Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Mengunjungi Namsan Tower, Objek Wisata Ikonik di Kota Seoul

Namsan Tower

Sumber: iStock

Namsan Tower atau yang lebih dikenal dengan Namsan Seoul Tower merupakan salah satu destinasi wisata ikonik yang ada di Kota Seoul. Lokasi yang terletak dengan ketinggian 479 meter di atas permukaan laut ini menyajikan pemandangan indah kota Seoul dari semua sisi. Didirikan pada tahun 1969, menara ini hanyalah pemancar radio dan televisi kala itu. Menara pemancar ini mulai beroperasi pada tahun 1971. Di mana hingga saat ini Namsan Seoul Tower masih memancarkan sinyal untuk media seperti SBS, MBC, KBS dan FM. 

Dikarenakan lokasi menara ini yang terletak tinggi di kota Seoul, pemandangan indah kota bisa terlihat dari atas sini. Oleh karena itu, Namsan Seoul Tower membuka observatorium tempat untuk melihat kota Seoul secara 360 derajat pada tahun 1980. Di mana tempat tersebut menjadi destinasi wisata populer hingga saat ini.

Baca Juga: “Wisata Jeju Island Korea: Keindahan Alam Yang Mempesona

Fakta Menarik Namsan Tower

Menjadi salah satu landmark wisata kota Seoul, berikut beberapa fakta menarik dari Namsan Tower:

1. Difungsikan sebagai menara pemancar

Menara Pemancar

Namsan Tower awalnya didirikan pada tahun 1969 menjadi menara pemancar untuk radio dan televisi di kota Seoul. Lalu pada tahun 1980, menara ini dijadikan sebagai objek wisata karena pemandangan indah yang bisa Anda lihat dari lokasi menara ini. Namun, sampai saat ini Namsan Tower juga masih menjadi menara pemancar untuk beberapa stasiun televisi ternama sekaligus menjadi destinasi wisata yang selalu ramai setiap saatnya. 

2. Lampu berubah warna penanda kondisi udara

Namsan Seoul Tower

Hal unik dari Namsan Tower adalah lampu yang ada di sekitar menara tersebut. Di mana lampu itu menjadi penanda akan kondisi udara di kota Seoul saat itu. Jika lampu menyala berwarna biru, hal itu menandakan cuaca sangat baik. Sedangkan warna hijau menandakan kondisi udara yang tidak terlalu baik dan disarankan untuk menggunakan masker. Sedangkan jika kondisi udara sedang sangat buruk, lampu tersebut akan menyala berwarna merah.

3. Restoran dengan pemandangan kota Seoul dari atas

Restoran Namsan Seoul Tower

Namsan Tower menjadi destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan asing. Selain dari observatorium yang bisa Anda kunjungi, terdapat juga restoran yang terletak di atas menara ini. Di mana restoran tersebut berkapasitas sekitar 184 orang, sehingga Anda dapat menikmati indahnya kota Seoul sambil menyantap makanan yang lezat.

Baca Juga: “Sejarah dan 15 Fakta Unik Wembley Stadium Jarang Diketahui

Objek Wisata di Namsan Tower

Meskipun masih berguna sebagai menara pemancar untuk stasiun televisi dan radio di Korea Selatan. Namsan Tower ini juga memiliki objek wisata di dalamnya yang menarik untuk Anda kunjungi ketika sedang berlibur ke Korea Selatan terutama di Kota Seoul. Berikut beberapa objek wisata di Namsan Tower tersebut:

1. Observatorium N Seoul Tower

Observatorium N Seoul Tower

Daya tarik utama dari Namsan Tower ini adalah observatoriumnya. Di mana Anda bisa menikmati suasana Kota Seoul secara 360 derajat dari menara ini. Dek observasi yang terletak di lantai 3 dengan dinding dan lantai yang terbuat dari kaca membuat pemandangan kota Seoul yang indah bisa terlihat secara jelas.

Jam Operasional 

Pukul 10.00 – 23.00 (Minggu – Jumat)

Pukul 10.00 – 24.00 (Sabtu)

* Akses masuk ditutup setengah jam sebelum waktu tutup 

Tiket Masuk 

Pengunjung berusia > 13 tahun: 10.000 won 

Anak berusia 3-12 tahun dan lansia: 8.000 won

2. Hanbok Culture Experience Center

Hanbok Culture Experience Center

Tempat Hanbok Culture Experience Center ini berada di lobi plaza Namsan Tower. Pusat budaya ini memberikan kesempatan untuk Anda merasakan dua pengalaman budaya dari Dinasti Joseon. Hal tersebut adalah Hanbok experience dan Wedding Experience. Di mana pada spot Hanbok experience, Anda bisa mencoba pakaian dan aksesoris tradisional dan berfoto-foto. Sedangkan pada spot traditional wedding experience, Anda bisa menggunakan gaun pengantin dan berfoto dengan bantuan seorang fotografer profesional.

Jam Operasional 

Pukul 11.00 hingga 22.00

Tarif Tiket Masuk 

Pengunjung >14 tahun: 4.000 won 

Pengunjung < 13 tahun: 1.000 won 

* Tarif tiket masuk tidak termasuk dengan penyewaan pakaian

* Terdapat biaya tambahan untuk di Hanbok Experience dan Traditional Wedding Experience

3. Gembok Cinta

gembok cinta - Namsan Tower

Selain dek observasi yang merupakan destinasi terpopuler dari Namsan Tower, gembok cinta juga menjadi salah satu yang populer di masyarakat. Bagi mereka yang memiliki pasangan biasanya akan memasang gembok pada pagar sekitaran plaza. Hal tersebut disimbolkan sebagai lambang cinta abadi. Maka dari itu, kegiatan ini sangat populer dan sampai saat ini sudah banyak sekali gembok cinta yang terpasang di sana. Jika Anda ingin melakukan kegiatan ini bersama pasangan tetapi tidak membawa gembok, Anda dapat membelinya dari toko cinderamata sekitar.

4. Namsan Park

Namsan Park - Namsan Tower

Selanjutnya adalah Taman Namsan yang bisa menjadi objek wisata Anda jika mengunjungi daerah Namsan Tower ini. Taman umum yang terhampar luas di sepanjang lereng Gunung Namsan, bisa menjadi tempat untuk menikmati pemandangan Seoul dari setiap sudut. Terdapat lokasi berpiknik dan jalur pendakian di Taman Namsan. Selain itu juga terdapat berbagai fasilitas lainnya seperti kebun raya, perpustakaan, telaga, toko makanan ringan, dan berbagai fasilitas olahraga yang memperlengkap kegiatan Anda jika datang ke tempat ini. 

5. Namsangol Hanok village

Namsangol Hanok Village

Namsangol Hanok Village terletak di bagian utara dari Gunung Namsan bisa menjadi lokasi wisata untuk Anda. Tempat ini cocok bagi Anda jika ingin merasakan pengalaman modern berteknologi tinggi serta tradisional di kota Seoul dalam satu hari.

Tempat ini memiliki lima rumah tradisional yang tentunya sudah direnovasi menyerupai tampilan aslinya pada Dinasti Joseon. Kampung ini juga memiliki kebun tradisional korea, plaza, dan panggung pertunjukan seni untuk beberapa kegiatan kebudayaan. Masih banyak kegiatan kebudayaan lain juga yang tersedia di tempat ini jika Anda ingin mengetahui atau belajar lebih dalam akan budaya Korea.

Jam Operasional 

(April – Oktober)

Setiap Senin libur, Buka Selasa – Minggu Pukul 09.00 – 21.00

(November – Maret)

Setiap Senin libur, Buka Selasa – Minggu Pukul 09.00 – 20.00

*Kebun tradisional buka 24 jam setiap hari

Baca Juga: “Universitas Terbaik di London: Rekomendasi Universitas di London

Cara Menuju ke Namsan Tower

Menuju ke Namsan Tower bisa dilakukan dengan berjalan kaki ke Gunung Namsan. Namun, jalur tersebut cukup curam dan sulit untuk Anda lewati. Sehingga berikut beberapa rekomendasi transportasi yang kami sarankan untuk Anda pilih jika ingin berkunjung ke menara ikonik tersebut.

1. Shuttle Bus

Salah satu moda transportasi yang bisa Anda gunakan untuk sampai ke Namsan Tower adalah dengan menaiki bus. Terdapat tiga bus shuttle yang siap membawa Anda dengan tarif yang cukup murah yaitu sekitar 1.100 – 1.200 won. Di mana bus ini akan tiba setiap 15 hingga 20 menit sehingga Anda tidak usah khawatir jika terlambat menaikinya. Berikut ketiga shuttle bus yang bisa digunakan dan lokasi untuk menaikinya:

Namsan Sunhwan Shuttle Bus No. 02

  • Stasiun Chungmuro di jalur 3 dan 4, exit
  • Stasiun Dongguk University di jalur 3, exit 6

Shuttle Bus No. 03 Namsan Sunhwan

  • Stasiun Seoul di jalur 1 dan 4, exit
  • Stasiun Itaewon di jalur 6, exit

Namsan Sunhwan Shuttle Bus No.05

  • Stasiun Myeongdong di jalur 4, exit
  • Stasiun Chungmuro di jalur 3 dan 4, exit 2

2. Seoul City Tour Bus

Seoul city tour bus akan membawa Anda ke objek wisata paling ikonik di kota Seoul ini. Namun, tidak semua rute wisata akan membawa Anda kesini. Melainkan terdapat dua rute yaitu Downtown Palace Namsan Course dan Night Course yang bisa Anda pilih jika ingin mengunjungi Namsan Tower. Kedua rute tersebut berangkat dari Donghwa Duty Free yang bisa Anda capai dengan menaiki kereta bawah tanah jalur 5 menuju Stasiun Gwanghwamun dan mengambil exit 6.

Seoul City Tour Bus – Downtown Palace Namsan Course 

Tarif  tiket:

  • Dewasa: 18.000 won 
  • Pelajar: 12.000 won 

Bus berangkat setiap 30 menit dan berhenti di 22 lokasi wisata Kota Seoul.

Seoul City Tour Bus – Night Course

Tarif tiket:

  • Dewasa: 15.000 won 
  • Pelajar: 9.000 won 

Bus berangkat hanya satu kali sehari pukul 20.00 dan berhenti di 12 lokasi wisata. 

Mendapatkan 30 menit sesi foto di Namsan Tower saat weekend saja.

 

3. Kereta Gantung Namsan

Transportasi lain yang bisa Anda pilih adalah Kereta Gantung Namsan. Kereta gantung Namsan ini menjadi moda transportasi yang unik untuk melihat Namsan Tower dan daerah sekitarnya dari atas. Anda akan diperlihatkan pemandangan indah Namsan Tower dari atas dan transportasi ini akan membawa Anda langsung ke Gunung Namsan.

Berikut guide yang bisa Anda ikuti jika ingin menggunakan kereta gantung:

  • Menaiki kereta bawah tanah Jalur 4 menuju Stasiun Myeongdong, exit 3
  • Berjalan mengikuti petunjuk Namsan Tunnel 3 selama 10 – 15 menit ke Namsan Orumi 
  • Namsan orumi (lift miring) akan membawa Anda ke Kereta Gantung Namsan secara gratis

Jam operasional Namsan Orumi

Pukul 09.00 – 23.00 (Tutup saat Minggu untuk pemeriksaan pukul 09.00 – 14.00)

Jam operasional Kereta Gantung Namsan 

Pukul 10.00 – 23.00

Tarif tiket Kereta Gantung Namsan

  • Tiket sekali jalan untuk anak-anak dan lansia: 4.000 won 
  • Tiket pulang-pergi untuk anak-anak dan lansia: 6.500 won 
  • Tiket sekali jalan untuk dewasa: 7.000 won 
  • Tiket pulang-pergi untuk dewasa: 9.500 won

Baca Juga: “Jamsil Olympic Stadium: Lokasi Konser Impian Para Idol Korea

Ingin Segera Mengunjungi Namsan Tower dan Korea Selatan?

Apakah Anda ingin mengunjungi Korea Selatan untuk berlibur dan pergi ke Namsan Tower yang merupakan salah satu destinasi wisata ikonik Kota Seoul? Jika iya, tentu Anda harus menyiapkan beberapa dokumen yang Anda perlukan untuk perjalanan tersebut. 

Jika Anda merasa kesulitan dalam menyiapkan dokumen perjalan tersebut, Mediamaz Translation Service hadir untuk membantu Anda. Tepatnya kami bisa membantu Anda dalam menerjemahkan dokumen perjalan Anda jika dibutuhkan serta membantu dalam pembuatan visa. 

Kami selaku perusahaan penerjemah menyediakan penerjemah tersumpah untuk membantu Anda menerjemahkan dokumen perjalanan. Serta menyediakan pengurusan berbagai isa dari business visa, visa on arrival, single visit visa, multiple visit visa, dan juga Indonesia spouse visa. Mediamaz dapat membantu Anda untuk membuat permohonan visa ke beberapa negara lainnya juga seperti Korea, Inggris, Amerika, dan masih banyak lain. 

Sehingga tunggu apalagi? Jika ada hal yang cepat dan mudah mengapa tidak? Segera hubungi kami di nomor Whatsapp 082123335003 atau mengunjungi website kami di sini untuk informasi lebih lanjut.

Baca Juga: “Sejarah dan 10 Fakta Unik Menara Eiffel Paris Prancis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *