Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Natto Makanan Tradisional Jepang Yang Memiliki Rasa Unik

Bagi Anda pecinta budaya jepang tentu saja tidak asing dengan natto. Dengan berbahan dasar kedelai yang di fermentasi dan memiliki rasa unik yang akan menambah pengalaman berkuliner Anda. Sebelum Anda mencoba sensasi memakan natto mari simak mulai dari sejarah hingga manfaat tentang natto.

Natto Makanan Khas Jepang Yang Memiliki Rasa Unik

Sumber: istock

Sejarah Natto

Natto pertama kali ditemukan pada tahun 1083. Kala itu, komandan militer bernama Minamoto no Yoshiie serta pasukannya pergi ke timur laut daerah prefektur dekat dengan Kota Mito. Mereka bermaksud membuat kedelai rebus untuk diberikan kepada kuda tunggangannya. Lalu, rebusan kedelai tersebut disimpan di tumpukan jerami. Mengetahui kedelai membusuk dan berlendir, prajurit justru mencobanya karena penasaran.

Berkat rasanya yang unik, prajurit ini langsung memberitahukan kepada komandan. Tidak disangka, komandan Minamoto justru menyukainya.

Natto merupakan makanan yang biasanya dikonsumsi warga Jepang. Bahkan banyak dikonsumsi sebagai sarapan sebelum menjalankan aktivitas. Umumnya warga Jepang menambahkan natto bersamaan dengan telur mentah. 

Cara Memakan Natto

1. Buka Wadah dengan Hati-Hati

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat akan makan adalah membuka wadahnya. Saat membuka wadahnya, sebaiknya berhati-hati karena tekstur natto ini cukup berlendir dan lengket.

2. Aduk Natto dengan Sumpit

Setelah dibuka, Anda bisa mengaduk Natto menggunakan sumpit agar tercampur rata. Untuk memakan Natto memiliki aturan umum untuk mengaduknya yakni mengikuti arah jarum jam sebanyak 50 kali. Hal ini wajib Anda lakukan agar lendir Natto menjadi putih, kental, dan berbusa. Semakin lama Natto diaduk maka akan semakin lengket dan kaku. Sementara itu, aromanya juga akan semakin kuat.

3. Campur Natto dengan Mostar dan Kecap Asin

Saat membeli natto, umumnya ada kecap asin dan mostar ala Jepang dalam kemasan untuk melengkapinya. Dua saus itu bisa ditambahkan pada natto agar aroma dan rasanya menjadi lebih enak. Jika Anda sudah menambahkan saus, jangan lupa untuk mengaduknya kembali.

4. Penyajian Natto

Natto sebenarnya dapat di makan langsung atau di tambahkan dengan kondimen lainnya. Jika Anda kurang suka rasa dan aromanya, maka hidangan ini bisa di nikmati bersama nasi atau sup. Natto juga bisa di jadikan sebagai topping roti panggang maupun campuran omelet.

Bahan Pembuatan Natto

Bahan baku natto terbuat dari kedelai berukuran besar yang di fermentasi. Makanan ini memiliki bau yang tajam dan kurang sedap. Selain bau, dari efek fermentasi membuat kedelai menjadi lebih lengket. Walau berbau dan lengket, natto di percaya sebagai makanan yang bergizi dan sehat. Pasalnya makanan yang sering di jual di minimarket Jepang ini mengandung banyak serat, protein dan vitamin. Hal ini menjadikan banyak warga Jepang memilih natto sebagai menu sarapan pengganti nasi.

Kandungan Gizi Pada Natto

Menurut US Department of Agriculture, 175 gram natto mengandung nutrisi sebagai berikut:

1. Kalori: 371

2. Lemak: 19,3 gram

3. Karbohidrat: 25,1 gram

4. Serat: 9,4 gram

5. Protein: 31 gram

6. Mangan: 2,7 mg

7. Zat besi: 15,1 mg

8. Vitamin K: 40,4 mcg

9. Magnesium: 201 mg

10. Kalsium: 380 mg

11. Vitamin C: 22,8 mg

12. Kalium: 1.276 mg

13. Zink: 5,3 mg

14. Selenium: 15,4 mcg

Natto juga mengandung sejumlah kecil vitamin B6, folat, dan asam pantotenat. Proses fermentasi juga mendorong pertumbuhan probiotik yaitu bakteri baik untuk tubuh. Jadi apakah Anda tertarik mencoba natto?

Manfaat Natto Untuk Kesehatan

Berikut ini sederet manfaat natto untuk tubuh Anda:

1. Kaya Nutrisi

Melihat beragam kandungan gizi natto di atas, tak heran bila makanan ini bisa menjadi salah satu pelengkap hidangan yang sehat untuk pola makan Anda sehari-hari. Natto kaya akan makronutrien seperti lemak, karbohidrat, dan protein, serta beragam vitamin dan mineral yang pastinya baik untuk kesehatan Anda.

2. Menyehatkan Pencernaan

Manfaat natto dapat berasal dari kandungan probiotik di dalamnya. Probiotik adalah bakteri menguntungkan yang dapat melancarkan pencernaan dan meningkatkan kesehatannya secara umum. Kesehatan usus yang buruk dapat melemahkan sistem kekebalan. Hal ini bisa meningkatkan risiko banyak penyakit kronis, seperti diabetes, obesitas, rheumatoid arthritis, kanker, dan penyakit jantung.

3. Menyehatkan Jantung

Manfaat lainnya dari natto adalah melarutkan bekuan darah. Kemampuan ini dapat membantu menjaga struktur pembuluh darah dengan baik, serta meningkatkan aliran darah, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Manfaat selanjutnya adalah dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang. Kemampuan ini berasal dari kandungan kalsium, vitamin K, dan nutrisi penting lainnya. Natto mengandung vitamin K2. Manfaat vitamin K2 adalah menjaga kesehatan tulang, dengan cara mengaktifkan protein pembangun tulang yang membantu membawa kalsium ke dalam tulang.

5. Meningkatkan Sistem Imun

Natto mengandung beberapa nutrisi yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan probiotik yang ada di dalamnya dapat mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya dan meningkatkan produksi antibodi alami di dalam tubuh.

6. Meringankan Gejala Sinusitis

Nattokinase di teliti dapat mengurangi lendir dan polip hidung yang menyebabkan penyumbatan. Manfaat ini di nilai dapat meningkatkan aliran udara sekaligus mengurangi ketidaknyamanan pada penderita sinusitis.

Jasa Penerjemah Mediamaz Translation Service

Jika Anda ingin pergi ke Jepang namun Anda tidak mengerti  bahasanya atau ada dokumen yang harus di terjemahkan namun Anda tidak mengerti? Tenang saja kami memiliki solusinya! Mediamaz Translation Service adalah perusahaan penyedia jasa penerjemah tersumpah, penerjemah profesional, interpreter bahasa & legalisasi dokumen yang berdiri sejak tahun 1998 di Indonesia. Dengan berbentuk badan hukum di bawah PT Mediamaz Solusindo Nusantara, saat ini Mediamaz Translation Service berkembang dengan pesat menjadi salah satu perusahaan penerjemah terbesar di Indonesia.

Mengapa Harus Kami?

Mediamaz Translation Service telah melayani berbagai jenis klien lebih dari 20 tahun. Dengan pengalaman dan konsistensi Kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada klien, sampai saat ini Kami dipercaya dan diakui sebagai penyedia jasa penerjemah tersumpah/non-tersumpah dan legalisasi terbaik di Indonesia.

4 langkah mudah order terjemahan di Mediamaz

1. Konsultasi

Anda dapat berkonsultasi segala kebutuhan Anda dengan tim ahli Kami Gratis

2. Penawaran

Kami akan memberikan penawaran terbaik untuk kebutuhan Anda

3. Pengerjaan

Tim Penerjemah Kami memproses penerjemahan dokumen Anda

4. Selesai

Pengecekan hasil akhir sebelum dikirimkan ke alamat Anda

Pesan Sekarang!

Mediamaz TS memiliki prinsip bahwa kepuasan pelanggan adalah tujuan utama kami, sehingga Mediamaz TS akan memberikan pelayanan terbaik bagi Anda. Untuk informasi lengkap hubungi  02155787254 atau cek website kami di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *