Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Menjadi Penerjemah Bahasa Asing Melalui Kursus Online

Kursus atau bootcamp dapat menjadi salah satu cara paling efektif untuk Anda yang ingin berkarier jadi seorang penerjemah bahasa asing. Dengan mengikuti kursus, Anda dapat dengan mudah mempelajari apa yang diperlukan untuk menjadi penerjemah. Sebelum memahami lebih dalam mengenai kursus jadi penerjemah, beberapa hal terkait penerjemahan berikut harus Anda pahami terlebih dahulu.

kursus penerjemah

Bidang Penerjemahan

Penerjemahan adalah proses mengubah teks atau lisan dari satu bahasa ke bahasa lain. Ini adalah tugas penting dalam berbagai bidang seperti bisnis, hukum, teknologi, dan banyak lagi. Oleh karena itu, penerjemah memegang peran yang sangat penting dalam memfasilitasi komunikasi antar budaya dan menjaga agar informasi dapat diterima dan dipahami oleh orang-orang dari berbagai negara dan latar belakang.

Baca juga:

Bootcamp dan Ujian Sertifikasi Keahlian untuk Jadi Penerjemah di Mediamaz

Langkah Menjadi Penerjemah Bahasa Asing

kursus jadi penerjemah

iStock

Terdapat beberapa cara untuk menjadi seorang penerjemah bahasa asing yang kredibel dan profesional. Beberapa hal yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Mempelajari bahasa asing

Untuk menjadi penerjemah bahasa asing, hal utama yang harus Anda kuasai adalah sepasang bahasa. Anda harus menguasainya dengan baik mulai dari tata bahasa, kosakata, hingga budaya dari negara tersebut. Hal ini akan mempermudah Anda dalam menerjemahkan.

2. Melatih kemampuan penerjemahan

Kemampuan dalam menerjemahkan dan menyampaikannya melalui bahasa lisan atau tulisan adalah hal yang penting. Hal ini merupakan perbedaan mendasar antara seorang penerjemah bahasa dengan seorang yang ahli dalam suatu bahasa asing.

Oleh sebab itu, untuk menjadi seorang penerjemah yang andal, berlatih menerjemahkan sangatlah penting untuk Anda lakukan. Berlatihlah melakukan penerjemahan teks atau dokumen dalam bahasa asing yang Anda kuasai dan perbaiki hasil terjemahan Anda secara terus-menerus.

3. Mencari pengalaman

Menguasai bahasa dan mahir menerjemahkan tidaklah cukup untuk memasuki dunia profesi penerjemah. Anda harus mencoba sedikit demi sedikit mencari klien penerjemah agar terbiasa dengan hal tersebut. Carilah pengalaman bekerja sebagai penerjemah freelancer atau bekerja untuk perusahaan penerjemahan. Ini akan memberikan Anda kesempatan untuk berlatih dan memperluas jaringan Anda dalam industri.

4. Membangun relasi

Langkah berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah membangun relasi. Berkumpul dengan penerjemah lain dan berpartisipasi dalam komunitas penerjemah. Ini akan membantu Anda memperoleh informasi tentang peluang kerja dan membangun jaringan profesional.

5. Mengikuti kursus jadi penerjemah

Beberapa penerjemah memiliki gelar dalam bidang terjemahan atau bahasa asing, meskipun hal ini tidaklah wajib. Pendidikan formal dapat memberikan Anda dasar yang kuat dalam teori dan praktik penerjemahan.

Apabila mengikuti pendidikan formal terlalu berat, Anda dapat mengikuti kursus untuk jadi penerjemah seperti bootcamp penerjemah di Mediamaz TS. Kursus ini akan memberikan Anda pemahaman kuat mengenai teori, strategi, masalah, dan praktik penerjemahan secara lengkap. Anda juga akan dipandu oleh mentor yang tepat.

Ingatlah bahwa menjadi penerjemah memerlukan waktu dan usaha yang konsisten. Akan tetapi, jika Anda berdedikasi dan terus berlatih, Anda dapat mencapai sukses dalam bidang ini.

Syarat Jadi Penerjemah di Indonesia

Berdasarkan Pasal 4 Ayat (1) permenkumham 4/2019, terdapat 8 syarat jadi penerjemah tersumpah di Indonesia. Syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  2. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI);
  3. Setia kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
  4. Berdomisili atau bertempat tinggal di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau di Kantor Kedutaan / Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri;
  5. Sehat jasmani dan rohani;
  6. Telah lulus ujian kualifikasi penerjemah yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi yang dibentuk oleh Organisasi Profesi atau Perguruan Tinggi;
  7. Tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memeroleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih; dan
  8. Tidak berstatus sebagai pegawai negeri, pejabat negara, advokat atau tidak sedang memangku jabatan lain yang oleh undang-undang dilarang untuk dirangkap.

Menjadi seorang penerjemah tersumpah harus melakukan ujian sertifikasi dan lulus dengan nilai 80-100 (Grade A). Sesuai dengan persyaratan ke-enam, maka calon penerjemah harus mengikuti ujian kualifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi yang menjalin kerja sama dengan Organisasi Profesi atau Perguruan Tinggi. Organisasi Profesi seperti Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI) serta Perguruan Tinggi (Universitas Indonesia). Setelah mengikuti ujian maka calon penerjemah harus mengajukan permohonan dengan urutan prosedur sebagai berikut:

  1. Mengajukan Permohonan
  2. Membayar Biaya
  3. Pemeriksaan Permohonan
  4. Pengambilan Sumpah Penerjemah

Baca juga:

Pekerjaan Translator Cuma untuk Lulusan Sastra? Cek di Sini!

Kegunaan Sertifikasi Penerjemah Bisa Untuk Apa Saja Sih? Cek di Sini!

Kursus Jadi Penerjemah

kursus penerjemah

Untuk mempersiapkan diri menjadi penerjemah profesional, banyak orang memutuskan untuk mengikuti kursus penerjemah yang dapat Anda temukan di universitas atau melalui berbagai program pembelajaran jarak jauh. Kursus penerjemah biasanya mencakup berbagai aspek dari profesi, termasuk teori penerjemahan, teknik menterjemahkan teks, dan memahami budaya dan kultur dari berbagai negara.

Kursus penerjemah juga biasanya mencakup praktik memerjemahkan teks dan menyediakan umpan balik dari guru atau instruktur untuk membantu peserta meningkatkan keterampilan mereka. Dalam beberapa kasus, kursus penerjemah juga menyediakan praktik lapangan, seperti bekerja dengan klien atau menyediakan penerjemahan untuk organisasi tanpa profit.

Untuk menjadi seorang penerjemah, Anda tak harus berlatar belakang pendidikan sastra bahasa dan sejenisnya. Kursus penerjemah menerima latar belakang apa saja dan mampu membantu Anda berkarier di bidang bahasa. Salah satu kursus penerjemah yang tersedia yaitu bootcamp penerjemah di Mediamaz Translation Service.

Bootcamp Penerjemah Mediamaz TS

Melalui program bootcamp penerjemah di Mediamaz TS, impian berkarier sebagai penerjemah dapat tercapai. Bootcamp penerjemah merupakan kursus penerjemah yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan serta menunjang karier penerjemahan Anda. Pelatihan penerjemah ini bisa menjadi batu loncatan untuk memulai karier sebagai translator dalam kurun waktu yang singkat.

Apa itu program Bootcamp Penerjemah?

Bootcamp merupakan sebuah pelatihan khusus pada bidang tertentu untuk meningkatkan kemampuan serta menunjang karier Anda pada bidang tersebut. Dalam menjawab tantangan mengenai kebutuhan penerjemah, Mediamaz Translation Service sebagai jasa penerjemah kini memiliki layanan baru. Mediamaz TS telah resmi membuka kelas pelatihan penerjemah atau bootcamp untuk menunjang kemampuan berbahasa dan penerjemahan Anda secara profesional.

Mediamaz TS menjadi satu-satunya agensi penerjemah yang membuka kelas pelatihan penerjemah di Indonesia. Tidak hanya menyediakan layanan bootcamp, Mediamaz TS juga membuka ujian sertifikasi keahlian khusus untuk penerjemah. Nantinya, sertifikasi ini akan menyatakan bahwa Anda sah sebagai seorang penerjemah profesional.

Bagaimana dengan sertifikasi penerjemah?

Setelah mengikuti bootcamp penerjemah, Anda akan tersertifikasi sebagai penerjemah profesional. Sertifikasi merupakan bukti bahwa Anda telah menyelesaikan ujian sesuai dengan keahlian. Dalam penerjemah yang bisa memberikan sertifikasi adalah LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) dan BNSP (Badan Nasional Sertfikasi Profesi). Tak perlu khawatir, bootcamp penerjemah dari Mediamaz TS kini menyediakan program ujian sertifikasi untuk para penerjemah.

Bootcamp Penerjemah di Mediamaz TS menyediakan sebuah program bernama Certificate Translator. Program ini memungkinkan Anda untuk mendapat sertifikat kelayakan menjadi seorang penerjemah profesional melalui tes sertifikasi. Pada program ini, terdapat 4 level yang dapat Anda pilih sesuai dengan latar belakang atau background Anda sebagai seorang penerjemah.

Baca juga:

Mau Jadi Penerjemah Andal? Kuasai 5 Skill Translator di Sini!

Apa keunggulan kursus penerjemah di Mediamaz TS?

Ada banyak sekali kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan mengikuti bootcamp tersebut. Beberapa kelebihan dari bootcamp penerjemah Mediamaz TS antara lain sebagai berikut.

1. Unlimited Konsul dan Materi Review

Mengikuti kursus penerjemah dari Mediamaz TS Anda bisa mendapatkan kurikulum pendidikan terbaik dan terlengkap. Kurikulum tersebut bisa Anda download untuk Anda akses kapan saja. Satu lagi yang tak boleh tertinggal adalah Anda bisa melakukan konsultasi dengan mentor terbaik kami untuk bertanya tanpa batas.

2. Job Connector ke 100+ Perusahaan Partner

Setelah program kursus penerjemah selesai, nantinya Anda akan terhubung dengan 100+ perusahaan yang menjalin kerja sama dengan Mediamaz TS. Program ini bertujuan untuk Anda bisa segera meraih karier impian tanpa perlu mempunyai pengalaman di bidang penerjemahan sebelumnya.

3. Kursus Penerjemah Langsung dengan Expert Mentor

Dapatkan pengalaman belajar langsung melalui para mentor-mentor terkemuka dan berpengalaman dalam bidang penerjemahan. Anda juga berkesempatan belajar secara private untuk melatih kemampuan penerjemahan Anda.

4. Career Opportunity tanpa Gelar

Siapa bilang untuk menjadi seorang penerjemah harus lulusan sastra? Kini karier penerjemah bisa untuk siapa saja dengan catatan mengikuti kursus dan sertifikasi penerjemah. Jika Anda bekerja sebagai pengacara kemudian ingin memiliki pekerjaan sampingan sebagai penerjemah, tentu bisa!

Bootcamp Penerjemah dari Mediamaz TS merupakan program untuk berbagai kalangan yang menyediakan kriteria sesuai dengan Anda. Setelah mengikuti kelas penerjemah ini, Anda akan mendapat bukti berupa sertifikasi penerjemah. Sertifikasi tersebut bisa Anda gunakan untuk membuktikan bahwa sah menjadi seorang penerjemah profesional.

5. Berkesempatan Mengurus Proyek Terjemahan Langsung dari Klien

Kelebihan berikutnya yang akan Anda dapatkan adalah terjun langsung untuk mengurus proyek terjemahan dari klien. Ciptakan pengalaman nyata dengan final project yang mengharuskan Anda untuk terlibat langsung dalam real project terjemahan klien.

Bagaimana Metode Belajar di Kursus Penerjemah Mediamaz TS?

Bootcamp Penerjemah Mediamaz TS menyediakan metode pembelajaran secara online dan terlengkap untuk menguasai keahlian penerjemah. Dengan durasi selama 2 bulan dan belajar secara online via Zoom. Sesi kelas berlangsung setiap senin dan rabu pada pukul jam 19:00 – 21:00 WIB dengan total 16 kali pertemuan. Meskipun berlangsung secara daring, Anda akan tetap mendapatkan modul terlengkap dan bisa Anda akses untuk direview berulang. Anda juga berkesempatan belajar secara livestream intraktif langsung bersama praktisi berpengalaman.

Baca juga:

Tips Mudah Menjadi Penerjemah di Era Digital I Cek di Sini!

Cara Menjadi Penerjemah Bahasa Inggris yang Berkualitas

Rincian biaya Bootcamp Penerjemah di Mediamaz TS

Jika Anda berminat untuk mengikuti serangkaian program bootcamp penerjemah dari Mediamaz TS, tidak perlu khawatir dengan biaya yang mahal. Program ini menyediakan 4 kelas berbeda, yakni untuk menjadi penerjemah Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Mandarin, dan Bahasa Arab. Setiap kelas memiliki harga mulai dari Rp2.000.000 dan akan ada banyak promo serta harga eksklusif yang bisa Anda dapatkan. Berikut ini rincian biaya yang dibutuhkan untuk mengikuti bootcamp penerjemah di Mediamaz TS.

Baca juga:

Cara Jadi Penerjemah Bahasa Inggris, Mudah Langsung Handle Klien

Daftarkan Diri Anda di Kursus Penerjemah Sekarang!

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika mengikuti bootcamp penerjemah di Mediamaz. Mediamaz TS memiliki prinsip bahwa kepuasan pelanggan adalah tujuan utama. Sehingga, Mediamaz TS akan memberikan pelayanan terbaik bagi Anda para calon translator yang akan kursus di bootcamp penerjemah Mediamaz TS. Untuk informasi selengkapnya, hubungi WhatsApp 082123335003 atau cek website kami di sini.

Baca juga:

Keuntungan dan Tantangan Kerja Sebagai Penerjemah Bahasa

Ketahui Kisaran Gaji Penerjemah Tahun 2023!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *