8 Tempat Wisata di Turki Ini Bisa Jadi “Its My Dream” Versi Kamu!

8 Tempat Wisata di Turki Ini Bisa Jadi “Its My Dream” Versi Kamu!

Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat di Turki! Pasti Jadi Its My Dream-nya Kamu!

Sebagai manusia yang terkadang memiliki rasa bosan ataupun jenuh dalam menjalani kehidupan, kita perlu memiliki sedikit waktu luang untuk menghibur diri. Mau itu jalan-jalan bersama keluarga atau dengan teman dan orang terkasih. Terkadang penyembuhan diri atau biasa disebut healing memang sangat berguna untuk beberapa orang yang lelah dengan jam kerja yang hectic. Healing sebenarnya bisa kamu lakukan di mana saja. Bahkan berdiam diri di dalam rumah-pun bisa kamu sebut dengan healing. Namun, terkadang sebagai manusia kita juga ingin melihat suasana baru yang menyegarkan mata serta pikiran. Ini membantu untuk me-refresh mental kita sebagai manusia. Untuk merasakan suasana baru, mungkin kamu bisa liburan ke luar negeri, salah satunya Turki yang memiliki banyak sekali tempat wisata indah yang telah terkenal oleh turis mancanegara. Lantas, apa saja tempat-tempat wisata tersebut?

wisata Turki

By Unsplash

Profil Negara Turki (Republik Turkiye)

Turki atau sekarang telah berganti nama menjadi Republik Turkiye adalah negara yang berlokasi di wilayah Eurasia. Disebut Eurasia karena letaknya yang terdapat di antara Benua Eropa dan juga Benua Asia. Wilayah Turki atau Turkiye terbantang dari Semenanjung Anatolia yang terletak di Asia Barat Daya sampai wilayah Eropa Tenggara yaitu Balkan.

Selain karena wilayahnya yang berada di wilayah Benua Eropa dan Benua Asia, Turki dikenal sebagai negara Eurasia juga karena keberadaan Laut Marmara yang adalah bagian dari negara Turki terletak di perbatasan Eropa dan Asia. Masih banyak sekali yang mengira bahwa Turki adalah bagian dari Benua Asia, bahkan para ahli geografi-pun mengklasifikasikannya sebagai negara Asia. Alasannya karena 97% wilayah Turki berada di Benua Asia, bahkan ibu kota Turki yaitu Ankara berada di kawasan Benua Asia.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Turki

Tempat Wisata di Turki

Pasti kamu sudah tidak sabar untuk mengetahui tempat-tempat wisata di Turki yang bisa kamu kunjungi untuk liburan sebagai bagian dari kegiatan healing untuk menyegarkan serta menyehatkan mental dan fisik. Inilah daftarnya!

1. Cappadocia

Tempat wisata di Turki yang satu ini sudah terenal oleh masyarakat Indonesia karena disebut oleh series produksi lokal yang berjudul Layangan Putus. Cappadocia menawarkan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Di Cappadocia, kamu akan dimanjakan oleh pemandangan ngarai, lembah, dan juga bukit-bukit yang mendominasi salah satu tempat wisata ini.

Foto gratis dari Cappadocia

By Pixabay

Keunikan lain yang bisa kamu dapati di Cappadocia adalah semua bangunan yang terdiri dari rumah, gereja, restoran, dan terowongan yang terdapat di kawasan ini semuanya dibentuk atau terbuat dari pahatan batu. Kamu bisa ke Cappadocia dengan menaiki bus dan memakan waktu sekitar 12 jam perjalanan dari Kota Istanbul. Beberapa tempat dan kegiatan yang menarik untuk kamu saat berada di Cappadocia, antara lain:

  • Urgup
  • Goreme
  • Wisata Kuliner

2. Blue Mosque

Seperti namanya, masjid menakjubkan ini terdiri dari keramik-keramik berwarna biru. Belum bisa disebut jalan-jalan ke Turki jika belum mengunjungi tempat wisata yang menakjubkan ini. Masjid ini dibangun oleh sultan pada era Ottoman atau Utsmaniyah pada abad ke-14 yaitu Sultan Ahmed 1. Masjid Biru atau Blue Mosque ini memiliki 6 menara yang konon katanya Sultan Ahmed 1 mendapatkan kritik karena jumlah menaranya sama dengan Masjidil Haram yang terletak di Mekkah. Karena hal ini, akhirnya Sultan Ahmed 1 membiayai pembuatan 1 menara lagi di Masjidil Haram sehingga sekarang Masjidil Haram memiliki 7 menara.

Masjid Turki

By Pixabay

Bila kamu berkunjung ke masjid ini, kamu harus menggunakan pakaian yang sopan dan untuk para wanita, kamu harus menggunakan hijab. Kedua mata kamu akan dimanjakan oleh arsitektur yang megah dan menakjubkan dari bangunan Blue Mosque yang adalah masjid terbesar di Istanbul serta telah menjadi salah satu tempat wisata termegah di Turki.

3. Topkapı Palace

Istana yang dulunya dijadikan tempat tinggal keluarga kesultanan selama lebih dari 600 tahun dan dibangun pada tahun 1459 atas perintah dari Sultan Mehmed II ini menjadi tempat wisata intelektual karena statusnya yang sekarang menjadi museum. Karena bekas tempat tinggal sultan, Topkapı Palace memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Misalnya, dulu di dalamnya terdapat rumah sakit, sekolah, perpustakaan, taman, asrama, dan masjid.

Foto gratis dari Istanbul

By Pixabay

Topkapı Palace terletak di pinggir pantai selat Bosphorus dan juga berlokasi tidak jauh dari Hagia Sophia. Saat kamu masuk ke dalamnya, kamu akan melihat keramik dengan motif-motif yang indah serta kaligrafi yang terpasang pada dinding-dinding istana. Tidak hanya itu, kamu akan melihat banyak perhiasan, tempat duduk raja yang berlapis emas, wadah minuman yang sisi luarnya dihias oleh permata.

4. Istiklal Street

wisata turki

By Pixabay

Saat berlibur, tidak lengkap rasanya jika tidak berbelanja untuk dibawa pulang dan dibagikan oleh keluarga dan teman-teman. Nah, inilah salah satu pusat perbelanjaan di Turki yaitu Istiklal Street. Kamu bisa membeli oleh-oleh khas Turki dari barang-barang sampai makanan. Berikut beberapa oleh-oleh yang bisa kamu beli di tempat wisata belanja di Turki: Pakaian, cokelat, dan buku. Di tempat ini juga terdapat klub malam, restoran, biskop, serta tempat hiburan lainnya.

5. Pamukkale

Foto gratis dari Pamukkale

By Pixabay

Jika udara Turki sedang dingin, tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk Medizen kunjungi! Pamukkale adalah tempat pemandian air panas yang populer di Turki. Tidak hanya pemandian air panas, Pamukkale juga menyediakan pemandangan yang indah dan menakjubkan. Jika kamu lihat sekilas memang kolamnya terdapat salju, namun sebenarnya gumpalan putih tersebut adalah logam kalsium yang mengeras.

6. Konya

Foto gratis dari Mevlana monastery sufi dancers

By Pixabay and By Unsplash

Bila kamu berlibur ke Turki, belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi salah satu tempat wisatanya yang cukup terkenal ini. Konya adalah salah satu kota tua yang terdapat di Turki. Kota yang satu ini jaraknya cukup dekat, loh dengan ibu kota Turki. Jaraknya hanya memakan waktu sekitar 3 jam dari Ankara. Tempat ini menjadi pusat kebudayaan negara Turki dan sangat terkenal dengan kereligiusannya. Ada beberapa atraksi dan tempat di Konya, antara lain:

  • Museum Mevlana
  • Tarian Sufi

7. Fethiye

wisata turki

By Pixabay

Tempat wisata di Turki yang satu ini sangat ramai pengunjung saat musim panas tiba. Kamu bisa menggunakan pesawat untuk sampai ke Fethiye dan turun di bandara internasional Antalya atau Dalaman. Lalu untuk sampai ke tempat ini, kamu harus menempuh 1 jam perjalanan lagi. Kamu bisa melakukan berbagai macam kegiatan seperti, memancing, berenang, paragliding, menyelam, kano, dan juga parasailing bisa kamu lakukan di Fethiye.

8. Blue Lagoon (Laguna Biru)

Drone view of a crowded sand beach in Ölüdeniz

By Unsplash

Turkiye memang identik dengan keindahan dari pemandangan lautnya yang menakjubkan. Kamu bisa melakukan beberapa kegiatan olahraga air saat mengunjungi Blue Lagoon. Kegiatan olahraga di Blue Lagoon yang wajib kamu cobain adalah paralayang dengan ketinggian hingga 1.900 meter di atas laut. Selain itu, kamu juga bisa mencoba kegiatan snorkeling, ataupun menaiki kayak dan melihat kehidupan-kehidupan yang terdapat di laguna ini. Laut di laguna ini disebut sebagai “laut mati.” Ini karena arus airnya yang tenang.

Baca Juga: Makanan Khas Turki

Berminat Untuk Jalan-Jalan ke Turki?

Setelah membaca beberapa destinasi wisata di Turki, mungkin kamu akan sangat tertarik untuk merehatkan diri sejenak dengan berlibur ke sana. Bukan hanya uang yang perlu kamu persiapkan, kamu juga perlu menyiapkan segala jenis dokumen yang dibutuhkan untuk bisa secara legal masuk ke Turki. Lantas, dokumen atau berkas-berkas apa saja yang kamu perlukan untuk bisa masuk ke Turkiye?

Yang pertama, kamu tentunya memerlukan Passport sebagai identitas selama di Turki.

Kedua, kamu juga memerlukan Visa sebagai izin keluar dan masuk suatu negara secara legal, dan visa ini banyak sekali jenisnya, tergantung dari keperluan kamu di negara tersebut.

Tidak sampai disitu, kamu juga perlu menerjemahkan Passport. Ini bertujuan agar kamu dapat mengajukan pembuatan Visa ke kedutaan negara yang akan kamu tuju.

Gimana, Sih Cara Terjemahin Dokumen yang Mudah dan Cepat?

Untuk menerjemahkan dokumen dengan mudah dan cepat, kamu membutuhkan Jasa Penerjemah Tersumpah. Lantas, kenapa harus menggunakan Penerjemah Tersumpah? Ini karena hasil penerjemahan yang telah Penerjemah Tersumpah lakukan akan bersifat resmi dan memiliki dasar hukum yang sama dengan dokumen asli. Karena Penerjemah Tersumpah adalah penerjemah profesional yang memiliki sertifikat dan SK Gubernur.

Sekarang ini, sudah tidak sulit untuk mencari Jasa Penerjemah Tersumpah di Indonesia, karena sudah banyak perusahaan yang menyediakannya. Perusahaan tersebut adalah Mediamaz Translation Service. Kamu akan mendapatkan Penerjemah Tersumpah untuk menerjemahkan Passport yang akan kamu gunakan untuk berlibur ke Turki ataupun ke negara lainnya.

Mediamaz Translation Service telah berpengalaman selama lebih dari 20 tahun dalam bidang penerjemahan. Jadi, Medizen tidak perlu ragu untuk menyerahkan dokumen kepada Mediamaz, karena hasil dan kerahasiaan dokumen kamu akan terjaga dengan baik. Tidak hanya menerjemahkan dokumen untuk berlibur, kamu juga bisa mengurus dokumen untuk perjalanan bisnis. Mediamaz juga menyediakan jasa legalisasi dokumen yang dapat kamu pesan bersamaan dengan jasa penerjemahannya.

Penerjemah Tersumpah yang bergabung di Mediamaz adalah penerjemah-penerjemah yang telah mengantongi sertifikat dan hasil penerjemahannya telah terakui oleh banyak instansi-instansi di Indonesia.

Gunakanlah jasa yang Mediamaz sediakan untuk hasil penerjemahan terbaik, dengan harga terbaik, dan diikuti dengan kualitas yang tinggi. Tunggu apalagi? Serahkan dokumen kamu ke Mediamaz Translation Service sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.