Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Kuliah S1, S2, dan S3 Gratis di Jepang Melalui MEXT Scholarship

MEXT Scholarship atau beasiswa Monbukagakusho merupakan program dari pemerintah Jepang lewat Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang memberikan kesempatan untuk mahasiswa internasional melanjutkan pendidikannya di universitas maupun college Jepang.

Beasiswa ini juga terbuka untuk siapa saja yang ingin melanjutkan pendidikan pada jenjang S1, S2 dan juga S3. Dan jadwal untuk pendaftarannya pun juga berbeda-beda tergantung pada program beasiswa yang kamu daftar.

7 Program Beasiswa MEXT Jepang

MEXT Scholarship

Sumber: Pexels

1. Beasiswa Peneliti

Mahasiswa untuk jenjang ini merupakan mahasiswa peneliti (non-reguler) yang berada di bawah bimbingan profesor Jepang. Dan melakukan penelitian ini pada bidang keilmuannya masing-masing. Untuk mahasiswa jenjang S1, S2 dan S3 bisa mendaftar program ini dengan maksimal usia 34 tahun. Dan setelah kamu menyelesaikan program ini, kamu juga bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya menggunakan beasiswa MEXT S2 dan juga S3.

2. Beasiswa Peneliti jalur rekomendasi universitas atau kedutaan

Bagi pelamar pada program ini adalah mereka yang ingin melanjutkan pendidikan melalui metode riset untuk jenjang S1, S2 dan S3. Dan terdapat 2 jalur yang bisa kamu gunakan yaitu jalur seleksi Kedutaan Besar Jepang dan juga universitas tujuan.

Dan informasi tentang seleksi dan persyaratan pendaftaran bisa berbeda-beda tiap universitas tujuan kamu di Jepang. Pada jalur kedutaan, kamu harus mengirimkan dokumen ke Kedutaan Jepang dan juga mengikuti serangkaian seleksi yang diadakan Kedutaan Jepang.

3. Beasiswa S1 (Gakubu)

Untuk program ini khusus pada pelamar lulusan SMA/SMK untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang sarjana S1 dengan beasiswa MEXT S1 universitas negeri Jepang. Dan khusus untuk program ini, kamu wajib untuk mengikuti kelas persiapan selama 1 tahun. Sehingga total dari masa belajar untuk program ini adalah 5 tahun.

Dan kelas persiapan ini mencakup pembelajaran Bahasa Jepang dan Inggris, matematika, dan juga ilmu sosial. Untuk pelamar yang memilih bidang studi IPS di universitas tujuan maka kamu bisa  memilih dari kelas ilmu sosial. Dan sedangkan bagi pelamar yang memilih pada bidang studi IPA pada universitas tujuan, kamu akan belajar fisika, kimia, dan juga biologi.

4. Beasiswa S1 ke College of Technology

Ketika program Gabuku khusus pelamar ke universitas negeri, maka program ini khusus bagi pelamar yang melanjutkan pendidikan ke College of Technology. Dan program ini hanya menerima siswa SMA/SMK lulusan program IPA saja.

College of Technology merupakan sekolah yang berfokus mendidik calon insinyur yang melakukan banyak sekali praktik dan juga eksperimen. Dan untuk warga Jepang, College of Technology ini merupakan sekolah bagi lulusan jenjang SMP, akan tetapi khusus bagi penerima beasiswa MEXT, mereka akan ditempatkan sebagai siswa tahun ke-3.

5. Beasiswa Specialized Training College

Jika Kosen khusus untuk pelamar calon insinyur, maka untuk program ini khusus untuk lulusan SMA/SMK yang melanjutkan pendidikan ke Specialized Training College. Dan College ini berfokus pada keahlian luar bidang ilmu teknik.

6. Beasiswa Pelatihan Guru

Pada program ini khusus untuk kamu yang ingin bekerja sebagai guru. Dan tujuan dari program ini adalah meningkatkan kapasitas guru dalam bidang pengajaran seperti:

  1. Cara mengajar
  2. Pembuatan rencana belajar-mengajar yang efektif
  3. Manajemen pengajaran

Dan untuk durasi program ini yaitu 18 bulan dengan 6 bulan khusus untuk mengikuti kelas persiapan yakni Bahasa Jepang.

7. Beasiswa Studi Jepang

Pada program ini diberikan untuk pelamar yang sedang menempuh pendidikan S1 atau D4 jurusan pendidikan bahasa atau sastra Jepang untuk belajar di universitas Jepang selama 1 tahun. Dan program ini juga tidak memberikan gelar bertujuan untuk memberikan pendalaman pada pemahaman budaya dan bahasa Jepang. Mereka juga yang lulus pada program ini akan mendapatkan sertifikat.

Persyaratan Pendaftaran

Dokumen-dokumen yang wajib kamu persiapkan terutama untuk kamu yang ingin mendaftar pada beasiswa MEXT 2023 bisa dikategorikan berdasarkan tujuannya, sebagai berikut ini:

Beasiswa Peneliti (1 dan 2)

Lembar print out e-mail konfirmasi pendaftaran pada sistem pendaftaran dari beasiswa MEXT

Formulir pendaftaran yang bisa diunduh di laman pendaftaran

Pas foto berukuran 3,5 x 4,5 cm atau 3 x 4 cm sebanyak 3 lembar. Foto setengah badan dengan warna latar belakang bebas.

Placement preference application form yang dapat diunduh di laman pendaftaran

Field of study and research plan sesuai dengan format yang disesuaikan dengan template

Transkrip nilai jenjang pendidikan terakhir yang telah dilegalisir sebanyak 2 rangkap asli dan 1 rangkap salinan

Ijazah atau Surat Keterangan Lulus pada jenjang pendidikan terakhir yang telah dilegalisir sebanyak 2 rangkap asli dan 1 rangkap salinan

Surat rekomendasi dengan format yang dapat diunduh pendaftaran sebanyak 2 rekomendasi dan 1 salinannya

Surat rekomendasi dari atasan (bagi yang sudah bekerja) dengan format yang dapat sebanyak 2 rekomendasi dan 1 salinannya

Abstrak penelitian

Portofolio hasil karya

Sertifikat kecakapan berbahasa Inggris (IELTS, TOEFL, TOEIC) atau Bahasa Jepang (JLPT)

Dokumen penunjang lainnya seperti sertifikat penghargaan, kegiatan penelitian, dan lainnya.

Apa yang Kami Bisa Bantu?

Setelah Anda membaca artikel ini mengenai informasi seputar beasiswa MEXT Scholarship mulai jenis beasiswa, hingga cara daftar beasiswa yang bisa kamu ikuti. Pastinya ada sedikit ketertarikan bagi Anda untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Bagi Anda yang inging melanjutkan pendidikan ke luar negeri, pasti harus mempersiapkan segala dokumen-dokumen penting. 

Segala bentuk dokumen dari dokumen perjalanan seperti visa pastinya harus Anda persiapkan. Dokumen-dokumen tersebut tentunya harus dalam bentuk resmi dan berbahasa asing (Inggris dan Jepang). Anda tidak perlu khawatir jika merasa kesulitan akan hal tersebut karena sekarang Anda dapat menggunakan jasa penerjemah untuk membantu akan hal tersebut. 

Mediamaz Translation Service hadir sebagai solusi untuk Anda mempersiapkan dokumen seperti layanan visa dan penerjemahan dokumen penting tersebut. Penerjemah pada Mediamaz TS sudah meliputi layanan kami yaitu jasa Penerjemah Tersumpah. 

Tidak perlu khawatir akan layanan penerjemahan dokumen Anda, karena Penerjemah Tersumpah kami sudah mendapatkan sertifikat resmi dari SK Gubernur, Kemenkumham, dan HPI (Himpunan Penerjemah Indonesia). Jadi tentu hasil penerjemahan yang kami hasilkan sudah tentu terjamin dan dapat membantu mempermudah Anda dalam mempersiapkan dokumen tersebut. 

Sehingga tunggu apalagi? Segera serahkan dokumen Anda untuk kami terjemahkan melalui website kami di sini dan juga bisa bertanya langsung di nomor telepon kami (021) 55787254.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Whatsapp 24 Jam