Kuliah di Jepang, Ini Syarat yang Harus Kamu Siapkan!

Kuliah di Jepang, Ini Syarat yang Harus Kamu Siapkan!

Kuliah di Jepang, Ini Syarat yang Harus Kamu Siapkan!

Kuliah di Jepang? Ini syarat yang harus kamu siapkan! Pada zaman sekarang, jarak sudah bukan lagi menjadi penghambat untuk kita melanjutkan studi ke luar negeri, termasuk Jepang.  Bahkan pelajar dari Indonesia yang berjuang di negeri orang untuk memperdalam ilmu pengetahuan serta meningkatkan keahlian. 

Jepang terkenal sebagai salah satu negara maju di Asia selain China, Singapura, dan Korea Selatan. Jepang merupakan suatu negara yang sangat memperhatikan kualitas pendidikan di negaranya. Terbukti dari banyaknya universitas di Jepang yang terus berusaha membenahi diri dan memperbaiki sistem pendidikan mereka. masing – masing bidang ilmu berkembang sangat serius, kajian riset yang mendalam dan unik. berbagai penelitian dalam berbagai bidang dapat dilakukan di berbagai universitas.

Jepang juga menjadi salah satu negara yang terkenal akan kemajuan teknologi dan inovasi. Berbagai universitas terkemuka juga tersedia di negeri sakura tersebut. Tak heran, kesempatan beasiswa kuliah di Jepang selalu menjadi incaran banyak mahasiswa di luar Jepang, termasuk Indonesia.

 

Kenapa Jepang menjadi tujuan untuk kuliah? 

Ada banyak alasan mengapa kamu harus kuliah di Jepang, beberapa alasan tersebut misalnya standar pendidikan Jepang yang tinggi, mungkin juga Jepang memiliki standar pendidikan paling tinggi di Asia. Tidak sedikit juga pelajar internasional yang tertarik untuk kuliah di Jepang karena warisan Jepang kaya akan budayanya. 

Selain memiliki standar pendidikan yang tinggi dan kaya akan budayanya, yang bisa kamu dapatkan lagi adalah tempat yang aman dan damai untuk belajar, mengapa? karena Jepang merupakan salah satu negara teraman di dunia, kejahatan dan kekerasan termasuk jarang terjadi. Menurut survey dari nationmaster.com, Jepang berada di tingkat terakhir dalam jumlah korban kejahatan per kapita. Jepang secara teratur muncul di daftar tempat teraman dikunjungi di dunia. Jepang juga memiliki salah satu sistem perawatan kesehatan tercanggih di dunia, tercermin dalam harapan hidup yang tinggi di negara ini. 

Alasan lain mengapa kamu harus memilih Jepang sebagai negara tujuan kamu untuk melanjutkan studimu karena biaya kuliah di Jepang relatif murah. Jika dibandingkan dengan biaya kuliah di luar seperti Amerika Serikat, dapat menghabiskan $10.000 setahun atau lebih. Sedangkan di Jepang sendiri untuk biaya kuliah hanya 535.800 yen (sekitar $5.500) setahun. Berbagai macam beasiswa untuk kuliah juga tersedia di negara ini, baik dari universitas maupun organisasi publik dan swasta. Berbagai macam beasiswa Jepang lainnya tersedia dengan beberapa diarahkan untuk kebangsaan, wanita, minoritas atau mereka yang memiliki kemampuan dalam berbahasa Jepang tingkat tinggi. 

 

Universitas dan jurusan paling populer di Jepang 

Jepang termasuk salah satu negara yang memiliki universitas dengan jurusan yang cukup banyak. Menurut survei dari Toyokeizai, berikut 5 universitas dan jurusan yang paling populer dan terbaik di Jepang: 

  1. The University of Tokyo
  2. Kyoto University
  3. Keio University
  4. Osaka University
  5. Toyota Technological University

Pilihan perguruan tinggi di jepang tidak hanya universitas, ada juga Professional Training College yang dapat menjadi tempat mempelajari keterampilan (skill) yang dapat digunakan secara langsung dalam pekerjaan atau membuka usaha sendiri (spt, game-creator, graphicsdesign, fashion, culinary, hair-cutting, nail-art, animation, dll). Perguruan tinggi dipilih tergantung tujuan yang ingin dicapai.

Adapun deretan 6 jurusan terpopuler di Jepang, yang memiliki paling banyak peminat dari pelajar lokal maupun internasional.

  1. Animasi
  2. Desain
  3. Spesialis IT
  4. Seni Rupa dan Desain
  5. Ekonomi
  6. Teknik dan Teknologi

Jurusan terpopuler tersebut tersebar di berbagai universitas di Jepang. So, gimana guys apakah adalah jurusan yang kamu minati dari salah satu 6 jurusan paling populer di Jepang? Eits, kamu juga perlu nih mempersiapkan semuanya secara matang, karena sudah pasti deretan jurusan tersebut memiliki banyak peminat dan tentu saingan kamu akan berat.

 

Syarat kuliah di Jepang 

Sebelum kamu kuliah di Jepang, ada beberapa hal yang mesti kamu miliki. Meskipun, mungkin kamu mengambil kuliah dengan biaya sendiri maupun melalui beasiswa. Berikut syarat yang harus disiapkan dan dimiliki. Keep scrolling

1. Kemampuan dalam berbahasa Jepang

Syarat pertama yang harus kamu miliki dan persiapkan adalah kemampuan dalam berbahasa Jepang. Jika kamu belum bisa dalam berbahasa Jepang, kamu harus terlebih dahulu ikut kursus bahasa jepang terlebih dahulu. Namun, jika kamu sudah memiliki sertifikat kemampuan berbahasa jepang, kamu tinggal dengan mudah mendaftar ke universitas yang dituju. 

Alasan mengapa kamu perlu banget sudah memiliki kemampuan dalam bahasa Jepang sebelum kamu kuliah disana adalah karena mayoritas perkuliahan di Jepang diberikan dalam bahasa Jepang, dan sebagian besar pun masyarakat lokal sana selalu menggunakan bahasa Jepang, sangat minim kamu temukan orang disana menggunakan bahasa Inggris. 

2.Memiliki sertifikat bahasa

Selain kamu harus memiliki kemampuan dalam berbahasa Jepang, persyaratan lainnya adalah harus memiliki sertifikat bahasa. Bagi pelajar yang ingin mengambil kelas internasional dimana pengantarnya adalah bahasa Inggris, maka kamu wajib memiliki atau mempersiapkan sertifikat bahasa inggris, 

Dalam arti, calon mahasiswa harus mengikuti deretan ujian untuk memperoleh sertifikat bahasa tersebut. Seperti, tes TOEFL – IBT, TOEIC atau IELTS. Dan kamu harus mencari tahu, minimal skor dari setiap tes di universitas yang kamu tuju. Persiapkan diri dengan sebaik mungkin, jika kamu memiliki keinginan untuk kuliah di Jepang dan mengambil kelas Internasional. 

3.Ikuti jadwal dan aturan pendaftaran kampus

Sebelum mendaftar ke universitas yang kamu inginkan, calon mahasiswa harus mempersiapkan lamaran atau proposal terlebih dahulu yang kemudian harus dikirimkan kepada profesor universitas yang dituju. Tujuannya adalah agar profesor universitas tersebut bisa menjadi pembimbing selama kamu kuliah dan selama melakukan riset. Oleh karena itu, cari profesor yang memiliki bidang yang sesuai dengan tema riset nantinya. 

Setelah kamu mendapat persetujuan dari profesor, barulah kamu bisa mempersiapkan dokumen – dokumen terkait pendaftaran bisa disiapkan. Setiap kampus bisa berbeda – beda mengenai dokumen yang harus dikirimkan. Namun, umumnya mereka akan membutuhkan sertifikat bahasa, surat rekomendasi resmi dari fakultas, fotocopy ijazah dan mengisi beberapa formulir. Kamu harus pastikan betul deadline pendaftaran dan pengiriman berkas melalui website universitas tujuan kamu.  

4.Mempersiapkan CV dan Ijazah terakhir

Calon mahasiswa yang ingin kuliah di Jepang diharuskan untuk membuat CV (Curriculum Vitae) untuk keperluan pengiriman proposal kepada profesor di universitas tujuan. Buat CV sebaik dan semenarik mungkin. Jika kamu belum pernah membuat CV, ada banyak referensi CV untuk college application di internet yang bisa kamu akses. Konten dalam CV pun harus secara jelas mencerminkan diri calon mahasiswa dan informasi yang ada didalamnya pun harus valid.

Ijazah kelulusan terakhirmu juga harus di legalisir. Ini merupakan salah satu syarat wajib sebelum kamu mendaftar kuliah di Jepang, guys! Karena mayoritas universitas di Jepang mengharuskan untuk menyerahkan fotocopy ijazah yang sudah dilegalisir sebagai dokumen pendaftaran. Catatan penting, usahakan untuk ijazah tidak dalam keadaan basah, rusak ataupun robek. Ada baiknya, kamu untuk segera laminating ijazah jika sudah kamu terima. 

Nah, hal diatas yang perlu kamu siapkan sebelum kamu kuliah di Jepang. Kamu harus mempersiapkan dari jauh – jauh sebelum pendaftaran universitas yang kamu tuju dibuka, sehingga kamu tidak mengalami kewalahan ataupun tidak ada berkas yang tertinggal.

 

Kalau kamu masih bingung dokumen apa saja yang perlu kamu siapkan untuk mendaftar beasiswa ini, atau mungkin kamu butuh penerjemah dokumen ke bahasa yang dituju, kamu bisa banget konsultasi ke kami. Mediamaz Translation Service akan melayani kamu selama 24 jam, jadi jangan khawatir untuk menghubungi kami dan dapatkan hasil terjemah terbaik. 

 

Lihat Perusahaan | Tentang Kami | Promo Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.