Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Apa Itu Multilingual dan Bedanya Dengan Polyglot

Apa Itu Multilingual dan Bedanya Dengan Polyglot

Multilingual adalah salah satu kemampuan berbahasa lebih dari satu bahasa. Multilingualisme ini dalam bahasa Indonesia juga sering disebut dengan Multi bahasa. Mungkin saja kamu termasuk memiliki kemampuan multilingual ini?

Multilingual adalah

Menurut Wikipedia, Multilingualism adalah tindakan yang menggunakan banyak bahasa baik oleh individu maupun masyarakat. Jika dulu multibahasa bisa terjadi karena interaksi dari perdagangan maupun perjalanan dan pertukaran informasi antar pedagang, maka sekarang multibahasa atau multilingualism bisa terjadi karena perkembangan informasi secara global yang berasal dari sosial media maupun media-media asing.

 

Manfaat multilingualism

Kemampuan menggunakan banyak bahasa dalam percakapan sehari-hari ternyata memiliki banyak manfaat. Diantaranya

1. Mendukung komunikasi global 

Komunikasi global seperti bahasa Inggris maupun bahasa Mandarin adalah salah satu kemampuan bahasa yang banyak digunakan untuk lingkup kerja maupun pendidikan. Dengan menguasai bahasa global seperti Inggris dan Mandarin di atas maka akan memberikan kemudahan dalam urusan pekerjaan maupun pendidikan.

2. Kemampuan adaptasi 

Kemampuan lebih dari satu bahasa juga membantu kemampuan adaptasi seseorang untuk berbagai kondisi dan juga lingkungan. Misalnya kebutuhan study di luar negeri yang memerlukan proses adaptasi ekstra di kehidupan sosial maupun kehidupan kampus.

3. Mendukung kemampuan kognitif 

Jadi multilingual atau multibahasa ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kita. Selain menunjang kebutuhan sosial juga menunjang kemampuan kognitif kita. Cukup menarik, ya?

Perbedaan bilingual dan multilingual

Ada beberapa perbedaan antara bilingual dan multilingual, salah satu nya adalah

Bilingual berasal dari kata bi yang berarti dua dan lingual yang berarti bahasa. Jadi bilingual ini adalah kemampuan menguasai dua bahasa dengan tingkat kemampuan yang cukup baik.

Sedangkan multilingual, menguasai bahasa lebih dari dua bahasa dengan tingkat kemampuan yang cukup baik pula.

Perbedaan multilingual dan polyglot

Selain perbedaan dengan bilingual, ada juga perbedaan antara multilingual dengan polyglot. Walau keduanya sama-sama menguasai banyak bahasa namun tetap beda lho secara praktek!

1. Penguasaan Bahasa

Dari penggunaan bahasa untuk kehidupan sehari-hari, penguasaan banyak bahasa dari polyglot umumnya dilakukan karena suka belajar bahasa baru, semangat mengenal bahasa lain cukup tinggi. Sedangkan untuk multibahasa, berbincang dan berinteraksi dengan lebih dari dua bahasa adalah hal yang umum di kehidupan sehari-harinya.

2. Penggunaan Bahasa

Polyglot merujuk pada seseorang yang memiliki kemampuan berbicara banyak bahasa asing. Biasanya seorang polyglot menguasai lebih dari lima bahasa asing.

Sedangkan untuk multilingualism adalah individu atau kelompok yang berinteraksi atau berbicara lebih dari dua bahasa. Dalam hal ini mereka bisa berbicara, memahami dan juga menulis bahasa tersebut dengan sangat baik.

Contoh multilingualism di Indonesia

Tahukah kamu mungkin kita adalah salah satu orang yang memiliki kemampuan multilingualism atau berbicara menggunakan lebih dari dua bahasa.

Misalnya jika kita sehari-hari menguasai bahasa daerah seperti bahasa Jawa, Sunda, Batak dan lainya kemudian juga menguasai bahasa Indonesia secara fasih untuk keperluan formal dan juga menguasai bahasa Inggris untuk berinteraksi dengan kalangan tertentu.

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *