Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Makanan Khas Korea Yang Wajib Dicoba

Korean Wave atau  “Hallyu” berkembang dengan cepat dan pesat secara global, termasuk di Indonesia. Ditambah dengan kehadiran film dan drama Korea yang sangat berpengaruh terhadap “citra Korea Selatan”. Hal ini bukan hanya sekadar mengenalkan budaya Korea tetapi juga memengaruhi masyarakat untuk membeli produk Korea termasuk pembelian makanan khas Korea yang sangat mengunggah selera.

Berikut ini jenis makanan khas dari Korea Selatan yang bisa dicoba untuk lebih mengenal cita rasa negeri ginseng!

Makanan Khas Korea Street Food

1. Tteokbokki

Makanan Khas Korea Freepik

Siapa yang tidak mengenal makanan Korea yang satu ini, terlebih bagi para penggemar film maupun drama korea.

Tteokbokki merupakan makanan Korea berupa kue beras dengan kuah kental yang pedas karena ada penambahan saus gochujang. Tteokbokki memiliki cita rasa yang manis tetapi juga pedas. 

Tekstur makanan street food ini kenyal, karena berbahan dasar tepung beras. Makanan ini bisa juga dengan penambahan toping irisan daun bawang atau pelengkap lain seperti bakso ikan, telur rebus, fish cakes ataupun dumpling.

2. Bungeoppang

Makanan Khas Korea 1

Shutterstock

Makanan street food selanjutnya yaitu bungeoppang. Bungeoppang merupakan roti khas Korea yang berbentuk ikan yang berisi bermacam-macam rasa, seperti kacang merah, keju, coklat dan varian rasa lainnya. Penyajian Bungeoppang oleh penjual biasanya tepat saat ada yang membeli, sehingga makanan ini dapat dinikmati selagi hangat.

3. Odeng

Makanan Khas Korea 2

Freepik

Odeng yaitu makanan khas Korea dengan bahan dasar ikan. Ikan akan dihaluskan dan diolah dengan tepung. Setelah itu adonan akan digoreng. Penyajian odeng dalam bentuk yang lebar dan panjang serta dengan tusukan seperti tusuk sate. Odeng memiliki tekstur yang kenyal. Biasanya odeng akan dipadukan dengan sup kaldu hangat, ataupun sebagai campuran pada penyajian tteokbokki. Kalau di Korea selatan, penjualan odeng pada truk makanan, dan kebanyakan orang akan membeli pada saat malam hari ataupun saat cuaca yang dingin.

Makanan Khas Korea Olahan Mie

1. Jajangmyeon

Makanan Khas Korea 3

Freepik

Jajangmyeon yaitu makanan khas Korea yang banyak peminatnya, terutama bagi para pecinta mie. Jjajangmyeon adalah olahan mie dengan saus hitam. Saus hitam pada makanan ini berasal dari kedelai hitam, ini yang membuat saus menjadi berwarna gelap. Biasanya, masyarakat di Korea Selatan akan mengkonsumsinya dengan tambahan toping Seperti telur rebus, daging, sayuran dan acar lobak.

2. Ramyeon

Makanan Khas Korea 4

Freepik

Ramyeon adalah makanan khas Korea yang sangat familiar di telinga terlebih bagi yang menyukai tontonan drama Korea, tentu tidak asing lagi. Hampir semua drama Korea akan menampilkan tokohnya sedang makan ramyeon. Ramyeon ini merupakan  mie instan khas Korea Selatan. Masyarakat di Korea umumnya akan makan ramyeon bersamaan dengan kimchi ataupun lobak.

Makanan Khas Korea Tradisional

1. Kimchi

Freepik

Kimchi salah satu makanan khas Korea yang sudah mendunia. Makanan ini merupakan salah satu makanan pelengkap yang wajib bagi masyarakat Korea Selatan ketika makan dan bisa juga bersamaan dengan berbagai makanan Korea lainnya. Kimchi berupa sayuran fermentasi dan umumnya berwarna orange ke merah-merahan. 

Makanan khas Korea ini terbuat dari sawi putih dan difermentasi dengan menggunakan gochuchang, bumbu khas dari Korea. Fermentasi kimchi sekitar satu minggu. Tetapi ada juga beberapa varian yang bisa langsung dikonsumsi. Kimchi menjadi salah satu lauk pendamping dan harus ada pada makanan harian, seperti dengan nasi, mie bahkan daging.

2. Japchae

Freepik

Makanan khas tradisional Korea selanjutnya yaitu japchae. Japchae merupakan makanan berupa tumisan yang biasanya akan dikonsumsi dengan nasi. Makanan ini menjadi salah satu makanan yang banyak hadir pada lauk makan masyarakat Korea.

Japchae adalah makanan yang menyajikan soun atau bihun khas Korea Selatan dengan cara menumis campuran sayuran dan daging. Daging dalam membuat japchae biasanya adalah daging sapi. Lalu bahan-bahan tersebut akan ditumis dengan minyak wijen dan bumbu-bumbu.

Japchae termasuk makanan khas Korea yang sudah ada sejak abad ke 17, tepatnya sejak Dinasti Joseon dan umumnya japchae juga akan muncul untuk lauk pada acara-acara besar Korea. 

3. Tteok

Freepik

Makanan tradisional khas Korea selanjutnya yaitu tteok. Tteok merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras ketan. Inilah yang membuat tekstur dari tteok akan sedikit lengket dan kenyal. Ada banyak cara dalam menyajikan tteok bagi masyarakat Korea Selatan, bisa dengan kukus, rebus, bahkan goreng.

4. Mandu

Freepik

Mandu adalah makanan ringan tradisional dari Korea yang berbentuk seperti pangsit. Mandu bisa berisikan berbagai macam isian, seperti berisi olahan daging, olahan sayuran atau lain sebagainya. Penyajian mandu bisa dengan kukus maupun goreng. Makan mandu akan semakin nikmat jika dalam keadaan hangat.

Makanan Khas Korea Olahan Nasi

1.Bibimbap

Freepik

Bibimbap merupakan makanan olahan nasi khas Korea. Bibimbap berbentuk nasi campur khas dari Korea Selatan. Penyajian bibimbap ini berupa campuran nasi dengan berbagai macam lauk, seperti sayuran dan daging. Kemudian, tambahkan dengan saus pada bibimbap dan aduk secara merata. Cara pembuatan makanan ini terbilang cukup mudah. Lalu tumis semua sayuran hingga sedikit layu. Penambahan minyak wijen pada tumisan dalam bibimbap menambah rasa yang kuat.

2. Kimbap

Freepik

Makanan khas ini memang sekilas mirip dengan sushi, makanan khas Jepang. Tetapi kedua makanan ini berbeda. Perbedaannya terletak pada bahan-bahan dalam makanannya. Perbedaan dengan sushi yaitu kimbap terbuat dari bahan-bahan yang lebih beragam, seperti daging, telur dan berbagai macam sayuran (timun, wortel, bayam dan lain sebagainya). Kimbab juga bisa menjadi makanan yang cocok untuk menjadi bekal sekolah bagi anak-anak.

Itulah beberapa makanan khas Korea yang direkomendasikan untuk kamu coba, terlebih jika kamu sedang berkunjung ke Korea Selatan. Tapi, jangan lupa ya kalau kamu ingin ke Korea selatan pastikan sudah mengurus visa dan kebutuhan dokumen lainnya. 

Bagaimana Mengurus Visa ke Luar Negeri?

Visa merupakan dokumen wajib yang harus kamu sertakan saat hendak pergi atau tinggal di luar negeri, bisa untuk urusan liburan, pekerjaan ataupun sekolah. Dokumen visa berfungsi sebagai surat izin masuk ke suatu negara. Tanpa adanya visa, seseorang yang masuk negara asing dianggap ilegal, bahkan terancam mendapat deportasi. Mengingat betapa pentingnya visa, kamu perlu memahami dan mengurus visa di tempat yang tepat. 

Salah satunya yaitu Mediamaz Translation Service, merupakan perusahaan penerjemah yang bukan hanya menyediakan layanan menyediakan jasa menerjemahkan dokumen tetapi juga legalisasi, proofheading serta kepengurusan visa luar negeri. Mediamaz TS akan memberikan pelayanan terbaik untuk kamu. Untuk informasi selengkapnya, hubungi WhatsApp 082123335003 atau cek website kami di sini.

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *