Program Beasiswa IFI Prancis Jenjang S2 2021 – 2022

Program Beasiswa IFI Prancis Jenjang S2 2021 – 2022

Program Beasiswa IFI Prancis Jenjang S2 2021 – 2022

Sahabat Meddy ada informasi menarik nih buat kamu yang ingin ke Perancis. Karena sebentar lagi program beasiswa IFI akan segera dibuka. Penasaran nggak sih apa saja persyaratannya? Selanjutnya, persyaratan dan kelengkapan dokumennya akan Meddy bahas di artikel ini ya sahabat Meddy. So, read this article carefuly!

 

Mengenal Program Beasiswa IFI

Beasiswa IFI merupakan beasiswa yang dikeluarkan sama pemerintah Perancis sahabat Meddy. Biasanya dikenal dengan nama bourses du gouvernement francais atau BGF. Sulit nggak baca kalimat Perancisnya? hehe Meddy aja susah ngetiknya! Tapi yang namanya untuk pendidikan, kamu pasti akan berusaha untuk bisa fasih dengan bahasanya.

Beasiswa ini khusus kamu pelajar Indonesia. Beasiswa IFI hanya menerima mahasiswa Master, baik M1 maupun M2 dan terbuka untuk semua jurusan. Waaahh, seru banget yah bacanya. Jadi, kamu bebas eksplorasi bakat yang kamu miliki di beasiswa ini. Tinggal cocokkan dengan minat kamu saja.

Beasiswa IFI didaftarkan ketika sudah diterima di jurusan atau kampus yang ingin dituju. Artinya, kita harus sudah punya attestation d’acceptations atau bahasa Inggrisnya Letter of Acceptance (LoA). Kamu harus memastikan sudah memiliki persiapan untuk apply LoA sejak dini yaaa sahabat Meddy. Kalau tidak dipersiapkan dari dini, takutnya nggak keburu kalau baru mau dikejar saat beasiswa ini sudah open.

 

Keuntungan yang Didapat

Ditiap beasiswa pasti ada keuntungannya tersendiri, kalau di beasiswa IFI ini kamu bisa mendapatkan keuntungan:

  • Biaya pembuatan visa pelajar ke Perancis
  • Dana kuliah maksimal 5000 Euro/tahun ajaran
  • Beban biaya hidup 700 Euro/bulan
  • Dana Biaya CVEC
  • Akses prioritas ke asrama universitas

Dari 5 keuntungan di atas, kamu lebih mengutamakan yang mana nih? Kalau Meddy sih ingin semuanya! heehhe.. Selain kamu bisa mempelajari budaya di sana, adapun “uang jajan” yang kamu dapatkan jika mengambil beasiswa ini.

 

Tahapan Pendaftaran Beasiswa IFI

Meddy kasih tahu mengenai tahapan pendaftaran untuk beasiswa IFI ini yaaa, yaitu:

  • Mendaftar ke kampus incaran untuk mendapatkan LoA
  • Menunggu pengumuman opening beasiswa IFI di situs/sosial media Campus France Indonesia
  • Setelah pengumuman keluar, baca aturan beasiswa IFI untuk tahun tersebut
  • Kirimkan dokumen persyaratan ke Email yang tertera

Setelah kamu sudah mendaftar, maka akan ada wawancara kandidat pre-selection. Jadi, kamu benar-benar harus menyiapkan ini semua dengan benar dan dari jauh-jauh hari. Agar semuanya sesuai dengan keinginan kamu dan kamu bisa diterima di kampus bergengsi ini! Kemudian, setelah wawancara kamu tinggal menunggu hasil pengumumannya saja deh.

 

Persyaratan Umum

Ada persyaratan lain yang harus kamu perhatikan, yaitu pastikan kamu berkewarganegaraan Indonesia dengan membuktikan identitas kamu. Usia maksimal 30 tahun dan minimal sudah memiliki ijazah S1 (Sarjana). Selama menempuh perkuliahan di S1, pastikan IPK kamu juga baik. Nilai menjadi persyaratan penting untuk mendaftar beasiswa ini Sahabat Meddy!

Selain itu, kamu harus memastikan sudah diterima di institusi pendidikan tinggi di Perancis. Meddy katakan kembali, bahwa kamu harus mempersiapkan semua dokumen dan kelengkapannya sejak dini! Setelah itu, pastikan diri kamu tidak sedang/akan menerima beasiswa apapun dari pihak lain yahhh..

 

Persyaratan Dokumen

Kalau ini Meddy akan bahas mengenai persyaratan dokumen yang harus kamu lengkapi, antara lain:

  • Paspor/KTP
  • CV
  • Motivation Letter
  • Surat penerimaan di institusi pendidikan tinggi Perancis
  • Hasil dari, sertifikat kemampuan bahasa Perancis (DELF/DALF) dan/atau Inggris (IELTS/TOEFL iBT)
  • Ijazah sarjana
  • Transkrip nilai sarjana

 

Layanan Mediamaz Translation Service

Nah, semua informasi lengkapnya sudah Meddy berikan untuk kamu. Jadi, pastikan kembali ya jangan ada dokumen yang terlewat apalagi lupa disiapkan. Jika kamu membutuhkan bantuan perihal terjemahan, kamu dapat menghubungi Mediamaz Translation Service di sini. Kami akan membantu kamu agar dapat lolos di beasiswa IFI ini! Kami akan melayani kamu hingga 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.