Kuliah di Kanada – Informasi Beasiswa dan Universitas Terbaik

Kuliah di Kanada – Informasi Beasiswa dan Universitas Terbaik

Kuliah di Kanada – Informasi Beasiswa dan Universitas Terbaik

Kanada merupakan salah satu negara yang berada di utara Amerika Serikat. Selain memiliki kualitas pendidikan yang baik, negara ini bisa pula dijadikan sebagai tempat kebutuhan karier kamu di kemudian hari. Banyak keunggulan – keunggulan yang dimiliki oleh negara ini sehingga membuat para mahasiswa yang tinggal di sana nyaman dan aman. Nah, kali ini Meddy ingin membahas mengapa kamu harus kuliah di Kanada hingga rekomendasi beasiswa dan universitas terbaiknya. 

 

Mengapa Harus Kuliah di Kanada?

Dalam segi keindahan alam, Kanada memiliki pemandangan alam dan tempat wisata terindah di dunia loh! United Nations pun telah menobatkan Kanada sebagai salah satu negara terbaik untuk ditempati selama 20 tahun berturut – turut karena selain karena pemandangannya yang indah, pelayanan kesehatan mereka juga gratis. Selain itu, Kanada juga termasuk negara yang aman dan tenang sebagai tempat kuliah.

Kemudian, dalam segi kualitas pendidikan. Pendidikan di Kanada sudah diakui secara global dengan memiliki sistem pendidikan dan kualitas yang sangat baik. Beberapa institusi di Kanada berhasil menempati 100 universitas terbaik di dunia versi webometrics, diantaranya adalah University of Toronto, McGill University, University of Alberta, dan Simon Fraser University.

Dalam hal biaya kuliah dan biaya hidup pun, Kanada memiliki variasi sesuai dengan kota tempat tinggal dan gaya hidup masing – masing pribadi. Per tahunnya, rata – rata setiap pelajar di Kanada memerlukan sekitar CAD 25.000 – CAD 30.000. Biaya tersebut sudah meliputi akomodasi, transportasi dan transportasi. Dan penduduk lokal di sana pun terbilang multikultural loh karena banyak keturunan dari beberapa negara seperti Inggris dan Prancis, Skotlandia, Irlandia, Jerman dan Italia.

 

Beasiswa Vanier Canada Graduate Scholarship (Vanier CGS)

Vanier Canada Graduate Scholarship (Vanier CGS) merupakan skema beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Kanada sejak tahun 2008. Tujuan dari pemberian beasiswa ini adalah untuk memperkuat daya tarik Kanada bagi para mahasiswa doktoral kelas dunia. Kemudian, Kanada juga berupaya untuk menjadi salah satu pusat penelitian dan pendidikan tinggi global. 

Beasiswa ini terbuka bagi warga Kanada dan juga mahasiswa internasional. Jadi, kamu sebagai orang Indonesia juga bisa mendaftar beasiswa ini. Lalu, untuk bisa dipertimbangkan menjadi penerima Vanier CGS, maka kamu haruslah dinominasikan oleh salah satu institusi Kanada yang telah menerima kuota Vanier CGS. Sejumlah universitas yang memiliki kuota tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Brock University
  2. Carleton University
  3. McGill University
  4. McMaster University
  5. Simon Fraser University
  6. University of Toronto
  7. York University

Beasiswa Vanier ini terbuka untuk para mahasiswa yang pertama kali melanjutkan studi doktoral. Selain itu, penerima beasiswa juga tidak diperkenankan untuk mendapatkan beasiswa atau fellowship lainnya dari institusi lain.

 

University of Toronto

Universitas Toronto (University of Toronto) adalah salah satu universitas terkenal di Amerika Utara tepatnya di wilayah Toronto, Ontario, Kanada. Di wilayah Amerika Serikat sendiri, universitas ini termasuk ke dalam 5 universitas terbaik. Sedangkan jika dibandingkan dengan universitas di seluruh dunia, ia berada di urutan ke 20. Universitas Toronto atau dikenal pula dengan sebutan ‘U of T’ telah berdiri sejak tahun 1827.

Dalam hal sistem pendidikan, ‘U of T’ terbilang berbeda dibandingkan dengan universitas lainnya di wilayah Amerika Utara. ‘U of T’ merupakan ‘Collegiate University’, artinya universitas yang terdiri dari sejumlah perguruan tinggi atau sekolah (College) sebagaimana yang ada di Universitas Cambridge dan Universitas Oxford di Inggris.

 

McGill University

Satu lagi universitas terkemuka di dunia yang berasal dari Amerika Utara, tepatnya di Kanada. Ia adalah McGill University. McGill University atau yang biasa disebut ‘McGill’ saja merupakan perguruan tinggi yang berada di kota Montreal, Quebec, Kanada, Amerika Utara. Instansi pendidikan ini telah berdiri sejak jaman kolonial Inggris tepatnya pada tahun 1821.

Untuk biaya pendidikan di McGill, terdapat perbedaan bagi masing-masing mahasiswa yang didasarkan pada asal mahasiswa. Mahasiswa yang berasal dari Provinsi Quebec dikenakan biaya sekitar $3,167.80 setiap tahun, sedangkan warga negara Kanada yang berasal dari luar Quebec harus membayar sekitar $7,858.10 setiap tahun. 

Sementara itu, biaya sebesar $19,461.80–$34,840 dibebankan kepada para mahasiswa internasional yang akan bersekolah di McGill. Biaya tersebut hanya untuk biaya pendidikan, dan belum termasuk pengeluaran perumahan atau tempat tinggal dan pengeluaran lainnya.

 

University of British Columbia

Universitas British Columbia atau yang sering disebut sebagai UBC, adalah sebuah universitas riset negeri dengan beberapa kampus dan fasilitas di provinsi British Columbia, Kanada. Didirikan pada tahun 1908 sebagai McGill University College of British Columbia, universitas ini menjadi independen dan mengadopsi namanya yang sekarang pada tahun 1915. Universitas ini adalah institusi pendidikan tinggi tertua di British Columbia dan menerima lebih dari 58 ribu mahasiswa di kampus-kampusnya yang terletak di Vancouver dan Lembah Okanagan.

Biaya kuliah di UBC pun bervariasi antara warga negara Kanada dan mahasiswa internasional. Selain itu, untuk kedua program sarjana dan pascasarjana, biayanya juga bervariasi antara fakultas satu dengan lainnya. Mahasiswa juga harus membayar berbagai biaya hidup seperti perumahan, makanan dan kesehatan. biaya ini diperkirakan mencapai sekitar $13.000 CAD per tahun akademik

 

Layanan Mediamaz Translation Service

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai kuliah di Kanada hingga 3 universitas terbaik di Kanada. Bagi kamu yang memerlukan jasa penerjemah tersumpah atau legalisasi untuk dokumen – dokumen, kamu bisa langsung menghubungi kami di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.