Ini yang Harus Kamu Tahu dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

Ini yang Harus Kamu Tahu dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

inggris

freepik.com

Memiliki kemampuan berbahasa asing adalah keinginan semua orang. Umumnya, paling tidak seseorang ingin menguasai Bahasa Inggris karena merupakan bahasa yang digunakan secara internasional. Bahasa Inggris ibarat sebuah jembatan yang menghubungkan komunikasi dari dua orang atau lebih yang memiliki bahasa ibu yang berbeda. Oleh karena itu, pendidikan Bahasa Inggris sangatlah penting terlebih jika kamu bekerja di sebuah perusahaan multinasional. Berikut ini serba-serbi mengenai jurusan pendidikan Bahasa Inggris.

Di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Ngapain Aja, Sih?

pendidikan bahasa inggris

freepik.com

Sebelum masuk kuliah, pasti kamu bertanya-tanya terlebih dahulu. Kira-kira apa saja sih yang dipelajari di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris? Pada jurusan ini tidak jauh berbeda dengan jurusan Sastra Inggris. Kamu akan memelajari beberapa bidang dasar bahasa seperti mendengarkan (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing). Selain itu, kamu juga akan memelajari tentang penggunaan Bahasa Inggris dalam berbagai konteks, tata bahasa, hingga kebudayaan. Dalam Sastra Inggris, kamu juga akan memelajari materi kependidikan seperti pengembangan kurikulum, metode pengajaran, dan teaching assessment. Namun, dalam pendidikan Bahasa Inggris, materi kependidikan akan kamu pelajari lebih fokus dan intens.

Kalau Sudah Lulus Harus Memiliki Kemampuan Apa Saja?

Ketika kamu sudah lulus dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, kamu akan menguasai berbagai hal. Selain kemampuan berbahasa, kemampuan yang akan kamu kuasai adalah seperti kemampuan komunikasi lisan, tertulis, kemampuan memahami bacaan, melakukan analisis, berpikir sistematis, dan kemampuan interpersonal (skill yang memungkinkan kita untuk bekerja sama dengan orang lain). Nah, dengan segala kemampuan ini kamu akan lebih mudah untuk menjalin hubungan penting dengan orang lain.

Apa Saja Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris?

Kata siapa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris memiliki peluang kerja yang sempit? Justru sebaliknya, lulusan ini memiliki peluang yang sangat luas untuk bekerja di berbagai bidang. Berikut ini daftar prospek kerja jurusan Pendidikan Bahasa Inggris:

1. Guru Bahasa Inggris

pendidikan bahasa inggris

freepik.com

Sesuai namanya, Pendidikan Bahasa Inggris akan membuat kamu berfokus pada bidang pendidikan. Salah satu profesi yang paling melekat dengan titel pendidikan adalah guru. Terlebih jurusan ini memang mempersiapkan kamu untuk jadi seorang guru. Gaji yang akan kamu dapatkan pada tahapan awal biasanya sekitar Rp3.500.000 sampai Rp4.500.000. Secara umum, menjadi guru Bahasa Inggris memiliki beberapa tanggung jawab seperti menyusun kurikulum, membimbing dan mengajarkan tata bahasa dan pelafalan, memperkenalkan kebiasaan dan budaya dari orang-orang Inggris, memandu siswa memahami permasalahan dalam pembelajaran, dan melakukan evaluasi berupa ujian, kuis, atau tes.

2. Tutor/Mentor Kursus Bahasa Inggris

Webinar concept illustration

freepik.com

Memiliki tanggung jawab yang sama dengan guru Bahasa Inggris, kamu juga tentunya bisa menjadi tutor atau mentor Bahasa Inggris. Kebanyakan siswa kurang memahami apa yang mereka pelajari di sekolah sehingga harus mengambil kursus Bahasa Inggris di tempat luar. Kamu bisa menyediakan kursus untuk siswa SD, SMP, SMA, bahkan kursus untuk persiapan TOEFL (Test of English as a Foreign Language) atau pun IELTS (International English Language Testing System). Saat mendaftar kuliah di luar negeri, biasanya orang-orang akan diminta untuk menyediakan bukti nilai tes kemampuan Bahasa Inggris. Nah, bukti nilai tes ini bisa mereka dapatkan dengan mengikuti ujian TOEFL dan IELTS sehingga tutor dalam dua ujian ini sangat dibutuhkan oleh banyak orang.

3. Penerjemah

Translator concept linguist translating document books and speach multilanguage translator using dictionary translation service isolated vector illustration

freepik.com

Bidang penerjemah terbagi menjadi dua yaitu penerjemah lisan (interpreter) dan penerjemah tulisan (translator). Gaji yang akan kamu dapatkan jika menjadi translator biasanya sekitar Rp4.000.000 sampai Rp6.000.000. Sedangkan, gaji yang akan kamu dapatkan jika menjadi interpreter biasanya sekitar Rp5.000.000 sampai Rp7.000.000. Peran dan tanggung jawab utama ketika kamu menjadi penerjemah adalah menerjemahkan. Namun, kamu juga harus mampu membangun hubungan baik dengan klien dan tim penerjemahmu. Ini tentunya cocok sekali dengan kamu yang merupakan lulusan jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dan memiliki kemampuan interpersonal.

4. Editor

Female writer typing new text for editor. article, book, idea flat vector illustration. typography and work

freepik.com

Profesi editor adalah profesi yang berada di balik layar. Kamu akan melakukan serangkaian tahapan penyuntingan pada sebuah buku sebelum buku tersebut diterbitkan. Meskipun berada di balik layar, editor dapat kamu katakan sebagai penyokong suksesnya sebuah industri penerbitan buku. Editor memiliki peran krusial di mana ia akan menyihir segala buku yang nantinya akan membuat nama penulisnya naik daun. Kemampuan menulis dan pengetahuan yang kaya akan bahasa merupakan faktor utama yang paling kamu butuhkan untuk menjadi seorang editor. Profesi ini sangat cocok untuk kamu yang lulusan Pendidikan Bahasa Inggris. Gaji yang akan kamu dapatkan jika menjadi editor biasanya sekitar Rp4.000.000 sampai Rp6.000.000. Tertarik menjadi editor?

5. Jurnalis/Wartawan

Journalist collection illustration

freepik.com

Bekerja di bidang media sebagai seorang jurnalis? Tapi kamu lulusan Bahasa Inggris, memangnya bisa? Bisa! Semua kemampuan yang kamu miliki ketika menjadi lulusan Pendidikan Bahasa Inggris sangat menunjang untuk menjadi seorang jurnalis.Menurut KBBI, jurnalis adalah orang yang pekerjaannya mengumpulkan dan menulis berita dalam surat kabar dan sebagainya. Gaji yang akan kamu dapatkan jika menjadi jurnalis biasanya sekitar Rp3.000.000 sampai Rp5.000.000.

Bootcamp Penerjemah di Mediamaz TS

bootcamp penerjemah

Mediamaz TS

Jika setelah lulus kamu ingin fokus menjadi seorang penerjemah, ikutilah bootcamp penerjemah di Mediamaz Translation Service. Kamu dapat bergabung pada bootcamp penerjemah di Mediamaz TS yang kantornya berlokasi di Tangerang. Mediamaz adalah perusahaan agensi penerjemahan yang berfokus dalam bidang penerjemahan dan legalisasi. Dalam bootcamp penerjemah, perusahaan Mediamaz TS bekerja sama dengan beberapa kursus ternama seperti EF dan LIA. Masa pelatihanmu akan berlangsung selama 3 bulan, masa yang relatif singkat untuk hasil yang menjanjikan. Di akhir pelatihan, kamu akan mendapatkan sertifikat yang akan membantu kamu untuk lebih berkembang dalam berkarier di bidang penerjemah. Bootcamp penerjemah yang Mediamaz TS sediakan terdiri dari dua bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang. Selain itu, Mediamaz TS sedang membuka Batch 1 pada periode 1-31 Agustus 2022. Apabila kamu berminat, kunjungilah situs resmi Mediamaz Bootcamp di sini untuk informasi lebih lengkap!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.