Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Manfaat Teh Hijau Jepang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jika kalian mendengar kata ‘teh hijau’ pasti lebih familiar hanya sebagai minuman. Tetapi ternyata teh khas dari Jepang ini mengandung banyak khasiat untuk kesehatan dan juga digunakan sebagai salah satu bahan perawatan kulit. Bahkan sudah sejak dulu, teh hijau terkenal memiliki beragam manfaat untuk kecantikan dan sering digunakan oleh perempuan di Jepang. 

Apakah kamu penasaran mengapa jenis teh ini bisa dijadikan andalan kesehatan dan perawatan kulit dari masa ke masa? Yuk, simak penjelasan di bawah ini sampai selesai ya!

Mengenal Teh Hijau

Teh Hijau

Freepik

Pada abad ke-8, teh hijau mulai menyebar ke Jepang dan kemudian ke seluruh dunia melalui perdagangan dari Tiongkok. Di Jepang, teh ini berkembang menjadi berbagai varietas dan terkenal dengan sebutan matcha. Teh hijau juga memiliki peran penting dalam budaya Jepang yaitu bagian dari tradisi upacara minum teh yang sangat penting di negara tersebut. Selain rasanya yang enak sebagai minuman, teh hijau juga berkhasiat karena kandungan antioksidannya yang tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Jenis-Jenis Teh Hijau dari Jepang

1. Sencha

Sencha merupakan jenis yang paling umum di Jepang dan pembuatannya dari daun segar yang baru dipetik kemudian dipanaskan dengan cara dikukus atau direbus guna menghentikan fermentasi. Pembuatan jenis teh ini dengan cara memaparkan pada sinar matahari agar rasa asam berkurang dan menghasilkan rasa gurih yang kuat.

2. Matcha

Teh ini dibuat dari petikan daun teh yang dikeringkan, kemudian digiling hingga menjadi bubuk. Matcha berbeda dengan jenis teh lainnya karena matcha tidak terlihat jernih. Selain itu, terkenal sebagai minuman yang selalu ada pada upacara tradisional minum teh karena memiliki aroma yang segar.

3. Hojicha

Pembuatan hojicha hampir sama seperti sencha namun perlu dipanaskan dengan suhu tinggi, dengan kata lain memanggangnya hingga meninggalkan aroma. Hal ini agar kafein di dalamnya menguap sehingga rasa pahit dan asam menjadi tidak terlalu terasa dan menghasilkan rasa yang jernih. 

4. Genmaicha

Membuat jenis genmaicha yaitu dengan cara memadukan sencha dan beras merah panggang yang direndam air dari porsi yang sama banyak. Maka dari itu, tercium aroma khas beras merah pada teh ini. Porsi campuran teh yang sedikit membuat genmaicha mengandung kafein yang sedikit. 

Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Teh khas dari Jepang ini memiliki banyak manfaat kesehatan dan telah terbukti secara ilmiah. Berikut beberapa khasiatnya yaitu:

1. Melindungi Kesehatan Jantung

Mengonsumsi teh hijau secara teratur dan dalam jangka waktu lama dapat membantu mencegah risiko penyakit pada jantung. Mengonsumsi tiga atau empat cangkir setiap hari  kemungkinan lebih kecil untuk terkena hipertensi atau penyakit kardiovaskular.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Flavonoid yang ada di dalam teh hijau memiliki efek perlindungan terhadap neuron dan ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson. 

3. Sebagai Terapi Untuk Relaksasi

Kandungan L-theanine bisa memberikan efek menenangkan dan rileks di otak. Dengan kandungan lebih sedikit kafein daripada kopi, teh hijau bisa menjadi alternatif yang bagus untuk meningkatkan kesadaran tanpa efek kafein. Selain itu, rasa lelah akan berkurang ketika menikmati teh hijau ini. 

4. Mencegah Risiko Diabetes

Zat flavonoid dan sifat anti inflamasi pada teh hijau juga dapat membantu mengurangi kadar gula darah. Maka dari itu, mengonsumsinya dapat bermanfaat bagi siapapun yang berisiko atau mendapat diagnosis menderita diabetes tipe 2.

5. Mengoptimalkan Kesehatan Tulang

Para ilmuwan menelitu bahwa 3 komponen utama dalam teh hijau yaitu epigallocatechin, gallocatechin, dan gallocatechin gallate. Oleh karena itu, teh ini dapat bantu merangsang pembentukan tulang bahkan mampu memperlambat kerusakannya. 

6. Mengoptimalkan Risiko Kanker

Kandungan antioksidan di dalam teh hijau dapat membantu melawan sel-sel kanker dan mencegah pertumbuhan sel-sel kanker baru.

 

Tetapi ingatlah, sangat perlu mengonsumsi teh hijau secara bijak. Konsumsi yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti sakit kepala, mual, dan insomnia. Maka dari itu, hindari mengonsumsi lebih dari 3-4 cangkir per hari. Sebaiknya pun orang yang memiliki masalah asam lambung atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu tidak mengonsumsinya.

Teh Hijau 1

Freepik

Manfaat Teh Hijau Untuk Kecantikan Kulit

1. Mencegah Penuaan Dini

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang mampu membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV. Hal ini dapat membantu mengurangi kerutan dan tanda-tanda penuaan pada kulit.

2. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan dan vitamin C di dalam teh hijau dapat membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga dapat bermanfaat untuk membuat kulit terlihat lebih sehat dan bercahaya.

3. Menenangkan Kulit yang Iritasi

Teh hijau memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat menenangkan kulit, oleh karena itu teh ini juga dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit, seperti jerawat dan iritasi kulit.

4. Mengurangi Mata Panda

Kandungan kafein dan antioksidan di dalam teh hijau dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di sekitar mata, sehingga bisa bermanfaat untuk membantu mengurangi lingkaran hitam di bawah mata.

5. Menyegarkan Kulit

Teh hijau bisa sebagai toner wajah alami yang dapat membantu menyegarkan kulit, selain itu juga dapat membantu mengecilkan pori-pori.

6. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan antioksidan pada teh dapat menangkal radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Maka dari itu, sangat bermanfaat bagi yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan.

 

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk merasakan manfaat dari teh hijau Jepang ini? Kalau kamu sedang berkunjung ke Jepang jangan lupa untuk merasakan minuman khas Negeri Sakura ini, ya. Pastikan juga untuk mengurus dokumen kelengkapan ke Jepang.

Bagaimana Mengurus Visa ke Luar Negeri

Visa merupakan dokumen wajib yang harus kamu sertakan saat hendak pergi atau tinggal di luar negeri, bisa untuk urusan liburan, pekerjaan ataupun sekolah. Dokumen visa berfungsi sebagai surat izin masuk ke suatu negara. Tanpa adanya visa, seseorang yang masuk negara asing dianggap ilegal, bahkan terancam mendapat deportasi. Mengingat betapa pentingnya visa, kamu perlu memahami dan mengurus visa di tempat yang tepat.

Salah satunya yaitu Mediamaz Translation Service, merupakan perusahaan penerjemah yang bukan hanya menyediakan layanan menyediakan jasa menerjemahkan dokumen tetapi juga legalisasi, proofreading serta kepengurusan visa luar negeri. Mediamaz TS akan memberikan pelayanan terbaik untuk kamu. Untuk informasi selengkapnya, hubungi WhatsApp 082123335003 atau cek website kami di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *