Negara Terpopuler Untuk Belajar di Luar Negeri, Apa Saja Yaa?

Negara Terpopuler Untuk Belajar di Luar Negeri, Apa Saja Yaa?

Negara Terpopuler Untuk Belajar di Luar Negeri, Apa Saja Yaa?

Pasti seru banget ya kalau kamu bisa melakukan study abroad! Kamu pasti akan memiliki pengalaman belajar dengan sistem dan kurikulum yang berbeda, memiliki teman di lingkungan baru, serta peningkatan kompetensi ilmu dan pengetahuan di bangku kuliah yang akan kamu dapatkan dari berbagai kampus keren di luar negeri.

Mengapa kamu harus belajar di luar negeri?

Study abroad merupakan salah satu fenomena global, dengan para siswa yang melintasi negara, benua dan lautan untuk mendapatkan pendidikan terbaik. Faktanya, dengan study abroad kamu akan memiliki banyak manfaat luar biasa, mulai dari membantumu menemukan pekerjaan yang baik hingga kehidupan sosial.

Dan mengapa kamu harus melakukan study abroad adalah menjadikan tantangan dalam perjalanan pendidikan dan tentu hidup kamu, kemudian memiliki pengalaman dalam perbedaan kebudayaan di negara asal. Dan ketika kamu memilih negara tujuan, kamu sudah pasti akan merasakan sistem dan kurikulum pendidikan yang berkualitas tinggi.

Kamu juga akan lebih mudah mendalami kemampuan dalam berbahasa Inggris maupun bahasa negara tujuan kamu, memiliki peluang karir yang lebih menjanjikan ketika kamu sudah menyelesaikan study abroad kamu dan kembali ke Indonesia, tentu kamu juga akan memiliki teman baru dari berbagai negara sehingga memberikan akses kemudahan untuk kamu ketika mungkin akan berlibur ke luar negeri, kamu sudah memiliki teman disana.

5 negara terbaik untuk belajar di luar negeri

5 negara terbaik untuk study abroad pada tahun 2021 menurut laman educations.com. Keep scrolling!

  1. Kanada

Kanada berada di posisi pertama selama dua tahun berturut – turut, karena terkenal dengan keindahan alamnya yang tak tertandingkan, penduduk setempat yang ramah serta tingginya budaya toleransi dan keberagaman.

Universitas di negara pecahan es ini pun terkenal dengan inovasi teknologinya, terutama di bidang komputer dan teknologi informasi. 

     2. Australia

Dengan sembulan wilayah yang berbeda dan dua puluh situs Warisan Dunia UNESCO seperti Great Barrier Reef dan Sydney Opera House, ada begitu banyak yang bisa kamu jelajahi.

Australia merupakan peringkat kedua di dunia yang memiliki pendidikan berkualitas tinggi. Australia juga menempati peringkat ketujuh di dunia.

     3. Germany

Peringkat ketiga dan pertama di Eropa, Jerman merupakan negara pilihan terpopuler untuk study abroad selanjutnya! 

Karena tertarik dengan suasana perkotaan di kota – kota seperti Munich, Berlin, atau Frankfurt ataupun kota dongeng Marburg dan Freiburg kamu dijamin akan mendapatkan pendidikan kelas dunia dengan harga terjangkau.

Mahasiswa internasional, terlepas dari kewarganegaraan Uni Eropa, dapat belajar di tingkat sarjana atau pascasarjana di Jerman secara gratis,lho! 

     4. United States

Bagi banyak mahasiswa yang ingin keluar negeri, Amerika Serikat memberikan kesempatan tidak terbatas untuk menemukan pengalaman luar biasa saat study abroad.

Amerika Serikat menempati peringkat kedua di dunia dengan kuliah pendidikan yang tinggi, dan kelima di dunia dengan budaya dan gaya hidup yang luar biasa. 

      5. United Kingdom

Dari lingkungan perkotaan London yang ramai hingga jalanan abad pertengahan Edinburgh, pelajar dari study abroad dijamin akan dibuat jatuh cinta pada Britania Raya.

Peringkat kelima di dunia untuk budaya dan gaya hidupnya. Berkat universitas terkenal seperti Oxford dan Cambridge dan banyak universitas berkualitas di seluruh negeri, universitas ini telah mendapat nilai pertama di dunia untuk akses ke pengajaran berkualitas lebih tinggi.

Istilah penting tentang study abroad

Bagi kamu yang ingin melanjutkan study abroad, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah – istilah seperti fully funded, bachelor degree, dan undergraduate. Namun, tahukah kamu jika ada istilah lain yang bakal ditemui saat mendaftar pada program study abroad, nanti?

  1. Self funded

Pembiayaan kuliah dengan menggunakan biaya sendiri. Jadi, kamu tidak akan mendapatkan bantuan dana dari beasiswa ataupun hal lain.

      2. Fully funded

Istilah dari pembiayaan yang ditanggung penuh melalui beasiswa mulai dari semester awal hingga masa lulus pelajar. Bahkan, beberapa institusi juga memberikan biaya hidup ketika menempuh studi.

      3. Partially funded

Pembiayaan kuliah akan ditanggung sebagian dengan beasiswa dan sisanya harus dibayarkan secara personal atau pribadi.

      4. Application fee

Istilah ini, artinya kamu harus membayar uang pendaftaran.

      5. Tuition fee

Sedangkan istilah ini adalah uang semester atau tahunan yang harus dibayar sebagai biaya studi.

      6. Allowance

Istilah dari biaya hidup. Biasanya, biaya ini termasuk makan, tempat tinggal dan transportasi.

Tips survive pada saat study abroad 

Study abroad merupakah salah satu hal terbesar yang bisa dilakukan sebagai seorang pelajar. Walaupun dapat menjadikan sebagai pengalaman yang sangat positif. Survive di tahun pertama di luar negeri bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. 

Mungkin ada kendala bahasa, masalah uang dan perbedaan gaya mengajar yang mungkin membuat kamu sulit dalam menyesuaikan diri. Berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk survive selama study abroad.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah berteman dengan siapapun, belajar untuk mandiri dalam melakukan segala sesuatu, belajar bertanggung jawab meskipun kamu harus memanfaatkan semua peluang yang kamu terima saat study abroad, penting juga kamu harus belajar bertanggung jawab. Kemudian, belajarlah dengan giat dengan kamu bisa mengunjungi perpustakaan dan ikut grup belajar.

Gimana, kamu mau coba untuk study abroad? nggak ada salahnya loh untuk menambah pengalaman kamu dan tentu akan mendapatkan manfaat yang luar biasa untuk jenjang karir kamu.

Untuk masalah persiapan dokumen – dokumen, seperti Raport, ijazah, serta dokumen pendukung kamu belum menggunakan bahasa yang sesuai untuk daftar ke universitas. Jangan khawatir! Kamu bisa menggunakan layanan ekspress yang Meddy miliki. Jangan panik dengan tenggat waktu, Meddy bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.