Mau Jago Jadi Translator? Ikuti Cara Ini!

Mau Jago Jadi Translator? Ikuti Cara Ini!

Menjadi Translator Bukan Lagi Cuma Mimpi Kalau Ikutin Cara Ini!

Profesi sebagai penerjemah atau translator menjadi suatu pekerjaan yang kian banyak orang minati. Ini karena penghasilan yang bisa dibilang cukup menjanjikan. Misalnya, jika Anda ingin menjadi penerjemah freelance, Anda bisa loh untuk menentukan tarif dari dokumen yang akan Anda terjemahkan nantinya dan sesuai dengan yang Anda inginkan. Selain itu, Anda juga bisa membantu banyak orang dalam mewujudkan impian mereka. Misalnya, Anda menerima klien yang akan melanjutkan pendidikan ke luar negeri dan membutuhkan dokumen yang telah diterjemahkan. Di sinilah peran Anda sebagai penerjemah untuk membantu mewujudkan impian itu. Selain menerjemahkan dokumen beasiswa, Anda juga dapat membantu untuk menerjemahkan dokumen untuk orang-orang yang ingin menetap sementara di luar negeri ataupun dokumen bisnis yang perusahaan-perusahaan butuhkan.

cara menjadi penerjemah

By Freepik

Cara Menjadi Penerjemah Andal dan Terpercaya

Saat Anda bingung bagaimana  caranya agar bisa menjadi penerjemah? Sebenarnya cukup banyak cara ataupun kiat-kiat menjadi penerjemah yang bisa Anda ikuti dan semuanya akan Mediamaz ulas pada artikel ini.

1. Kuliah di Jurusan Sastra Bahasa

Cara yang pertama dan bisa disebut sebagai cara yang paling banyak memiliki peluang untuk menjadi translator adalah kuliah di jurusan sastra. Karena di jurusan sastra, Anda akan mendapatkan mata kuliah penerjemahan yang akan membantu Anda agar mengetahui syarat-syarat penerjemahan yang benar. Lalu, Anda juga akan belajar tentang budaya dari bahasa yang Anda pelajari. Sehingga saat Anda menerjemahkan bahasa sumber ke bahasa sasaran, Anda akan menerjemahkannya sesuai dengan kaidah budaya di bahasa negara sasaran.

2. Latihlah Bahasa Sasaran Agar Fasih Dalam Menerjemahkan

Selain berkuliah di jurusan sastra, bagi Anda yang ingin menjadi seorang translator, Anda bisa mempelajari bahasa yang akan Anda terjemahkan dengan terus menerus agar dokumen yang akan Anda terjemahkan nantinya membuahkan hasil yang baik. Tidak hanya harus mempelajari bahasa sasaran, tetapi Anda juga perlu mempelajari bahasa sumber atau bahasa ibu agar Anda memahami betul kata-kata bahasa sumber yang harus Anda terjemahkan ke bahasa sasaran. Dengan begini, Anda tidak akan salah memahami dan tidak akan melakukan kesalahan penerjemahan.

3. Mengikuti Bootcamp atau Kursus Menjadi Translator

Cara selanjutnya untuk menjadi penerjemah atau translator adalah mengikuti bootcamp. Bootcamp adalah sebuah pelatihan yang khusus untuk Anda yang ingin menjejakkan karir di suatu profesi. Dengan mengikuti bootcamp, Anda bisa mempelajari hal-hal yang belum dipelajari saat mengikuti pendidikan formal lainnya. Mungkin saja, Anda akan mendapatkan sesuatu yang baru dalam training tersebut. Tidak ada bedanya dengan bootcamp penerjemah. Bootcamp penerjemah akan membantu Anda yang ingin menjadi translator dengan mudah. Anda bisa mengikuti bootcamp atau kursus menjadi penerjemah dan tidak perlu mengikuti pendidikan formal.

4. Ikut Sertifikasi

Jika Anda sudah merasa mumpuni untuk menjadi penerjemah yang profesional, Anda bisa loh mengikuti sertifikasi. Sertifikat yang akan Anda dapatkan nantinya bisa menjadi bukti bahwa Anda adalah seorang penerjemah profesional dan dapat dipercaya kemampuannya. Ikutilah sertifikasi menjadi translator di tempat yang memang menyediakan dan telah terverifikasi.

Segera Ikut Bootcamp Penerjemah di Mediamaz!

Setelah mengetahui cara-cara menjadi penerjemah di atas, mungkin Anda berpikir bahwa mengikuti bootcamp adalah cara termudah yang bisa Anda tempuh untuk menjadi translator. Dengan mengikuti bootcamp, Anda tidak perlu mengikuti pendidikan formal lainnya. Namun, jika Anda memang telah menempuh pendidikan formal seperti berkulaih di jurusan sastra bahasa, Anda masih bisa mengikuti bootcamp ini. Karena di bootcamp, Anda akan diajarkan bagaimana menjadi penerjemah yang baik.

Kini, tidak perlu sulit untuk Anda yang ingin mengikuti bootcamp penerjemah, karena Mediamaz telah menyediakannya untuk Anda! Bootcamp penerjemah yang tersedia di Mediamaz Translation Services adalah bootcamp penerjemah satu-satunya di Indonesia. Kami menyediakan materi terbaik dengan tenaga ajar yang juga terbaik dan berpengalaman.

Tidak hanya itu, Anda juga akan diajarkjan tidak hanya tentang teori, tetapi juga praktek. Dengan ini, Anda akan menguasai bidang penerjemah secara keseluruhan baik teori maupun praktek. Mediamaz sudah mulai membuka pendaftaran untuk batch 1 pada tanggal 1 s/d 31 Agustus 2022. Tunggu apalagi? Segera daftarkan diri Anda ke bootcamp penerjemah Mediamaz!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/medg6566/public_html/wp-includes/functions.php on line 5275