Galat basis data WordPress: [Table 'medg6566_wp818.wp8e_trustindex_google_reviews' doesn't exist]
SHOW COLUMNS FROM `wp8e_trustindex_google_reviews` LIKE "highlight"

Galat basis data WordPress: [Table 'medg6566_wp818.wp8e_trustindex_google_reviews' doesn't exist]
ALTER TABLE `wp8e_trustindex_google_reviews` ADD highlight VARCHAR(11) NULL AFTER rating

Kesalahan Seputar Keuangan Saat Kuliah di Luar Negeri

Kesalahan Seputar Keuangan Saat Kuliah di Luar Negeri

Kesalahan Seputar Keuangan Saat Kuliah di Luar Negeri

Kesalahan Seputar Keuangan Saat Kuliah di Luar Negeri

Ketika kamu sedang mengenyam pendidikan di negara asing, tentu kamu akan mengurus segala kehidupan dan kebutuhan kamu sendiri. Kamu dituntut untuk hidup mandiri dan berusaha bertahan hidup selama masa pendidikan. Artikel ini akan mengulas tentang kesalahan seputar keuangan saat kuliah di luar negeri.

 

Kemampuan yang Harus Dimiliki Sebelum Kuliah di Luar Negeri

  1. Mengatur keuangan

Sebagai orang Indonesia, kita notabene terbiasa dengan hidup konsumtif. Kita pun tidak bisa pungkiri hal itu, tapi tidak ada salahnya kamu belajar secara perlahan untuk bisa lebih mengatur keuanganmu sendiri.

Mungkin kamu dapat memulai dan menerapkan hidup hemat ketika kamu masih duduk dibangku sekolah, karena di waktu tersebut merupakan salah satu kesempatan untuk kamu melatih dan membiasakan diri agar bisa me-manage uang, mendahulukan hal yang lebih kamu butuhkan dibanding yang kamu inginkan.

2. Mengatur waktu

Skill lain yang wajib kamu miliki saat ingin kuliah di luar negeri adalah mampu mengatur waktu. Karena kemampuan mengatur waktu, bukanlah sesuatu yang mudah untuk dipelajari atau dijadikan kebiasaan.

Seseorang yang memiliki kebiasaan menunda suatu pekerjaan atau dalam kata lain tidak disiplin, itu sangat mempengaruhi pola hidup kamu yang tidak dapat mengatur waktu. Oleh karena kamu, kamu wajib sekali membiasakan diri untuk mengontrol diri untuk bisa menjadwalkan semua kegiatan kamu secara terstruktur, sehingga kamu akan terbiasa hidup dengan waktu.

3. Memasak

Mungkin skill wajib yang satu ini terbilang susah – susah gampang ya, guys! Karena nggak sedikit orang Indonesia sudah jago dalam hal masak memasak, tapi siapa kira ternyata masih cukup banyak kaum – kaum “mager” yang maunya semua serba instan alias order makanan secara online atau makan di restoran.

Sebelum kamu memutuskan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri alangkah baiknya kamu secara perlahan belajar memasak. Dari sesuatu yang sederhana saja seperti menggoreng telur nanti merangkap lagi membuat nasi goreng sampai kamu akhirnya bisa membuat lauk pauk sendiri.

4. Bersih – bersih

Membiasakan diri untuk membereskan kamar setelah bangun tidur di pagi hari, merupakan salah satu contoh untuk belajar bersih – bersih. Sederhana namun sangat sulit untuk dijalankan.

 

Kesalahan Seputar Keuangan Saat Kuliah

  1. Tidak melakukan tracking pengeluaran

Sebagai mahasiswa internasional, kamu bisa merasa capek untuk terus mengkali atau membagi harga barang yang kamu lihat untuk mendapat harga dalam rupiah. Tanpa perencanaan yang baik, kamu dengan mudahnya bisa mengeluarkan uang banyak untuk hal – hal kecil tanpa sepengetahuanmu.

     2. Membayar uang kuliah dengan International Wire

Membayar uang kuliah bisa menjadi proses yang membingungkan dan ribet. Kampus biasanya meminta mahasiswanya untuk membayar tagihannya menggunakan kartu kredit atau transfer lewat international wire.

Kalau bisa, coba hindari penggunaan transfer international wire karena adanya biaya charge sehingga 5% dari total jumlah transaksi. Bayangin kalau kamu membayar USD 10.000 untuk biaya kuliahmu. Ini berarti kamu akan harus membayar sebesar USD 500 (Rp. 5 juta) cuman untuk charge administrasinya aja!

Untuk itu, kamu bisa mendaftar untuk rekening bank lokal sewaktu kamu sampai di negara tujuanmu dan transfer semua uangmu ke rekening itu untuk menghemat biaya transaksi. Rekening bank lokal bisa amat bermanfaat untuk beberapa alasan lainnya juga. Di Amerika contohnya, toko online biasanya hanya menerima kartu kredit bank lokal, dan aplikasi pembayaran populer lainnya seperti Venmo juga hanya menerima kartu kredit lokal Amerika.

     3. Selalu makan di luar

Salah satu pengeluaran paling besar biasanya berasal dari makanan. Dari banyaknya penelitian yang dilakukan mengenai kuliah di luar negeri, makan di luar biasanya dikenal lebih mahal ketimbang makan di rumah. Apalagi adanya kebiasaan untuk memberi tips di beberapa negara bagian Barat. Memberi tip biasanya mencapai sebesar 15% di Amerika dan ditambah dengan pajak, tentunya bisa memperbanyak total pengeluaran mu.

Kamu bisa menghindari ini dengan berbagi biaya belanja bulanan antara kamu dan roommate kamu dan memasak secara reguler. Dengan begini, kamu bisa membuat segudang memori dan pengalaman akan membakar sate atau belajar resep dari negara lain bersama teman-temanmu!

 

Tips Mengatur Keuangan Saat Kuliah di Luar Negeri

  1. Ketahui Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan
  2. Perhatikan gaya hidup lokal
  3. Bekerja sambil kuliah
  4. Membuat anggaran mingguan
Dokumen yang Harus Dipersiapkan Sebelum Kuliah di Luar Negeri
  1. Sertifikat kemampuan bahasa asing
  2. Surat Referensi atau rekomendasi
  3. Esai atau Surat Motivasi
  4. Letter of Acceptance (LoA)
  5. Proposal Riset
  6. Paspor dan Visa
  7. CV 

Nah, itulah informasi singkat mengenai kesalahan dalam mengurus keuangan ketika kuliah di luar negeri. Jangan sampai nanti ketika kamu sudah berada di negara tujuan, kamu belum bisa mengatur keuangan ya!

 

Layanan Mediamaz Translation Service

Sahabat Meddy, bisa konsultasikan kekhawatiran kamu tentang beasiswa ke Mediamaz Translation Service. Segala dokumen yang harus diterjemahkan ke bahasa yang dituju, Kamu bisa langsung menghubungi kami, sebagai solusi dari kebingungan kamu. Kami akan melayani selama 24 jam.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.