Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Odeng Korea, Makanan Hangat Khas Korea Selatan Cocok untuk Musim Dingin

Bagi para pecinta drama Korea, jajanan khas Korea Selatan satu ini tentu sudah tidak asing terlihat oleh mereka. Odeng Korea hampir seringkali muncul dalam setiap drama Korea yang ada dan bisa dengan mudah mereka dapatkan dengan membelinya di kedai pinggir jalan. Odeng ini sendiri memang merupakan sebuah street food yang biasanya disajikan bersamaan dengan tteokbokki dan kimbap. Namun, tidak banyak orang yang tahu beberapa fakta menarik di balik dari jajanan populer satu ini. Mari simak lebih lanjut artikel di bawah ini untuk tahu mengenai odeng lebih dalam.

Odeng Korea

sumber: istock

Odeng Korea

Odeng atau bahasa lainnya adalah fishcake merupakan salah satu menu jajanan yang sangat populer sekarang ini di Korea Selatan. Jenis makanan satu ini bisa dengan mudah Anda dapatkan di kedai pinggir jalan bersama dengan street food khas Korea lainnya. Namun, sajian satu ini juga bisa dengan mudah Anda dapatkan pada toko serba ada, supermarket, dan lainnya.

Odeng awal mulanya dipercaya sebagai salah satu versi makanan evolusi dari Jepang. Jenis makanan tersebut bernama “dengaku” yang merupakan sebuah konyaku yang ditusuk pada sebuah tusukan dengan olesan miso di atasnya. Sehingga pada awalnya, odeng Korea disebut dengan sebutan dengaku oleh orang Korea karena memiliki cara penyajian yang sama. Namun, di Korea sendiri sebenarnya terdapat sebuah nama masakan bernama saengseon sukpyeon yang dianggap menjadi asal muasal dari hadirnya odeng sebagai salah satu jajanan Korea Selatan. Lalu bagaimana odeng menjadi jajanan populer khas Negeri Ginseng ini?

Semua itu berawal sejak saat masa penjajahan Jepang banyak sekali orang Jepang yang tinggal di daerah Busan. Kemudian di dapatkanlah banyak pabrik yang membuat bakso ikan yang disukai oleh mereka. Kemudian setelah Korea merdeka, kue ikan tersebut masih terus diproduksi dan menjadi salah satu makanan khas paling terkenal dari kota Busan, Korea Selatan saat itu. Bahkan juga menjadi makanan nasional saat terjadinya krisis keuangan alami di Korea Selatan pasca Perang Korea. Dari situlah, perlahan odeng menjadi makanan atau jajanan khas populer di Korea Selatan tidak hanya di kota Busan saja.

Baca Juga: “Bukchon Hanok Village: Kawasan Wisata Tradisional di Pusat Kota

Fakta Tentang Odeng Korea

Berikut merupakan beberapa fakta menarik dari Odeng Korea:

1. Paling cocok dikonsumsi saat musim dingin

Makanan yang disajikan bersamaan dengan kuah atau kaldu panas ini membuat odeng menjadi salah satu makanan yang sangat cocok untuk dikonsumsi pada musim dingin. Kuah atau kaldu panas tersebut sangat cocok untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, Odeng akan semakin enak untuk dimakan bersamaan dengan saus kedelai.

2. Berasal dari kota Busan

Kota Busan merupakan salah satu kota besar yang ada di Korea Selatan menjadi rumah tempat odeng bermula. Pada tempat inilah odeng mulai populer yang bermula dari sejak penjajahan Jepang dahulu. Sehingga bagi Anda yang mengunjungi kota Busan, jangan sampai lupa untuk mencicipi odeng di sana karena varian odeng lezat dan otentik hanya bisa Anda temukan di sini.

3. Menggunakan bahan ikan asli tanpa campuran

Odeng memiliki ciri khas tersendiri berbentuk pipih yang di tusuk seperti sate. Namun, tidak banyak orang yang tahu bahwa makanan satu ini terbuat dari ikan asli yang telah melalui pengolahan. Meskipun demikian, rasa ikan pada odeng tetap tidak akan hilang dan masih terasa dengan kuat karena pembuatannya yang tidak banyak menggunakan bahan campuran lainnya.

4. Terdapat 3 varian Odeng

Seperti makanan lain, odeng sendiri juga memiliki variasi penyajiannya sendiri. Berikut merupakan varian penyajian odeng yang paling sering disajikan dan mudah untuk ditemukan.

  • Odeng berbentuk sate yang disajikan bersamaan dengan kaldu panas dengan menggunakan lobak, daun bawang, kepiting, serta rumput laut
  • Odeng berbentuk sate yang biasanya disajikan dengan tambahan saus mustard dan saus tomat
  • Berbentuk lembaran, odeng disajikan ke dalam mangkuk dan menambahkan kaldu, cabai, bawang merah serta kedelai yang biasa disebut sebagai odeng tang atau kuah odeng

Baca Juga: “7 Snack Korea yang Wajib Anda Coba dan Beli di Korea Selatan!

Cara Membuat Odeng Korea

Berikut merupakan langkah cara pembuatan odeng Korea:

Bahan-bahan Odeng

  • 250 gr ikan giling (bebas sesuai selera)
  • 1 btr telur
  • 1 sdm tepung maizena
  • 3 sdm tepung terigu
  • 50 gr tepung kentang
  • 4 siung bawang putih (haluskan)
  • Kaldu (secukupnya)
  • Merica (secukupnya)
  • Garam (secukupnya)

Bahan Kuah Odeng

  • 2 gelas air
  • 1 sdm kecap asin
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdm ebi kering
  • 1 sdm saus tiram
  • 2 btg daun bawang
  • 1 sdm kaldu
  • Merica (secukupnya)

Cara Membuat Odeng:

  1. Langkah pertama adalah dengan membuat adonan odeng terlebih dahulu. Masukkan semua bahan secara bertahap. Aduk merata hingga khalis.
  2. Bentuk adonan menjadi lembaran, kemudian goreng menggunakan wajan anti lengket hingga warna kekuningan.
  3. Setelah matang, potong odeng menjadi ukuran lebih kecil. Kemudian lipat odeng secara perlahan dan tusuk dalam tusukan sate membentuk spiral. Rendam dengan air panas odeng tersebut agar lebih mudah untuk ditusuk.

Cara Membuat Kuah Odeng:

  1. Menumbuk halus bawang putih dan ebi kemudian tumis. Tuang air dan biarkan hingga mendidih.
  2. Masukkan garam, merica, kecap asin, saus tiram, kaldu, dan daun bawang iris setelah mendidih kemudian tutup.
  3. Terakhir masukkan odeng yang sudah Anda buat sebelumnya dan odeng siap untuk disajikan.

Berikut merupakan resep menu odeng Korea yang bisa Anda coba di rumah jika kangen atau ingin tahu rasa otentik odeng Korea. Namun, tentu jika memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Korea Selatan harus secara langsung mencoba odeng di negara aslinya.

Ingin Berkunjung ke Korea Selatan? Mediamaz Siap Membantu Anda!

Apakah Anda ingin berkunjung ke Korea Selatan dan menyicipi odeng secara langsung di negaranya? Jika iya, tentu harus menyiapkan beberapa dokumen yang Anda butuhkan untuk perjalanan tersebut. Hal seperti paspor dan visa harus Anda persiapkan dengan baik jika ingin berangkat berlibur ke tempat tersebut. Visa merupakan dokumen wajib yang harus Anda sertakan jika ingin bepergian ke luar negeri sebagai surat izin masuk ke suatu negara. Tanpa adanya visa, Anda tidak dapat masuk ke negara tersebut atau termasuk dengan tindakan ilegal. Maka dari itu, pengurusan Visa harus Anda lakukan di tempat yang tepat.

Mediamaz Translation Service sebagai perusahaan penerjemah yang tidak hanya menyediakan jasa penerjemah dokumen, legalisasi serta proofreading juga menyediakan layanan jasa visa luar negeri. Sehingga bagi Anda yang membutuhkan jasa pengurusan visa tersebut, bisa langsung menghubungi kami di nomor Whatsapp 082123335003 atau mengunjungi website kami di sini. Mediamaz TS akan memberikan pelayanan terbaik untuk Anda tentunya karena kepuasan pelanggan adalah tujuan utama kami.

Baca Juga: “7 Menu Makanan Korea Halal untuk Muslim Traveler di Korea

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *