Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Cara Kerja di Jepang: Semua Hal yang Wajib Anda Ketahui

Dapat bekerja di luar negeri merupakan salah satu impian banyak orang. Selain karena keinginan mereka untuk bepergian ke luar negeri meskipun tujuannya bekerja. Terkadang hal itu terjadi karena faktor ekonomi keluarga. Tidak dapat dipungkiri bahwa gaji yang ditawarkan saat mereka bekerja di luar negeri itu cukup menggiurkan yang di mana cukup untuk membiayai hidup keluarga mereka. Sehingga tidaklah heran bahwa banyak masyarakat kita yang bekerja di luar negeri termasuk Jepang. Jepang sendiri masih menjadi salah satu destinasi yang paling banyak diminati oleh para pencari kerja. Mari simak lebih lanjut artikel di bawah ini terkait dengan cara kerja di Jepang, syarat, biaya hidup, serta gaji untuk informasi lebih lengkapnya.

Cara Kerja di Jepang

sumber: WeXpats

Kerja di Jepang 

Dilansir dari CNBC Indonesia, terdapat seorang jurnalis yang mengatakan bahwa secara statistik jumlah tenaga kerja Indonesia (TKI) di Jepang mencapai 50 ribu orang. Angka tersebut tentu jelas menunjukkan bahwa Jepang masih menjadi daya tarik tersendiri bagi para tenaga kerja asal Indonesia. Bahkan jumlah tersebut terus meningkat setiap tahunnya. 

Fenomena tersebut semua berawal sejak Indonesia dan Jepang menjalin kerja sama bilateral di bidang ekonomi. Sejak saat itu Jepang membuka banyak lapangan kerja untuk tenaga kerja asal Indonesia. Banyak sektor industri Jepang yang juga membutuhkan para tenaga kerja ini. Hal itu karena tingkat kelahiran rendah di Jepang yang menjadi pemicu untuk membuka lowongan pekerjaan bagi tenaga kerja asing. Sehingga Jepang memberi peluang besar untuk para tenaga kerja Indonesia ini bekerja di berbagai sektor industri mereka.

Baca Juga: “Belajar Bahasa Jepang Pemula Dengan Mudah dan Efektif

Syarat Kerja di Jepang 

Sebenarnya persyaratan yang dibutuhkan untuk dapat kerja di Jepang tidaklah jauh berbeda dengan bekerja di Indonesia. Latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan juga sertifikat keahlian menjadi syarat esensial yang Anda butuhkan untuk bekerja di Jepang. Namun, selain hal itu berikut beberapa persyaratan umum yang wajib untuk Anda perhatikan terlebih dahulu sebelum berkeinginan untuk bekerja di Jepang.

1. Kemampuan Berbahasa Jepang

Memiliki kemampuan berbahasa Jepang sepertinya hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan sebelum bekerja di negara tersebut. Terutama Jepang adalah negara yang sangat menjunjung tinggi bahasa ibu mereka, sehingga wajib bagi Anda untuk menguasai bahasa Jepang. Selain untuk menghargai, kemampuan berbahasa tersebut juga akan sangat membantu Anda untuk berkomunikasi saat bekerja dengan mereka. Sehingga miskomunikasi di antara keduanya akan terminimalisir dengan kemampuan berbahasa Jepang yang Anda miliki.

Namun, kemampuan berbahasa Jepang saja tidaklah cukup untuk Anda bisa bekerja di negara tersebut. Melainkan Anda harus mengikuti ujian khusus yang diadakan oleh The Japan Foundation yaitu JFT-Basic agar dapat bekerja di sana. Ujian ini akan mengukur kemampuan berbahasa Jepang anda saat bekerja di sana. Di mana sebagai calon pekerja, Anda wajib untuk mencapai level dasar atau level A2 dengan standar sebagai berikut:

  • Memahami ungkapan atau kalimat yang lazim digunakan yang berhubungan secara langsung dengan suatu wilayah, seperti membahas mengenai kondisi pribadi, keluarga, berbelanja, tetangga, pekerjaan dan lainnya. 
  • Mampu menanggapi dalam suatu pertukaran informasi apabila terjadi interaksi lisan yang berkaitan dengan lingkup keseharian. 
  • Mampu untuk menjelaskan dengan kalimat sederhana mengenai latar belakang diri sendiri, kondisi sekitar, maupun permasalahan suatu wilayah yang dibutuhkan secara langsung.

Hasil tes ini biasanya akan para pekerja gunakan sebagai bukti kemampuan berbahasa mereka untuk mengajukan status izin tinggal mereka di sana selama bekerja.

2. Tingkat Pendidikan

Tingkat pendidikan akan menentukan jenis serta posisi pekerjaan yang dapat Anda lamar. Hal ini bahkan sama dengan di Indonesia, di mana gelar pendidikan dan kemampuan khusus menentukan Anda untuk berada di posisi tertentu. Tetapi jika Anda tidak memiliki latar pendidikan yang tinggi, Anda dapat melamar pada posisi pekerjaan yang tidak membutuhkan keahlian khusus. 

3. Medical Check-Up

Kesehatan fisik menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk Anda dapat bekerja di Jepang. Hasil check up keseluruhan dibutuhkan agar Anda dapat melamar pekerjaan di perusahaan atau industri di Jepang. 

Para pelamar kerja yang ingin bekerja di Jepang tidak boleh memiliki penyakit kronis. Selain itu, mereka juga tidak boleh memiliki penyakit mata dan juga penyakit kulit. Maka dari itu, pengecekan kesehatan secara menyeluruh wajib bagi mereka para pelamar kerja di Jepang.

Baca Juga: “10 Makanan yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Jepang

Cara Kerja di Jepang 

Terdapat beberapa cara agar Anda bisa bekerja di Jepang. Cara tersebut adalah sebagai berikut:

1. Program Pemerintah

Karena adanya kerja sama bilateral antara Indonesia dan Jepang di bidang ekonomi dan ketenagakerjaan. Setiap tahunnya, pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan selalu mengirimkan WNI untuk mengikuti program kerja magang di Jepang.

Jika berminat, Anda dapat mendaftarkan diri ke Dinas Ketenagakerjaan setempat. Berikut beberapa persyaratan wajib yang Anda harus perhatikan sebelum mendaftarkan diri dalam program magang tersebut:

  • Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 26 tahun 
  • Tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 150 cm untuk wanita dengan berat badan proporsional
  • Pendidikan minimal SMA/SMK sederajat dan lulusan D3/S1
  • Tidak memiliki disabilitas fisik dan penglihatan serta tidak memiliki tato

2. Jalur Swasta

Selain jalur pemerintah, jalur swasta ini juga bisa membantu Anda mencapai impian untuk bekerja di Jepang. Melalui P3MI (Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia), Anda dapat mereka bantu untuk bekerja di Jepang. Lembaga ini membantu sebagai penghubung antara perusahaan Jepang dan Anda sebagai pelamar kerja. 

Di sini, Anda akan mendapat berbagai pelatihan sebelum akhirnya berangkat ke Jepang untuk bekerja. Tentu Anda wajib untuk membayar jika mengikuti jalur ini. Jumlah pembayarannya tergantung dengan program pelatihan yang Anda pilih. Namun, yang perlu Anda perhatikan adalah legalitas dari P3MI yang ada karena tidak semuanya legal dan dapat Anda percaya. 

Baca Juga: “Universitas Jepang: Osaka University Bisa Menjadi Pilihan

Gaji di Jepang 

Terkait dengan upah kerja di Jepang, hal itu memiliki perbedaan jumlah di setiap wilayah prefektur. Selain itu terdapat pula banyak faktor yang mempengaruhi upah yang mereka dapatkan. Hal itu juga tergantung dengan jenis pekerjaan mereka. Namun, yang harus Anda ketahui adalah perhitungan gaji di Jepang berbeda dengan Indonesia. Mereka memberlakukan sistem perhitungan upah gaji berdasarkan jam kerja. Biasanya selama 1 jam kerja Anda akan diberikan upah sebesar 1.013 Yen atau sejumlah Rp116.000. Tetapi hal ini tergantung dengan kurs yang mungkin bisa naik atau turun kapanpun.

Baca Juga: “3 Universitas di Jepang yang Membuka Program Beasiswa Penuh

Jasa Penerjemah Mediamaz Translation Service 

Bagi Anda yang sedang mencari jasa penerjemah bahasa Jepang terutama untuk dokumen yang akan Anda gunakan saat melamar kerja di Jepang. Anda sedang berada di tempat yang tepat. Mediamaz Translation Service selaku perusahaan jasa penerjemah sudah berpengalaman dalam jasa penerjemahan bahasa asing sejak tahun 1998. 

Bukan hanya mengenai jasa penerjemah bahasa saja, kami selaku perusahaan jasa penerjemah yang sudah berdiri sejak lama ini juga melayani banyak hal lainnya. Dari Legalisasi Dokumen, Proofreading, Pengurusan Visa, Interpreter, Penerjemah Tersumpah dan Non Tersumpah, dan masih banyak lainnya tersedia lengkap di sini. 

Anda tidak perlu khawatir akan hasil penerjemah dokumen yang kami lakukan karena sudah terjamin keabsahannya dengan sertifikat SK Gubernur, Kemenkumham, serta sertifikat HPI (Himpunan Penerjemah Indonesia). Selain itu, penerjemah kami adalah mereka yang bekerja secara profesional di bidangnya sehingga Anda tidak perlu banyak khawatir akan hasil dokumen tersebut. 

Sehingga tunggu apalagi? Segera daftarkan dokumen Anda yang ingin Anda terjemahkan melalui website kami di sini atau juga bisa melalui layanan kami di nomor berikut 021 55787254.

Baca Juga: “Universitas Waseda: Hal Dibalik Kampus Swasta Terfavorit Jepang

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Whatsapp 24 Jam