9 Makanan dan Minuman Khas Jepang yang Bikin Tergiur !

via canva.com

Seperti kita ketahui bahwa Jepang merupakan salah satu tujuan utama destinasi wisata kebanyakan orang Indonesia untuk berlibur maupun traveling. Negara yang terletak di Asia Timur itu merupakan negara maju dibidang ekonomi. Jepang menawarkan keindahan alam, beragam budaya, serta makanan khas jepang dan teknologi-teknologi canggih yang dimiliki Jepang kepada wisatawan asing yang ingin berkunjung ke negara tersebut. Pemerintah Jepang juga terus meningkatkan pamor pariwisatanya dengan memberikan jaminan keamanan, kemudahan akses transportasi, dan penginapan bagi wisatawan asing yang berkunjung ke negara tersebut.

Secara geografis Jepang terletak di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan RRC, Korea Selatan, dan Rusia. Menurut mitologi tradisional, Kerajaan Jepang didirikan oleh Kaisar Jimmu pada abad ke 7 SM. Pada dasarnya Jepang memiliki kualitas daerah perairan yang cukup bersih, sehingga banyak masyarakat Jepang yang berani mengkonsumsi makanan laut mentah. Bagi orang Jepang, makanan yang tersaji tanpa proses pemasakan menyimpan vitamin dan nutrisi sempurna serta kelezatan yang alami. Tak hanya makanan laut mentah, orang Jepang juga mengkonsumsi daging merah tanpa proses pemasakan. Tapi tenang karena orang Jepang memiliki teknik sterilisasi yang membuat kualitas makanan mentah tetap baik meski tidak melalui proses pemasakkan.

Makanan khas Jepang adalah makanan yang dimasak dengan cara unik dengan menggunakan bahan makanan yang diambil dari wilayah Jepang dan sekitarnya. Dalam bahasa Jepang, makanan jepang disebut nihonshoku atau washoku.

Berikut kami kumpulkan 9 makanan dan minuman khas Jepang ;

1. Sushi

via canva.com

Sushi adalah makanan khas Jepang yang terdiri dari nasi yang mempunyai rasa masam yang lembut yang dibentuk dengan lauk seperti daging, ikan, maupun sayuran. Nasi sushi diberi bumbu campuran cuka beras, garam, dan gula.

Sushi merupakan makanan mewah. Dan biasanya rakyat jepang hanya memakan sushi pada saat merayakan acara-acara tertentu.

Adapun asal kata “sushi” berasal dari kata sifat untuk rasa “masam”. Yang pada awalnya, kata “sushi” merupakan istilah untuk salah satu jenis pengawetan ikan.

2. Sashimi

via unsplash.com

Sashimi adalah makanan laut khas Jepang dengan kesegaran prima yang langsung dimakan dalam keadaan mentah bersama penyedap seperti kecap asin, parutan jahe, dan wasabi.

“Sashimi” berarti menikmati sesuatu dalam keadaan mentah, mulai dari potongan mentah daging ayam yang dalam bahasa Jepang dikenal dengan “Torisashi”, hati ayam atau hati sapi, sampai pada potongan konnyaku dan  kembang tahu. Di daerah Kansai, sashimi lebih dikenal dengan sebutan O-tsukuri.

3. Onigiri

via canva.com

Onigiri adalah nama Jepang untuk makanan khas Jepang berupa nasi yang dipadatkan sewaktu masih hangat sehingga berbentuk segitiga, bulat, atau seperti karung beras. Dikenal juga dengan nama lain omusubi, istilah yang kabarnya dulu digunakan kalangan wanita di istana kaisar untuk menyebut onigiri. Onigiri dimakan dengan tangan, tidak memakai sumpit.

4. Ramen

via canva.com

Makanan mie khas jepang salah satunya ramen. Ramen adalah masakan mie khas jepang yang berasal dari Tiongkok. Orang jepang juga menyebut ramen sebagai chuka soba karena soba dalam bahasa jepang berarti mie.

Ramen adalah rebusan mie hasil buatan tangan atau buatan mesin dimasukkan ke dalam sebuah mangkuk berisi kuah yang dibuat dari berbagai jenis kaldu meskipun ramen di jepang memiliki ciri khas menggunakan bahan dasar kaldu babi. Pada umumnya babi panggang merah dan irisan daun bawang ditambahkan di atas mie sebagai lauk atau penyedap.

5. Sup Miso

via unsplash.com

Sup Miso adalah makanan khas Jepang berupa sup dengan bahan dasar dashi ditambah isi sup berupa sedikit makanan laut atau sayur-sayuran, dan diberi miso sebagai perasa. Pada umumnya sup Miso dihidangkan bersama nasi putih sebagai menu sarapan pagi di banyak rumah-rumah di Jepang. Sup miso biasanya dimakan di rumah, walaupun ada juga sup miso yang dihidangkan di warung atau restoran tradisional Jepang. Sup miso instan adalah sup miso dalam kemasan yang cukup diseduh dengan air panas.

Sup miso merupakan masakan sangat sederhana yang sangat mudah disiapkan dalam waktu singkat, bahan-bahannya pun hanya berupa kaldu dari katsuobushi, sedikit isi sup, dan miso. Walaupun sup miso adalah masakan paling sederhana, rasa yang dihasilkan bisa berbeda-beda tergantung pada jenis miso yang digunakan untuk sup, cara mengambil kaldu dari katsuobushi dan keterampilan orang yang membuatnya.

Pada kebudayaan Jepang yang menjadikan nasi atau nasi dari berbagai jenis padi-padian sebagai makanan utama, sup miso mempunyai peran penting sebagai makanan pendamping yang paling utama. Pada umumnya, makanan utama sehari-hari orang Jepang sejak zaman dulu disebut ichijū issai yakni satu set berupa nasi dengan sup seperti sup miso dan satu jenis lauk.

6. Donburi

via unsplash.com

Donburi adalah makanan Jepang berupa nasi putih dengan berbagai macam lauk di atasnya seperti ikan, daging dan sayur-sayuran berkuah yang dihidangkan di dalam mangkuk besar yang juga disebut donburi. Kuah untuk donburi bergantung pada jenis makanan, tetapi pada umumnya berupa dashi dicampur kecap asin dan mirin.

Adapun jenis-jenis Donburi, sebagai berikut ; Unadon, Oyakodon, Fukagawadon, Gyudon, Katsudon, Tendon, Karedon, Ikuradon, Unidon, Tanindon, dan Chukadon.

7. Tempura

via canva.com

Tempura merupakan salah satu makanan gorengan khas jepang. Tempura atau tenpura adalah makanan Jepang berupa makanan laut atau sayur-sayuran yang dicelup ke dalam adonan berupa tepung terigu dan kuning telur yang diencerkan dengan air bersuhu dingin lalu digoreng dengan minyak goreng yang banyak hingga berwarna kuning muda.

Tempura juga berarti cara menggoreng yang berbeda dengan furai (istilah bahasa Jepang untuk deep fry). Bahan makanan yang digoreng secara tempura dicelup ke dalam adonan tempura, sedangkan bahan makanan yang digoreng secara deep fry dibungkus secara berurutan dengan tepung terigu, kocokan telur, dan tepung panir.

8. Shabu-shabu

via unsplash.com

Shabu-shabu merupakan makan khas Jepang  jenis Nabemono yang berupa irisan daging sapi yang sangat tipis yang dicelup ke dalam panci khusus berisi air panas di atas meja makan, dan dilambai-lambaikan di dalam kuah untuk beberapa kali sebelum dimakan bersama saus yang mengandung wijen dan sering disebut gomadare atau ponzu. Di dalam panci biasanya juga dimasukkan sayur-sayuran, tahu, atau kuzukiri.

Selain irisan sangat tipis daging sapi, daging lain yang bisa dimakan secara shabu-shabu misalnya daging ayam, daging domba, ikan fugu, gurita dan ikan kakap. Gyūshabu adalah sebutan untuk shabu-shabu daging sapi. Shabu-shabu daging domba disebut Ramushabu. Shabu-shabu dengan ayam disebut Niwatori Shabu.

9. Ocha

via canva.com

kali ini kita membahas salah satu minuman khas Jepang yaitu “Ocha”. Ocha merupakan jenis teh tradisional khas Jepang yang banyak disukai masyarakat Indonesia.Ocha digemari karena dipercaya bisa membantu menghilangkan lemak tubuh, mencegah kerontokan rambut dan melancarkan pencernaan. Selain itu memiliki aroma dan kenikmatan ocha membantu menenangkan tubuh dan pikiran, serta beragam manfaat lainnya.

Mengingat bahwa sebagian orang Indonesia menganut agama Islam yang tidak memakan daging babi karena haram, sehingga disarankan untuk mencari resto di Jepang yang menyediakan makanan halal untuk kaum muslim, seperti ; Japanese Restaurant MATSURI-Osaka, Ramen Ouka-Tokyo, Curry House CoCo lCHIBANYA Shinjuku-Tokyo, Halal Motsunabe Kiwamiya-Fokuoka, Sushi Asakusa-Tokyo, Ginza itsuki-Tokyo, CoColCHIBANYA Akihabara-Tokyo, Naritaya Gion-Kyoto, Wagyu Dining PANGA Asakusa-Tokyo, Yakiniku Zerohachi-Osaka. Buat kalian yang beragama muslim tapi ingin berlibur maupun travelling ke jepang tapi tetap bisa memakan makanan halal bisa pilih beberapa restoran tersebut tanpa khawatir karena sudah menyediakan makanan halal untuk wisatawan muslim lho!

Apakah anda tertarik dan memiliki plan untuk sekedar berlibur ke Jepang atau melanjutkan Pendidikan ke Negara dengan ragam budaya dan makanan yang unik tersebut? sebelum memiliki plan ke negara Jepang, ada baiknya untuk belajar mengenai budaya maupun bahasa nya agar anda dapat menjalin relasi yang lebih baik lagi dengan warga lokal.

Kami Mediamaz Translation Service siap membantu anda dalam mengurus berbagai macam Legalisasi dokumen bahasa asing hingga paspor untuk anda yang ingin berbisnis atau studi Pendidikan ke China. Kami merupakan perusahaan penerjemah Nomor 1 di Indonesia yang juga melayani jasa Legalisasi dokumen bahasa asing anda.

Kami mempermudah pengurusan dokumen dan paspor anda sesuai dengan negara tujuan anda, segera hubungi tim marketing kami melalui website resmi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Jasa Legalisasi Dokumen Terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *