Galat basis data WordPress: [Table 'medg6566_wp818.wp8e_trustindex_google_reviews' doesn't exist]
SHOW COLUMNS FROM `wp8e_trustindex_google_reviews` LIKE "highlight"

Galat basis data WordPress: [Table 'medg6566_wp818.wp8e_trustindex_google_reviews' doesn't exist]
ALTER TABLE `wp8e_trustindex_google_reviews` ADD highlight VARCHAR(11) NULL AFTER rating

Puncak Gunung Sering Berpindah Tempat! Misteri Pegunungan Himalaya

Ketahui Fakta dan Misteri Tentang Pegunungan Himalaya!

Ketahui Fakta dan Misteri Tentang Pegunungan Himalaya!

Pegunungan Himalaya merupakan salah satu pegunungan tertinggi yang ada di dunia yang melewati negara-negara seperti India, Nepal, Pakistan, Afghanistan, Cina, dan Bhutan. Pegunungan ini memiliki sejumlah keunikan yang diantaranya adalah memiliki puncak tertinggi yang dikenal dengan Gunung Everest.

pegunungan Himalaya

via flickr.com

Pegunungan Himalaya sering kali menjadi incaran bagi para pecinta alam terutama dalam hal mendaki karena memiliki jalur yang menantang yang membuat para pendaki memiliki rasa kebanggaan tersendiri. Namun dibalik keindahan dan keunikannya, alam tentu saja menyimpan sejumlah misteri yang belum terungkap.

Pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda mengenai fakta unik dan misteri apa saja yang telah lama menjadi buah bibir pegunungan tersebut.

GEOGRAFI PEGUNUNGAN

lokasi pegunungan Himalaya membentang di bagian wilayah Timur India yang juga mencakup negara-negara India, Nepal, Pakistan, Afghanistan, Cina, dan Bhutan. Himalaya memiliki tiga rentang parallel utama pegunungan yaitu Himalaya Besar, Himalaya Kecil, dan Himalaya Luar.

Himalaya Besar atau Agung terletak di sebelah Utara dengan ketinggian puncak pegunungan adalah 4.900 meter yang tersusun dari batuan kristal kuno. Himalaya Agung memiliki puncak tertinggi yang juga dikenal dengan Gunung Everest yang berada di perbatasan Tiongkok-Nepal. Karakteristik Himalaya Agung adalah sebagian besar wilayahnya terletak di atas garis salju abadi yang merupakan wilayah dengan suhu paling rendah diantara Himalaya kecil dan luar.

Himalaya luar atau yang lebih dikenal dengan pegunungan Siwalik merupakan pegunungan Himalaya yang terletak di wilayah paling Selatan. Puncak Siwalik memiliki ketinggian sekitar 1.500 meter. Karakteristik Himalaya luar adalah, pegunungan ini memiliki tingkat kelembaban yang tinggi sehingga sering kali mengalami hujan lebat dan erosi dengan keadaan hutan gundul.

Di sebelah Utara Gunung Siwalik terdapat Himalaya kecil atau yang sering juga disebut dengan Himalaya bawah. Ketinggian Himalaya kecil adalah 3.600 sampai 4.600 meter yang terdiri dari batu kristal kuno. karakteristik wilayah pegunungan Himalaya kecil adalah ditemukannya banyak aliran sungai yang deras yang juga dialiri oleh gletser-gletser dan salju yang berada di wilayah Utara.

Tidak hanya menwarkan sejumlah keindahan, pegunungan Himalaya juga memiliki ragam jenis hewan langka dan eksotis yang hanya di hidup di wilayah pegunungan tersebut. Hewan pegunungan Himalaya antara lain adalah tahr Himalaya (hewan sejenis kambing atau domba dengan bulu lebat disekitar leher), rusa Kasturi, macan tutul salju hingga pika.

PROSES TERBENTUKNYA PEGUNUNGAN HIMALAYA

Menurut informasi dari https://www.scienceabc.com/nature/how-did-the-himalayas-form.html tentang awal mula terbentuknya pegunungan Himalaya, sekitar 300 juta tahun yang lalu, ada benua yang sangat besar yang bernama ‘Gondwanaland” yang ditemukan di zaman mesozoikum. Super benua tersebut kemudian menjadi terpecah belah yang kita kenal sekarang dengan benua Afrika, Australia, Amerika Selatan, India, Antartika, dan Madagaskar.

Selama kurun waktu 90 tahun, pulau India bergerak memisahkan diri dari madagaskar dan mengarah ke Timur Laut. Menurut pendapat para ahli, pegunungan Himalaya terbentuk akibat Gerakan tektonik yang terjadi sekitar 50-60 juta tahun yang lalu akibat dari pergeseran lempeng India kearah Utara 3-4 cm secara terus menerus.

Akibat pergeseran benua mengakibatkan lempeng litosfer bergerak dan saling bertabrakan dengan kecepatan yang berbeda. Pada lapisan bawah litosfer menghasilkan arus konveksi yang lemah sehingga dapat melelehkan bebatuan, dan menghasilkan gas serta cairan yang sangat panas.

Panas internal menghasilkan gaya gravitasi yang kemudian dapat mendorong pelat dari bawah. Ahli geologi percaya bahwa lempeng India mampu mendorong ratusan kilometer lempeng Asia khususnya bagian Tibet. Litosfer India cukup kuat dan tebal untuk menopang Himalaya, dan akibat kekuatan dari litosfer yang mampu mempertahankan dasar yang kokoh mengakibatkan kerak berada pada tingkat yang tinggi.

Di sisi lain akibat suhu yang tinggi, bebatuan dan inti dari metamorf kemudian meleleh sehingga terjadilah magma. Magma mengalami penebalan dan pemadatan sebagai tanda dari adanya penghentian aktivitas vulkanik. Diketahui hingga saat ini siklus tektonik yang terjadi mengakibatkan pegunungan Himalaya terus mengalami pengangkatan.

FAKTA PEGUNUNGAN HIMALAYA

Himalaya merupakan pegunungan tertinggi di dunia yang memiliki 10 puncak tertinggi di dunia dan salah satunya adalah gunung Everest. Selama berabad-abad masyarakat asli wilayah pegunungan memiliki budaya yang unik dimana mereka memiliki konsep bahwa alam dan manusia harus Bersatu padu.

Menurut kepercayaan orang yang tinggal di wilayah pegunungan, mereka percaya bahwa tempat tersebut adalah tempat kelahiran Sang Buddha. Ketika berbicara mengenai alam dan isinya tentu saja tidak dapat dipisahkan dari adanya hal-hal misteri dan fakta yang ada di dalamnya, begitu pula dengan Himalaya.

Berikut merupakan fakta mengenai Himalaya yang perlu anda ketahui :

  1. Pegunungan Himalaya terjadi akibat adanya tabrakan lempeng India dengan Tibet
  2. Himalaya merupakan pegunungan termuda di planet
  3. Pegunungan Himalaya pada awalnya berfungsi sebagai pembatas alami bagi negara india, China, dan Mongolia
  4. Puncak tertinggi Himalaya yakni Gunung Everest diambil dari nama Kolonel George Everest yang merupakan seorang surveyor berkebangsaan Inggris yang berbasis di wilayah India
  5. Orang Nepal menyebut Himalaya sebagai “Samgarmatha” yang berarti dewi alam semesta ata dahi langit
  6. Himalaya memiliki suku asli yang disebut dengan Sherpa. Suku Sherpa sendiri merupakan suku asal Nepal dan Tibet yang tinggal di lereng gunung Himalaya dan biasanya mereka sering dijadikan pemandu karena keahliannya dalam mendaki jalur Himalaya
  7. Masyarakat yang tinggal di wilayah pegunungan sangat dekat dengan hewan macan tutul salju

MISTERI PEGUNUNGAN HIMALAYA

Danau Roopkand – Danau Kerangka Manusia

Ketika anda pergi mendaki Himalaya, pada ketinggian 16.500 kaki atau sekitar 5000 meter lebih di atas permukaan laut anda akan menemukan sebuah danau yang disebut dengan danau Roopkand. Danau tersebut merupakan danau beku yang indah, namun hal tersebut akan menyeramkan ketika danau mulai mencair!

Danau ini memberikan suasana yang menyeramkan ketika mulai mencair karena pendaki dapat melihat ratusan kerangka yang keluar dari wilayah es setelah danau mencair. Ada banyak sekali ditemukan perhiasan, pakaian, rambut bahkan bagian tubuh manusia di danau ini.

Ada banyak teori yang menyebutkan bahwa benda hingga tubuh manusia tersebut adalah sisa-sisa perang dunia II yang tertinggal di danau Roopkand. Namun sebagian menganggap bahwa semua itu adalah bentuk dari kutukan untuk keluarga kerajaan.

Namun hasil tes DNA yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan hasil yang berbeda dimana kerangka tersebut diperkirakan hidup pada tahun 850 M. Para peneliti kembali mengambil kesimpulan dengan memperikarakan bahwa ratusan kerangka tersebut akibat adanya badai dan hujan es yang amat besar, akan tetapi tetap saja hal tersebut masih menjadi misteri yang belum bisa terpecahkan hingga saat ini.

Gunung Suci “OM Parvat”

Misteri selanjutnya adalah tanda Om yang berada di puncak gunung. Menurut informasi http://letusgoto.com/2020/05/09/top-10-mysteries-of-himalayas/ endapan salju yang berada di puncak gunung seperti menggambarkan kata “OM” dengan latar belakang gunung berwarna hitam. OM dianggap sangat suci karena kata tersebut memiliki energi spiritual yang sangat kuat dan diyakini setara dengan getaran Bumi.

Gunung Kailash – Pilar Dunia

Gunung Kailash memiliki ketinggian sekitar 21.000 kaki atau setara dengan 6.400 meter di atas permukaan laut. Gunung yang disebut sebagai pilar dunia ini merupakan rumah bagi beberapa misteri pegunungan Himalaya yang ada. Orang Tibet percaya bahwa gunung ini merupakan tempat Dewa Siwa untuk bermeditasi.

Menurut pendapat para pendaki yang sudah mencoba mendaki gunung Kailash bahwa gunung ini sering kali berpindah-pindah lokasi. Dilaporkan para pendaki puncak dari gunung tersebut terus berubah posisi sehingga membuat pendaki sulit untuk menemukan titik puncak.

Itulah informasi yang kami sajikan mengenai keunikan pegunungan Himalaya yang membentang banyak negara seperti India, Nepal, Pakistan, Afghanistan, Cina, dan Bhutan. apakah anda tertarik dan memiliki plan untuk sekedar berlibur ke salah satu negara tersebut atau melanjutkan Pendidikan ke Negara dengan banyak tempat wisata unik tersebut? Sebelum memiliki plan ke negara-negara tersebut ada baiknya untuk belajar mengenai budaya maupun bahasa nya agar anda dapat menjalin relasi yang lebih baik lagi dengan warga lokal.

Kami Mediamaz Translation Service siap membantu anda dalam mengurus berbagai macam terjemahan dokumen bahasa asing hingga paspor untuk anda yang ingin berbisnis atau studi Pendidikan ke wilayah yang menjadi bagian dari Himalaya.

Tidak hanya membantu anda dalam urusan legalisir dokumen, kami juga memiliki penerjemah tersumpah bahasa bahasa asing lainnya. Translator kami merupakan translator terpercaya dan sudah mendapat pengakuan atau legalisasi bersertifikat. Kami mempermudah pengurusan dokumen dan paspor anda sesuai dengan negara tujuan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.