Mengenal Cambridge University, Kampus Terbaik di Inggris

Mengenal Cambridge University, Kampus Terbaik di Inggris

Mungkin kamu sudah pernah mendengar tentang Universitas Oxford. Namun, sudah pernahkah kamu mengenal salah satu universitas terbaik yang juga berada di Inggris? Yup! Universitas Cambridge merupakan salah satu perguruan tinggi yang juga berlokasi di Inggris. Cambridge University juga merupakan pesaing hebat Universitas Oxford dalam hal pendidikan. Karena merupakan universitas internasional, tentunya banyak sekali pelajar mancanegara yang ingin melanjutkan pendidikan mereka ke Cambridge University. Untuk kamu yang ingin dan berminat kuliah di kampus ini, simak artikel berikut untuk mengenal Universitas Cambridge lebih baik lagi!

Cambridge University

cambridge university

Universitas Cambridge

Universitas Cambridge adalah kampus kedua tertua di Inggris. Kampus ini berdiri pada tahun 1209 dan berlokasi di Cambridge, Cambridgeshire, Britania Raya. Universitas Cambridge terletak 80 km di sebelah utara London dengan luas area kurang lebih 40,2 kilometer persegi (km²). Cambridge University memiliki motto Hinc lucem et pocula sacra yang berarti “Dari universitas ini kami menerima pencerahan dan pengetahuan yang berharga”. Universitas ini juga termasuk ke dalam jajaran kampus terbaik di dunia. Cambridge University sangat cocok apabila kamu ingin menjadi ilmuwan, dokter, dan bidang karir lainnya yang berhubungan dengan sciences dan engineering.

Universitas Cambridge bersaing ketat dengan Universitas Oxford. Oleh karena itu, orang-orang sering menjuluki kedua universitas ini dengan sebutan Oxbridge. Keduanya telah memiliki sejarah kompetisi yang lama satu sama lain, dan dipandang luas sebagai universitas paling elit dan bergengsi di Britania Raya. Cambridge University juga termasuk salah satu kampus yang tergabung ke dalam Grup Russell.

Fasilitas Cambridge University

cambridge university

Fasilitas

Sama seperti universitas lainnya, Universitas Cambridge juga lengkap dengan beragam fasilitas. Memiliki umur 800 tahunan tentu saja membuat fasilitas di Cambridge University selalu berkembang. Terdapat banyak fasilitas yang tersedia di Cambridge University seperti perpustakaan, museum, riset, bisnis dan perusahaan, serta olahraga. Berikut ini adalah keterangan rinci mengenai fasilitas museum dan olahraga yang Universitas Cambridge miliki.

Museum di Universitas Cambridge

Menurut Peraturan Pemerintah No. 66 Tahun 2015 tentang Museum, Museum adalah lembaga yang berfungsi melindungi, mengembangkan, memanfaatkan koleksi, dan mengomunikasikannya kepada masyarakat. Begitupun fungsi museum yang ada di Cambridge University. Terdapat 9 museum yang menjadi fasilitas di Cambridge University yaitu sebagai berikut:

Museum of Archaeology & Anthropology (MAA)

Merupakan museum yang berisikan menampung koleksi barang antik lokal Universitas, bersama dengan artefak arkeologi dan etnografi dari seluruh dunia.

Cambridge University Botanic Garden

Merupakan Kebun Raya yang menjadi rumah lebih dari 8.000 spesies tanaman, termasuk sembilan Koleksi Nasional dan arboretum yang indah.

Museum of Classical Archaeology

Merupakan museum yang memiliki koleksi 450 gips dari beberapa patung paling ikonik dari zaman klasik.

The Fitzwilliam Museum

Merupakan museum yang menampung lebih dari setengah juta objek, Fitzwilliam memiliki beragam artefak dan seni indah yang menakjubkan dari seluruh dunia.

Kettle’s Yard

Merupakan galeri seni modern dan kontemporer Universitas Cambridge.

The Polar Museum

Merupakan museum kutub yang berisi petualangan dan eksplorasi Polar. Dari penguin hingga lukisan, kantong tidur hingga sekstan, seni Inuit hingga buku harian para penjelajah. Kamu dapat mendapatkan beragam pengetahuan mengenai eksplorasi, sains, dan bertahan hidup di ujung bumi yang ekstrem jika pergi ke museum ini.

Sedgwick Museum of Earth Sciences

Merupakan museum yang akan memberikan kamu pengetahuan tentang bumi kita. Museum ini akan membawamu ke dalam pengetahuan 4,5 miliar tahun melalui waktu, dari blok bangunan meteorit planet, hingga ribuan fosil hewan dan tumbuhan yang menggambarkan evolusi kehidupan di lautan, di darat dan di udara.

Whipple Museum of the History of Sciences

Merupakan museum yang menyediakan beragam instrumen ilmiah yang berasal dari Abad Pertengahan hingga saat ini. Dari mikroskop dan teleskop hingga kalkulator saku dan mistar. Kamu akan mendapatkan pengetahuan mengenai alat yang digunakan para ilmuwan untuk memahami dunia di sekitar kita.

Museum of Zoology

Merupakan museum yang menyediakan pengetahuan tentang keanekaragaman kehidupan hewan. Dari ngengat hingga monyet, mammoth hingga manate, kisah kepunahan hewan, kelangsungan hidup, evolusi, dan eksplorasi.

Olahraga di Universitas Cambridge

Cambridge University juga memberikan fasilitas olahraga yang memadai. Fasilitas tersebut antara lain seperti gym, ruang kekuatan dan penyejuk, ruang serbaguna, gedung olahraga, lapangan squash, ruang pelatihan tim, sekolah kriket dalam ruangan, lapangan tenis, dan masih banyak lagi. Fasilitas olahraga ini tentunya dapat diakses oleh mahasiswa dan staf di kampus terbaik ini.

Program Studi Cambridge University

Multiethnic group of young cheerful students walking

freepik.com

Universitas Cambridge terdiri dari lebih dari 100 Departemen, Fakultas, Sekolah dan institut, yang sebagian besar memiliki situs web sendiri. Cambridge University memiliki 6 sekolah yang terdiri dari beberapa fakultas dan jurusan. Berikut ini merupakan sekolah-sekolah yang terdapat di Universitas Cambridge.

School of Arts and Humanities

Sekolah Seni dan Humaniora ini memiliki 10 fakultas di dalamnya. Fakultas-fakultas yang terdapat di sekolah ini antara lain Faculty of Architecture and History of Art, Faculty of Asian and Middle Eastern Studies, Faculty of Classics, Faculty of Divinity, Faculty of English, Faculty of Modern and Medieval Languages and Linguistics, Faculty of Music, Faculty of Philosophy, Centre for Research in Arts, Social Sciences and Humanities, serta Language Centre.

School of Humanities and Social Sciences

Sekolah Humaniora dan Ilmu Sosial terdiri dari 7 fakultas di dalamnya. Fakultas-fakultas tersebut antara lain Faculty of Human, Social, and Political Science, Faculty of Economics, Faculty of Education, Faculty of History, History and Philosophy of Science, Faculty of Law, serta Institute of Criminology.

School of Biological Science

Sekolah Ilmu Biologi memiliki 6 fakultas. Keenam fakultas tersebut antara lain Faculty of Biology, Veterinary Medicine, Wellcome Trust-MRC Cambridge Stem Cell Institute, Wellcome Trust-Cancer Research UK Gurdon Institute, Cambridge Systems Biology Centre, serta MRC Toxicology Unit.

School of Physical Science

Terdapat 3 fakultas pada Sekolah Ilmu Fisika. Fakultas-fakultas tersebut antara lain Faculty of Earth Sciences and Geography, Faculty of Mathematics, dan Faculty of Physics and Chemistry.

School of Clinical Medicine

Sekolah Kedokteran Klinis memiliki 19 fakultas di dalamnya. Fakultas tersebut antara lain Clinical Biochemistry, Clinical Neurosciences, Haematology, Medical Genetics, Medicine, MRC Biostatistics Unit, MRC Epidemiology Unit, MRC Mitochondrial Biology Unit, Obstetrics and Gynaecology, Oncology, Paediatrics, Psychiatry, Public Health and Primary Care, Radiology, Surgery, Cambridge Institute for Medical Research, Cancer Research UK Cambridge Institute, Institute of Public Health, dan MRC Cognition and Brain Sciences Unit.

School of Technology

Universitas Cambridge memiliki 4 fakultas di Sekolah Teknologi. Fakultas tersebut yaitu Engineering, Faculty of Business and Management, Computer Science and Technology, dan Chemical Engineering and Biotechnology.

Mediamaz Translation Service

mediamaz ts

Mediamaz TS

Nah, bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk berkuliah atau berkunjung ke Cambridge University? Apabila kamu ingin melanjutkan pendidikanmu ke Universitas Cambridge atau sekadar mengunjungi fasilitas umum Cambridge, kamu tentunya harus mengurus beberapa dokumen penting yang menunjang keberangkatanmu ke Inggris. Beberapa dokumen penting umumnya memerlukan penerjemahan dan legalisasi untuk mensahkan dokumen tersebut sehingga dapat digunakan saat kamu berada di luar negeri. Untuk itu, kamu dapat memercayakan penerjemahan dan legalisasi dokumen pentingmu kepada Mediamaz Translation Service.

Mediamaz TS merupakan perusahaan yang berfokus pada bidang penerjemahan dan legalisasi. Sehingga, kamu dapat menggunakan jasa penerjemah dan legalisasi di perusahaan kami untuk membantu menerjemahkan dan melegalisasikan dokumen kamu. Kamu tidak perlu mengkhawatirkan kualitas dari hasil terjemahan dan legalisasi di perusahaan kami karena kami memiliki tim QC (Quality Control) yang akan bertanggung jawab atas hasil terjemahan dokumen kamu. Mengenai informasi lebih lanjut, kamu dapat mengunjungi situs resmi kami di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *