selain melakukan onsen, orang Jepang juga bermain permainan tradisional yang bernama papan go atau igo dalam bahasa Jepang. Permainan ini mirip dengan catur yang dimana pemainnya membutuhkan strategi untuk menguasai lebih banyak wilayah lawan main.

Negara yang maju seperti Jepang menjadi contoh yang baik bagi setiap negara sebab dibalik kemajuan teknologi hingga SDM nya, mereka tidak meninggalkan nilai-nilai budaya yang mereka miliki. Latar belakang sejarah yang menjadikan negara Jepang untuk terus berkembang kearah yang lebih maju dan unggul. Nah bagaimana apakah anda tertarik dan memiliki plan untuk sekedar berlibur ke jepang atau melanjutkan Pendidikan ke Negara maju tersebut? sebelum memiliki plan ke Jepang ada baiknya untuk belajar mengenai budaya maupun bahasa nya agar anda dapat menjalin relasi yang lebih baik lagi dengan warga lokal. Kami Mediamaz Translation Service siap membantu anda dalam mengurus berbagai macam dokumen bahasa asing hingga paspor untuk anda yang ingin berbisnis atau studi Pendidikan ke Jepang. Translator kami merupakan translator terpercaya dan sudah mendapat pengakuan atau legalisasi bersertifikat. Kami mempermudah pengurusan dokumen dan paspor anda sesuai dengan negara tujuan anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.