Asah Kemampuan dengan Mengikuti Pelatihan Kerja

Asah Kemampuan dengan Mengikuti Pelatihan Kerja

Mempersiapkan kemampuan sebelum memasuki dunia kerja adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan. Sumber daya manusia sebagai penggerak dalam sebuah perusahaan harusnya berkemampuan yang mumpuni untuk bisa bekerja dengan baik. Pelatihan kerja adalah salah satu cara yang tepat untuk menambah skill dan kemampuan sesuai dengan bidang yang Anda sukai. Pengalaman mengikuti pelatihan kerja tentu akan sangat berguna, kemudian bisa membawa pada karir impian Anda. Kini ada banyak jenis program yang bisa Anda ikuti, dan lembaga yang menyediakannya. Simak penjelasan secara rinci pada artikel berikut ini untuk membahas seputar pelatihan tenaga kerja!

Apa itu Pelatihan Kerja?

Training atau istilah dari pelatihan kerja menurut PP No. 31 Tahun 2006 adalah kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan serta mengembangkan kompetensi kerja. Pelatihan kerja juga sebagai cara untuk mengembangkan produktivitas, sikap maupun keterampilan pada tingkatan tertentu sesuai dengan kualifikasi. Program ini adalah salah satu cara untuk Anda dalam menambah kualitas serta mengembangkan karir tenaga kerja. Di Indonesia program seperti ini menjadi tonggak utama dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja, yakni: standar kompetensi kerja, pelatihan berbasis kompetensi. Serta yang terakhir adalah sertifikasi kompetensi melalui lembaga pelatihan yang independen.

Baca Juga: Ingin Sukses Berkarir Menjadi Penerjemah? Yuk Ikutin Beberapa Cara Ini!

Tujuan Pelatihan Kerja

Menurut data Kemenaker yang mengutip dari dataindonesia.id, memperkirakan kesempatan kerja di Indonesia terbuka sebanyak 133,82 juta orang tahun 2022. Secara kumulatif Indonesia mengalami peningkatan kesempatan kerja sampai tahun 2024 mencapai 2,45 juta per tahunnya. Meningkatnya angka tersebut, tentunya menambah persaingan dalam dunia kerja. Untuk itu, mengapa mengikuti pelatihan kerja menjadi langkah penting agar Anda bisa mengikuti persaingan dengan kemampuan yang mumpuni. Berikut ini tujuan dari adanya program training kerja, antara lain:

1 Meningkatkan Kualitas Kinerja SDM

Tujuan adanya kegiatan training adalah untuk meningkatkan kualitas kinerja dari SDM. Sumber daya manusia yang nantinya bekerja untuk perusahaan, harusnya bisa menyelesaikan dan memiliki kemampuan yang sesuai. Nantinya dari peningkatan kualitas tersebut, perusahaan mampu menghasilkan keuntungan. Fungsi utama semakin banyak jenis program training adalah memenuhi kebutuhan perusahaan sesuai kemampuan yang dibutuhkan.

2 Mampu Menyelesaikan Permasalahan Operasional Perusahaan

Tentunya setiap perusahaan pasti memiliki kendala atau permasalahan yang akan terjadi. Untuk membantu menyelesaikan, pimpinan biasanya akan mengadakan diskusi untuk menemukan solusi penyelesaian masalah tersebut. Kemampuan menyelesaikan masalah menjadi skill yang harus Anda miliki.

3 Memperkenalkan dengan Teknologi Baru

Kemajuan teknologi saat ini memberikan kemudahan dalam berbagai sektor. Hal tersebut mau tidak mau membuat Anda bisa beradaptasi untuk memanfaatkan teknologi dalam bekerja. Maka dari itu, program pelatihan kerja ini sangat membantu untuk akses teknologi. 

Baca Juga: Langkah Awal Memulai Karir Menjadi Penerjemah Bahasa

Jenis Program Pelatihan Kerja

Berikut ini beberapa jenis program pelatihan kerja yang banyak tersedia, antara lain:

1 Creativity Training 

Tipe program ini adalah untuk melatih Anda dalam berkreasi, menyalurkan ide namun tetap sesuai visi dan misi perusahaan. Anda akan melatih kemampuan kreatif dengan menyelesaikan berbagai case yang sewaktu-waktu terjadi di perusahaan. Lalu menemukan solusi atau cara penyelesaian yang sesuai.

2 Skill Training

Fokus utama dari program training kerja yakni untuk melatih kemampuan yang diperlukan oleh perusahaan. Program ini cukup sederhana, menyediakan kebutuhan atau kekurangan yang sudah diidentifikasi melalui penilaian. 

3 Retraining

Tidak jauh berbeda dengan skill training, retraining adalah pelatihan kerja yang sering dijumpai oleh perusahaan. Keahlian ini akan menyesuaikan untuk karyawan dalam menghadapi tuntutan kerja. 

4 Team Training

Program pelatihan ini mengajarkan sekelompok atau tim untuk bisa menyelesaikan permasalahan secara bersama-sama. Tujuan lainnya dari jenis pelatihan kerja ini adalah untuk melatih kekompakan tim dalam menemukan penyelesaian atas masalah yang terjadi.

5 Cross Functional Training

Pelatihan lintas fungsional adalah pelatihan untuk melakukan aktivitas kerja dalam bidang lainnya selain dan pekerjaan yang ditugaskan.

Baca Juga: 5 Cara Menjadi Penerjemah Bahasa Inggris I Cek Disini!

Ingin Mengikuti Training Kerja untuk Mengasah Kemampuan Anda? Ikuti Bootcamp Penerjemah dari Mediamaz TS!

Setelah mengetahui definisi, tujuan dan program training kerja apa saja, sebaiknya Anda sudah menentukan apa yang ingin Anda ikuti. Jika masih kesulitan untuk menentukan pelatihan yang ingin diikuti, Anda bisa mengikuti program bootcamp penerjemah dari Mediamaz TS. Bootcamp penerjemah dari Mediamaz TS akan memberikan berbagai manfaat yang bisa Anda gunakan dalam karir bekerja. Mediamaz TS memiliki layanan bootcamp penerjemah dengan 2 bahasa, yakni bahasa Inggris dan Jepang. Anda juga bisa melatih kemampuan dengan menyelesaikan proyek dari kegiatan pelatihan ini. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi tim kami, atau cek di website resmi Mediamaz dan klik link di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.