Lulusan Sastra Jepang Hanya Bisa Jadi Penerjemah? Cek Faktanya di Sini!

Lulusan Sastra Jepang Hanya Bisa Jadi Penerjemah? Cek Faktanya di Sini!

Ketika Kamu baru menyelesaikan masa perkuliahan dan ingin segera masuk ke dunia kerja. Pasti sudah banyak terlintas di kepala, ingin bekerja di bagian apa. Namun, jika kamu masih kesulitan menemukan pekerjaan apa yang sesuai dengan keahlian. Apalagi jika Kamu lulusan sastra Jepang, saat ini ada banyak prospek kerja yang bisa kamu geluti. Tidak hanya terbatas menjadi tenaga pengajar, menerjemahkan, kini lulusan sastra Jepang bisa memasuki ranah apapun dalam dunia kerja.

Kebudayaan Jepang kini banyak yang menyukai dan mendalaminya. Salah satunya adalah masuk dan belajar di jurusan sastra Jepang. Tidak hanya terkenal dengan The Land of Rising Sun, Jepang juga menjadi negara dengan karakter disiplin, maju, cepat dan praktis. Simak penjelasan lebih lanjut untuk mengetahui, berbagai prospek kerja lulusan sastra Jepang yang bisa kamu pertimbangkan.

Jurusan Sastra Jepang

prospek kerja sastra jepang

freepik

Lulus dari sastra Jepang, bukan semata-mata harus bisa menerjemahkan dari bahasa satu ke bahasa target. Tetapi dalam sastra khususnya bahasa Jepang, kamu akan memahami isi, ciri artistik, keindahan, orisinalitas pada sebuah karya sastra Jepang. Selain itu kamu juga kan mempelajari berbagai karya tulis, baik novel, naskah drama atau puisi dan sebagainya. Kemudian mempelajari linguistik, tata penulisan, kebudayaan dari bahasa Jepang.

Meskipun dari materi pembelajarannya seputar karya sastra, bukan berarti pekerjaan yang tersedia akan terbatas oleh lingkup tersebut. Menjadi sastrawan dan kritik sastra memang terlihat lebih sesuai. Namun kini, mulai banyak lulusan sastra yang bisa mendaftar pada prospek kerja lainnya di luar dunia sastra.

Prospek Kerja Sastra Jepang

prospek kerja sastra jepang

freepik

Tidak perlu khawatir apabila kamu masih kesulitan untuk menentukan pekerjaan apa yang sesuai dengan keinginan. Berikut ini beberapa prospek kerja yang bisa kamu pilih sebagai lulusan sastra Jepang, antara lain:

Perusahaan Jepang

Mau bekerja di perusahaan multinasional Jepang? kini ada banyak perusahaan-perusahaan multinasional yang berdiri di Indonesia. Peluang tersebut menjadi lebih besar, jika kamu merupakan lulusan sastra Jepang. Karena bisa mendapat kesempatan untuk bekerja di perusahaan induk yang berpusat di Jepang.

Gaji karyawan perusahaan multinasional di Indonesia berada kisaran antara Rp 5.000.000. Nominal gaji ini akan terus bertambah sesuai dengan posisi dan kemampuan kamu di perusahaan.

Kedutaan Jepang

Hubungan baik antara Jepang dan Indonesia terus berlanjut dan menjalin kerja sama. Baik di bidang ekonomi, kebudayaan, sosial dan sebagainya. Kamu bisa bergabung menjadi salah satu staff di kedutaan Jepang. Tentu saja, gaji yang akan kamu dapatkan melebihi gaji rata-rata pekerja di Indonesia. Kisaran yang bisa kamu dapatkan mulai dari Rp. 12.000.00 per bulan bahkan lebih.

Leksikografer

Kata leksikografer memang masih belum awam terdengar di telinga masyarakat, hanya segelintir orang yang tahu mengenai profesi ini. Tugas utama seorang leksikografer adalah menulis, melakukan kompilasi, edit kamus. Baik yang terpublish secara cetak ataupun online.

Tenaga Pengajar

Lulusan sastra memang tidak spesifik mendalami dunia pendidikan khususnya mengajar, prospek kerja ini bisa menjadi pilihan untuk kamu sebagai lulusan sastra Jepang. Menjadi guru dengan berbekal ilmu di bidang sastra, akan menambah nilai plus untuk kamu. Apalagi kini, sekolah-sekolah sudah menerapkan pembelajaran bahasa asing selain Inggris. Peluang besar ini akan sangat sayang jika kamu lewatkan, terlebih jika kamu senang dengan suasana belajar mengajar. Profesi mengajar bisa berstatus pegawai negeri  maupun swasta. Bisa juga mengajar di lembaga bimbingan belajar, sekolah internasional dan sebagainya. Gaji akan menyesuaikan dengan di mana kamu ingin bekerja, serta kemampuan kamu memahami bahasa Jepang.

Penulis

Sudah biasa mengerjakan tugas-tugas karya sastra, profesi penulis tentunya pasti sudah tidak asing lagi. Kamu bisa bekerja secara individu maupun pada sebuah perusahaan. Melakukan riset mengenai kebudayaan sosial, sejarah, sastra dan lainnya yang berkaitan dengan Jepang.

Editor

Masih berkorelasi dengan prospek kerja sebagai penulis, lulusan sastra Jepang juga bisa menjadi seorang editor di penerbitan. Tugas utamanya adalah merencanakan, mengkoordinasi atau mengedit isi atau artikel maupun tulisan yang sudah terpublikasi. Income rata-rata untuk jenis pekerjaan ini berkisar antara Rp3.800.000 sampai Rp6.900.000.

Pemandu Wisata

Siapa yang ingin bekerja sambil berjalan-jalan? Mengunjungi sudut-sudut kota dan menikmati berbagai khas dari negara tersebut? Pekerjaan sebagai pemandu wisata adalah pilihan yang terbaik untuk kamu. Tujuan utamanya adalah mengawal individu atau kelompok dan berkunjung ke tempat menarik di sebuah negara. Memberikan arahan dan informasi terkait kepada pengunjung.

Penerjemah

Hampir mirip dengan tenaga pengajar, menjadi seorang penerjemah adalah pekerjaan yang paling banyak lulusan sastra pilih. Apalagi bahasa Jepang termasuk dalam salah satu bahasa yang paling sering digunakan. Penerjemah terbagi menjadi 2 bagian, yakni penerjemah lisan dan tulisan. Seorang penerjemah memerlukan jam kerja yang panjang dan kompleks. Translator bisa bekerja freelance atau bergabung dalam perusahaan, hal tersebut balik lagi kepada kebutuhan masing-masing.

Berkeinginan menjadi Penerjemah? Ikut Bootcamp Penerjemah di Mediamaz Yuk!

Apakah kamu berminat untuk menjadi seorang penerjemah? Untuk kamu yang tertarik untuk menjadi penerjemah profesional, kamu bisa ikut bootcamp penerjemah setelah lulus dari kuliah kamu di jurusan Sastra Jepang! Lalu, dimana sih yang buka bootcamp di Indonesia? Tenang aja! Ada Mediamaz Translation Services yang mempunyai bootcamp dan satu-satunya di Indonesia.

Yuk daftarkan diri kamu ke bootcamp penerjemah di Mediamaz, biar bisa langsung latihan menerjemahkan dokumen resmi! Klik di sini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.