Korea Selatan, Negeri Gingseng yang Wajib Kamu Kunjungi!

Korea Selatan, Negeri Gingseng yang Wajib Kamu Kunjungi!

Korea Selatan, Negeri Gingseng yang Wajib Kamu Kunjungi!

Korea Selatan merupakan negara yang kaya akan budaya serta kulinernya. Tak heran, banyak yang ingin berkunjung ke negara ini untuk menikmati kebudayaan serta makanan khas Korea.

Mengenal kota – kota Populer di Korea

Korea Selatan tak hanya seru untuk kamu penggemar K-Pop. Korea menyuguhkan aneka wisata seru dari alam, budaya sampai kuliner di berbagai kota. Berikut kota – kota hits di Korea.

1.Seoul

Jika kamu berkunjung ke Korea, belum sah jika belum mengunjungi ibukotanya yaitu Seoul. Kota ini memiliki beragam suguhan wisata, terutama sejarah dan budaya.

Seoul merupakan salah satu kota terbaik untuk berwisata kuliner. Dan kalau kamu ingin melihat panorama Seoul dari ketinggian bisa menyambangi Seoul Tower. Selain panorama kota, kamu juga bisa melihat Namsan Mountain yang menjulang tinggi di kejauhan.

2.Jeonju

Jeonju merupakan nama kota yang terletak di Provinsi North Jeolla. Merupakan kota tempat melihat kebudayaan Korea mulai dari rumah tradisional, makanan, gedung – gedung bersejarah dan festival kebudayaan.

3.Busan

Busan merupakan kota terbesar kedua setelah Seoul. Jangan heran jika traveler menjadikan Busan sebagai destinasi wajib kedua setelah ibukota Korea tersebut. Kota ini juga memiliki banyak suguhan wisata.

Belum sah bila kamu berkunjung ke Busan tanpa mengunjungi Beomeosa Temple yang merupakan salah satu kuil termegah di Negeri Ginseng. Busan juga memiliki Gamcheon, desa warna – warni yang terletak di pinggir laut.

Hidangan di Negeri Gingseng yang wajib kamu kunjungi

1.Kimchi

Kimchi merupakan salah satu Makanan Tradisional Korea yang berupa asinan sayur yang telah melewati tahap fermentasi dan diberi bumbu pedas. 

Cara membuatnya pun tidak susah yaitu setelah sayuran digarami dan dicuci, sayuran akan dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap  ikan, bawang putih, jahe, dan bubuk cabai merah. Sayuran yang paling umum digunakan adalah sawi putih dan lobak. 

2.Japchae

Japchae merupakan masakan korea yang berbahan utama mie soun yang dicampur dengan berbagai jenis sayuran dan daging sapi. Cara memasaknya memang agak rumit karena harus ditumis secara terpisah guna mempertahankan rasa dan aroma. 

Sayuran yang biasanya digunakan adalah wortel, paprika, jamur, shitake, bawah putih dan bawang bombay. sedangkan daging sapi ditumis bersama minyak wijen dengan bumbu khusus yang terbuat dari campuran bawang putih, kecap asin dan gula pasir. 

3.Dakjuk

Dakjuk merupakan makanan tradisional Korea yang bahan utamanya adalah beras, daging ayam dan bawang putih. Tekstur Dakjuk sama seperti bubur ayam yang kental dengan rasa bawang putih yang kuat. 

4.Bulgogi

Bulgogi merupakan masakan daging yang dibumbui dengan campuran kecap asin dan gula, dan bumbu lain sesuai daerahnya. Daging yang digunakan antara lain daging sirloin dan daging sapi yang berkualitas bagus.

5.Bibimbap

Bibimbap merupakan masakan Korea yang berupa semangkuk nasi dengan lauk di atasnya berupa sayur – sayuran, daging sapi, telur sapi dan saus pedas (gochujang). Bibimbap biasanya dihidangkan di atas mangkuk dari batu yang sudah dipanaskan disebut dolsot bibimbap.

6.Gimbap

Gimbap merupakan makanan Korea yang terbuat dari nasi yang dibungkus dengan rumput laut. Bahan untuk membuatnya adalah nasi, daging, dan sayuran. Lalu, nasi putih di bumbui dengan garam dan minyak wijen/minyak perilla.

Isi dari gimbap pun beraneka macam mulai dari ikan, kepiting, telur, iga sapi, kimchi, keju, tuna dan sebagainya. Sedangkan bahan sayuran adalah ketimun, bayam, wortel, danmuji (acar lobak). 

Hidangan yang hits di Indonesia

Banyak makanan Korea yang tren di Indonesia. Alasannya karena cukup sering di drama Korea kesukaan warga Indonesia maupun dari media sosial lainnya. Berikut 3 makanan Korea yang hits di Indonesia.

1.Tteokbokki

Tteokbokki tren di Indonesia karena sering muncul di drama Korea. Pecinta drakor secara tidak langsung pasti akan penasaran dengan tteokbokki.

Tteokbokki merupakan makanan olahan dari kue beras atau tteok. Kue beras kemudian disajikan ke dalam saus pedas dan gurih.

2.Korean Garlic Bread

Korean garlic cheese bread merupakan roti kekinian dari Korea yang juga tren di Indonesia. Roti ini terinspirasi dari Garlic Bread Eropa, kemudian dimodifikasi cara membuat serta bahan tambahannya.

Aslinya, garlic bread adalah roti yang dioles mentega dan taburan bawang putih cincang, lalu dipanggang hingga kering. Sementara itu, resep dari Korea memodifikasinya dengan menambahkan adonan cream cheese dan roti bun dibalut telur. Kemudian, roti dipanggang, sehingga menjadi lebih gurih. 

3.Ramyun pedas

Ramyun merupakan sebutan untuk masakan mie Korea. Budaya makan mie ala drama Korea yang terlihat nikmat membuat ramyun menjadi spesial dan hits di Indonesia.

Ramyun Korea bisa beraneka rupa cara penyajiannya, ada yang digoreng atau rebus hingga ada yang berbentuk instan seperti mie dalam cup. Namun yang paling tren di Indonesia adalah masakan ramen pedas yang terkadang ditambahkan topping keju dan tteokbokki. 

Festival populer di Korea

Jika kamu berencana untuk mengunjungi Korea, kamu jangan sampai melewatkan event di beberapa kota di Korsel, seperti di Seoul, Hapcheon dan lainnya. Berikut festival di Korea yang bisa kamu datangi.

1.BIFF (Busan International Film Festival)

Bagi kamu penggemar film pasti akan menyukai festival yang satu ini. Diadakan setiap bulan Oktober dalam 10 hari berturut – turut, serta festival ini menyayangkan banyak film dari Korea dan juga luar negeri.

Pengunjung bisa datang dan pergi sesuka hati tanpa perlu menonton semua film yang ditayangkan. Ada juga sesi tanya-jawab dengan para pembuat film di festival yang terletak dekat Pantai Haeundae dan Kotan Centum ini. Seru kan?

2.Jinhae Cherry Blossom Festival

Kamu bisa menikmati indahnya bunga sakura yang bermekaran selama bulan April dan Mei. Karena keindahannya, banyak sekali pengunjung yang berdatangan untuk melihat langsung pohon sakura dan berfoto ria di tengah – tengahnya.

Cherry Blossom Festival ini tidak berpusat di satu lokasi saja. Kamu bisa mengunjungi spot lainnya, seperti Stasiun Kereta Gyeonghwa dan Jembatan Bunga Sakura Yeojwacheon. Jangan lupa untuk mencoba hotteok (panekuk manis) dan makanan lainnya sambil berjalan – jalan di bawah pohon – pohon sakura.

3.Boryeong Mud Festival

Festival ini diadakan di Pantai Daecheon pada pertengahan bulan Juli di tiap tahunnya. Bahkan hampir setengah juga pengunjung datang ke Boryeong Mud Festival untuk menari, bergulat, meluncur, dan berguling – guling dalam lumpur.

Saking populernya, festival ini cukup menyita perhatian masyarakat di luar Korea loh. Lebih seru lagi ada banyak kegiatan yang bisa kamu coba, seperti gulat lumpur, kontes ‘Mudking’, kembang api, dan seluncuran raksasa yang dilumuri lumpur.

Itulah sekilas info mengenai makanan khas sampai festival dari Korea, yang bisa kamu rasakan ketika berkunjung ke negeri Sakura tersebut. Sebelumnya, kamu jangan lupa untuk mempersiapkan dokumen – dokumen yang dibutuhkan sebelum keberangkatan. Seperti paspor, visa, dan lain sebagainya. 

Informasi layanan

Nah, untuk kamu yang bingung ingin mengurus dokumen – dokumen untuk perjalanan kamu ke Korea, seperti menerjemah dokumen atau legalisasi. Kamu bisa langsung menghubungi kami, sebagai solusi kebingungan kamu. Kami akan melayani kamu selama 24 jam.

 

Lihat Perusahaan | Tentang Kami | Promo Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *