Kembangkan Profesionalitas Anda Sebagai Penerjemah dengan Ikut Sertifikasi di Mediamaz

Kembangkan Profesionalitas Anda Sebagai Penerjemah dengan Ikut Sertifikasi di Mediamaz

Bukan Cuma Harus Bisa Bahasa Asing! Ini Dia Cara Lain Jadi Penerjemah Profesional!

Penerjemah merupakan seseorang yang memiliki keahlian mengalih bahasakan bahasa sumber ke bahasa sasaran. Selain itu, penerjemah juga harus memiliki kemampuan yang mendetail terkait dengan bahasa yang akan mereka terjemahkan. Apalagi jika seorang penerjemah tersebut telah memiliki nama besar, jika salah sedikit saja dalam menerjemahkan maka akan berakibat fatal bagi karirnya sebagai penerjemah profesional. Untuk menjadi penerjemah, memang perlu memenuhi beberapa syarat yang bisa dibilang tidak mudah. Tahapan-tahapan tersebut bisa Anda penuhi dan bisa juga tidak untuk Anda penuhi, tetapi jika Anda berniat menjadi penerjemah yang kompeten, Anda perlu memenuhi persyaratan ini. Lantas, apa saja syarat-syarat tersebut? Kali ini Mediamaz akan membahas seluruh persyaratan yang harus dipenuhi, dari menguasai bahasa sampai mengikuti sertifikasi penerjemah. Simak baik-baik ya!

sertifikasi penerjemah mediamaz

By Pixabay

Syarat dan Cara Menjadi Penerjemah

Seperti yang telah dikatakan di atas, bahwa menjadi penerjemah butuh memenuhi beberapa syarat. Syarat-syarat serta cara menjadi penerjemah akan Mediamaz jelaskan di bawah ini!

Baca Juga: Bootcamp Penerjemah Online

1. Pendidikan Bahasa yang Baik

Untuk menjadi seorang penerjemah, Anda harus memiliki pendidikan bahasa yang baik. Entah itu secara akademis maupun secara otodidak. Saat Anda telah memiliki pengetahuan bahasa yang baik dan benar, maka Anda juga akan mengetahui pedoman-pedoman penerjemahan dan penulisan yang benar. Tidak hanya itu, sebagai penerjemah Anda juga perlu menguasai grammar atau tata bahasa, vocabulary atau kosakata. Dengan menguasai hal-hal tersebut, maka dapat dipastikan Anda akan menjadi penerjemah yang baik. Untuk Anda yang ingin menjadi penerjemah tetapi tidak memiliki latar pendidikan akademik di bidang bahasa, Anda bisa mengikuti pelatihan bootcamp di Mediamaz. Setelah mengikuti bootcamp, Anda bisa mengikuti ujian sertifikasi menjadi penerjemah yang tersedia juga di Mediamaz Translation Service.

2. Menguasai Bahasa Dalam Berbagai Bidang

Selain harus menguasai tata bahasa, vocabulary, dan cara menulis yang benar. Seorang penerjemah perlu menguasai berbagai bidang yang dokumennya akan mereka terjemahkan nantinya. Misalnya, penerjemah harus menguasai bidang pendidikan, sehingga jika mereka mendapatkan klien yang ingin menerjemahkan dokumen dalam bidang pendidikan seperti keperluan beasiswa, maka penerjemah mampu menerjemahkannya dengan bahasa yang sesuai dengan kaidah atau pedoman penulisan untuk beasiswa. Contoh lainnya, jika penerjemah mendapatkan klien yang ingin menerjemahkan dokumen bisnis, pastinya format serta bahasa yang akan penerjemah gunakan juga akan berbeda. Inilah gunanya kenapa penerjemah perlu menguasai bahasa di banyak bidang.

3. Masuk ke Agensi Penerjemah

Salah satu cara paling efektif untuk bisa menjadi penerjemah adalah bergabung ke agensi penerjemah. Salah satunya seperti Mediamaz Translation Services. Mediamaz membuka lowongan bagi Anda yang ingin menjadi penerjemah tersumpah maupun penerjemah profesional atau freelance. Dengan bergabung ke agensi penerjemah seperti Mediamaz, Anda akan disalurkan untuk menerjemahkan dokumen-dokumen klien. Sebelum itu, jika Anda ingin tetapi belum memiliki keahlian yang merupakan minimal untuk menajdi seorang penerjemah, Anda bisa mengikuti bootcamp yang juga tersedia di Mediamaz. Setelahnya, Anda bisa mengikuti sertifikasi penerjemah yang juga Mediamaz sediakan.

4. Mengikuti Ujian Sertifikasi Penerjemah

Cara yang terakhir adalah dengan mengikuti ujian sertifikasi penerjemah. Sudah banyak platform yang menyediakan ujian sertifikasi untuk menjadi penerjemah. Salah satunya adalah Mediamaz. Selain menyediakan layanan bootcamp untuk menjadi translator. Anda juga bisa mendaftar untuk mengikuti ujian sertifikasi untuk membuat diri Anda menjadi penerjemah yang lebih kompeten dan profesionalitas Anda akan meningkat. Dengan memiliki sertifikat penerjemah, hal tersebut bisa menjadikan bukti atau portofolio untuk klien lihat jika memang klien tersebut memintanya.

Ayo Ikuti Sertifikasi Penerjemah di Mediamaz!

Baca Juga: Bootcamp Penerjemah Bahasa Inggris

Seperti yang telah disebutkan pada poin 4, bahwa sertifikasi adalah sebuah hal penting untuk menunjang karir Anda sebagai penerjemah. Untuk tujuan tersebut, Mediamaz dengan suka cita menyediakan pelayanan sertifikasi penerjemah untuk Anda yang bercita-cita menjadi penerjemah profesional. Jikalau Anda telah menjadi penerjemah, Anda tetap bisa mengikuti ujian sertifikasi ini agar profesionalitas Anda sebagai penerjemah meningkat. Dengan begitu, kepercayaan klien kepada Anda juga akan meningkat. Segera ikuti ujian sertifikasi yang tersedia di Mediamaz Translation Services, karena Anda akan mendapatkan benefit yang banyak loh. Tunggu apalagi? Segera daftarkan diri Anda untuk ujian sertifikasi penerjemah di Mediamaz!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.