Ketahui Terlebih Dahulu Apa Itu Proofreading, Yuk!

Ketahui Terlebih Dahulu Apa Itu Proofreading, Yuk!

Proofreading adalah istilah yang seringkali akan kamu temukan dalam dunia penulisan. Tetapi banyak orang yang masih merasa asing dengan istilah proofreading. Beberapa yang lainnya bahkan masih menganggap proofreading sama dengan editing. Padahal keduanya merupakan dua aktivitas yang berbeda. Nah, supaya tidak salah lagi, simak ulasan berikut untuk mengenal lebih dalam tentang proofreading!

Definisi Proofreading

Proofreading

goodlingua.com

Pada dasarnya, proofreading merupakan aktivitas pemeriksaan yang bertujuan untuk memastikan bahwa tata bahasa, ejaan, tanda baca, struktur kalimat, dan kesalahan penulisan lainnya pada teks maupun dokumen sudah sepenuhnya benar sebelum penulis mempublikasikan karya tulisnya. Proofreading memegang peranan yang sangat penting untuk menentukan kualitas akhir dalam sebuah tulisan. Oleh karena itu, banyak sekali instansi maupun lembaga yang menaungi bidang kepenulisan memerlukan seorang proofreader. Selain itu, penyedia jasa maupun orang yang melakukan proofreading disebut proofreader.

Perbedaan Proofreading dengan Editing

Vietnamese businesswoman checking document

freepik.com

Proofreading dan editing merupakan proses untuk memastikan sebuah tulisan layak untuk dipublikasikan. Pada dasarnya, keduanya sama-sama memiliki tujuan untuk mendapatkan kualitas terbaik pada hasil akhir sebuah tulisan. Namun, proofreading memiliki perbedaan dengan editing.

Ketika penulis telah menyelesaikan tulisannya, tulisan tersebut merupakan tulisan mentah sehingga seorang editor harus memeriksanya terlebih dahulu. Berikutnya adalah tugas editor untuk melakukan pemeriksaan sekaligus editing atau penyuntingan terhadap aspek kebahasaan, ejaan, struktur kalimat, tata bahasa, dan bahkan kepaduan makna dalam tulisannya. Setelah editor melakukan pengecekan dan tidak memberikan tambahan revisian, berikutnya adalah tugas proofreader untuk memeriksa akhir dari tulisan yang telah melalui proses penyuntingan dari seorang editor.

Tugas Proofreader

Closeup of person proofreading document

freepik.com

Umumnya, seorang proofreader memiliki tugas untuk melakukan pemeriksaan sebuah tulisan. Namun, terdapat beberapa tugas yang penting untuk seorang proofreader lakukan, berikut detail tugas dan tanggung jawab seorang proofrader:

  1. Melakukan pemeriksaan tata bahasa dan struktur kalimat
  2. Melakukan pemeriksaan ejaan dan tanda baca
  3. Memeriksa kepaduan makna dalam tulisan
  4. Memastikan konsistensi nama dan gaya bahasa
  5. Memeriksa struktur tulisan secara keseluruhan

Kamu harus tahu! Ini dia tanggung jawab seorang translator!

Alasan Menggunakan Jasa Proofreader

Editor novel studying education reading person

freepik.com

Oleh karena peran proofreader yang sangat penting, berikut alasan mengapa penulis memerlukan seorang proofreader untuk karya tulisnya.

1. Proofreader menentukan kualitas akhir pada sebuah karya tulis

Pentingnya peran dan tugas seorang proofreader terdapat pada melakukan pemeriksaan serta memastikan bahwa tidak ada kesalahan yang terdapat pada sebuah karya tulis. Setelah proses proofreading, maka penerbit dapat memastikan bahwa karya tulis tersebut telah sesuai dengan aturan penulisan bahasa dan telah layak untuk penerbit publikasikan dan dibaca oleh banyak orang.

2. Proofreader bersudut pandang objektif dan netral

Ketika kamu memosisikan dirimu sebagai seorang penulis, kamu akan merasa sulit untuk menyadari kesalahan-kesalahan dalam tulisanmu. Sehingga, pada umumnya penulis tidak bisa melakukan pengecekan sendiri terhadap karyanya. Penulis juga tidak dapat menggantungkan proses pemeriksaan pada alat bantu seperti komputer dan proofreader online yang beredar. Penulis akan membutuhkan peran orang lain yang memiliki penilaian dan pemikiran yang netral dan objektif serta sekaligus memiliki keahlian dan pengetahuan dalam dunia penulisan.

3. Proofreader memiliki keahlian khusus untuk memeriksa sebuah karya tulisan

Bisa dikatakan bahwa menjadi seorang proofreader tidak bisa sembarangan, lho! Penulis saja seringkali merasa kesulitan menyadari kesalahan dalam tulisannya. Namun, bukan berarti orang yang belajar otodidak dan memulai karir dari nol di bidang proofreading tidak bisa menjadi seorang proofreader yang baik, ya! Seorang proofreader membutuhkan pemahaman terhadap bahasa dan aturan penulisannya, kecermatan, ketelitian, dan membaca cepat dalam melakukan proses proofreading.

Jasa Proofreading Mediamaz Translation

penerjemah indonesia inggris

Mediamaz TS

Mediamaz Translation merupakan penyedia jasa di bidang penerjemahan saja? Tentu tidak. Mediamaz TS juga menyediakan jasa proofreader. Apabila kamu memiliki tulisan yang memerlukan jasa proofreader supaya tulisan kamu berkualitas baik, kamu bisa hubungi tim Mediamaz Translation.

Kamu dapat menggunakan jasa proofreader untuk berbagai dokumen seperti jurnal, skripsi, makalah, disertasi, tesis, artikel, novel, naskah, majalah, dan banyak lagi jenis dokumen yang lainnya. Hanya bisa melakukan proofreading khusus Bahasa Indonesia? Tentu tidak. Di Mediamaz TS, kamu bukan hanya dapat menggunakan jasa proofreading untuk berbagai dokumen, tetapi juga untuk menyediakan layanan proofreading dalam berbagai bahasa seperti Bahasa Indonesia, Inggris, Rusia, Jepang, Korea, dan banyak lagi.

Kelebihan lainnya dari jasa proofreader Mediamaz TS yaitu memiliki tim proofreader yang profesional dan berlisensi. Tim proofreader akan melakukan rangkaian aktivitas membaca cepat dan menyeluruh, mengedit, serta memperbaiki tulisan kamu. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi tim marketing kami di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.