Kalau Kamu ke Turki, Jangan Lupa Bawa Pulang Deretan Oleh-Oleh Khas Turki Ini!

Kalau Kamu ke Turki, Jangan Lupa Bawa Pulang Deretan Oleh-Oleh Khas Turki Ini!

Oleh Oleh Khas Turki Ini Bisa Kamu Bawa ke Tanah Air Untuk Orang-Orang Tercinta

Jika kamu bepergian ke suatu negara, entah itu untuk berlibur, melanjutkan pendidikan, ataupun urusan pekerjaan. Kamu pasti membeli oleh-oleh saat ingin pulang ke tanah air. Yang pastinya oleh oleh ini diperuntukan untuk diri kamu, keluarga, serta orang-orang terdekat. Tidak terkecuali jika kamu bepergian ke negara Turki atau sekarang bernama Republik Turkiye. Pastinya kamu akan membawakan oleh oleh khas Turki untuk orang-orang terdekat kamu. Pada artikel kali ini, Mediamaz akan memberitahu kamu oleh-oleh khas apa saja yang bisa kamu beli saat mengunjungi negara Turki! Sebelum itu, kamu perlu mengenal dulu Turki itu negara seperti apa sih? Simak di bawah ini!

oleh oleh khas turki

By Unsplash

Profil Negara Turki

Turki (Turkey) atau sekarang bernama Turkiye adalah salah satu negara yang berada di wilayah Eurasia yang letaknya di antara Benua Eropa dan Asia. Turkiye sendiri wilayahnya terbentar dari semenanjung Anatolia di Asia Barat Daya sampai dengan daerah Eropa Tenggara yang disebut sebagai Balkan. Turki terkenal sebagai Eurasia karena Laut Marmara yang berada di perbatasan Eropa dan Asia ini merupakan bagian dari wilayah Turki.

Oleh karena itu, Turki juga disebut sebagai negara Transkontinental atau negara Transbenua. Namun, banyak ahli geografi yang mengklasifikasikan Turki sebagai negara Asia. Alasannya karena sebagian besar wilayah Turki yaitu sekitar 97% nya berada di kawasan Benua Asia. Bahkan, Ibukota Turki sendiri yaitu Ankara juga berada di kawasan Benua Asia.

Oleh-Oleh Khas Turki

Jika kamu sudah membaca sampai di sini, kamu pasti sudah tidak sabar apa saja oleh oleh khas Turki yang bisa kamu beli saat bepergian di Turki. Nah, kamu tidak perlu menunggu lebih lama lagi, karena sekarang, Mediamaz akan menyebutkan daftar oleh oleh khas Turki yang bisa kamu beli dan kamu berikan untuk orang terkasih! Ini dia daftarnya:

Baca Juga: Daftar Makanan Khas Italia

1. Turkish Delight

Turkish Delight adalah camilan manis dan oleh oleh khas Turki yang sangat terkenal oleh masyarakat lokal maupun mancanegara. Orang-orang yang mengunjungi Turki belum lengkap jika belum mencoba makanan manis yang memiliki sejarah panjang ini. Turkish Delight atau lokum disebut-sebut di temukan oleh pemilik toko permen bernama Ali Muhiddin Haci Bekir Effendi di era Ottoman (Berdasarkan beberapa catatan sejarah). Bekir Effendi membuka toko permennya pada tahun 1777 sesaat setelah ia pindah dari Kastamonu yang adalah kota kelahirannya ke Kota Istanbul. Karena kelezetan Turkish Delight buatan Ali Muhiddin Haci Bekir Effendi, membuat sultan dari era Ottoman sangat menyukai hidangan tersebut. Dengan begitu, beliau dipanggil untuk menjadi koki istana dan menyebarkan banyak resep di wilayah Ottoman.

Foto gratis dari Kesenangan turki

By Pixabay

Turkish Delight berbahan dasar tepung maizena dan ditambahkan dengan gula halus lalu diberi air perasan lemon dan sari bunga mawar. Selain itu, Turkish Delight atau lokum juga bisa ditambah dengan isian seperti kacang pistachio, kurma, hazelnut, walnut, jahe, kayu manis, serta buah-buahan. Jika kamu pergi ke Turki, kamu wajib banget buat membeli oleh oleh khas yang satu ini!

2. Karpet Turki

Jika kamu ingin membeli karpet khas Turkiye untuk kamu jadikan oleh-oleh dan kamu bawa ke tanah air, kamu bisa mengunjungi Hereke. Hereke berada di wilayah barat Laut Kocaeli yang dekat dengan Kota Istanbul. Kota Hereke adalah kota di negara Turki yang memiliki pabrik karpet tertua di Turki. Bahkan, karpet-karpet yang berada di istana bersejarah di Kota Istanbul diproduksi di pabrik yang berada di Hereke.

oleh oleh khas turki

By Pixabay

Untuk mendapatkan karpet ini, kamu memang perlu merogoh kocek yang tidak sedikit. Walaupun terkesan mahal, tetapi karpet khas Turki ini begitu populer dan banyak orang cari-cari. Ada dua hal yang membuat karpet ini selalu laku keras. Yang pertama adalah karena keindahan motifnya yang juga beragam dan kualitas karpet yang awet. Selain itu, semakin lama umur karpet, maka tampilannya malah akan semakin bagus. Apakah kamu berminat untuk membeli oleh-oleh khas Turki yang satu ini?

3. Lampu Turki

Foto gratis dari Lampu

By Pixabay

Selain karpet, lampu mozaik yang satu ini juga terkenal sebagai oleh-oleh khas Turki. Kamu bisa menemukan lampu ini dengan mudah di pusat oleh-oleh tradisional di Istanbul. Sama seperti karpet Turki yang memiliki corak yang beraneka ragam, lampu mozaik ini juga memiliki motif yang beraneka macam. Ini menjadi daya tarik untuk hiasan di rumah kamu loh serta bisa menjadikan nuansa rumah menjadi lebih hangat. Tertarik untuk membeli lampu mozaik ini?

4. Saffron

oleh oleh khas turki

By Unsplash

Oleh oleh khas Turki yang satu ini pasti tidak terasa asing di telinga kamu. Karena sudah banyak penjualnya di dalam negeri. Namun, untuk merasakan sensasi saffron orignal langsung dari asalnya, kamu harus membelinya di Turki. Saffron dipercaya memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Awal terkenalnya saffron adalah sebagai bahan untuk racikan masakan dan lama kelamaan menjadi bahan untuk pengobatan tradisional.

5. Turkish Blue Eyes

Foto gratis dari Nazar jimat

By Pixabay

Jika kamu jalan-jalan ke Turki, tidak lengkap jika tidak membeli oleh-oleh khas Turki yang satu ini. Yup! Ini adalah Turkish Blue Eyes. Turkish Blue Eyes ini adalah manik-manik dan terkenal juga sebagai Nazar Boncuk. Dinamai sebagai Turkish Blue Eyes karena bentuknya seperti mata dan berwarna biru. Turkish Blue Eyes ini orang-orang percayai berguna untuk menangkal malapetaka dan kecemburuan. Selain itu, masyarakat Turki percaya bahwa manik-manik berwarna biru ini dapat melindungi orang yang menggunakannya dari energi jahat.

Belanja Oleh-Oleh Khas Turki Langsung di Turki? Pasti Butuh Bantuan Mediamaz!

Apakah setelah mengetahui oleh oleh khas Turki di atas, kamu jadi ingin mengunjungi negara yang juga terkenal sebagai negara kucing tersebut? Bisa dong! Kamu bisa bepergian ke Turki untuk mencoba makanan khas atau oleh-oleh yang terdapat di Turki. Namun, sebelum itu, kamu harus mempersiapkan segala keperluannya agar langkah kamu untuk ke Turki semakin mulus.

Lantas, apa saja yang perlu kamu persiapkan?

Selain biaya, kamu juga harus mempersiapkan dokumen atau berkas yang telah diterjemahkan ke Bahasa Turki (Turkiye). Ini berguna agar saat dalam sesi pemeriksaan oleh petugas di Turki, semua dokumen kamu bisa mereka mengerti dengan baik sehingga tidak ada kesalahpahaman saat pemeriksaannya.

Untuk menerjemahkan dokumen, Mediamaz Translation Services jagonya! Mediamaz bisa membantu kamu untuk menerjemahkan dokumen keperluan untuk pergi ke Turki. Segera serahkan dokumen dan berkas kamu ke Mediamaz untuk diterjemahkan. Kamu tidak perlu khawatir, karena Mediamaz akan menerjemahkannya sesuai dengan kaidah dan budaya bahasa Turki. Tidak hanya itu, Mediamaz juga akan menjaga kerahasiaan dokumen kamu. Tunggu apalagi? Yuk segera serahkan berkas kamu ke Mediamaz agar hasilnya memiliki kualitas terbaik dan tentunya dengan harga yang relatif murah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.