Keunikan Budaya Thailand Yang Harus Kamu Ketahui!

budaya thailand

Negara Thailand merupakan salah satu negara yang memiliki ragam budaya dan tradisi. Thailand adalah bagian dari Asia Tenggara yang juga merupakan tetangga Indonesia terdekat setelah Malaysia. Keragaman budaya Thailand dipengaruhi oleh faktor wilayahnya nya yang dikelilingi oleh negara-negara selain di Asia Tenggara seperti China dan India sehingga tidak heran di Thailand juga terdapat persilangan budaya. 

Sama halnya dengan budaya Indonesia, budaya Thailand juga memiliki beberapa kesamaan seperti makanan, tari tradisional, seni bela diri dan lain-lain. Thailand menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan dunia karena selain menyajikan keindahan alam yang indah, tentunya biaya hidup disana juga tergolong murah yang membuat semakin banyak minat wisatawan dunia untuk menjadikan Thailand kedalam list liburan mereka. 

pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda mengenai keunikan apa saja yang ada di Thailand yang dipandang secara budaya dan tradisi. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak informasi yang kami berikan dibawah ini!

KARAKTERISTIK NEGARA THAILAND

Thailand merupakan bagian dari ASEAN dengan Ibukota Bangkok yang menjadi pusat wilayah perekonomian dan pemerintahan di Thailand. Populasi manusia di Thailand mencapai 68 juta lebih dengan rata-rata menggunakan bahasa Thai yang menjadi bahasa nasional di Thailand.

Bahasa Thai merupakan bahasa ibu bagi masyarakat Thailand, namun tahukah anda ada bagian wilayah Thailand yang penduduknya menggunakan bahasa Melayu? Penggunaan bahasa Melayu di Thailand tepatnya digunakan di daerah Thailand Selatan yang kebetulan berbatasan langsung dengan Malaysia.

Menurut informasi yang kami dapatkan dari quora.com yang dijelaskan oleh Faruq, ada beberapa logat atau aksen bahasa Melayu khas Thailand seperti Melayu Satun, Melayu Ranong, Melayu Nakhon Sithammarat, Melayu Pattani, Melayu Kawthoung dan Melayu Bokpyin. Namun bahasa yang umumnya digunakan adalah bahasa asli yaitu bahasa Thai. Pemerintahan Thailand menganut sistem monarki konstitusional dimana negara dipimpin oleh seorang Raja dan Ratu. 

Wilayah Thailand berbatasan langsung dengan Kamboja dan Laos sedangkan Myanmar terletak di barat laut Thailand. Wilayah selatan Thailand menghubungkan langsung dengan Kawasan Malaysia yang berbukit tinggi, dipenuhi hutan. Iklim negara Thailand sama halnya dengan negara-negara di Asia Tenggara yaitu iklim tropis dimana hujan turun antara bulan Mei atau September dengan intensitas cuaca yang lembab. 

Tahukah anda Thailand merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah? Menurut sejarah yang tertulis, Thailand tidak pernah dijajah oleh bangsa asing. Ada beberapa alasan mengapa Thailand tidak pernah dijajah, salah satunya adalah karena factor kurang suburnya wilayah di Thailand pada saat itu yang memungkinkan kurangnya minat negara penjajah untuk menguasai Thailand. Thailand pada masa lampu disebut dengan Siam, dimana Siam tidak seperti kebanyakan negara di Asia Tenggara yang memiliki hasil bumi yang melimpah sehingga banyak orang Barat tidak menjajah Thailand. 

MACAM-MACAM BUDAYA THAILAND

Budaya Thailand – Agama dan Etika

budaya thailand - biksu

Sekitar 94% Mayoritas penduduk di Thailand memeluk agama Buddha Theravada yang dimana dalam kepercayaan dan tradisi percaya akan adanya roh-roh para leluhur dan roh-roh yang berasal dari alam. Biasanya ketika perayaan hari keagamaan, orang Thailand akan pergi ke kuil untuk berdoa. Karena mereka percaya akan eksistensi roh-roh, tidak heran jika melihat orang Thailand sangat menghormati para roh-roh leluhur mereka dengan memberikan persembahan atau sajian-sajian berupa makanan dan minuman yang di taruh di rumah  mereka masing-masing.

Masyarakat Buddha di Thailand percaya bahwa jika mereka membuat roh-roh leluhur mereka senang, maka mereka yakin bahwa hal tersebut akan membawa keberuntungan dan menjadikan hidup mereka lebih baik. Sebaliknya, mereka khawatir jika roh-roh leluhur jika tidak senang, maka mereka percaya sesuatu yang buruk akan terjadi atau hidup mereka akan terus mengalami kesusahan.

Di dalam budaya Thailand, mereka sangat menghormati biksu atau pemuka agama Buddha mereka sehingga tidak heran jika anda bepergian ke Thailand melihat ada banyak sekali Biksu yang lalu Lalang di jalan dan sangat dihormati. Menurut informasi yang kami peroleh dari https://theculturetrip.com/asia/thailand/articles/11-things-you-should-know-about-thai-culture/ ada fakta menarik seputar Biksu di Thailand.

Ketika anda mengunjungi Thailand tidak usah heran lagi ketika menaiki transportasi umum dan melihat ada kursi khusus yang hanya boleh ditempati oleh para Biksu dan ada juga orang yang rela memberikan kursi mereka jika melihat Biksu karena sebagai bentuk penghormatan yang besar di Thailand. 

Ada beberapa aturan yang harus anda taati ketika mengunjungi Thailand terutama dalam hal menghormati Biksu. Di Thailand, wanita dilarang untuk menyentuh Biksu secara langsung, dan jika anda seorang wanita yang membawa persembahan, maka dianjurkan untuk meletakan persembahan tersebut diatas piring Biksu, tidak diperbolehkan memberikan persembahan langsung menyentuh tangan Biksu. 

Budaya Thailand – Makanan

budaya thailand - makanan

Karena negara Thailand mendapat pengaruh dari China, maka ketika mereka makan mie, mereka akan menggunakan sumpit. Namun untuk sendok dan garpu adalah hal yang umum dipakai ketika makan. Seperti halnya dengan Indonesia dan budaya Melayu lainnya, terkadang Thailand juga ketika makan menggunakan tangan terutama saat mengkonsumsi nasi. 

Ada hal yang unik mengenai budaya makan di Thailand dimana dalam etikanya, anda harus menyisakan sedikit makanan anda sebagai bentuk bahwa anda sudah kenyang, jika anda menghabiskan makanan maka warga lokal akan mengira bahwa anda masih lapar dan anda akan terus disajikan makanan oleh pemilik rumah. 

Budaya Thailand: Budaya Salam dan Bahasa 

budaya thailand - salam

Pasti anda sudah tidak asing bukan dengan salam khas Thailand ‘Sawaat dee kha?” salam khas Thailand tersebut setara dengan Hai atau Halo yang digunakan untuk salam sapaan akan tetapi salam khas Thailand terkesan sopan terutama dalam menyambut tamu. Namun tahukah anda salam Thailand juga memiliki aturan? Salam di Thailand memiliki keunikan dimana salam dilihat berdasarkan gender seseorang. Sawaat dee kha digunakan untuk untuk wanita sedangkan salam untuk pria adalah sawaat dee khrap.

Yang selanjutnya adalah ucapan rasa syukur atau terima kasih. Anda cukup mengucapkan terima kasih dalam bahasa Thailand ketika anda selesai berbelanja atau dalam urusan lain dengan kawp khun krap (digunakan untuk pria) dan kawp khun ka (digunakan untuk wanita). 

Budaya & Kesenian Khas Thailand

muay thai

Thailand memiliki tarian tradisional khas mereka yang diantaranya adalah Kohn, Li-Khe, Ram wong, Lakhon Lek, Lakhon. Tarian khon merupakan tarian tradisional Thailand yang paling populer di kalangan wisatawan asing. Kohn atau tari topeng pada awalnya dipersembahkan hanya untuk kerajaan saja, namun hingga saat ini tarian kohn bisa dinikmati oleh siapapun. Sebagian besar penari adalah laki-laki yang memainkan perannya masing-masing seperti sebagai binatang atau iblis. 

Lakhon lek dan wayang memiliki persamaan. Umumnya, kesenian wayang dimainkan dibalik layar dengan menunjukan bayangan daan disajikan dengan sejumlah cerita sejarah tradisional yang dimainkan oleh seorang dalang, berbeda dengan lakhon lek. Lakhon lek merupakan seni pertunjukan wayang khas Thailand dimana boneka tradisional Thailand tidak dimainkan dibalik layar, namun pemain dan boneka tradisionalnya diperlihatkan langsung ke panggung pagelaran.

Jika di Indonesia terkenal akan pencak silatnya sebagai seni bela diri tradisional, maka Thailand juga memiliki kesenian bela diri yang biasa dikenal dengan “Muay Thai” atau Thai boxing. Di Indonesia saat ini muay Thai sangat populer sekali terutama bagi kaum hawa karena bela diri ini digunakan untuk self defense atau perlawanan diri. Yang membedakan muay Thai dengan pencak silat adalah, jika umumnya pencak silat terdiri dari Gerakan-gerakan yang diikuti oleh alunan music dan juga ketangkasan pukulan, muay Thai lebih kuat menunjukan kekuatan tendangan kaki, dorongan kaki, dan pukulan siku. 

Negara Thailand menyimpan banyak sekali keragaman budaya yang eksotis yang tentunya tidak dimiliki oleh negara lainnya di dunia. Thailand masuk dalam kategori sebagai negara yang paling banyak menjadi pusat destinasi wisata dunia karena selain memiliki budaya dan adat yang unik, Thailand tentunya juga memiliki tempat wisata yang indah untuk dikunjungi. Banyak wisatawan asing pergi berlibur ke Thailand akan hal itu dan yang paling penting bagi mereka adalah biaya hidup yang tidak semahal jika dibandingkan pergi berlibur ke tempat wisata internasional lain. 

Itulah informasi yang kami sajikan mengenai keunikan budaya yang ada di Thailand, apakah anda tertarik dan memiliki plan untuk sekedar berlibur ke Thailand atau melanjutkan Pendidikan ke Negara dengan budaya unik tersebut? sebelum memiliki plan ke Thailand, ada baiknya untuk belajar mengenai budaya maupun bahasa nya agar anda dapat menjalin relasi yang lebih baik lagi dengan warga lokal.

Kami Mediamaz Translation Service siap membantu anda dalam mengurus berbagai macam dokumen bahasa asing hingga paspor untuk anda yang ingin berbisnis atau studi Pendidikan ke Thailand. Penerjemah kami merupakan penerjemah terpercaya dan sudah mendapat pengakuan atau legalisasi bersertifikat. Kami mempermudah pengurusan dokumen anda sesuai dengan negara tujuan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *