Peluang Karir Pendidikan Bahasa Jepang. Cek Faktanya di Sini Yuk!

Peluang Karir Pendidikan Bahasa Jepang. Cek Faktanya di Sini Yuk!

freepik

Mampu menguasai bahasa lebih dari satu, khususnya bahasa asing tentu menjadi impian semua orang. Terlebih jika hobi tersebut Kamu salurkan untuk belajar pendidikan bahasa Jepang. Bahasa Jepang menjadi salah satu bahasa asing yang banyak peminatnya dari berbagai dunia. Bukan hanya bahasanya saja, tetapi budaya lokal nya juga ikut populer. Kamu bisa mempelajari bahasa Jepang dari mana saja, menempuh pendidikan formal sampai ikut kelas pelatihan bahasa. Dengan menguasai bahasa Jepang, Kamu bisa bekerja di perusahaan-perusahaan multinasional. Berikut ini hal-hal yang berkaitan dengan jurusan pendidikan bahasa Jepang, simak selengkapnya di sini.

Pendidikan Bahasa Jepang Belajar Apa Saja, Sih?

pendidikan bahasa jepang belajar apa sih?

freepik

Kini ada banyak universitas di Indonesia, ataupun di Jepang sendiri yang menyediakan jurusan ini. Terutama di Indonesia, peminatnya terus bertambah setiap tahunnya. Kurikulum yang akan Kamu dapatkan pada jurusan ini ada beberapa macam. Seperti, menulis, berbicara, membaca dan mendengarkan. Bahasa Jepang nya sendiri akan Kamu pelajari mulai dari tingkat pemula sampai pramahir. Kemudian mempelajari huruf Kanji, menulis, membaca dan prakteknya. Lalu belajar juga untuk gramatika, linguistik, fonetik-fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan sebagainya.

Kemampuan Apa yang Akan Kamu Dapatkan?

kemampuan yang kamu dapatkan

freepik

Kurikulum yang sudah tersusun dalam pendidikan formal, bisa Kamu dapatkan dalam belajar Bahasa Jepang. Beberapa hal ini bisa Kamu dapatkan atau pahami dengan baik ketika belajar di jurusan ini, yakni:

1. Menguasai Keterampilan Berbahasa Jepang

Kompetensi ini adalah salah satu yang harus Kamu miliki dalam pengembangan profesionalisme mengenai pendidikan bahasa Jepang. Mampu mengembangkan ilmu bahasa Jepang, baik teori dan praktek dalam menguasai kemampuan ini.

2. Memiliki Kemampuan Berbahasa Jepang Secara Aktif maupun Pasif

Berkeinginan untuk melanjutkan ke dunia kerja, ada level tertentu yang harus Kamu kuasai dalam bahasa Jepang setelah selesai masa pendidikan. Lancar berbahasa Jepang secara lisan saja tidak cukup, Kamu harus menyetarakan kemampuan lisan dan tulisan. Kemampuan aktif dan pasif baik bidang pendidikan ataupun non pendidikan. Kamu harus berhasil menguasai level N3 dalam tes kecakapan bahasa Jepang. Hal tersebut sudah sesuai dengan prosedur yang Kamu harus kuasai ketika masuk dunia kerja.

3. Memahami Pengetahuan Tentang Ilmu Bahasa Jepang 

Berikutnya yang harus Kamu miliki setelah selesai dalam pendidikan belajar bahasa Jepang adalah ilmu pengetahuan yang mumpuni. Lalu memiliki pengetahuan dan wawasan tentang ke-Jepang-an yang meliputi budaya, adat istiadat, maupun kebiasaan bangsa Jepang.

4. Terampil Menerapkan Konsep dan Teori dalam Bahasa Jepang

Terakhir adalah pada kurikulum yang sudah Kamu dapatkan, bisa terampil dalam menerapkan beragam konsep dan teori. Mampu mengembangkan model pembelajaran bahasa Jepang untuk memperbaiki proses dan hasil belajar. Bisa memanfaatkan ICT dan teknologi dalam menyelesaikan masalah pembelajaran pada pendidikan bahasa Jepang.

Prospek Pendidikan Bahasa Jepang Cuma Bisa Jadi Guru?

prospek pendidikan bahasa jepang

freepik

Memang fokus utama dalam jurusan ini adalah tentang pendidikan, masih banyak orang yang skeptis dengan jurusan ini harus menjadi seorang guru. Padahal, pekerjaan lain juga bisa untuk lulusan pendidikan yang jauh dari bidang belajar mengajar. Pilihan menjadi seorang guru tidak selalu mudah, meskipun bekerja sebagai guru juga masih mendominasi. Beberapa pekerjaan ini bisa Kamu pilih sebagai pekerjaan impian setelah lulus dari pendidikan bahasa Jepang, antara lain:

1. Guru Bahasa Jepang

Tenaga pendidik menjadi prioritas bagi sebuah bangsa untuk menghasilkan generasi cerdas, kreatif maupun inovatif. Kebutuhan guru sebagai pengajar memang selalu ada dan meningkat. Wawasan, pengetahuan khususnya dalam bahasa Jepang, menjadi bekal untuk menghasilkan pendidikan yang terbaik. Kini pada setiap sekolah, tidak hanya belajar bahasa Inggris sebagai mata pelajaran bahasa Asing. Di setiap daerah mulai mempelajari bahasa asing lain, seperti Prancis, Korea, dan Jepang. Maka dari itu, lulusan pendidikan bahasa Jepang biasanya akan memilih pekerjaan ini setelah mereka lulus nanti.

2. Content Writer

Pekerjaan berikutnya yang bisa Kamu jalani adalah menjadi seorang penulis artikel ataupun yang berkaitan dengan negara Jepang. Biasanya beberapa perusahaan media mengkhususkan targetnya untuk membahas negara Jepang, posisi ini akan cocok untuk Kamu. Terlebih jika Kamu juga gemar menulis berbagai artikel, penulis perjalanan, buku cerita-cerita tradisional dan sebagainya.

3. Pemandu Wisata

Ingin bekerja sambil liburan? pekerjaan ini sangat cocok untuk Kamu yang senang bergerak kesana-kemari. Berinteraksi dan berjalan-jalan adalah pekerjaan yang menyenangkan, lalu memandu wisatawan ketika berlibur. Pekerjaan utamanya adalah menjelaskan dan memandu wisatawan yang berlibur jika mengunjungi sebuah tempat wisata.

4. Bekerja di Perusahaan Multinasional

Setelah lulus dari pendidikan bahasa Jepang, Kamu juga bisa bekerja di sektor formal seperti perusahaan multinasional Jepang. Semakin banyak perusahaan Jepang yang berekspansi ke berbagai negara, salah satunya Indonesia.

5. Penerjemah atau Interpreter

Pekerjaan berikutnya yang bisa Kamu pilih adalah sebagai seorang penerjemah atau interpreter. Bertugas untuk menerjemahkan dokumen baik secara lisan ataupun tulisan. Penerjemah terbagi menjadi 2, yaitu tersumpah dan profesional. Berbeda dengan penerjemah, seorang interpreter bertugas menerjemahkan secara lisan pada acara konferensi, seminar dan kegiatan lainnya.

Tertarik Menjadi Penerjemah Bahasa Jepang? Yuk Ikuti Bootcamp Penerjemah dari Mediamaz Translation Services

Apabila Anda kesulitan untuk mengurus penerjemahan secara pribadi. Kini ada banyak penyedia jasa yang bisa Anda percayakan. Mediamaz TS menyediakan layanan jasa penerjemah, legalisasi dan telah tepercaya selama bertahun-tahun. Mediamaz Translation Services siap membantu Anda untuk mengurus keperluan penerjemahan dan legalitas usaha ataupun bisnis Anda. Seperti: kontrak kerja, ijazah, surat perjanjian, MoU, SIUP, TDP dan lainnya. Menggunakan jasa dari Mediamaz TS, keperluan penerjemahan, legalisasi Anda akan terselesaikan secara cepat, tepat serta akurat. Tim dari Mediamas TS terdiri dari orang yang ahli dan berpengalaman menyelesaikan kebutuhan penerjemahan maupun legalisasi.

Ada banyak dokumen yang bisa Mediamaz TS selesaikan, seperti untuk keperluan pendidikan, kesehatan, dan masih banyak lagi. Kami telah memiliki sertifikasi berupa SK Gubernur, Kemenkumham dan terdaftar di Kedutaan Asing. Silahkan hubungi tim marketing kami untuk mengetahui informasi lebih lanjut, maupun konsultasi sesuai kebutuhan Anda. Info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Mediamaz TS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.