Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Mengenal Lebih Dekat Universitas Sungkyunkwan

Antusias dari pelajar internasional seluruh penjuru dunia untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Korea Selatan nampaknya akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Popularitas dari berbagai media hiburan dan juga produk kebudayaan Korea Selatan, lingkungannya yang aman dan ramah pelajar, biaya pendidikan yang relatif lebih terjangkau daripada negara barat serta kualitas dari pendidikan kelas dunia yang ditawarkan oleh berbagai institusi pendidikan Korea Selatan membuat banyak sekali pelajar tertarik untuk meletakan Korea Selatan sebagai destinasi perguruan tinggi yang bisa dipilih oleh pelajar internasional, dengan 6 (enam) universitas di Korea Selatan berada dalam daftar 100 besar perguruan tinggi terbaik dunia dari daftar yang dirilis oleh QS pada tahun 2023.

Dan salah satu universitas di Korea Selatan yang berhasil masuk ke dalam daftar 100 besar perguruan tinggi terbaik dunia adalah Universitas Sungkyunkwan, sebuah universitas yang berorientasi penelitian yang komprehensif dan juga memiliki sejarah yang panjang dari jaman Dinasti Joseon. Jika kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan pada Universitas Sungkyunkwan, terdapat banyak informasi menarik yang bisa kamu ketahui sebelum mendaftar masuk ke universitas ini. Penasaran apa saja informasi tersebut? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Informasi Umum Seputar Universitas Sungkyunkwan

Universitas Sungkyunkwan

Sumber: Pexels

Jika kamu penggemar sejati drama Korea, kamu mungkin pernah mendengar salah satu drama sejarah Korea yang berjudul Sungkyunkwan Scandal. Cerita tersebut mengambil latar belakang sebuah institusi pendidikan bergengsi yang sudah berdiri pada jaman dinasti terakhir Korea Selatan. Institusi pendidikan ini bergengsi yang berdiri atas titah kerajaan pada drama tersebut merupakan lokasi yang diambil dari kisah nyata sekaligus cikal dan bakal Universitas Sungkyunkwan sekarang. Hingga sekarang, Universitas Sungkyunkwan yang sudah berdiri pada tahun 1398 juga masih tetap berlokasi pada daerah Suwon di tengah kota Seoul dan sama seperti kampusnya yang terdahulu. Dan salah satu kampus yang ada di universitas ini, kampus Humanities and Social Sciences bahkan berada pada area yang sama dengan 2 istana kerajaan peninggalan Dinasti Joseon yang masih terawat dengan baik dan juga bisa kamu kunjungi untuk berwisata hingga saat ini, Changdeokgung dan juga Changgyeonggung.

Selain daripada lokasinya sangat dekat dengan lokasi istana kerajaan, sejarah Universitas Sungkyunkwan yang panjang juga terlihat dari banyaknya peninggalan bersejarah yang masih bisa kamu temukan pada lingkungan kampus dan termasuk kuil Munmyo yang berada pada tengah-tengah kampus dan juga menjadikan lokasi pelaksanaan upacara/ritual keagamaan bernama Seokjeon Daeje yang dilaksanakan selama 2 kali dalam 1 tahun pada bulan Mei dan juga September.

Jurusan Yang Dibuka Universitas Sungkyunkwan

Universitas Sungkyunkwan banyak sekali menawarkan berbagai program studi di banyak bidang studi untuk seluruh jenjang pendidikan. Mulai jenjang sarjana hingga pascasarjana, dan untuk program studi yang tersedia di universitas ini tersebar menjadi 2 kampus yang berbeda, yaitu Humanities and Social Science Campus dan juga Natural Science Campus.

Program studi jenjang sarjana

Pada program studi yang ada di Universitas Sungkyunkwan untuk jenjang Sarjana ini cukup bervariasi dan sejak tahun 2005, universitas ini juga meluncurkan sistem University College untuk memberikan pengetahuan umum dan juga dasar untuk mahasiswa jenjang Sarjana Universitas Sungkyunkwan, sebelum memilih spesialisasi yang lebih lanjut.

Untuk program studi jenjang S1 pada kampus ini mencakup bidang studi Korean Language and Literature, public Administration, Media and Communication, Statistics, Business Administration, Global Business Administration, Education, Mathematics Education, Computer Education dan yang lain sebagainya.

Program studi jenjang pascasarjana

Pada program studi pascasarjana Universitas Sungkyunkwan ini terbagi menjadi 3 program yang berbeda, antara lain sebagai berikut:

  1. Graduate Programs General, yang mencakup berbagai program studi yang terbuka untuk jenjang S1. 
  2. Graduate Programs Professional, yang mencakup bidang studi seperti Business Administration, Business, Governance, Technology Management, China, Law dan Water Resources.
  3. Graduate Programs Special, yang mencakup bidang studi seperti Confucian Studies, Education, Strategic Studies, Information and Communication, Translation and TESOL, Social Welfare, Clinical Nursing Science, Business Administration, Media and Culture, Global Insurance and Pension dan Global Entrepreneurship.

Beasiswa Universitas Sungkyunkwan

Ada beberapa beasiswa yang dapat kamu gunakan untuk pelajar internasional yang berminat untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas Sungkyunkwan. Simak informasinya sebagai berikut ini.

Global Korea Scholarship

Pada program beasiswa ini merupakan program beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Korea Selatan untuk pelajar internasional yang berminat untuk kuliah. Dan berbagai perguruan tinggi Korea Selatan, termasuk Universitas Sungkyunkwan ini. Dan beasiswa ini juga tersedia untuk seluruh jenjang pendidikan, mulai dari Sarjana, Master hingga Doktoral. Dengan 2 jalur pendaftaran yaitu bisa melalui Keduataan dan juga melaui Univesitas.

Untuk program beasiswa ini termasuk dalam kategori beasiswa fully funded yang mencakup untuk beberapa hal sebagai berikut:

  1. Biaya kuliah
  2. Biaya pelatihan bahasa Korea
  3. Biaya penerbangan kelas ekonomi PP
  4. Tunjangan kedatangan sebesar 200.000 KRW  1 (satu) kali selama periode studi
  5. Uang saku bulanan sebesar 900.000 KRW untuk program Sarjana, 1.000.000 KRW. Dan untuk program Master dan Doktoral, 1.500.000 KRW untuk program Research
  6. Biaya asuransi kesehatan
  7. Tunjangan kemampuan berbahasa Korea (Korean Proficiency Grants) sebesar 100.000 KRW per bulan
  8. Tunjangan penyelesaian studi (Degree Completion Grants) sebesar 100.000 KRW  1 (satu) kali setelah studi selesai bagi pelamar jenjang Sarjana
  9. Dukungan penelitian (research support fee) bagi pelamar jenjang pascasarjana sebesar 210.000 KRW (untuk program studi di bawah Liberal Arts and Social Science) dan 240.000 KRW (untuk program studi di bawah Natural Science and Engineering)

Apa yang Kami Bisa Bantu?

Setelah Anda membaca artikel ini mengenai informasi seputar Universitas Sungkyunkwan mulai dari jurusan, hingga beasiswa yang ada di Universitas Sungkyunkwan. Pastinya ada sedikit ketertarikan bagi Anda untuk berkunjung kesana. Bagi Anda yang ingin berkunjung kesana, pasti harus mempersiapkan segala dokumen-dokumen penting. 

Segala bentuk dokumen dari dokumen perjalanan seperti visa pastinya harus Anda persiapkan. Dokumen-dokumen tersebut tentunya harus dalam bentuk resmi dan berbahasa asing (Inggris dan Jepang). Anda tidak perlu khawatir jika merasa kesulitan akan hal tersebut karena sekarang Anda dapat menggunakan jasa penerjemah untuk membantu. 

Mediamaz Translation Service hadir sebagai solusi untuk Anda mempersiapkan dokumen seperti layanan visa dan penerjemahan dokumen penting tersebut. Penerjemah pada Mediamaz TS sudah meliputi layanan kami yaitu jasa Penerjemah Tersumpah. 

Tidak perlu khawatir akan layanan penerjemahan dokumen Anda, karena Penerjemah Tersumpah kami sudah mendapatkan sertifikat resmi dari SK Gubernur, Kemenkumham, dan HPI (Himpunan Penerjemah Indonesia). Jadi tentu hasil penerjemahan yang kami hasilkan sudah tentu terjamin dan dapat membantu mempermudah Anda dalam mempersiapkan dokumen tersebut. 

Sehingga tunggu apalagi? Segera serahkan dokumen Anda untuk kami terjemahkan melalui website kami di sini dan juga bisa bertanya langsung di nomor telepon kami (021) 55787254.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *