Ingin Menambah Skill? Yuk, Ikuti Pelatihan Penerjemah di Mediamaz TS

Ingin Menambah Skill? Yuk, Ikuti Pelatihan Penerjemah di Mediamaz TS

Mengasah keahlian sebelum memasuki dunia kerja adalah bentuk persiapan yang sudah Anda maksimalkan. Tentu perusahaan akan memilih kandidat terbaik untuk bisa bergabung dalam perusahaannya. Maka dari itu, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah kemampuan. Salah satu caranya adalah Anda bisa mengikuti berbagai program pelatihan kerja sesuai dengan minat Anda. Mengikuti perkembangan zaman dan kemauan teknologi, penggunaan bahasa juga terkena dampaknya. Menjawab tantangan tersebut, kini tersedia pelatihan penerjemah untuk Anda yang ingin menjadi seorang penerjemah profesional. Adanya pelatihan penerjemah membantu Anda meraih impian sebagai penerjemah tanpa butuh waktu lama. Simak penjelasan mengenai pelatihan penerjemah pada artikel berikut ini.

Pengertian Pelatihan Penerjemah

Istilah pelatihan populer sebagai pelatihan kerja sudah tercantum dalam PP No. 3 Tahun 2006 mengenai sistem pelatihan kerja. Pelatihan adalah sebuah kegiatan untuk memperoleh, meningkatkan dan mengembangkan kompetensi kerja untuk menambah produktivitas serta keterampilan tertentu. Pelatihan menjadi langkah untuk mempersiapkan diri secara maksimal dan menambah kualitas tenaga kerja.

Sedangkan penerjemah adalah seseorang yang menguasai lebih dari satu bahasa dan menafsirkannya ke bahasa lain. Menerjemahkannya baik secara lisan ataupun tulisan, seorang penerjemah harus memahami bahasa asing dengan baik. Bukan sekedar bisa mengartikan, tetapi memahami bagaimana budaya dari negara tersebut. Sehingga mengartikannya menjadi lebih valid dan sesuai.

Jadi pelatihan penerjemah merupakan cara untuk melatih kemampuan penguasaan bahasa asing baik lisan atau tulisan. Kegiatan ini sebagai langkah untuk meningkatkan kualiatas Anda dalam menguasai bahasa asing secara profesional dengan melibatkan mentor berpengalaman.

Terjemahin Tersumpah Dokumen ke Bahasa Inggris [1]

Tujuan dari Kegiatan Pelatihan

Menurut Simamora (1999: 345) mendefinisikan pelatihan sebagai serangkaian aktivitas untuk meningkatkan keahlian, pengetahuan maupun perubahan pada sikap seseorang. Pada dasarnya tujuan dari adanya kegiatan pelatihan terbagi menjadi 3, antara lain:

1. Meningkatkan keterampilan sesuai dengan perubahan teknologi

ujuan adanya kegiatan training adalah untuk meningkatkan kualitas kinerja dari SDM. Sumber daya manusia yang nantinya bekerja untuk perusahaan, harusnya bisa menyelesaikan dan memiliki kemampuan yang sesuai. Nantinya dari peningkatan kualitas tersebut, perusahaan mampu menghasilkan keuntungan. Fungsi utama semakin banyak jenis program training adalah memenuhi kebutuhan perusahaan sesuai kemampuan yang dibutuhkan.

2. Mengurangi Waktu Belajar karena Durasinya Singkat

Tidak harus menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk bisa mempelajari kemampuan baru. Melalui pelatihan atau training ini, Anda bisa mengasah keahlian baru dengan kurun waktu yang lebih singkat. Anda jadi bisa menghemat waktu untuk menguasai skill baru.

3. Membantu Masalah Operasional

Tentunya setiap perusahaan pasti memiliki kendala atau permasalahan yang akan terjadi. Untuk membantu menyelesaikan, pimpinan biasanya akan mengadakan diskusi untuk menemukan solusi penyelesaian masalah tersebut. Kemampuan menyelesaikan masalah menjadi skill yang harus Anda miliki.

Legalisasi Apostille dengan Cepat di Mediamaz [2]

Mau Meeting dan Butuh Jasa Interpreter? Klik di Sini! [3]

Alasan Pentingnya Seorang Penerjemah di Masa Kini

Terkendala bahasa tentu membuat semua pihak menjadi kesulitan untuk menyamakan kesepahaman. Bukan hanya antar interaksi dua orang, tetapi menyangkut banyak orang dan seluruh pihak di dunia. Apalagi Indonesia sebagai sebuah negara memiliki potensi untuk menyelenggarakan kegiatan berskala internasional. Untuk menjawab permasalahan tersebut, membutuhkan peran penerjemah dalam mensukseskannya. Seorang penerjemah khususnya penerjemah lisan berperan penting dalam pertukaran informasi dengan cepat dan tent berkompeten. Kebutuhan akan penerjemah bukan hanya dari tugas kenegaraan saja, tetapi juga untuk kegiatan yang skalanya kecil.

Kemampuan Dasar yang Harus Penerjemah Kuasai

Ketika Anda berkeinginan berkarir sebagai seorang penerjemah, ada beberapa kemampuan penting yang sudah harus Anda kuasai. Kemampuan ini nantinya akan memudahkan dalam melakukan proses penerjemahan. Jika Anda masih kesulitan untuk memahaminya, Anda bisa berlatih dengan mengikuti pelatihan penerjemah. Berikut 6 kemampuan dasar yang harus penerjemah kuasai, yakni:

1. Kemampuan Berbahasa

Ketika Anda ingin menjadi seorang penerjemah, tentu menguasai bahasa adalah faktor utama yang harus Anda miliki. Setidaknya bisa menggunakan 2 bahasa dengan baik jika menjadi seorang translator. Bukan hanya lancar mengartikan bahasa, tetapi penerjemah juga harus memahami tanda baca, tata bahasa sampai gaya bahasa.

2. Pemahaman Budaya

Poin penting berikutnya yang harus penerjemah kuasai adalah memahami budaya dari bahasa yang Anda pelajari. Hal tersebut berguna agar dalam mengartikan bisa lebih sesuai dengan penuturan bahasa asli. Memahami budaya setempat memberikan pemaknaan menjadi lebih dekat dengan penutur aslinya.

3. Komunikasi

Kemampuan berikutnya yang harus penerjemah kuasai adalah komunikasi. Bagaimana bisa menjadi seorang penerjemah, namun terkendala dalam menyampaikan pesan kepada target. Dibutuhkan keahlian komunikasi yang baik kepada para klien untuk menghindari miskomunikasi antara penerjemah dan klien.

4. Kemampuan Menggunakan Teknologi

Meskipun dalam proses menerjemahkan terjadi secara langsung dari orang ke orang. Keahlian menggunakan teknologi juga menjadi faktor penting untuk memproses penerjemahan. Hadirnya teknologi semakin memudahkan khususnya dalam memanfaatkan aplikasi terjemahan saat bekerja.

Baca Juga

Ikuti Bootcamp Penerjemah Online | Mudah, Dapat Pengajar Berkualitas! [4]

Bootcamp Penerjemah Bahasa untuk Pemula [5]

5. Teliti

Perhatian terhadap detail adalah kemampuan lain yang perlu penerjemah miliki. Menguasai keahlian ini, seorang penerjemah bisamembuat terjemahan yang akurat dan efektif. Kemampuan ini sangat berguna di dalam dunia penerjemahan karena sebuah kesalahan sekecil apapun dapat menghasilkan akibat yang besar. Oleh karena itu, penerjemah harus terus melatih kemampuan ini dengan me-review hasil terjemahan sebelum kembali ke klien.

6. Manajemen Waktu

Seorang penerjemah tentu mempunyai tanggungjawab untuk menerjemahkan kebutuhan berbagai klien. Manajemen waktu seorang penerjemah merupakan keharusan, agar selesai tanpa melewati tenggat waktu.

7. Mempunyai Spesialisasi

Memiliki spesialisasi dalam satu bidang atau lebih adalah kemampuan lain yang seorang penerjemah butuhkan. Pemahaman yang mendalam dalam satu bidang dapat membantu translator untuk memilih kata yang sesuai dengan konteks tertentu. Berikut jenis spesialisasi yang umum dimiliki seorang penerjemah adalah di bidang medis, hukum, sains, dan bisnis.

8. Kreatif

Perbedaan linguistik dari satu bahasa ke bahasa lain dapat menjadi tantangan yang menyulitkan untuk seorang penerjemah. Untuk itu dalam mengatasi permasalahan ini, seorang penerjemah dituntut untuk menjadi kreatif agar bisa menyampaikan pesannya dengan baik. Selain itu, seorang penerjemah pun harus bisa menerjemahkan suatu teks yang tidak sesuai dengan pandangan pribadinya. Kemampuan untuk tetap bersikap netral dapat membantu kamu untuk bersikap profesional dalam pekerjaanmu.

Upgrade SKill Anda Melalui Kursus Menjadi Penerjemah dari Bootcamp Penerjemah Mediamaz TS!

Bootcamp merupakan sebuah pelatihan khusus pada bidang tertentu untuk meningkatkan kemampuan serta menunjang karir Anda. Menjawab tantangan mengenai kebutuhan penerjemah, Mediamaz Translation Service sebagai jasa penerjemah kini memiliki layanan baru. Dengan membuka kelas pelatihan penerjemah atau bootcamp untuk menunjang kemampuan berbahasa dan penerjemahan secara profesional.

Mediamaz TS menjadi satu-satunya agensi penerjemah yang membuka kelas pelatihan penerjemah di Indonesia. Tidak hanya menyediakan layanan bootcamp, Mediamaz TS juga membuka ujian sertifikasi keahlian khusus untuk penerjemah.

Baca Juga:

Kuliah di Jurusan Sastra Jepang dan Peluangnya Sebagai Penerjemah di Indonesia [6]

Ikuti Pelatihan Untuk Menjadi Penerjemah Andal, Yuk Cari Tau! [7]

Kelebihan Mengikuti Bootcamp Penerjemah Mediamaz TS

Bagi Anda yang tertarik menjadi penerjemah profesional, namun bingung memulai dari mana? Anda bisa mengikuti pelatihan penerjemah dari Mediamaz Translation Service sekarang juga. Ada banyak sekali kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan mengikuti bootcamp tersebut. Beberapa kelebihan dari bootcamp penerjemah Mediamaz TS, antara lain:

1. Unlimited Konsul dan Materi Review

Mengikuti kelas pelatihan penerjemah dari Mediamaz TS Anda bisa mendapatkan kurikulum pendidikan terbaik dan terlengkap. Kurikulum tersebut bisa Anda download untuk direview kapan saja. Serta yang tidak boleh tertinggal adalah Anda bisa melakukan konsultasi dengan mentor terbaik kami untuk bertanya tanpa batas.

2. Job Connector ke 100+ Perusahaan Partner

Setelah program bootcamp penerjemah selesai, nantinya Anda akan terhubung dengan 1000+ perusahaan yang menjalin kerja sama dengan Mediamaz TS. Program ini bertujuan untuk Anda bisa segera meraih karir impian tanpa perlu mempunyai pengalaman di bidang penerjemahan sebelumnya.

3. Private Learning dengan Mentor Expert

Dapatkan pengalaman belajar langsung melalui para mentor-mentor terkemuka dan berpengalaman dalam bidang penerjemahan. Serta Anda juga berkesempatkan belajar secara private untuk melatih kemampuan penerjemahan.

4. Career Opportunity tanpa Gelar

Siapa bilang untuk menjadi seorang penerjemah harus lulusan sastra saja? Kini karir penerjemah bisa untuk siapa saja dengan catatan mengikuti pelatihan. Jika Anda bekerja sebagai akuntan kemudian ingin memiliki pekerjaan sampingan sebagai penerjemah, tentu bisa! Bootcamp Penerjemah dari Mediamaz TS, ditujukan untuk berbagai kalangan dengan menyediakan kriteria yang sesuai dengan Anda. Setelah mengikuti kelas penerjemah ini, Anda akan mendapat bukti berupa sertifikasi penerjemah. Sertifikasi tersebut bisa Anda gunakan untuk membuktikan bahwa sah menjadi seorang penerjemah profesional.

5. Berkesempatan Meng-handle Proyek Terjemahan Langsung dari Klien

Kelebihan berikutnya yang Anda dapatkan adalah, terjun langsung menghandle projek terjemahan dari klien. Ciptakan pengalaman nyata dengan final project yang mengharuskan untuk terlibat langsung dalam real project terjemahan klien.

Baca Juga:

Cara Mudah Menemukan Freelance Translator di Indonesia [8]

Mencari Jasa Penerjemah yang Cepat dan Akurat? [9]

Yuk! Kenali Perbedaan Penerjemah dan Interpreter [10]

Metode Belajar Bootcamp Penerjemah Mediamaz TS

Bootcamp Penerjemah Mediamaz TS menyediakan metode pembelajaran secara online dan terlengkap untuk menguasai keahlian penerjemah. Berdurasi selama kurun waktu 2 bulan dan belajar secara online via zoom. Sesi kelas diadakan setiap senin & rabu jam 19:00 – 21:00 WIB sebanyak 16x pertemuan. Meskipun online Anda akan tetap mendapatkan modul terlengkap dan bisa Anda akses untuk direview berulang. Serta berkesempatan belajar secara livestream intraktif langsung bersama praktisi berpengalaman.

Rincian Biaya Bootcamp Penerjemah Mediamaz TS

Jika Anda berminat untuk mengikuti serangkaian program pelatihan bootcamp penerjemah dari Mediamaz TS, tidak perlu khawatir dengan biaya yang mahal. Pelatihan ini menyediakan 2 kelas berbeda, yakni bahasa Inggris dan Jepang. Setiap kelas memiliki harga yang berbeda dan jangan khawatir karena ada banyak promo serta dapatkan harga eksklusif. Untuk bootcamp penerjemah kelas bahasa Inggris bisa Anda ikuti mulai dari harga Rp2.000.000. Sedangkan untuk kelas bahasa Jepang mulai dari harga Rp2.500.000. Apabila Anda mendaftar di early bird, akan mendapatkan harga eksklusif serta dapatkan promo menarik lainnya.

Daftarkan Diri Kamu Sekarang Juga untuk Mendapatkan Pelatihan Menjadi Penerjemah di Mediamaz TS

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika mengikuti bootcamp penerjemah di Mediamaz.Karena Mediamaz TS memiliki prinsip bahwa kepuasan pelanggan adalah tujuan utama kami, sehingga Mediamaz TS akan memberikan pelayanan terbaik bagi kamu para calon translator yang akan belajar di bootcamp penerjemah Mediamaz. Untuk informasi selengkapnya bisa hubungi Whatsapp (082123335003) atau cek website kami di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.