Mengenal Jurusan Psikologi dan Prospek Kerjanya

Mengenal Jurusan Psikologi dan Prospek Kerjanya

Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan mental, profesi yang berkaitan dengan bidang psikologi pun semakin dicari. Hal tersebut juga berdampak pada minat pelajar Indonesia terhadap pendidikan Psikologi. Nah, tidak heran berbagai fakultas Psikologi terbaik di dunia maupun di Indonesia mulai banyak dicari belakangan ini. Yuk, kita lebih mengenal jurusan Psikologi.

 

Mengenal Jurusan Psikologi

Psikologi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari mental, pikiran dan perilaku manusia. Program studi ini juga meneliti alur pemikiran dan alasan di balik perilaku dan tindakan manusia. Ilmu Psikologi ini sering kali digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam serangkaian aktivitas manusia yang kompleks.

Ilmu Psikologi sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, di antaranya adalah Psikologi Klinis, Psikologi Perkembangan, Psikologi Industri dan Organisasi. Adapun peran Psikologi dalam kehidupan masyarakat sendiri semakin hari semakin dibutuhkan lantaran timbulnya berbagai masalah yang semakin kompleks.

Di jurusan ini kamu akan mempelajari “manusia” berdasarkan individu, karena nggak ada manusia yang benar – benar sama dalam ilmu sosiologi. Dan manusia merupakan makhluk yang unik, bahkan ketika diberi stimulus yang sama pun responnya bisa berbeda tergantung pada pengetahuan, pengalaman, perasaan, harapan, dan banyak faktor penentu lainnya.

 

Mengapa Memilih Jurusan Tersebut

Psikologi adalah salah satu prodi paling populer di Indonesia. Selain mempelajari tentang perilaku dan kepribadian manusia, lapangan pekerjaan untuk lulusan jurusan ini pun terbuka lebar, begitu pula dengan pilihan jalur karir yang beragam. 

Belajar Psikologi itu seru banget, kamu akan jadi paham perilaku dan kepribadian manusia. Kalau gosipnya anak Psikologi bisa baca pikiran orang atau bakal kerja di rumah sakit jiwa, ini salah! 

Masih banyak yang belum mengerti bedanya psikolog dan psikiater. Di sini kamu akan dapat jawabannya.

 

5 Kampus dengan Jurusan Psikologi Terbaik di Dunia

  1. Harvard University, AS

Studi Psikologi di Harvard University dimulai sejak tahun 1800-an sebagai salah satu cabang ilmu filsafat. Departemen Psikologi sendiri memiliki sejarah yang panjang dalam dengan sederet peneliti yang memberi sumbangan besar dalam bidang ini. Selain itu, program studi sarjana Psikologi di Harvard University adalah salah satu yang terpopuler di antara program sarjana lainnya. 

 

  1. Stanford University, UK

Department of Psychology adalah salah satu departemen yang telah ada sejak awal berdirinya Stanford University. Selama beberapa dekade terakhir, departemen ini telah menjadi terkemuka baik di Amerika maupun di dunia. Selain menyediakan berbagai program sarjana dan pascasarjana, departemen ini juga berpartisipasi dalam program interdisiplin di Stanford University.

 

  1. University of Cambridge, UK

University of Cambridge juga merupakan salah satu universitas yang memiliki program Psikologi tertua yaitu sejak tahun 1987. Psikologi di universitas ini menawarkan pendidikan dan penelitian kelas dunia yang dilakukan dengan pendekatan kolaboratif.

Penelitian yang dilakukan di sini juga telah memberikan banyak pengaruh dalam dunia psikologi, sehingga tidak heran jika departemen Psikologi University of Cambridge termasuk salah satu terbaik di dunia.

 

  1. University of Oxford

Sebagai salah satu institusi tertua dan terkemuka di dunia, University of Oxford juga menjadi terdepan dalam bidang Psikologi. Selain menawarkan program studi di berbagai tingkat pendidikan, Experimental Psychology University of Oxford telah menjadi pusat penelitian yang terkemuka.

 

  1. University of California, Los Angeles (UNCLA)

UNCLA merupakan sebuah universitas riset publik yang terletak di Westwood, Los Angeles, California, Amerika Serikat. Universitas ini memiliki jurusan Psikologi terbaik di dunia. Program yang ditawarkan berada di tingkat sarjana hingga pascasarjana.

Kampus ini juga terdaftar sebagai kampus yang memiliki permintaan pendaftaran terbesar di California  dan tidak menutup kemungkinan peminat jurusan psikologi turut menyumbang persentase yang besar.

 

Prospek Kerja
  1. HRD (Human Resource Development)

Tugas staf HRD merupakan untuk mengembangkan dan menerapkan berbagai kebijakan di kantor yang mendukung kesejahteraan karyawan.

Tugas lainnya dari kegiatan Human Resource adalah untuk merekrut karyawan baru, mengatur jadwal interview, memimpin training karyawan, dan evaluasi tim manajemen.

  1. Konselor

Jika kamu memiliki latar belakang psikologi dan senang mendengarkan keluh kesah orang lain, pekerjaan satu ini akan sangat cocok untuk kamu. Konselor terbagi menjadi beberapa bidang, seperti konselor pendidikan, keluarga dan pernikahan, trauma dan lain sebagainya.

  1. Psikolog

Profesi ini merupakan profesi yang memiliki banyak peminat. Karena sangat dibutuhkan oleh berbagai sektor industri, hasilnya, dapat ditemukan berbagai jenis psikolog, seperti psikologi klinis, forensik, olahraga, dan lain sebagainya.

 

Layanan Mediamaz Translation Service

Nah itulah bahasan mengenal jurusan Psikologi. Jika kamu ingin melanjutkan studi dengan jurusan Psikologi, kamu harus persiapkan dari sekarang ya. Karena jurusan ini terbilang cukup sulit loh, dan dari beberapa prospek kerja pun mengharuskan untuk mengambil S2. Jadi, pastikan kamu membaca banyak referensi yaa.

Dan kalau sahabat Meddy mau kuliah di luar negeri pun terutama di salah satu rekomendasi yang tadi disebut, nggak usah khawatir untuk mengurus dokumen persyaratannya. Konsultasikan kepada kami, dan kami akan melayani selama 24 jam. Langsung hubungi marketing kami di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *