Kuliah di Inggris: Segini, Biaya Hidup Mahasiswa Di Sana

Kuliah di Inggris: Segini, Biaya Hidup Mahasiswa Di Sana

Kuliah di Inggris: Segini, Biaya Hidup Mahasiswa Di Sana

Banyak pelajar Indonesia yang mendambakan untuk melanjutkan kuliah di Inggris. Bagaimana tidak, Inggris merupakan salah satu negara dengan kualitas pendidikan yang tertinggi. Sebut saja Universitas Oxford, kampus andalan Inggris yang termasuk universitas tertua di dunia. Sayangnya, biaya hidup di Inggris adalah kendala utama untuk kuliah di negara ini. Nah, Meddy ingin bahas nih mengenai gambaran biaya hidup di sana.

 

Persyaratan Finansial UKBA

Ketika kamu mendaftar untuk visa, Anda diminta oleh UKBA (Badan Perbatasan Inggris) untuk menunjukkan bukti kesanggupan finansial Anda dalam bentuk deposito bank atas nama Anda ataupun wali sah kamu yang cukup nilainya.

 Walaupun jumlah yang kamu keluarkan mungkin tidaklah sama setiap bulannya dan tergantung di kota mana kamu tinggal, UKBA telah memiliki patokan umum estimasi biaya yang kamu butuh setiap bulannya.

  1. Kamu membutuhkan £1,000 setiap bulannya bila kamu tinggal dan menghabiskan lebih dari setengah waktu kamu berada di pusat London; atau,
  2. Jika kamu tinggal dan menghabiskan lebih dari setengah waktu di luar pusat London, kamu membutuhkan sekitar £800 tiap bulannya

 

Hubungi kami di sini.

 

Settlement Cost di Inggris

Hal paling selanjutnya yang harus kamu pikirkan adalah tempat tinggal. Ada beberapa macam hunian yang bisa ditemukan di Inggris, dan setiap macamnya tentu memiliki harga yang berbeda – beda. 

Sebagai contoh, tarif kos di kota Leicester sekitar 325 Pounds per bulan (kurs sekitar Rp 18.000/Pounds) atau sekitar Rp 6 juta per bulan. Kemudian kamu juga harus bayar uang deposit jumlahnya 1,5x biaya bulanan, jadi sekitar 500 Pounds. Uang deposit ini sebagai jaminan, misalnya kalau kamu merusak fasilitas kos. Nanti kalau kamu selesai kos, uang ini akan dikembalikan. 

Dan terakhir, ada agency fee sekitar 115 Pounds (sekitar Rp 2,1 juta). Ini untuk komisi agen kos. Jadi kalau ditotal, saat pertama menempati kos, kamu bayar sekitar 940 Pounds (sekitar Rp 17,3 juta). Bulan-bulan berikutnya, kamu cukup bayar uang kos 325 Pounds. Internet dan tagihan lain seperti listrik, air, gas, semuanya sudah termasuk. Jadi, biaya kos ini all-included. Tapi, kadang ada juga kos yang nggak all-in. Jadi, kamu harus cermati ya kalau cari kost.

 

Kebutuhan Makanan

Walaupun tidak memiliki tradisi kuliner terkenal seperti Perancis ataupun Italia, Inggris saat ini sedang mengalami kebangkitan di bidang kuliner. Inggris memiliki banyak sekali jenis masakan yang disebabkan banyaknya imigran yang datang. Kamu dapat menemukan masakan khas dari seluruh penjuru dunia di Inggris.

 Makanan adalah yang paling penting untuk kamu siapkan dalam daftar keperluan kamu. Membeli dalam jumlah yang banyak di supermarket masih merupakan salah satu pilihan yang paling hemat. Pastikan kamu tidak membatasi pilihan makanan hanya dengan mie instan setiap harinya.

 Di bawah ini adalah gambaran harga makanan:

  1. Roti – £1.20 / bungkus
  2. Susu – £1.20untuk 2 kotak susu
  3. Surat Kabar – £2
  4. Cereal – £2 / kotak
  5. Soft drink – £1.20 / botol
  6. Shampo – £2.20 / botol
  7. Sabun – £1
  8. Apel – £1 untuk satu paket berisikan empat
  9. Daging sapi (500 gram) – £3 – £4

 

Tagihan Utilitas

Dengan memiliki tempat tinggal, ada biaya utilitas yang harus dibayarkan saat kamu kuliah di Inggris. Biaya ini mencakup listrik, WiFi, air, dan tagihan televisi. Nah, jumlah biaya ini juga berbeda – beda untuk setiap orang karena tergantung pemakaiannya.

Beberapa hunian juga ada yang sudah memasukkan biaya utilitas ke dalam harga sewa per bulannya. Jika kasusnya seperti ini, kalian tidak perlu lagi untuk membayar tagihan per bulan, sobat Meddy,

Rata – rata, biaya listrik bisa mencapai 60 Pounds per bulan sementara untuk air di kisaran 30 – 40 Pounds. Namun, perlu diketahui bahwa angka ini tidak mutlak ya karena tergantung dari pemakaiannya.

 

Hiburan

Banyak tempat menarik yang bisa kamu kunjungi dengan biaya yang terjangkau. Kamu dapat mengunjungi museum, galeri dan banyak tempat terkenal gratis atau juga dapat menggunakan kartu pelajar kamu untuk mendapatkan diskon ketika kamu ingin menonton teater dan bioskop.

Demikian, informasi mengenai gambaran biaya hidup saat kuliah di Inggris. Sahabat Meddy, yang ingin mengurus keperluan dokumen ke luar negeri. Bisa gunakan jasa dari Meddy loh! Harga yang ditawarkan pun terjangkau, kamu bisa konsultasikan segala kebutuhan kamu dengan tim marketing kami. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.