Kuliah di Singapura? Pilih 3 Universitas Terbaik dan Beasiswa Berikut Ini

Kuliah di Singapura? Pilih 3 Universitas Terbaik dan Beasiswa Berikut Ini

Jika kamu adalah seorang siswa dengan anggaran yang terbatas, Singapura adalah tempat yang cocok untuk kamu karena negara Singa ini memiliki kebijakan kerja paruh waktu yang bagus untuk siswa internasional yang ingin bekerja sambil membiayai kebutuhan hidup serta kebutuhan kuliahnya sendiri. Selain itu, apalagi ya alasan untuk kuliah di Singapura dan apa saja universitas terbaiknya.

 

Mengapa Memilih Kuliah di Singapura?

Selama ini, Singapura mungkin lebih terkenal sebagai destinasi wisata bagi masyarakat Indonesia. Negara tersebut memang tidak pernah sepi dari turis Indonesia. Tapi ternyata, selain tempat wisatanya, Singapura memiliki keunggulan dalam bidang pendidikannya loh!

Singapura merupakan berbagai perguruan tinggi yang memiliki kualitas pendidikan unggulan. Dalam hal fasilitas pun, negara ini nggak main – main loh guys. Mahasiswa yang berkuliah di Singapura umumnya akan mendapatkan akses layanan perpustakaan berkelas dunia.

Mahasiswa di Singapura umumnya juga akan diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam berbagai aktivitas kokurikuler. Kamu bisa mengikuti berbagai kegiatan yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Terpenting dari keunggulan negara ini adalah, Singapura dikenal sebagai negara dengan tingkat keamanan yang tinggi. Dan warga di sana pun terkenal tertib dan disiplin.

 

Beasiswa Dr.Goh Keng Swee (GKS)

Beasiswa Dr Goh Keng Swee (GKS) adalah beasiswa sektor swasta yang dikelola oleh Association of Banks in Singapore (ABS).

Setiap tahun, 3 hingga 4 beasiswa diberikan kepada individu-individu luar biasa dari 15 negara Asia Pasifik (Brunei, Kamboja, Hong Kong SAR, India, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, RRC, Taiwan, Vietnam, Thailand, Laos dan Myanmar) untuk melanjutkan studi sarjana di universitas lokal di Singapura yaitu National University of Singapore (NUS), Nanyang Technological University (NTU), Singapore Management University (SMU) dan Singapore University of Technology and Design (SUTD).

Dana Beasiswa Dr GKS didirikan oleh komunitas keuangan di Singapura untuk menghormati mantan Wakil Perdana Menteri, yang membantu perkembangan dan pertumbuhan ekonomi Singapura sebagai pusat keuangan internasional yang memiliki reputasi baik.

Cakupan beasiswa:

  1. Tunjangan penuh pendidikan
  2. Biaya penerbangan
  3. tunjangan hidup

National University of Singapore (NUS)

National University of Singapore, didirikan pada 1905, berlokasi di barat daya Singapura, tepatnya di Kent Ridge, menerima sekitar 31.265 mahasiswa. NUS menawarkan program gelar tunggal S1, magister, doktor, dan diploma. 

Perkuliahan dilakukan di fakultas Seni dan Ilmu Sosial, Bisnis, Komputer, Kedokteran Gigi, Desain dan Lingkungan, Teknik, Hukum, Kedokteran, Sains, Kebijakan Publik, Sains Integratif dan Teknik, program Sarjana, Musik, Komunikasi Bahasa Inggris, Institut Sains Sistem dan Matematika dan Sains.

Sistem modular NUS menggabungkan nilai-nilai Pendidikan tinggi di Inggris dan Amerika. Dengan sistem ini, kamu dapat mengatur sendiri perkuliahan dengan berbagai modul yang sesuai dengan minatmu, bahkan kamu bisa memilih modul yang ditawarkan oleh jurusan dan fakultas lain juga lho!

 

Nanyang Technological University (NTU)

Nanyang Technological University merupakan salah satu dari dua universitas negeri terbesar yang berada di Singapura. NTU mulai diresmikan pada tahun 1991. Awalnya, Nanyang Technological University merupakan hasil gabungan dari 15 sekolah yang memiliki berbagai bidang studi seperti Sekolah Teknik, NIE, Nanyang Business School dan Nanyang Technological Institute (NTI) dan National Institute of Education (NIE).

Pada tahun 2011, Nanyang Technological University telah menjadi universitas pertama di Asia yang meraih lima bintang di bawah evaluasi QS Stars System. Dengan diraihnya prestasi tersebut, ini menjadikan Nanyang Technological University sejajar dengan Universitas internasional lainnya seperti University of Cambridge, Stanford University dan Massachusetts Institute of Technology. 

Pada 2013, QS World University Rankings juga menempatkan NTU di peringkat ke-41 tingkat dunia, dan peringkat ke-8 tingkat Asia.  Sistem pendidikan yang ada di Nanyang Technological University cukup berbeda jika dibandingkan dengan sistem pendidikan yang ada di Indonesia. Sistem pendidikan di Nanyang Technological University sangatlah ketat sehingga para lulusan dari Nanyang Technological University sangat terjamin kualitasnya.

 

Singapore Management University (SMU)

Singapore Management University (SMU) adalah sebuah universitas terkemuka di Asia, dan diakui secara internasional untuk penelitian kelas dunia dan pengajaran yang benar. SMU didirikan pada tahun 2000 dan misinya adalah untuk menghasilkan penelitian terdepan dengan dampak global dan menghasilkan dengan basis yang luas, pemimpin kreatif dan kewirausahaan bagi pengetahuan berbasis perekonomian. Universitas ini dikenal dengan interaktif dan teknologi yang memungkinkan pedagogi pengajaran bergaya seminar dalam ukuran kelas kecil.

SMU didirikan sebagai universitas otonom Singapura pertama yang didanai publik  yang menawarkan gaya pendidikan model setelah The Wharton School. Kampus ini menempati kampus kota yang terletak di jantung sipil, budaya dan distrik  bisnis Singapura. Dengan merintis program berorientasi bisnis, ekonomi, hukum, ilmu sosial dan teknologi yang memenuhi kebutuhan tersebut, SMU telah merumuskan pendidikan tinggi di Singapura.

 

Itulah, informasi singkat mengenai kuliah di Singapura hingga 3 universitas terbaik di sana. Yuk sahabat Meddy, yang ingin mendaftar beasiswa atau kuliah di luar negeri. Persiapkan dokumen kamu bersama kami, sehingga dapat memudahkan proses pendaftaran kamu. Langsung hubungi kami di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *