Populer Menjadi Lokasi Syuting Drakor, Berikut Fakta Seputar Universitas Yonsei

Populer Menjadi Lokasi Syuting Drakor, Berikut Fakta Seputar Universitas Yonsei

Siapa yang tidak mengenal kampus satu ini? selalu banyak muncul pada series drama korea kesayangan kamu. Universitas Yonsei juga punya banyak fakta menarik lainnya yang perlu kamu ketahui. Terlebih jika kamu juga berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan di kampus paling bergengsi ini. Menjadi salah satu kampus paling bergengsi dan masuk dalam jajaran “SKY University”, Universitas Yonsei juga masuk dalam jajaran universitas bergengsi secara global. Simak penjelasan berikut ini, mengenai fakta-fakta menarik lainnya dari Universitas Yonsei!

Sejarah Berdirinya Universitas Yonsei

sejarah berdirinya universitas yonsei - universitas yonseiphoto by namuwiki

Yonsei University (연세 대 학교) merupakan kampus riset swasta tertua di Korea Selatan yang berdiri sejak tahun 1957. Sebelum menjadi Universitas Yonsei, mereka lebih dulu menyediakan pendidikan sekolah kedokteran pada 10 April 1885 di Gwanghyewon. Lalu mendirikan rumah sakit oleh Horace Newton Allen, seorang misionaris Protestan Amerika yang mendapat penunjukan untuk ke Korea Selatan. Kemudian rumah sakit tersebut berganti nama menjadi 제중원 , House of Universal Helpfulness (read: chengjungwon).

Setelah mengalami masa-masa sulit, Gereja Prebiterian menunjuk Oliver R. Avison untuk melanjutkan Chengjungwon pada 16 juli 1893. Setelah beberapa waktu, Chejungwon tetap melakukan pendidikan kedokteran sebagai lampiran. Untuk kelas pertamanya ada sebanyak 16 mahasiswa kedokteran yang terpillih melalui pemeriksaan pada tahun 1886. Satu tahun berselang, sekolah kedokteran ini berdiri secara independen, karena mulai banyak keberagaman dalam denominasi misionaris di Korea Selatan. Pada masa itu, mulai menerima staf medis, fakultas sekola, serta dukungan keuangan melalui dari Dewan Persatuan Misionaris Korea (한국연합선교협의회) pada tahun 1912. Oleh karena itu, sekolah kedoketeran tersebut mengganti nama menjadi Severance Union Medical College pada tahun 1913.

Singkat cerita, pada tahun 1957 Severance Medical College and Hospital dan Universitas Yonsei bergabung membentuk Universitas Yonsei. Motto dari Universitas Yonsei adalah “Cognoscetis Veritatem et Veritas Liberabit Vos”  atau Kebenaran akan Memerdekan Kamu (Yohanes 8:32). Saat ini Universitas Yonsei memiliki siswa sebanyak 30.277 yang terbagi menjadi Sarjana sebanyak 18.927, Pascasarjana dengan jumlah 11.350 serta mahasiswa doktoral berjumlah 3.239 (data tahun 2020).

Arti Logo dari Universitas Yonsei

logo universitas yonsei - universitas yonseiphoto by pinterest

Sebelum membahas makna logo dari Universitas Yonsei, pada padanan kata Yonsei (“ㅇ” dan “ㅅ”) pada huruf pertama “연세”. Lingkaran  “ㅇ” mengartikan sebagai orang yang berpengetahuan luas. Untuk arti dari “ㅅ” melambangkan pengejaran keatas untuk keunggulan ilmiah.  Selain itu, makna dari “ㅇ” berarti surga; “-” melambangkan cakrawala Bumi dan “ㅅ” berarti “manusia”, seperti yang diungkapkan dalam karakter Cina (人). Buku terbuka berarti kebenaran; obor menandakan kebebasan; dan lengan, secara keseluruhan, melindungi dua prinsip inti universitas ini.

Maskot dari universitas ini adalah burung rajawali dengan warna Biru kerajaan. Untuk makna dari logo tersebut adalah: Perisai, menandakan karakter yang bertujuan untuk dunia yang lebih baik, dan “ㅅ” menunjukan sikap akademis demi membangun dasar-dasar akademik yang kuat. Universitas protestan, Logo yang terletak di tengah menandakan sebagai kampus protestan, tetapi tetap memperjuangkan kemerdekaan nasional. Pola perisai Taeguk masih terukir pada bagian luar bangunan.

Pada tahun 2015, logo asli mendapat pembaruan. Perbedaan terbesar terlihat pada ikon buku dan obor menjadi lebih besar, batas luar menghilang, serta kecerahan menjadi lebih cerah. Untuk segi warna juga mengalami perubahan, dari biru laut kini mendekati biru muda.

Peringkat Universitas Yonsei Secara Nasional dan Global

peringkat universitas yonseiphoto by namuwiki

Termasuk dalam salah satu universitas terbaik di Korea Selatan. Universitas Yonsei menjadi kampus elit, populer serta bergengsi bersanding dengan dua universitas lain. Kedua kampus tersebut adalah Universitas Nasional Seoul dan Universitas Korea. Tingkat penerimaan kampus ini sangat kompetitif, untuk penerimaan awal kurang dari 1%. Artinya, secara umum menunjukan 0,5% berhasil masuk dari prestasi akademik (SAT Korea) untuk bisa masuk jalur reguler. Jika kamu berhasil masuk pada salah satu universitas terbaik korea, tingkat status sosial kamu tentunya akan berpengaruh dan masih hal yang lumrah.

Berdasarkan hasil survei top universities pada tahun 2022, menunjukan peringkat Universitas Yonsei pada posisi 4 di Korea, 16 secara Asia dan 79 secara dunia. Sedangkan data survei dari Shanghai ranking menunjukan, peringkat Yonsei University pada posisi 2-6 secara nasional dan 201-300 secara global. Pada tahun 2015, Universitas Yonsei menduduki peringkat ke-6 sebagai universitas paling inovatif di dunia menurut Reuters.

Jurusan yang tergabung dalam Universitas Yonsei

Yonsei University memiliki beberapa jurusan yang bisa kamu pilih untuk melanjutkan studi kamu selama 4 tahun. Mulai dari pendidikan sarjana, Pascasarjana, hingga Doktoral.

  • Sarjana

    – Seni Liberal
    – Perdagangan dan Ekonomi
    – Bisnis
    – Ilmu Pengetahuan
    – Teknik
    – AI
    – Ilmu Hayati dan Bioteknologi
    – Teologi
    – Ilmu Sosial
    – Musik
    – Ekologi Manusia
    – Ilmu Pendidikan
    – Kedokteran
    – Kedokteran Gigi
    – Farmasi
    – Astronomi
    – Perguruan Tinggi Internasional Underwood
    – Perguruan Tinggi Pemimpin Global

  • Pascasarjana

    – Teologi
    – Studi Internasional
    – Informasi
    – Komunikasi dan Seni
    – Kesejahteraan Sosial
    – Administrasi Bisnis
    – Pendidikan
    – Administrasi Publik
    – Teknik
    – Jurnalisme dan Komunikasi Massa
    – Hukum
    – Ilmu Lingkungan Manusia
    – Ekonomi
    dan sebagainya

Fakta-Fakta Menarik Mengenai Universitas Yonsei

  • Menjadi lokasi syuting untuk drakor (drama korea)

    lokasi - universitas yonseiphoto by pinterest

    Para penggemar drama korea pasti sudah familiar dengan bangunan megah dan mewah tersebut. Bagaimana tidak, karena gedung ini selalu mampir pada setiap series drama korea. Beberapa drama korea yang menggunakan lokasi Universitas Yonsei sebagai salah satu adegannya:

    – Reply 1994 (2013)
    – Age of Youth 1&2
    – Abbys (2019)
    – Extraordinary You (2019)
    – Romance is a Bonus Book (2019)
    – Men are Men (2020)
    – When my Love Bloom (2020)
    – True Beauty (2020)
    – The Sound of Magic (2022)
    serta lainnya

  • Memiliki lebih dari 100 klub

    Jika kamu senang melakukan banyak kegiatan sambil studi, kamu bisa bergabung dengan klub-klub yang ada di Universitas Yonsei. Tercatat ada lebih dari 100 klub yang berada dalam naungan kampus ini. Beberapa yang populer adalah sebagai berikut :

    – AFKN Listeners Club (ALC)

    Sebagai klub tertua di Universitas Yonsei, ALC adalah klub pertukaran pelajar Korea-Internasional. Kegiatan ini mencakup bermain drama dan kegiatan lain bersama siswa asing.

    – Avenante

    Klub paduan suara campuran yang berisikan siswa dari jurusan musik maupun non musik. Kegiatan klub ini menyanyikan lagu dari berbagai genre, seperti missa solemnis hingga lagu pop maupun tradisional korea. Agenda rutin pada klub ini adalah mengadakan konser setiap dua kali satu tahun.

    – Business Innovation Track (BIT)

    Tujuan dari klub ini adalah untuk membina mahasiswa agar berlatih inovatif  terlepas dari jurusan yang mereka pelajari.

  • Lokasi Kampus

    photo by pinterest

    Universitas Yonsei memiliki beberapa lokasi yang tersebar di Korea. Yaitu Kampus Sinchon dan Kampus Internasional terletak di Songdo-Incheon. Mulai dari tahun 2011, Universitas Yonsei mengadopsi program Residential College (RC) untuk mahasiswa baru. Dimana mahasiswa baru wajib tinggal di asrama kampus internasional dan menyelesaikan program RC selama satu tahun. Setelah program RC selesai, mereka melanjutkan studi di kampus Sinchon, Seoul.

    – Kampus Sinchon

    Memiliki luas sebesar 100 ha yang terletak sekitar 6 km sebelah barat pusat kota Seoul. Menjadi rumah bagi sebagaian departemen di Universitas Yonsei.

    – Kampus Internasional Yonsei (Songdo-Incheon)

    Asrama Kampus Internasional memiliki 12 rumah untuk para mahasiswa bisa menggunakan fasilitas tersebut. Sebagai tempat untuk menjalankan program RC bagi mahasiswa baru, berikut ini beberapa tempat yang tersedia pada Kampus Internasional.

    1. Rumah Evergreen
    2. Rumah Wonchul
    3. Underwood House
    4. Appenzeller Internasional House
    dan gedung lainnya

  • Memiliki program Internasional terkemuka

    – Yonsei Internasional Summer School (YISS)

    Terselenggara pada akhir juni sampai awal agustus dan berhasil mengajak lebih dari 1.300 siswa dari lebih 30 negara.

    – Winter Abroad at Yonsei (WAY)

    Program musim dingin yang kampus adakan dalam 2 sesi selama 3 minggu mulai pada akhir desember.

    – Study Abroad at Yonsei (SAY)

    Pertukaran pelajar atau kunjungan Universitas Yonsei yang bisa kamu ikuti dalam kurun waktu satu semester ataupun satu tahun di Korea.

Beasiswa yang tersedia di Universitas Yonsei

Ada banyak beasiswa yang bisa kamu coba apply untuk membantu biaya pendidikan kamu selama berkuliah di Universitas Yonsei. Berikut ini daftar beasiswa yang tersedia, selengkapnya :

  • Underwood International College
  • Global Leaders College
  • Undergraduate Degree Program
  • Graduate School of International Studies
  • Yonsei Graduate School
  • Global Institute of Theology
  • Global MBA
  • Korean Goverment Scholarship Program (KGSP)
  • Korean Languague Institute
  • Yonsei International Summer School
  • Winter Abroad at Yonsei

Siap untuk Melanjutkan Pendidikan di Korea Selatan? 

Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan terlebih dahulu dokumen yang Anda perlukan sudah lengkap. Jika Anda membutuhkan jasa layanan penerjemah tersumpah dan legalisasi untuk mengurus dokumen Anda. Mediamaz Translation Service bisa menjadi solusi yang terbaik untuk Anda.

Melalui jasa penerjemah dan legalisasi Mediamaz Translation Service, dokumen Anda akan diproses secara cepat, tepat, dan akurat dengan biaya yang terjangkau. Anda bisa mengunjungi website kami untuk mengetahui berbagai layanan dan promo menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.