Mengenal Yale University, Salah Satu Kampus Anggota Ivy League!

Mengenal Yale University, Salah Satu Kampus Anggota Ivy League!

Sudah menjadi rahasia umum, kampus-kampus yang termasuk ke dalam asosiasi Ivy League adalah kampus yang memiliki kualitas yang baik di Amerika Serikat. Ivy League sendiri adalah sebuah asosiasi yang di dalamnya terdapat 8 universitas. Kedelapan universitas anggota ini mendapat julukan Ancient Eight. Hampir keseluruhan anggota Ivy League adalah universitas swasta. Kampus-kampus Ivy League sendiri antara lain adalah Universitas Brown, Universitas Columbia, Universitas Cornell, Universitas Dartmouth, Universitas Harvard, Universitas Pennsylvania, Universitas Princeton, dan Universitas Yale. Universitas tersebut merupakan universitas yang telah memiliki reputasi secara internasional. Sehingga, untuk kamu yang tertarik melanjutkan pendidikanmu di Amerika Serikat, khususnya Yale University, artikel berikut ini memuat informasi lengkap mengenai Universitas Yale.

Profil Yale University

pinterest.com

Berdiri pada tahun 1701 di Saybrook, Yale University menjadi salah satu anggota Ivy League dengan julukan Ancient Eight yang memiliki arti Delapan Sekolah Lama. Kini, Yale University sudah berusia 321 tahun. Yale University adalah universitas swasta yang sejak tahun 1716 berlokasi di New Haven, Connecticut, Amerika Serikat. Kota ini juga menjadi kota yang kaya akan kuliner internasional, lho! Bahkan setiap tahun, New Haven menjadi tuan rumah untuk Turnamen Tenis dan Festival Seni Internasional.

Kampus ini merupakan kampus tertua ketiga di Amerika Serikat setelah Harvard University (1636) dan The College of William and Mary (1693). Pada awalnya, kampus ini didirikan sebagai Collegiate School. Universitas tersebut kemudian mengganti namanya menjadi Yale College pada tahun 1718 untuk menghormati pedagang Welsh Elihu Yale. Beliau adalah orang yang telah menyumbangkan hasil penjualan sembilan bal barang bersama dengan 417 buku dan potret Raja George I. Yale University merupakan saingan hebat Universitas Harvard seperti Oxford University yang bersaing dengan Cambridge University.

Baca Juga Artikel Terkait Oxford University!

Orang-orang Terbaik dari Universitas Yale

yale university

pinterest.com

Lahir pada tahun 1701 dan sudah mengantongi usia 3 abad lamanya, sudah pasti Yale University memiliki banyak pengalaman dalam bidang pendidikan. Bahkan, berdasarkan data dari World University Ranking 2022, Yale University berada di posisi nomor 9 sebagai universitas terbaik di dunia. Setidaknya, kampus ini memiliki 21% mahasiswa internasional. Selain itu, beragam penghargaan juga sudah berhasil diraih oleh mahasiswa, profesor, hingga alumni dari Universitas Yale. Berikut ini merupakan daftar orang-orang hebat asal Yale University yang telah memberikan dampak positif pada dunia.

Robert James Shiller

pinterest.com

Salah satu pria berkebangsaan Amerika Serikat yang juga merupakan profesor Yale University ini merupakan penerima Penghargaan Nobel dalam bidang Ekonomi tahun 2013. Robert Shiller mendapatkan penghargaan tersebut bersama Eugene Fama dan Lars Peter Hansen untuk hasil karya mereka dalam hal analisis empiris dari harga aset. Pria yang lahir pada 29 Maret 1946 ini juga telah menuliskan banyak buku dan jurnal ilmiah tentang ekonomi. Ia juga mendapatkan penghargaan Deutsche Bank Prize pada tahun 2009. Menariknya, profesor ekonomi di Yale University ini merupakan alumni MIT University, lho!

Baca Juga Artikel Terkait MIT University!

Samuel F. B Morse

pinterest.com

Kamu pasti sering mendengar tentang sandi morse bukan? Sandi sendiri memiliki makna sebagai sesuatu yang sifatnya rahasia dan tidak boleh diketahui oleh orang lain. Sedangkan sandi morse merupakan cara orang-orang pada abad ke-19 untuk berkomunikasi melalui telegraf. Nah, Sandi morse ini merupakan salah satu penemuan dari Samuel Finley Breese Morse yang merupakan alumni dari Yale University. Di universitas ini, Morse mengambil jurusan matematika dan filosofi. Selain menemukan sandi morse, Samuel F. B Morse adalah seorang pelukis dan penemu sistem telegraf elektronik tunggal.

Paul Krugman

pinterest.com

Pria yang lahir pada 28 Februari 1953 ini memiliki nama lengkap Paul Robin Krugman. Ia adalah seorang ekonom asal Amerika Serikat. Paul merupakan penerima Penghargaan Nobel bidang Ekonomi 2008 untuk teori perdagangan internasional. Ia juga merupakan professor emeritus pada Princeton University’s Woodrow Wilson School. Ia bahkan pernah menjadi President’s Council of Economic Advisers. Pada 2010, Yale menganugerahi Krugman Henry E. Howland Memorial Prize. Paul Krugman menyelesaikan sekolah sarjana di Yale University tahun 1974 dan gelar Dr ( Ph.D) dari Massachusetts Institute of Technology atau MIT tahun 1977.

Ben Silbermann

pinterest.com

Era digital saat ini pasti sudah memperkenalkanmu dengan Pinterest. Ben Silbermann adalah adalah seorang pengusaha Internet dari Amerika Serikat. Ia adalah salah satu pendiri dan CEO Pinterest, jaringan media sosial dan ‘mesin penemuan visual’ yang menggambarkan dirinya sendiri, yang memungkinkan pengguna mengatur gambar, tautan, resep, dan hal-hal lain. Menariknya, Ben Silbermann merupakan alumni Yale University pada tahun 2003. Perusahaan yang kini ia buat dan kelola sendiri sudah memiliki pemasukan hingga $5 miliar.

Bill Clinton dan Hillary Clinton

pinterest.com

Sepasang suami-isteri ini juga pasti sudah familiar kamu dengar, bukan? Bill Clinton merupakan mantan presiden Amerika Serikat yang juga alumni dari fakultas hukum di Yale University pada 1973. Sama seperti sang suami, Hillary Rodham Clinton juga merupakan lulusan dari fakultas hukum di Universitas Yale pada tahun yang sama. Setelah lulus, Hillary Rodham Clinton pernah menjadi senator New York dan Menteri Luar Negeri pada pemerintahaan Obama.

Jurusan yang Tersedia di Yale University

University, study abroad and lifestyle concept. smiling cheerful asian guy in glasses standing with backpack and laptop. student on his way to classes, posing over white background

freepik.com

Yale University terbagi menjadi tiga komponen akademik yaitu Yale College (untuk program sarjana), Graduate School of Arts and Sciences (Sekolah Pascasarjana Seni dan Sains), dan sekolah profesi (professional). Berikut ini daftar jurusan yang terdapat pada masing-masing komponen akademik.

Yale College

Jenjang sarjana di Universitas Yale atau yang biasa disebut program Yale College ini memiliki 82 jurusan. Berikut ini daftar 82 jurusan yang ada di Universitas Yale yang dikelompokkan berdasarkan abjadnya:

Jurusan Yale University Abjad A-B

Terdapat 12 jurusan di Yale University untuk program sarjana yang dimulai dengan abjad A dan B. Jurusan-jurusan tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. African American Studies (B.A.)
  2. African Studies (B.A.)
  3. American Studies (B.A.)
  4. Anthropology (B.A.)
  5. Applied Mathematics (B.A. or B.S.)
  6. Archaeological Studies (B.A.)
  7. Applied Physics (B.S.)
  8. Architecture (B.A.)
  9. Art (B.A.)
  10. Astronomy (B.A.)
  11. Astrophysics (B.S.)
  12. Biomedical Engineering (B.S.)

Abjad C – Jurusan di Universitas Yale

Terdapat 12 jurusan di Yale University untuk program sarjana yang dimulai dengan abjad C. Jurusan-jurusan tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Chemical Engineering (B.S.)
  2. Chemistry (B.A. or B.S.)
  3. Classical Civilization (B.A.)
  4. Classics (B.A.)
  5. Cognitive Science (B.A. or B.S.)
  6. Computer Science and Economics (B.S.)
  7. Comparative Literature (B.A.)
  8. Computer Science (B.A. or B.S.)
  9. Computing and Linguistics (B.A. or B.S.)
  10. Computer Science and Psychology (B.A.)
  11. Computing and the Arts (B.A.)
  12. Computer Science and Mathematics (B.S.)

Jurusan Yale University – Abjad E

Terdapat 17 jurusan di Yale University untuk program sarjana yang dimulai dengan abjad E. Jurusan-jurusan tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Earth and Planetary Sciences (B.A. or B.S.)
  2. East Asian Languages and Literatures (B.A.)
  3. East Asian Studies (B.A.)
  4. Ecology and Evolutionary Biology (B.A. or B.S.)
  5. Economics (B.A.)
  6. Economics and Mathematics (B.A.)
  7. Electrical Engineering (B.S.)
  8. Electrical Engineering and Computer Science (B.S.)
  9. Engineering Sciences (Chemical) (B.S.)
  10. English (B.A.)
  11. Engineering Sciences (Electrical) (B.A. or B.S.)
  12. Environmental Engineering (B.S.)
  13. Engineering Sciences (Environmental) (B.A.)
  14. Environmental Studies (B.A. or B.S.)
  15. Engineering Sciences (Mechanical) (B.A. or B.S.)
  16. Ethics, Politics, and Economics (B.A.)
  17. Ethnicity, Race, and Migration (B.A.)

Jurusan Yale University Abjad F-L

Terdapat 13 jurusan di Yale University untuk program sarjana yang dimulai dengan abjad F hingga L. Jurusan-jurusan tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Film and Media Studies (B.A.)
  2. French (B.A.)
  3. German Studies (B.A.)
  4. Global Affairs (B.A.)
  5. Greek, Ancient and Modern (B.A.)
  6. History (B.A.)
  7. Humanities (B.A.)
  8. History of Art (B.A.)
  9. Italian Studies (B.A.)
  10. History of Science, Medicine, and Public Health (B.A.)
  11. Judaic Studies (B.A.)
  12. Latin American Studies (B.A.)
  13. Linguistics (B.A.)

Jurusan Abjad M-N di Universitas Yale

Terdapat 10 jurusan di Yale University untuk program sarjana yang dimulai dengan abjad M dan N. Jurusan-jurusan tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Mathematics (B.A. or B.S.)
  2. Mechanical Engineering (B.S.)
  3. Mathematics and Philosophy (B.A.)
  4. Modern Middle East Studies (B.A.)
  5. Mathematics and Physics (B.S.)
  6. Molecular Biophysics and Biochemistry (B.A. or B.S.)
  7. Molecular, Cellular, and Developmental Biology (B.A. or B.S.)
  8. Music (B.A.)
  9. Near Eastern Languages and Civilizations (B.A.)
  10. Neuroscience (B.A. or B.S.)

Abjad P-R Jurusan di Yale University

Terdapat 10 jurusan di Yale University untuk program sarjana yang dimulai dengan abjad P hingga R. Jurusan-jurusan tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Philosophy (B.A.)
  2. Physics (B.S.)
  3. Political Science (B.A.)
  4. Physics and Geosciences (B.S.)
  5. Portuguese (B.A.)
  6. Physics and Philosophy (B.A. or B.S.)
  7. Psychology (B.A. or B.S.)
  8. Religious Studies (B.A.)
  9. Russian (B.A.)
  10. Russian, East European, and Eurasian Studies (B.A.)

Jurusan Yale University Abjad S-W

Terdapat 8 jurusan di Yale University untuk program sarjana yang dimulai dengan abjad S hingga W. Jurusan-jurusan tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Sociology (B.A.)
  2. South Asian Studies (second major only)
  3. Spanish (B.A.)
  4. Special Divisional Major (B.A. or B.S.)
  5. Statistics and Data Science (B.A. or B.S.)
  6. Theater and Performance Studies (B.A.)
  7. Urban Studies (B.A.)
  8. Women’s, Gender, and Sexuality Studies (B.A.)

Graduate School of Arts and Sciences & Professional di Yale University

Yale menawarkan gelar lanjutan melalui Sekolah Pascasarjana Seni & Sains dan 12 sekolah profesional. Sekolah-sekolah yang ditawarkan oleh Yale University antara lain sebagai berikut:

  1. Pascasarjana Seni & Sains
  2. Arsitektur
  3. Seni
  4. Sekolah Dewa
  5. Sekolah Drama David Geffen
  6. Teknik & Ilmu Terapan
  7. Lingkungan Hidup
  8. Sekolah Urusan Global Jackson
  9. Hukum
  10. Manajemen
  11. Fakultas Kedokteran
  12. Musik
  13. Keperawatan
  14. Sekolah Kesehatan Masyarakat

Fasilitas di Universitas Yale

pinterest.com

Sama seperti kampus bergengsi lainnya, tentu saja Yale University menyediakan beragam fasilitas. Fasilitas ini bertujuan untuk menunjang kegiatan para mahasiswa agar dapat menimba ilmu dengan baik. Universitas Yale menyediakan fasilitas seperti asrama, apartemen, perpustakaan, hingga museum dengan detail sebagai berikut:

Asrama dan Apartemen Universitas Yale

Universitas Yale merupakan universitas bereputasi internasional. Setiap tahunnya memiliki mahasiswa yang berasal dari negara lain di luar Amerika Serikat. Oleh karena itu, Yale University menyediakan asrama dan apartemen di dalam lingkungan kampus untuk kebutuhan para mahasiswa. Asrama dan apartemen ini dikelola langsung oleh Yale Housing. Namun, fasilitas asrama dan apartemen ini hanya untuk mahasiswa program pascasarjana dan profesional saja. Untuk kamu yang mengambil program pendidikan lain, kamu tidak perlu khawatir karena Yale Housing juga menyediakan database perumahan yang disewakan di New Haven. Tempat ini mungkin bisa menjadi alternatif tempat tinggal bagi mahasiswa internasional dengan program selain pascasarjana dan profesional.

Perpustakaan di Yale University

Fasilitas yang sudah pasti harus dimiliki oleh sebuah universitas adalah perpustakaan. Menyediakan beragam buku dan penelitian yang menunjang pendidikan para mahasiswa di universitas tersebut. Begitupun dengan Yale University. Universitas terbaik ini memiliki Perpustakaan Beinecke yang menyediakan beragam koleksi buku dan penelitian. Bahkan pada jadwal tertentu, masyarakat umum diperbolehkan untuk mengunjungi Perpustakaan Beinecke ini.

Fasilitas Lain di Universitas Yale

Yale University juga memiliki beberapa fasilitas menarik untuk kamu kunjungi selama menjadi mahasiswa di kampus ini. Berikut ini daftar fasilitas lain di Universitas Yale:

  1. Old Campus and Harkness Tower
  2. Sterling Memorial Library
  3. Evans Hall
  4. Yale Farm
  5. Yale University Art Gallery
  6. Peabody Museum of Natural History
  7. Yale Athletics
  8. Leitner Observatory
  9. School of Music Concerts
  10. Yale Cabaret
  11. Yale Repertory Theatre
  12. Marsh Botanical Garden
  13. Yale Center of British Art

Fakta Menarik Universitas Yale

yale university

www.yale.edu

Sama seperti universitas terbaik dan bergengsi lainnya, Yale University yang merupakan universitas dengan kualitas dan mutu yang terjamin juga memiliki beragam fakta menarik yang harus kamu tahu. Berikut ini beberapa fakta menarik mengenai Universitas Yale:

Yale University Adalah Anggota Ivy League

Seperti yang telah disebutkan di awal, Yale University adalah bagian dari Ivy League. Syarat menjadi kampus Ivy League juga tidak mudah, lho! Syarat yang terpenuhi inilah yang menjadikan Yale University sebagai salah satu universitas terbaik dan berkualitas di dunia. Untuk menjadi kampus anggota asosiasi Ivy League, sebuah universitas harus memiliki beberapa karakteristik. Karakteristik tersebut antara lain adalah menjadi universitas-universitas yang paling prestisius di Amerika Serikat dan hampir selalu berada di peringkat teratas dalam daftar universitas top Amerika Serikat. Selain itu, anggota Ivy League juga merupakan bagian dari universitas-universitas dengan pendapatan keuangan terbesar di dunia. Dari universitas-universitas inilah hampir 80% riset mengenai teknologi yang berkembang saat ini ditemukan dan juga banyak sekali ilmuannya yang telah meraih penghargaan nobel diberbagai bidang ilmu pengetahuan.

Penghargaan Yale University

Yale University juga telah mengantongi banyak sekali penghargaan dunia. Penghargaan yang Yale University miliki antara lain sebagai berikut:

  • 9 Staf Pemenang Penghargaan Nobel
  • 16 Akademisi Pemenang Penghargaan Nobel
  • 1 Pemenang Penghargaan Turning
  • 56 Pemenang Penghargaan Pulitzer
  • 230 Sarjana Rhodes
  • 15 Pemenang Penghargaan Academy

Tradisi Yale

Yale University memiliki beragam tradisi. Tradisi tersebut dilakukan oleh setiap staf, mahasiswa, dan pengajar di kampus swasta ini. Berikut ini merupakan tradisi-tradisi di Universitas Yale:

Yale Commencement

Upacara Peresmian di Kampus Lama adalah tradisi di Universitas Yale yang paling menggembirakan. Commencement di Universitas Yale merupakan upacara pada hari senin yang tujuannya untuk menandai kesempatan dimana semua universitas dan gelar kehormatan secara resmi dianugerahkan. Pada kesempatan ini, mahasiswa dengan gelar diploma juga akan mengikuti upacara di Universitas Yale. Selain acara permulaan ini, Yale College, Sekolah Pascasarjana Seni dan Sains, dan setiap sekolah profesional juga akan menjadwalkan acara selama akhir pekan perayaan. Acara ini biasanya berlangsung pada hari Sabtu dan Minggu. Sejumlah pertunjukan dan acara publik juga ditawarkan di kampus sepanjang akhir pekan.

Handsome Dan

Tradisi ini bermula dari seorang pria muda asal Victoria Inggris. Pria muda itu adalah Andrew B. Graves. Saat itu, ia sedang menghadiri Yale pada tahun 1889 dan melihat anjing Handsome Dan sedang duduk di depan sebuah toko. Ia pun membelinya dari pandai besi New Haven seharga $5. Kemudian Handsome Dan menjadi maskot Universitas Yale. Yale adalah universitas pertama di Amerika Serikat yang mengadopsi maskot, dan hingga saat ini, tidak ada yang lebih dikenal daripada Handsome Dan.

Class Day in Yale

Salah satu tradisi di Universitas Yale adalah Class Day. Tradisi ini sudah ada sejak abad ke-19. Saat itu, seluruh kelas yang lulus—kurang dari 100 siswa—berkumpul dalam lingkaran di Old Campus. Mereka berkumpul untuk beberapa kegiatan yang dilakukan. Kegiatan tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Untuk berbagi kenangan tentang waktu yang mereka habiskan di Yale University.
  2. Upacara yang berisi tentang pidato dan refleksi oleh anggota kelas.
  3. Pemberian hadiah akademis, artistik, dan atletik terbaik di kampus ini.
  4. Perayaan tradisi lama termasuk Kelas Ivy, pipa tanah liat kepala gereja, dan nyanyian “Bright College Years”.

Tradisi Class Day ini berlangsung pada hari Minggu sebelum tradisi commencement. Pembicara terkenal yang menyampaikan pidato dipilih oleh mahasiswa Yale. Berikut ini daftar pembicara-pembicara terkenal yang pernah berpidato di Universitas Yale:

  • Senator Cory Booker yang merupakan wartawan televisi Fareed Zakaria.
  • Barbara Walters.
  • Anderson Cooper yang merupakan Perwakilan Tetap AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa.
  • Samantha Power yang merupakan penulis Christopher Buckley.
  • Thomas Wolfe.
  • Chimamanda Adichie yang merupakan Sekretaris Negara John Kerry.
  • Hillary Rodham Clinton.
  • Tom Hanks.

Yale Founders Day

Yale memulai tradisi baru pada tahun 2014. Tradisi ini bertujuan untuk memeringati berdirinya Universitas Yale. Biasanya, tradisi ini dilakukan dengan acara “Founders Day” bagi mahasiswa, fakultas, dan staf, yang akan diadakan setiap tahun pada hari yang dekat dengan peringatan 1701 berdirinya Universitas Yale.

White Coat Ceremony

Fakultas Kedokteran Yale menyambut mahasiswa tahun pertama untuk menjalani kehidupan di bidang kedokteran selama Upacara Jas Putih tahunan. Pada momen ini, semua mahasiswa maupun staf akan menggunakan jas berwarna putih sebagai simbol jas kedokteran.

Yale Athletic Traditions

Pertandingan sepak bola Yale telah menjadi tradisi bagi Yalies sejak pertengahan 1800-an. Universitas Yale selalu merayakan 150 tahun bisbol pada tahun 2015. Perayaan ini ditujukan untuk atlet Yale telah unggul di seluruh dunia dalam Olimpiade dan kompetisi internasional lainnya.

Yale Military Traditions

Hubungan Yale dengan militer telah berlangsung lama. Hubungan baik ini dimulai pada tahun 1779 ketika mantan presiden Naphtali Daggett memimpin lebih dari separuh badan mahasiswa untuk menghadapi pasukan Inggris ketika mereka menyerang New Haven.

Mediamaz Translation Service

university of glasgow

Mediamaz TS

Kamu telah membaca artikel yang memuat informasi umum mengenai Yale University. Apakah kamu berminat untuk melanjutkan pendidikan ke kampus tertua ketiga di Amerika Serikat ini? Jika berminat, maka kamu harus mulai mencari informasi mengenai perkuliahan luar negeri ke Universitas Yale. Untuk meringankan biaya hidupmu, gunakanlah bantuan beasiswa yang ada di Indonesia. Perlu juga kamu ketahui bahwa apabila kamu mendaftarkan kuliah secara beasiswa maupun non-beasiswa, kamu perlu mengurus beberapa berkas yang telah kamu terjemahkan dan legalisasikan. Nah, di sinilah peran perusahaan kami akan kamu butuhkan.

Mediamaz Translation Service merupakan perusahaan yang berfokus pada bidang penerjemahan maupun legalisasi. Sehingga, kamu dapat menggunakan jasa dan layanan kami untuk menerjemahkan dan melegalisasikan dokumen resmi kamu. Kamu dapat memesan layanan secara online maupun offline. Kamu jadi bisa menghemat waktu dan tenaga untuk mengurus persyaratan masuk kampus yang lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, hubungilah tim marketing kami di sini. Semangat berkuliah di Yale University!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *