Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Peran Penyuntingan Naskah dalam Penerbitan Karya!

Peran Penyuntingan Naskah dalam Penerbitan Karya!

Penyuntingan naskah penting untuk anda lakukan sebelum menerbitkan sebuah karya ilmiah. Sebuah karya yang baik pasti memiliki nilai bagi penikmatnya, sehingga proses penerbitannya tidak boleh sembarang. Kayar yang baik adalah karya yang terkurasi dengan apik. Sehingga isinya mudah dipahami dan memiliki keterbacaan yang baik. Kesalahan-kesalahan kecil akan sangat berdampak pada sebuah karya, entah itu kesalahan penulisan, penggunaan kata, dan struktur kalimat yang rancu.

Perlu anda ketahui, sejak tahun 1979 belum memiliki sekolah atau kursus di bidang penyungtingan naskah. Sehingga istilah penyuntingan naskah belum terlalu populer. Kemudian baru di tahun 1980, masyarakat telah sadar bahwa editing tidak bisa ditangani oleh orang-orang amatiran atau otodidak. Oleh karena itu, orang-orang yang ingin bekerja sebagai editor harus  mengikuti pelatihan.

Sehingga kemampuannya dalam melakukan pengeditan bisa optimal. Awalnya, pelatihan penyuntingan naskah dilaksanakan secara singkat. Namun, lama kelamaan masyarakat sadar kalau mencetak seorang editor yang hebat tidak bisa dalam waktu satu malam. Oleh sebab itu, perguruan tinggi akhirnya bersepakat untuk mengukuhkan dunia penyuntingan naskah menjadi program studi pada tahun 1988.

Apa yang dimaksud dengan penyuntingan naskah?

Penyuntingan berasal dari kata dasar sunting. Kata sunting melahirkan bentuk turunan kata seperti menyunting (verba), penyunting (nomina), dan penyuntingan (nomina). Kata menyunting artinya menyiapkan naskah untuk siap cetak atau terbit dengan memperhatikan sistematika penyajian, isi, dan bahasa. Sedangkan, penyunting adalah kata yang menunjukan sesorang dengan tugas menyiapkan naskah hingga siap cetak. Dan penyuntingan adalah kata yang menunjukan proses seorang penyunting yang sedang mengedit suatu naskah hingga siap cetak.

Seorang penyunting memiliki tugas untuk memastikan naskah memiliki struktur bahasa, istilah, dan struktur kalimat menjadi lebih baik. Sehinga naskah yang akan diterbitkan nantinya mudah untuk dipahami pembaca. Dan berdampak pada pemahaman pembaca yang meningkat akibat membaca karya ilmiah yang terbit dan telah melalui proses penyuntingan. Berdasarkan kondisi ini, tujuan dari penyuntingan bisa dikerucutkan sebagai berikut:
  1. Membuat naskah bebas dari kesalahan bahasa dengan perubahan berdasarkan persetujuan penulis.
  2. Membuat naskah menjadi lebih mudah dibaca, sehingga memudahkan pembaca untuk memahami isinya.
  3. Menjadi jembatan antara penerbit dan tertulis, sehingga ide-ide brilian bisa terpakai dengan sempurna.
Itulah penjelasan singkat mengenai penyuntingan naskah yang memiliki nama lain sebagai editing teks. Jika anda sedang membutuhkan jasa editing teks, pastikan anda memilih yang berkualitas. Salah satu parameter dalam menentukan kualitas penyuntingan naskah adalah memahami kode etik penyuntingan naskah. Sehingga naskah anda akan aman dan terkelola dengan baik. Untuk memahami apa saja kode etik penyuntingan naskah, silahkan anda pahami penjelasan berikut.

Kode Etik Penyunting Naskah

kode etik penyunting naskah

Kualitas seorang penyunting naskah tergantung dari paham tidaknya penyunting tersebut dengan kode etik penyunting naskah. Sebab, kode etik penyunting naskah ini hadir sebagai pedoman dalam kegiatanediting teks. Berikut adalah kode etik penyuntingan naskah.

1. Mengetahui Informasi Penulis

Seorang ediotr harus memiliki informasi yang memadai terkait penulis naskah. Dengan begitu, hasil editan akan sesuai dengan gaya penulis. Karena biasanya setiap penulis memiliki ciri khas dalam kepenulisan, dan ciri khas tersebut adalah nyawa bagi setiap penulis. Sehingga penting bagi seorang editor untuk memiliki informasi yang memadai tentang penulisnya. Untuk mencari tau informasi penulis, seorang editor bisa melakukan 3 cara berikut:

  1. Menghubungi penulis secara langsung. Bisa meenggunakan telefon, bertemu, atau surat.
  2. Menghubungi editor penerbit yang pernah bekerja sama dengan penulis tersebut.
  3. Menghubungi penerbit lain yang pernah bekerja sama dengan penulis tersebut.

2. Penyunting Naskah Bukanlah Penulis

Apapun materi yang tersedia di dalam naskah tersebut merupakan milik penulis. Seorang editor teks tidak memiliki hak untuk mengubah materi tanpa persetujuan penulis. Itulah kenapa seorang ediotr teks wajib memiliki informasi penulis yang detail. Sehingga kerja sama antara penulis dan penyunting bisa berjalan sempurna.

3. Mehormati Gaya Kepenulisan Penulis

Nyawa dari seorang penulis terletak di hasil tulisannya yang beraneka ragam gaya. Seorang editor harus menghormati gaya kepenulisan penulis naskah tersebut. Sehingga editor teks yang baik adalah mereka yang mampu menggabungkan antara perbaikan nashkah yang sesuai dengan gaya menulis sang penulis. Dengan begitu, pembaca tidak akan merasa risih yang menjadi penyebabnya adalah perbedaan gaya penulisan dalam naskah.

4. Menjaga Rahasia

Terjaganya rahasia suatu naskah adalah kewajiban seorang editor. Kebocoran informasi adalah ketelodoran seorang editor, dan akan berakibat fatal. Sebab, informasi yang bocor dari naskah akan membuat pembaca berspekulasi dan mengurangi minat pembaca untuk menikmati karya tersebut.

5. Memiliki Komunikasi yang Baik

Seorang editor harus memiliiki komunikasi dengan penulis naskah, sehingga miskomunikasi yang mungkin terjadi bisa terhindar. Sehingga editor bisa mengikuti keinginan penulis mau seperti apa. Dan hasil teksnya pun bisa memiliki dampak yang baik.

Apakah Anda telah memahami Apa itu Editing Teks?

Setelah membaca dan mengetahui kode etik penyunting naskah, sudahkah anda mengetahui kegunaanya dalam proses penerbitan karya? Nah, jika anda memiliki sebuah karya yang membutuhkan jasa editing teks, anda bisa aktif mencari informasi terkait jasa editing teks yang terbaik. Setelah rampung proses penyuntingan, kami menyarankan juga untuk melakukan proofreading.

Proofreading penting untuk anda lakukan demi kesempurnaan karya anda. Sehingga pembaca mendapatkan kualitas terbaik dari karya anda dan akan menjadi pembaca setia anda. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *