Jenis Dokumen dan Rekomendasi Penerjemah untuk Keperluanmu

Jenis Dokumen dan Rekomendasi Penerjemah untuk Keperluanmu

Apakah Anda pernah mendengar tentang penerjemah tersumpah? Istilah penerjemah pasti sudah sangat familiar di telinga Anda. Seseorang yang bekerja untuk mengubah sebuah bahasa ke bahasa yang lain kita kenal sebagai penerjemah. Namun, penerjemah tidak hanya tentang sebuah profesi untuk mengubah bahasa. Penerjemah telah berkembang menjadi sangat beragam. Saat ini, terdapat dua jenis penerjemah yaitu penerjemah tersumpah dan penerjemah non-tersumpah. Artikel ini akan menjelaskan lebih jauh mengenai penerjemah dokumen tersumpah.

Working hard to party hard on weekends. cropped shot of woman typing on keyboard, sitting in front of computer monitor. freelancer translating new project, writing some notes in note pad. Free Photo

freepik.com

Pengertian Penerjemah Tersumpah

Menurut KBBI online, penerjemah adalah orang yang mengalihbahasakan. Dengan kata lain, penerjemah adalah profesi dimana seseorang mengalihbahasakan suatu bahasa ke bahasa yang lain. Sebagai contoh, seorang penerjemah mengalihbahasakan Bahasa Indonesia ke Bahasa Jepang dengan kaidah-kaidah dalam penerjemahan. Terdapat dua jenis penerjemah di Indonesia yaitu penerjemah tersumpah dan penerjemah non-tersumpah (penerjemah biasa).

Penerjemah tersumpah adalah penerjemah yang telah melakukan ujian berupa serangkaian tes kualifikasi penerjemahan dengan nilai minimum 80. Penerjemah ini juga harus memiliki sertifikasi resmi dari HPI (Himpunan Penerjemah Indonesia). Setelah melakukan ujian dan memperoleh sertifikasi resmi, calon penerjemah tersumpah harus mengucapkan sumpah penerjemah di hadapan Gubernur DKI Jakarta. Sedangkan penerjemah non-tersumpah tidak mengikuti prosedur tersebut.

Perbedaan antara kedua jenis penerjemah ini biasanya terlihat dari jenis dokumen yang penerjemah terjemahkan. Umumnya, penerjemah tersumpah bertugas menerjemahkan dokumen-dokumen legal/resmi dimana memerlukan legalisasi. Sebaliknya, penerjemah non-tersumpah bertugas menerjemahkan dokumen tidak resmi seperti buku, teks, jurnal, skripsi, thesis, film, dan sebagainya.

Jenis Dokumen yang Memerlukan Jasa Penerjemah Tersumpah

Closeup of hands passing the contract to unrecognizable businessman Free Photo

freepik.com

Penerjemah tersumpah adalah orang yang bertugas menerjemahkan dokumen resmi atau dokumen legal.  Penerjemah ini juga dapat membantu Anda menerjemahkan untuk keperluan pribadi maupun perusahaan. Dokumen resmi yang merupakan tanggung jawab penerjemah tersumpah antara lain sebagai berikut:

Legal Document

Penerjemah dokumen tersumpah menerjemahkan dokumen legal seperti Akta Pendirian, Akta PKPS (Pernyataan Keputusan Pemegang Saham), SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), TDP (Tanda Daftar Perusahaan), dan lain lain.

Financial Document

Dokumen finansial merupakan dokumen yang berkaitan dengan keuangan. Contoh bentuk dokumen ini antara lain yaitu laporan audit, Form Pajak, Profil perusahaan, dan sebagainya.

Dokumen Teknikal

Merupakan dokumen yang berkaitan dengan teknis suatu hal. Dokumen jenis ini contohnya yaitu konten website, AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan), Standar Operasional Prosedur (SOP), dan sebagainya.

Academic Document

Apabila Anda sedang mengikuti program pendidikan, maka setiap dokumen yang berkaitan dengan itu merupakan dokumen akademis. Bidang pendidikan sangat membutuhkan penerjemahan untuk mendaftar ke sekolah/perguruan tinggi dan mengikuti beasiswa dari suatu instansi atau lembaga. Dokumen akademis misalnya SKHUN (Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional), Piagam, Ijazah, Transkrip nilai, dan lain-lain.

Dokumen Pribadi

Merupakan jenis dokumen yang berkaitan dengan identitas maupun informasi seseorang. Contoh dokumen ini adalah Passport, KK (Kartu Keluarga), KTP (Kartu Tanda Penduduk), Akta Kelahiran, Akta Pernikahan dan Perceraian, dan lain-lain.

Dokumen Legalisasi

Penerjemah tersumpah juga menerjemahkan dokumen legalisasi seperti Notaris, VISA, DIKTI, dan lainnya.

Penerjemah dokumen tersumpah akan menerjemahkan dokumen-dokumen resmi tersebut. Dokumen resmi tersebut sebaiknya diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah karena di akhir prosedur penerjemahan, sang penerjemah akan membubuhkan cap untuk menandakan bahwa hasil terjemahan dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu, beberapa instansi dan lembaga tertentu juga seringkali membutuhkan penerjemahan yang sah di mata hukum agar segala proses yang mereka perlukan menjadi lebih mudah.

Mediamaz Translation Service

penerjemah dokumen tersumpah

mediamaz.co.id

Apabila Anda memiliki keperluan untuk menerjemahkan salah satu dokumen di atas, Anda dapat menggunakan layanan penerjemah tersumpah di Mediamaz TS. Perusahaan ini menyediakan berbagai layanan penerjemahan seperti penerjemah tersumpah, penerjemah non-tersumpah, interpreter (penerjemah lisan), dan jasa legalisasi. Anda dapat mempercayakan dokumen Anda kepada tim penerjemah di perusahaan ini karena hasil dari terjemahan kami telah resmi di mata Kementerian dan Kedutaan Asing.

Penerjemah profesional di Mediamaz TS telah memiliki sertifikasi resmi dari HPI maupun internasional, serta penerjemah tersumpah telah memiliki SK Gubernur dan Kemenkumham. Segala bentuk keamanan isi dokumen juga akan terjamin kerahasiaannya. Demikianlah artikel penerjemah dokumen tersumpah ini, untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi Mediamaz Translation Service di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *