Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Mengenal Bungeo Ppang, Kue Ikan Korea Yang Lezat

Bungeo-ppang yang memiliki arti ikan mas ini adalah kue serupa wafel dengan bentuk ikan mas yang populer di Korea. Bungeo-ppang terasa manis legit karena di isi dengan  pasta kacang merah. Beberapa pedagang  menawarkan kue ikan ini di isi dengan krim custard, yang mana di sebut chou-cream bungeoppang. Kue ikan korea di buat dengan cara di panggang menggunakan alat yang mirip dengan cetakan besi untuk wafel, tetapi cetakan tersebut berbentuk ikan mas. Simak penjelasan tentang kue ikan korea yang harus Anda ketahui sebelum Anda mencicipi bungeo secara langsung.

kue ikan Korea

sumber: istock

Tentang Kue Ikan Korea

“Bungeo” berarti ikan mas dan “ppang” merujuk pada roti dalam bahasa Korea.  Namanya berasal dari bentuknya yang seperti ikan, tetapi camilan tersebut sama sekali tidak mengandung ikan. Bungeo-ppang atau kue ikan korea di katakan berasal dari taiyaki di Jepang, camilan berbentuk ikan yang pertama kali di kembangkan pada akhir abad ke-19. Versi Korea-nya lebih kecil dan murah di bandingkan yang aslinya, taiyaki. Menurut buku Bungeoppang Has a Family Tree yang di tulis oleh Yoon Deok-no, bungeo-ppang adalah perpaduan wafel dari negara Barat dan pangsit dari negara Timur. Awal mula camilan ini berasal dari wafel yang di modifikasi oleh orang-orang Jepang setelah di perkenalkan di sana pada abad ke-18.

Fakta Tentang Kue Ikan Korea

Berikut adalah beberapa fakta dari Bungeo Ppang atau kue ikan Korea:

1. Kue Serupa Wafel dengan Bentuk Ikan

Bungeo ppang atau kue ikan Korea adalah kue khas Korea Selatan berbentuk ikan yang di isi dengan kacang merah. Mirip wafel, kulit luarnya di buat dengan adonan sederhana yang terdiri dari telur, tepung, bahan pengembang, gula, dan air. Kemudian adonan di tuangkan dalam cetakan berbentuk ikan, dan sesendok pasta kacang merah di tempatkan di tengah.

2. Jajanan Kaki Lima di Korea Selatan

Bungeo ppang merupakan jajanan kaki lima serupa tteokbokki, hotteok, odeng, dan kimbab yang mudah di temukan di Korea Selatan. Proses pembuatan bungeo ppang juga cukup singkat yaitu sekitar 5 menit setelah adonan di panggang. Makanan manis ini lebih enak di nikmati saat baru di panggang, selagi teksturnya masih renyah dan isiannya lembut.

3. Tidak Mengandung Ikan Sama Sekali

Meski tampilannya seperti ikan, bahan-bahan yang di gunakan untuk membuat bungeo ppang sama sekali tidak mengandung ikan. Camilan ini lebih mengarah pada dessert atau makanan penutup yang bercita rasa manis dan legit. Hanya saja namanya berasal dari bentuknya yang seperti ikan, yang mana bungeo berarti ikan mas dan ppang berarti roti dalam bahasa Korea.

4. Mirip dengan Taiyaki Khas Jepang

Bungeoppang konon berasal dari taiyaki di Jepang, camilan berbentuk ikan yang pertama kali di kembangkan pada akhir abad ke-19. Menurut buku Bungeoppang Has a Family Tree yang ditulis oleh Yoon Deokno, bungeoppang adalah perpaduan wafel dari negara Barat dan pangsit dari negara Timur. Awal mula camilan ini berasal dari wafel yang di modifikasi oleh orang-orang Jepang setelah di perkenalkan di sana pada abad ke-18.

5. Cara Makan Kue Ikan Mencerminkan Kepribadian

Ada sebuah fakta unik dari kue ikan korea ini yakni, cara makan setiap orang bisa mencerminkan kepribadiannya. Banyak yang meyakini jika seseorang memakan Bungeo Ppang dengan memakan kepalanya terlebih dahulu di katakan ia memiliki keterampilan dalam kepemimpinan yang kuat. Sedangkan orang yang memakan mulai dari ekornya di anggap orang yang bijaksana.

Untuk mereka yang memakan Bungeo Ppang pada bagian perut terlebih dahulu di anggap sebagai orang yang ramah. Serta orang yang memakan mulai dari sirip punggung Bungeo Ppang yang renyah terlebih dahulu dianggap sebagai orang yang suka merenung.

6. Salah Satu Bahannya dari Tepung Beras Ketan

Untuk menambah tekstur kenyal pada adonan bungeoppang, biasanya ditambahkan tepung mochi atau tepung beras ketan. Tepung beras ketan juga termasuk salah satu bahan yang membedakannya dengan wafel dan taiyaki.

Resep dan Cara Membuat Bungeo Ppang atau Kue Ikan Korea

Berikut adalah bahan serta langkah-langkah untuk membuat kue ikan Korea:

Bahan-Bahan Bungeo Ppang atau Kue Ikan Korea:

1. 150 tepung terigu protein sedang

2. 2 sdm gula pasir

3. 1/2 sdt garam

4. 1/2 sdt soda kue

5. 170 ml air

Bahan Untuk Isian Kacang Merah:

1. 250 gram kacang merah (kalengan)

2. 2 sdm gula pasir

 3. 1/8 sdt ekstrak vanila

 4. 2 sdt air

Langkah-Langkah Pembuatan Adonan Kue Ikan Korea:

1. Campurkan tepung terigu, soda kue, gula pasir, dan garam. Tuangkan air sedikit-sedikit sambil diaduk hingga semua bahan tercampur merata.

2. Panaskan cetakan, olesi dengan margarin.

3. Tuangkan adonan ke cetakan tapi jangan sampai penuh (sepertiga bagian saja).

4. Masak kurang lebih 2 menit, tambahkan 1 sdm adonan isian pasta kacang merah, kemudian tutup cetakan lagi.

5. Balik cetakan, masak lagi selama dua sampai tiga menit.

6. Angkat, lalu sajikan Bungeoppang saat masih hangat.

Langkah-Langkah Membuat Isian Kacang Merah:

1. Saring kacang merah kalengan, lalu buang kulitnya dan haluskan.

2. Rebus kacang merah dengan api kecil, tambahkan gula halus dan ekstrak vanila.

3. Masak sampai mengental selama kurang lebih tiga menit. Angkat lalu sisihkan sampai dingin.

 

Setelah Anda melihat informasi tentang kue ikan Korea apakah Anda tertarik untuk mengunjungi Korea dan berlibur sambil mencoba kue ikan Korea  langsung di Korea? Korea merupakan Negara yang cocok untuk Anda yang ingin menikmati  liburan sambil mencoba berbagai kuliner yang ada di sana.

Jasa Penerjemah Mediamaz Translation Service

Jika Anda ingin pergi ke Korea namun Anda tidak mengerti  bahasanya atau ada dokumen yang harus di terjemahkan namun Anda tidak mengerti? Tenang saja kami memiliki solusinya! Mediamaz Translation Service adalah perusahaan penyedia jasa penerjemah tersumpah, penerjemah profesional, interpreter bahasa & legalisasi dokumen yang berdiri sejak tahun 1998 di Indonesia. Dengan berbentuk badan hukum dibawah PT Mediamaz Solusindo Nusantara, saat ini Mediamaz Translation Service berkembang dengan pesat menjadi salah satu perusahaan penerjemah terbesar di Indonesia.

Mengapa Harus Kami?

Mediamaz Translation Service telah melayani berbagai jenis klien lebih dari 20 tahun. Dengan pengalaman dan konsistensi Kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada klien, sampai saat ini Kami dipercaya dan diakui sebagai penyedia jasa penerjemah tersumpah/non-tersumpah dan legalisasi terbaik di Indonesia.

4 langkah mudah order terjemahan di Mediamaz

Konsultasi

Anda dapat berkonsultasi segala kebutuhan Anda dengan tim ahli Kami Gratis

Penawaran

Kami akan memberikan penawaran terbaik untuk kebutuhan Anda

Pengerjaan

Tim Penerjemah Kami memproses penerjemahan dokumen Anda

Selesai

Pengecekan hasil akhir sebelum dikirimkan ke alamat Anda

Pesan Sekarang!

Mediamaz TS memiliki prinsip bahwa kepuasan pelanggan adalah tujuan utama kami, sehingga Mediamaz TS akan memberikan pelayanan terbaik bagi Anda. Untuk informasi lengkap hubungi  02155787254 atau cek website kami di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Whatsapp 24 Jam