Galat basis data WordPress: [Table 'medg6566_wp818.wp8e_trustindex_google_reviews' doesn't exist]
SHOW COLUMNS FROM `wp8e_trustindex_google_reviews` LIKE "highlight"

Galat basis data WordPress: [Table 'medg6566_wp818.wp8e_trustindex_google_reviews' doesn't exist]
ALTER TABLE `wp8e_trustindex_google_reviews` ADD highlight VARCHAR(11) NULL AFTER rating

Perbedaan Tes GRE dan GMAT, Kenali dan Persiapkan

Perbedaan Tes GRE dan GMAT, Kenali dan Persiapkan

Perbedaan Tes GRE dan GMAT, Kenali dan Persiapkan

Perbedaan Tes GRE dan GMAT, Kenali dan Persiapkan

Ketika kamu ingin lanjut kuliah S2, banyak sekali universitas yang mensyaratkan nilai tes GMAT dan GRE. Mungkin, sebagian dari kamu masih awam dan bertanya – tanya apa sih sebetulnya perbedaan tes GRE dan GMAT? Lalu, manakah yang lebih cocok untuk kuliah kamu di masa depan?

 

Apa itu Tes GMAT dan GRE

Graduate Record Examination (GRE) merupakan sebuah tes standar yang diambil agar dapat masuk ke program Pascasarjana (S2) di Amerika Serikat, yang diselenggarakan oleh Educational Testing Service (ETS) dan ditujukan untuk tingkat pendidikan yang berbeda. 

Ujian GRE dirancang untuk mengukur tingkat kemampuan siswa dalam memahami bacaan rumit dan menganalisa informasi kuantitatif. Ujian ini pun diikuti oleh kandidat mahasiswa yang berencana untuk mengikuti program S2 atau S3, pada umumnya di Amerika Serikat dan negara berbahasa Inggris lainnya.

Kemudian, GMAT atau The Graduate Management Admission Test merupakan tes berbasis komputer dalam bahasa Inggris. Sesi Quantitative dan Verbal adalah adaptasi komputer, yang berarti jawaban dipilih berdasarkan bagaimana kamu menjawab pertanyaan sebelumnya. 

Nilai diukur berdasarkan tingkat kesulitan pertanyaan yang dijawab dan jumlah jawaban – jawaban yang benar. Tes ini dibuat untuk membantu universitas yang ada di Amerika Serikat dalam mengevaluasi kemampuan akademis peserta program Pascasarjana Bisnis dan Program Manajemen lainnya.

 

Perbedaan Kedua Tes

Ada lima faktor yang bisa diperhatikan dari tes GRE atau GMAT. Kelima faktor ini akan menentukan manakah tes yang sesuai dengan kemampuan kamu. Berikut penjelasannya:

  1. Pemilihan Jurusan

Memilih sekolah dalam universitas akan berhubungan dengan pemilihan jurusan. Kebanyakan jurusan bisnis membutuhkan skor dari tes GMAT.

Jenis tes akan sangat berbeda inilah yang menyebabkan para pengambil sekolah jurusan bisnis wajib mengikuti tes GMAT. Namun, ada beberapa kasus khusus yakni di mana jurusan bisnis juga menganggap bahwa tes GRE bisa digunakan untuk masuk ke jurusan ini.

      2. Soal hitungan

Inilah perbedaan dasar mengapa tes GMAT lebih sulit dibandingkan dengan tes GRE. Soal matematika atau logika yang diujikan lebih sulit. Tingkat kesulitan ini memberi keuntungan para peserta tes untuk menunjukan kemampuan berhitung mereka.

     3. Kemampuan berbahasa Inggris

Banyak para profesional yang mengadakan tes GRE memiliki banyak jumlah kosakata yang sulit. Kosakata ini jarang digunakan bahkan pada tes GMAT. kebanyakan tes GRE memiliki soal verbal yang akan menyulitkan para peserta tes yang tidak menggunakan English Speaker.

    4. Tujuan karir

Tes ini bisa berlaku sampai lima tahun, jadi setelah lulus dari program master hasil tes ini masih bisa digunakan. Bagi kamu yang ingin bekerja di perusahaan manajemen atau bank setelah mengikuti sekolah bisnis maka tes GMAT sangat dibutuhkan. Perusahaan – perusahaan tersebut hanya akan menerima hasil tes dari GMAT saja. Namun bagi kamu yang tidak akan masuk ke perusahaan tersebut bisa mengambil tes GRE.

    5. Kesiapan mengikuti tes

Tekanan yang akan dihadapi dalam persiapan tes GRE vs GMAT ini sangat berbeda. Tentu saja karena soal hitungan dalam tes GMAT cukup rumit maka tekanan bahkan tingkat stres yang dihadapi cukup tinggi. Peserta tes GRE bisa lebih santai dan fokus dalam menghadapi soal.

 

Tips Menentukan Tes yang Dipilih

Jika kamu mau masuk business school, tapi tidak terlalu jago matematika, kamu bisa pilih GRE. Namun, bahasa Inggris yang digunakan dalam GRE lebih rumit dibanding GMAT. Kamu harus memiliki vocabulary yang banyak jika ingin memilih GRE.

Kalau kamu tertarik untuk masuk business school tapi tidak terlalu jago bahasa Inggris, kamu bisa pilih tes GMAT. Konon katanya bahasa Inggris yang digunakan di GMAT tidak serumit GRE. Tapi jika memilih GMAT kamu harus jago grammar. Ingat, kemampuan matematikanya juga harus kuat.

 

Persiapan Sebelum Mengikuti Tes
  1. Kenali section dalam Tes GMAT atau GRE dengan baik
  2. Belajar sendiri
  3. Terus berlatih
  4. Terapkan manajemen waktu

 

Layanan Mediamaz Translation Service

Bagi sahabat Meddy yang ingin mendaftar beasiswa atau melanjutkan studi ke luar negeri, dan bingung untuk mengurus dokumen. Jangan khawatir, konsultasikan kebingungan kamu kepada kami. Mediamaz Translation Service merupakan perusahaan jasa penerjemah yang menyediakan layanan jasa penerjemah tersumpah, legalisasi, dan interpreter. Kamu dapat langsung menghubungi kami di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.