Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Menjelajahi Keindahan dan Sejarah Kota Kumamoto di Jepang

Sekilas Tentang Kumamoto

Kumamoto Prefecture adalah sebuah prefecture (setingkat provinsi yang ada di Indonesia) yang terletak di tengah Pulau Kyushu. Kumamoto juga terkenal sebagai tempat yang bersejarah pada masa lampau merupakan pusat dari pulau Khusyu sendiri. Mulai masa Tokugawa dengan Kato Kiyomasa sebagai Daimyo saat itu sampai kemudian ketika Kumamoto dikuasai oleh Klan Hosokawa. Kekuasaan Hosokawa bisa bertahan lama tidak lain karena peran besar dari Kumamoto Castle sebagai pusat pemerintahan pada saat itu. Kumamoto Castle ini merupakan salah satu dari 3 Castle terbesar di Jepang bersama Himeji Castle dan Matsumoto Castle.

Kota ini sejarah awalnya bernama Higo Province yang kemudian diganti menjadi Kumamoto pada masa restorasi Meji. Kata dari Kumamoto sendiri yang mempunyai arti “the origin of the bear”. Kumamoto City ini sendiri selaku pusat dari Kumamoto Prefecture terletak sebelah barat bagian tengah dari Kumamoto Prefecture. Kumamoto City adalah sebagian besar warga Kumamoto Prefecture tinggal, lebih dari 700.000 penduduk tinggal di Kumamoto City.

Kumamoto

Sumber: Unsplash

Kondisi Alam di Kumamoto

Kota ini yang sangat terkenal dengan lingkungannya yang sangat natural serta subur, 20% area Kumamoto Prefecture adalah kawasan hutan lindung. Aso Kuju dan Unzen Amakusa merupakan National Park, Kyushu Chuo Sanchi dan Yaba-Hita-Hikosan adalah Semi National Park, sedangkan Ashika Kaigan, Itsuku Gokanosho, Kinpozan, Masumi-Oyano Umibe, Okukuma, Shotaisan, serta Yabe Shuhen adalah Prefecture Natural Park. Selain dari Natural Park, natural hos-spring (pemandian air panas alami) juga bisa ditemui pada beberapa area seperti Kikuchi, Yamaga dan Hiyoyoshi.

Kota ini terkenal juga dengan Hi no Kuni yang berarti The Land of Fire, sebuah julukan yang tidak mengejutkan karena Kumamoto memiliki gunung berapi teraktif di Jepang yaitu Gunung Aso. Gunung Aso ini sendiri terkenal sebagai salah satu Caldera terbesar di dunia. Kumamoto Prefecture ini yang mempunyai 3 Festival Api Besar: Aso Fire Festival, Yamaga Lantern Festival dan Hinokuni Land of Fire Festival.

Meskipun terkenal sebagai The Land of Fire, Kumamoto mempunyai prestasi yang gemilang pada bidang pengolahan air tanah (ground water). Beda dengan banyaknya Kota Jepang lainnya yang lebih banyak memanfaatkan air sungai, kota ini juga merupakan penghidupan warganya maupun industri. Tahun 2013 Kumamoto memperoleh penghargaan sebagai UN-Water Best Practice Award, sebuah pengakuan dunia untuk Kumamoto dari groundwater. Bagusnya kualitas dari groundwater Kumamoto adalah yang nomer 1 di Jepang, dan ini tidak lain karena keberadaan Gunung Aso yang memberi berkah demikian luar biasa untuk kota ini.

Iklim Dari Kumamoto

Kota ini seperti kebanyakan Area lain di Jepang merupakan kota yang yang memiliki 4 Musim, Musim Dingin (Desember-Februari), Musim Panas (Juni-Agustus), Musim Semi (Maret-Mei) dan Musim Gugur (September-November). Sebagai Prefecture selatan Jepang, jarang terjadi hujan salju pada kota ini meskipun suhu udara pada musim dingin seringkali dibawah 0 derajat. Pada saat musim panas suhu udara pada siang hari bisa sangat panas bisa lebih dari 35 derajat.

Kota ini juga menawarkan sebuah kota yang hangat, nyaman, natural dan penuh sejarah. Sangat berbeda jauh dengan hiruk pikuk kota besar seperti Tokyo, Kyoto, maupun Fukuoka. Walaupun berstatus sebagai kota teramai dan terbesar kedua di Kyushu kota ini jauh dari kesan sebuah tempat yang mewah.

Menuju Lokasi

Kota ini dapat dicapai dengan kereta cepat dari arah Kagoshima, Fukuoka, dan seterusnya. Bisa melalui udara dari beberapa bandara utama Jepang dan melalui laut dari Nagasaki. Bus jarak jauh juga ada dan beroperasi dari destinasi sejauh Osaka dan Kyoto.

Gempa Kumamoto Tahun 2016

Pada bulan April 2016, serangkaian gempa bumi yang fatal melanda kota, guncangan yang terbesar adalah 7,3 SR. Bencana ini juga menyebabkan kerusakan parah rumah-rumah dan bangunan seluruh kota termasuk beberapa tempat wisata utama. Meskipun kehidupan berjalan seperti biasanya, perbaikan masih berlanjut.

Festival Terbaik Kumamoto

Ini menjadi salah satu acara tahunan terbaik kota ini adalah Festival Kuda Kumamoto. Yang diadakan bulan September, dan festival ini adalah acara yang semarak dengan tim yang bertanding memamerkan kuda yang yang dihias antara Kuil Fujisaki Hachimangu dan Kuil Gokoku. Arak-arakan berpawai melewati pusat Kumamoto, dan menyusuri pusat perbelanjaan yang tertutup. Bersenang-senanglah dalam suasana sorak gembira dan nikmati musik, kostum, dan juga kedai-kedai yang menjual berbagai makanan ringan dan suvenir.

Pemandangan Kota Lainnya

Terdapat banyak museum dan juga objek wisata kota ini untuk kalian kunjungi. CAMK (Museum Seni Kontemporer Kumamoto) mempunyai pameran gratis dan pameran sementara yang selalu berubah. Taman Suizenji merupakan sebuah taman yang memiliki pemandangan indah dan menarik dengan kedai teh beratap jerami. Di dekatnya ada Danau Ezu, merupakan tempat untuk kamu dapat menikmati jalan-jalan pada tepi perairan atau menyewa perahu dayung.

Apa yang Kami Bisa Bantu?

Setelah Anda membaca artikel ini mengenai informasi seputar Kumamoto mulai dari sejarah, wisata, hingga restoran yang ada di Kumamoto. Pastinya ada sedikit ketertarikan bagi Anda untuk berkunjung kesana. Bagi Anda yang ingin berkunjung kesana, pasti harus mempersiapkan segala dokumen-dokumen penting. 

Segala bentuk dokumen dari dokumen perjalanan seperti visa pastinya harus Anda persiapkan. Dokumen-dokumen tersebut tentunya harus dalam bentuk resmi dan berbahasa asing (Inggris dan Jepang). Anda tidak perlu khawatir jika merasa kesulitan akan hal tersebut karena sekarang Anda dapat menggunakan jasa penerjemah untuk membantu akan hal tersebut. 

Mediamaz Translation Service hadir sebagai solusi untuk Anda mempersiapkan dokumen seperti layanan visa dan penerjemahan dokumen penting tersebut. Penerjemah pada Mediamaz TS sudah meliputi layanan kami yaitu jasa Penerjemah Tersumpah. 

Tidak perlu khawatir akan layanan penerjemahan dokumen Anda, karena Penerjemah Tersumpah kami sudah mendapatkan sertifikat resmi dari SK Gubernur, Kemenkumham, dan HPI (Himpunan Penerjemah Indonesia). Jadi tentu hasil penerjemahan yang kami hasilkan sudah tentu terjamin dan dapat membantu mempermudah Anda dalam mempersiapkan dokumen tersebut. 

Sehingga tunggu apalagi? Segera serahkan dokumen Anda untuk kami terjemahkan melalui website kami di sini dan juga bisa bertanya langsung di nomor telepon kami (021) 55787254.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *