Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Mengenal Mandu Korea, Makanan Populer di Korea Selatan

Korea Selatan memang terkenal juga dengan berbagai macam makanan khas. Salah satu kuliner populer dan banyak muncul di Drama Korea yaitu mandu Korea. Makanan ini hampir sama seperti pangsit yaitu memiliki cita rasa gurih dan beragam isian. Mandu juga bisa disajikan dalam berbagai bentuk olahan, antara lain dikukus atau  digoreng. Mandu pun bisa sebagai pilihan camilan saat bersantai. 

Untuk kamu yang penasaran seperti apa itu mandu Korea, sejarah, jenis hingga varian rasanya, simak penjelasan berikut sampai selesai ya!

Apa itu Mandu Korea?

Mandu Korea

Freepik

Mandu Korea merupakan jenis dumpling atau bola daging dan menjadi makanan terkenal di Korea Selatan. Makanan ini terbuat dari adonan tepung terigu dengan isian seperti daging cincang, sayuran, atau bahan-bahan lainnya. Penyajian mandu bisa dengan rebus, goreng atau kukus. Ada banyak variasi dari mandu Korea antara lain, Kimchi mandu yaitu mandu dengan isian kimchi, gunmandu yaitu mandu goreng, dan jjinmandu adalah mandu kukus. Mandu pun sering hadir sebagai hidangan pembuka atau sebagai tambahan pada mie atau sup.

Sejarah Mandu Korea

Mandu Korea 1

Freepik

Mandu telah ada di Korea Selatan sejak zaman Tiga Kerajaan (Goguryeo, Baekje, dan Silla) pada tahun 57 SM – 668 M. Pada masa ini, makanan tersebut terkenal dengan nama “byeolmang” yang artinya “orang-orang bintang” karena bentuknya menyerupai bintang. Ketika zaman Dinasti Joseon (1392-1910), makanan ini menjadi semakin populer dan terkenal dengan nama “gunmandu”. Mandu pada masa ini umumnya dengan isian daging babi dan sayuran, tetapi ada juga yang menggunakan daging sapi atau ayam. Sedangkan pada masa modern sampai dengan saat ini, mandu menjadi makanan yang populer di Korea Selatan dan selalu terlihat di berbagai tempat seperti restoran, pasar dan toko makanan. Beberapa variasi isian mandu juga telah berkembang, seperti isi kimchi, keju, atau seafood.

Jenis Mandu Korea

1. Gunmandu

Mandu Korea yang berisikan daging babi dengan bumbu bawang putih, jahe, kecap asin, dan rempah-rempah lainnya. Gunmandu biasanya ada yang goreng atau rebus dan penyajiannya dengan saus dari kecap asin, cuka, dan bubuk cabai.

2. Kimchi Mandu

Pengolahan mandu isi kimchi yaitu dengan bumbu bawang putih, jahe, dan rempah-rempah lainnya. Cara memasak kimchi mandu biasanya direbus atau ditumis dan penyajiannya lengkap dengan saus pedas.

3. Yachae Mandu

Isi pada mandu jenis ini yaitu sayuran seperti wortel, kubis, kacang polong, dan bawang bombay. Pengolahan yachae mandu dengan bawang putih, garam, dan lada. Yachae mandu juga bisa dalam bentuk rebus atau tumis dan penyajian bisa dengan saus pedas atau saus kecap.

4. Jengol Mandu

Pengolahan mandu dalam panci besar bersama dengan daging, sayuran, dan kaldu. Mandu jeongol sering sebagai makanan dalam acara makan malam yang besar.

5. Mandu Guk

Sup mandu yang terdiri dari mandu rebus dengan kaldu daging sapi atau ayam. Mandu guk merupakan salah satu hidangan yang biasa ada pada perayaan tahun baru Korea.

6. Jjin Mandu

Mandu kukus ini berisikan daging sapi atau ayam dan penyajiannya biasanya dengan saus kecap.

Varian Mandu Korea

Berikut adalah beberapa varian mandu yang populer di Korea Selatan:

1. Daging Sapi

Mandu Korea yang isinya daging sapi yang sudah dicincang halus dengan bumbu bawang putih, lada dan garam. Cara memasak mandu isi daging sapi biasanya dengan goreng atau rebus. 

2. Daging Babi

Mandu denga isian daging babi yang dicincang halus dengan campuran bumbu bawang putih, jahe, kecap asin dan garam. Cara memasak mandu isi daging babi biasanya dengan goreng atau rebus. 

3. Kimchi

Mandu berisikan kimchi yang sudah diolah lalu dibumbui dengan bawang putih, lada, dan garam. Cara memasak mandu isi kimchi biasanya dengan rebus atau tumis. 

4. Udang

Mandu Korea varian ini yaitu udang yang sudah dicincang halus dengan bumbu bawang putih, garam dan lada. Cara memasak mandu isi udang biasanya dengan goreng atau rebus. 

5. Sayuran

Mandu ini biasanya sayuran seperti wortel, kol, dan kacang polong. Pengolahan mandu ini dengan cara cincang halus sayuran lalu beri bumbu bawang putih, garam, dan lada. Cara memasak mandu isi sayuran biasanya dengan rebus atau tumis. 

6. Keju

Varian ini merupakan mandu Korea dengan keju cheddar atau keju mozzarella yang sudah diparut. Cara memasak mandu isi keju biasanya dengan rebus atau tumis. 

7. Telur

Mandu ini berisikan telur ayam yang sudah dikocok dengan bumbu garam dan lada. Cara memasak mandu isi keju biasanya dengan rebus atau tumis. 

Fakta Menarik Mandu Korea

Mandu Korea 2

Freepik

  1. Penyajian mandu biasanya dengan kuah kaldu yang hangat, dan sering kali sebagai hidangan pembuka di restoran Korea.
  2. Dalam bahasa Korea, kata ‘mandu’ memiliki arti ‘pangsit’.
  3. Mandu berisi berbagai macam pilihan isian seperti daging sapi, babi, atau ayam, sayuran, dan bahan-bahan lainnya.
  4. Pada saat festival tahunan di Korea Selatan, seperti Tahun Baru Imlek atau Chuseok, mandu menjadi makanan khas yang selalu ada di meja makan.
  5. Terdapat tarian tradisional ‘Mandu Nori’ yang menggambarkan gerakan memasak dan menggulung mandu.
  6. Pengolahan mandu bisa dengan berbagai cara seperti kukus, goreng atau rebus. Mandu juga dapat sebagai hidangan utama atau camilan.
  7. Saat ini mandu sudah menjadi makanan populer di seluruh dunia terutama di negara-negara Asia seperti Jepang, Tiongkok dan Indonesia.

Baca Juga: Makanan Khas Korea yang Wajib Dicoba

Ingin Mencicipi Mandu Langsung di Korea Selatan?

Kamu bisa menyiapkan visa dan paspor atau dokumen yang sejenis sesuai dengan ketentuan untuk bisa berkunjung ke Korea Selatan. Visa merupakan dokumen wajib yang harus kamu sertakan saat hendak pergi atau tinggal di luar negeri, bisa untuk urusan liburan, pekerjaan ataupun sekolah. Dokumen visa berfungsi sebagai surat izin masuk ke suatu negara. Tanpa adanya visa, seseorang yang masuk negara asing dianggap ilegal bahkan terancam dideportasi. Mengingat betapa pentingnya visa, kamu perlu memahami dan mengurus visa di tempat yang tepat. 

Salah satunya yaitu Mediamaz Translation Service, merupakan perusahaan penerjemah yang bukan hanya menyediakan layanan menyediakan jasa menerjemahkan dokumen tetapi juga legalisasi, proofreading serta kepengurusan visa luar negeri. Mediamaz TS akan memberikan pelayanan terbaik untuk kamu. Untuk informasi selengkapnya, hubungi WhatsApp 082123335003 atau cek website kami di sini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *