Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Perbedaan Antara Legalisasi dan Waarmerking Yang Harus Anda Ketahui!

Istilah legalisasi dan waarmerking merupakan istilah yang terkait dengan pengurusan dokumen resmi. Dokumen-dokumen tersebut berguna untuk berbagai keperluan yang berkaitan dengan hukum. Keduanya sangat penting dan memiliki kegunaan yang berbeda. Oleh karena itu, simak artikel berikut untuk mengetahui perbedaan legalisasi dan waarmerking.

Kunjungi website mediamaz.co.id atau kunjungi website blog mediamaz.co.id/artikel

Pengertian Legalisasi

Legalisasi adalah pengesahan yang dilakukan oleh pejabat berwenang untuk mengesahkan tanda tangan yang memang sudah ada pada sebuah dokumen resmi. Pejabat yang melegalisasikan sebuah dokumen resmi hanya bertanggungjawab pada keresmian tanda tangan yang sudah tertera pada dokumen tersebut. Dengan kata lain, kebenaran isi pada dokumen resmi tersebut bukan merupakan tanggung jawab dari sang pejabat yang melegalisasikan dokumen Anda.

Sewa Alat Interpreter Terbaik

Legalisasi berfungsi untuk meresmikan dokumen luar negeri yang akan Anda gunakan di Indonesia. Legalisasi juga berfungsi untuk meresmikan dokumen Indonesia yang akan Anda gunakan di luar negeri. Jenis layanan ini juga bertujuan untuk melindungi dokumen resmi Anda atas nama hukum. Sehingga, nantinya dapat Anda pertanggungjawabkan. Anda dapat menggunakan legalisasi dalam berbagai keperluan. Beberapa keperluan yang menggunakan legalisasi antara lain sebagai berikut:

Jasa Penerjemah Tersumpah

1. Legalisasi Dokumen Beasiswa/Pendidikan

Apabila Anda ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri melalui jalur beasiswa maupun non beasiswa, Anda akan memerlukan beberapa dokumen yang memang wajib dikumpulkan sebagai syarat dari instansi di luar negeri. Dalam hal ini, tentunya Anda akan membutuhkan jasa legalisasi dan terjemahan untuk mengurus dokumen Anda.

2. Dokumen Pernikahan

Jika Anda hendak menikah dengan WNA (Warga Negara Asing), maka Anda membutuhkan jasa legalisasi dalam mengurus dokumen Anda. Hal ini tentunya sangat penting karena dokumen pasangan Anda merupakan dokumen luar negeri yang apabila Anda akan gunakan di Indonesia, maka harus terlegalisasi terlebih dahulu.

3. Liburan ke Luar Negeri

Tidak hanya untuk mengurus dokumen beasiswa, namun legalisasi juga akan Anda perlukan apabila hendak berpergian ke luar negeri. Karena pada dasarnya, segala dokumen Indonesia yang akan Anda gunakan di luar negeri maka membutuhkan legalisasi.

4. Legalisasi Dokumen Perusahaan

Para pengusaha tentunya banyak melakukan kerja sama maupun memperluas cabang usahanya ke luar negeri. Dalam hal ini, tentu saja jasa legalisasi teramat dibutuhkan dan penting untuk segera diurus di kedutaan dan kementerian.

Legalisasi dapat Anda lakukan pada dokumen asli maupun dokumen terjemahan. Bahkan, beberapa dokumen berbahasa asing disarankan untuk Anda terjemahkan terlebih dahulu oleh pejabat kedutaan yang berwenang. Di indonesia, terdapat beberapa bahasa yang belum memiliki penerjemah tersumpah. Sehingga, beberapa bahasa belum bisa dilegalisasi.

Jasa Penerjemah Tersumpah

Pengertian Waarmerking

Jasa Penerjemah Profesional

Beberapa orang mungkin sudah mengenal istilah waarmerking. Namun, masih banyak juga yang belum memahami apa itu waarmerking. Ketika seorang pejabat yang berwenang membukukan surat di bawah tangan dengan mendaftar dalam suatu buku khusus (Buku Pendaftaran Surat di Bawah Tangan). Aktivitas pendaftaran tersebut adalah kode register Waarmerking.

Kegiatan waarmerking pasti melibatkan dua pihak dalam melakukan kesepakatan atau perjanjian. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir penyangkalan dari salah satu pihak. Dalam hal ini, pejabat yang melakukan waarmerking hanya bertanggungjawab sebagai saksi atas perjanjian dari kedua pihak yang tertulis pada (Buku Pendaftaran Surat di Bawah Tangan).

Perbedaan Legalisasi dengan Waarmerking

Berdasarkan Pasal 15 ayat (1) UU Jabatan Notaris, notaris adalah orang atau pejabat yang berwenang untuk membuat akta otentik mengenai semua perbuatan, perjanjian, dan penetapan yang diharuskan oleh peraturan perundang-undangan yang dikehendaki oleh pihak berkepentingan untuk dinyatakan dalam akta otentik.

Baik legalisasi maupun waarmerking, keduanya merupakan jenis surat resmi yang memiliki kekuatan dan tujuan hukum. Namun, keduanya juga memiliki perbedaan dari fungsi hingga prosedurnya.

Dalam waarmerking, para pihak yang terkait dalam suatu perjanjian dan telah menandatangani surat perjanjian tersebut, kemudian akan membawa surat tersebut ke notaris. Dalam hal ini, notaris berarti tidak menjadi saksi atas penandatanganan surat perjanjian tersebut. Namun, notaris hanya menerima pendaftaran surat perjanjian tersebut. Kedua pihak melakukan waarmerking agar terdapat pihak ketiga (Notaris) yang mengetahui mengenai perjanjian tersebut sehingga para pihak akan lebih sulit untuk menyangkalnya di masa mendatang apabila terjadi suatu kendala atau masalah yang tidak mereka inginkan.

Sedangkan seseorang melakukan legislasi supaya terdapat pihak Notaris yang menjamin keaslian tanda tangan para pihak tersebut sehingga kekuatan hukum surat perjanjian tersebut menjadi lebih kuat dan dapat Anda pertanggungjawabkan karena memiliki kekuatan hukum di dalamnya.

Sewa Alat Interpreter Terbaik

Mediamaz Translation Service

Apabila Anda memiliki keperluan waarmerking maupun legalisasi, Anda dapat mempercayakan dokumen Anda kepada perusahaaan Mediamaz TS. Mediamaz TS adalah perusahaan yang bergerak di bidang penerjemahan dan legalisasi. Sehingga, Mediamaz TS juga menyediakan layanan legalisasi dan waarmerking untuk Anda.

Anda akan mendapatkan beberapa kemudahan apabila menggunakan jasa kami. Dari prosedur layanan hingga harga yang Anda harus bayarkan termasuk harga yang terjangkau. Mediamaz TS memiliki tim yang mumpuni dalam bidangnya sehingga Anda dapat mempercayakan kualitas hasil terjemahan, legalisasi, maupun waarmerking pada dokumen Anda kepada tim kami. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi tim marketing kami di sini.

Jasa Penerjemah Profesional

Mediamaz Translation Service telah berdiri sejak tahun 1998 di bawah PT Mediamaz Solusindo Nusantara dan sudah melayani berbagai jenis klien lebih dari 20 tahun. Dengan pengalaman dan konsistensi Kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada klien, sampai saat ini Kami dipercaya dan diakui sebagai penyedia jasa penerjemah tersumpah.

Kualitas merupakan prioritas utama Kami dalam memberikan pelayanan jasa yang perusahaan Kami tawarkan. Sesuai dengan Sertifikasi ISO 9000 : 2015 yang merupakan dasar kontrol kualitas yang digunakan oleh perusahaan kami, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas layanan yang Kami berikan.

Tim penerjemah kami tergabung dari beberapa organisasi besar, yakni Penerjemah Tersumpah, Penerjemah HPI, dan Penerjemah Freelance.

Profesional & Berpengalaman

Tim interpreter kami terdiri dari tim ahli bahasa yang sudah berpengalaman dalam mengerjakan berbagai macam proyek terkait bahasa.

Akurat

Hasil terjemahan oleh tim interpreter kami dijamin 100% akurat dan sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Konsultasi Kapanpun

Sebelum melakukan pemesanan jadwal, Kamu bisa berkonsultasi dengan tim interpreter kami perihal kebutuhan acara. Karena tim kami akan selalu siap melayani Kamu kapanpun dan dimanapun.

Tanpa Biaya Tambahan

Kamu tidak perlu pusing lagi soal biaya, karena Kamu hanya perlu membayar jasa kami dan tidak perlu membayar biaya tambahan.

Menjadi Translator:

Hire Translator: 

  • Outsourcing Translator & Interpreter
  • Headhunter Translator & Interpreter
  • Freelance Translator & Interpreter

Temukan 500+ Pekerjaan & Proyek Terjemahan:

  • Job Search Translator & Interpreter
  • Recruitment Translator & Interpreter
  • Consultant Translator & Interpreter
  • Join Our Translator & Interpreter Team 
Sewa Alat Interpreter Terbaik
Jasa Penerjemah Tersumpah
Jasa Penerjemah Profesional

Navigasi Website :
Website Utama
Blog Mediamaz TS
Kontak
Cara Menjadi Translator
Cara Menjadi Interpreter
Sertifikasi Translator
Sertifikasi Interpreter
Hire Penerjemah
Outsourcing Penerjemah

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *