Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Menilik Sejarah Ajinomoto, Perusahaan Bumbu Terkenal Asal Jepang

Sekilas Tentang Perusahaan Ajinomoto

Ajinomoto adalah perusahaan yang berasal dari Jepang yang didirikan pada 17 Juni 1917 dan aktif beroperasi sampai sekarang. Dan untuk kantor pusatnya terletak di Tokyo, Jepang dan sudah memiliki 135 kantor cabang. Secara harfiah, nama perusahaan memiliki arti ‘Cita Rasa’ yang berfokus pada pada produksi bumbu dapur, makanan, dan beberapa produk farmasi.

Berdasarkan dari data yang diperoleh pada tahun 2020 lalu, perusahaan Ajinomoto mempekerjakan karyawan sekitar 34.504 orang. Adapun berbagai produk dari perusahaan ini tersebar hingga ke 36 negara, sehingga menjadikan namanya yang sangat populer. Ketenarannya tersebut juga didasari oleh produk MSG pertama kali pada tahun 1909 di Jepang dan mulai distribusikan ke negara lain.

Dengan kemajuannya yang sangat pesat dari perusahaan terjadi berkat kecanggihan teknologi  serta sumber daya manusia yang mempuni. Salah satunya adalah menjadi penggerak perusahaan untuk menambah bisnisnya ke produksi asam amino yang sangat berguna. Dengan langkah tersebut menuntun perusahaan lebih maju dan mampu menjadi supplier utama bagi negara lain.

Sejarah Perusahaan Ajinomoto

Perusahaan Ajinomoto

Pinterest

Perusahaan Ajinomoto didirikan pada tahun 1908, yang pada saat itu merupakan anak perusahaan dari Suzuki Pharmaceutical. Adapun ide dari pembuatan MSG yang ditemukan oleh profesor  Tokyo Imperial University dengan menggunakan metode khusus pada pengolahan  gandum. Dengan adanya penemuan ini kemudian segera dipatenkan guna melindungi hak cipta dari produksi tersebut.

Tepatnya pada tahun 1909, produk MSG sudah mulai diperkenalkan pada masyarakat Jepang pada sebuah pameran. Produk MSG ini terkenal karena rasa umami yang berhasil membuat berbagai jenis masakan lebih terasa nikmat. Sehingga pada tahun-tahun berikutnya, perusahaan ini berhasil memproduksi bumbu dapur varian baru yang kemudian dipasarkan ke negara-negara lain.

Dan perusahaan Ajinomoto ini mulai mengembangkan  produksi asam amino pada kisaran tahun 1960-an. Adapun dari produk yang dihasilkan berupa obat-obatan serta pakan untuk hewan ternak. Meningkatnya persaingan yang membuat perusahaan ini mulai memfokuskan produksi pada tahun 2010 pada bahan makan, minuman dan biomedis. Tujuannya adalah agar mampu memberikan produk berkualitas tinggi untuk para konsumen.

Produk Yang di Produksi Ajinomoto

Bagi masyarakat awam, produk yang paling familiar dari perusahaan ini yaitu bumbu dapur berupa penyedap rasa. Padahal, perusahaan ini banyak mengembangkan produk mulai dari makanan, minuman, suplemen, hingga nutrisi untuk hewan. Tidak semua produk ini dijual ke seluruh negara, sehingga wajar masyarakat hanya mengetahui beberapa produk yang paling sering dijumpai.

Dengan strategi periklanan yang diterapkan oleh perusahaan memang sangat efektif, hal ini tentu saja terlihat dari banyaknya penayangan iklan pada televisi. Di samping itu juga, perusahaan gencar melakukan periklanan melalui jejaring media sosial guna menarik minat konsumen. Berikut ini macam-macam produk yang diproduksi dan diperjualbelikan di Jepang hingga ke beberapa negara lain:

1. Bumbu Dapur

Selain dari rasa sedap yang dihasilkan dari bumbu dapur, perusahaan Ajinomoto juga menjual produk tersebut dengan harga yang sangat terjangkau. Sehingga wajar saja bila banyak konsumen yang tertarik menggunakan bumbu Ajinomoto sebagai kebutuhan dapurnya. Sebut saja MSG yang kerap kali dada ketika memasak masakan dengan rasa yang umami.

Dan ada pula bumbu serbaguna yaitu RosDee yang hanya dijual ke negara Thailand dan bubuk Amoy yang dijual di Rusia. Selain itu juga, ada pula bumbu Moslaji yang dijual ke Bangladesh dan masih banyak macam lainnya. Tentu saja cita rasa dari tiap produk bumbu dapur telah di sesuaikan dengan jenis masakan khas dari tiap negara.

2. Makanan Beku

Produksi makanan beku yang mulai dirintis pada tahun 1972, setelah sebelumnya hanya berfokus pada bumbu dapur. Adapun jenis makanan beku yang bisa ditemukan yaitu nasi, mie, dan juga pangsit. Produk mie instan yang di produksi oleh perusahaan Ajinomoto dinamakan dengan ‘Vono’ dan ada pula merk Yum Yum yang perjualbelikan di Thailand.

Penjualan produk pada makanan beku meliputi negara Jepang itu sendiri dan beberapa negara lain juga seperti Prancis, As, Rusia dan China. Rusia, masyarakat dapat menemukan makanan beku Spring Roll dengan rasa yang nikmat sekali. Perusahaan ini juga menjual beberapa varian kue pada negara China serta aneka makanan beku lainnya.

4. Minuman Bubuk

Bukan hanya bumbu dapur dan makanan saja, perusahaan Ajinomoto juga memproduksi beberapa macam minuman bubuk. Akan tetapi, produk tersebut hanya diperjual belikan di negara lain saja. Misalnya saja Prottie yang dijual ke Thailand, Fres-C yang dijual ke Filipina, serta merk yang lainnya. Konsumen juga bisa menemukan beberapa macam produk kopi dengan rasa yang sangat khas.

4. Suplemen Kesehatan

Ajie-Pure adalah merk suplemen kesehatan yang dipasarkan oleh perusahaan Ajinomoto. Bisnis ini mulai dirintis pada tahun 1956 dengan melakukan fermentasi asam amino. Bisa dikatakan bahwa produksi suplemen kesehatan memanfaatkan asam amino ini merupakan yang pertama kali di dunia dan banyak sekali dipakai untuk bidang farmasi.

Dan perusahaan mampu menyediakan asam amino dengan kisaran 20 jenis yang berasal dari pabrik Jepang dan beberapa di negara-negara lain. Tepatnya pada tahun 1995, suplemen ini yang diproduksi mulai digunakan untuk para atlet olahraga guna menjaga kesehatan tubuh. Sehingga wajar saja bila nama perusahaan begitu populer di kalangan masyarakat Jepang dan negara lain.

5. Nutrisi Hewan

Bisnis yang berkaitan dengan produksi nutrisi hewan yang mulai pada tahun 1965 dan berkembang sangat pesat. Perusahaan Ajinomoto mulai menjadi pemasok asam amino yang dijual ke berbagai negara lain. Asam amino ini dimanfaatkan sebagai pakan untuk hewan ternak. Produk yang bernama AjiPro-L ini sangat banyak dicari oleh konsumen terutama yang bekerja pada bidang peternakan sapi.

Apa Yang Bisa Kami Bantu?

Mediamaz Translation Service hadir menawarkan jasa untuk orang yang sedang membutuhkan Penerjemah Tersumpah yang berpengalaman menerjemahkan dokumen keperluan Anda.

Tidak perlu khawatir akan layanan penerjemahan dokumen Anda, karena Penerjemah Tersumpah kami sudah mendapatkan sertifikat resmi dari SK Gubernur, Kemenkumham, dan HPI (Himpunan Penerjemah Indonesia). Jadi tentu hasil penerjemahan yang kami hasilkan sudah tentu terjamin dan dapat membantu mempermudah Anda dalam mempersiapkan dokumen tersebut. 

Sehingga tunggu apalagi? Segera serahkan dokumen Anda untuk kami terjemahkan melalui website kami di sini dan juga bisa bertanya langsung di nomor telepon kami (021) 55787254. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Whatsapp 24 Jam