Program France Excellence Scholarship (S2) Akan Segera Dibuka!

Program France Excellence Scholarship (S2) Akan Segera Dibuka!

Dari banyaknya negara di Eropa, Prancis menjadi salah satu negara yang menerima banyak mahasiswa dari berbagai negara. Bahkan, negara ini memiliki jumlah mahasiswa internasional terbanyak keempat di dunia. Kuliah di Prancis memberikan pengalaman tersendiri, mengingat ada banyaknya universitas terbaik di Prancis yang bisa dipilih. Banyaknya mahasiswa internasional di negara ini akan membuat kamu mempelajari banyak kebudayaan dan bahasa dari berbagai negara. Selain itu, kamu juga bisa membangun relasi yang baik dengan banyak orang dari negara lain. Meski, warga Prancis terkesan dingin dan angkuh, namun mereka tetap ramah dengan para pendatang, terutama para pelajar internasional. Berikut akan kami bahas mengenai Program France Excellence Scholarship jenjang S2.

 

Mengapa Kuliah di Prancis?

Dengan kuliah di Prancis, kamu bisa mempelajari bahasa aslinya. Banyak orang beranggapan bahwa mempelajari bahasa akan lebih optimal jika dilakukan langsung di negaranya. Nah, dengan kuliah di Prancis, kamu memiliki kesempatan untuk mempelajari bahasa dengan baik, bahkan langsung dari warga lokal.

Meski materi perkuliahan disampaikan dalam bahasa Inggris, namun mempelajari bahasa Prancis akan memberikan banyak keuntungan, misalnya saja kamu lebih mudah dalam berkomunikasi sehari-hari. Ini juga bisa menjadi bekal untuk kamu meniti karier nantinya.

Alasan lain mengapa kamu perlu kuliah di Prancis adalah banyaknya pilihan institusi pendidikan. Prancis menjadi rumah bagi lebih dari 3.000 institusi pendidikan tinggi dengan kualitas yang memadai. Karena hal ini, kamu memiliki pilihan sekolah, program dan jurusan yang hampir tidak terbatas.

 

Sekilas Tentang Beasiswa France Excellence

Beasiswa untuk kuliah di Perancis sangat beragam. Pada dasarnya, Pemerintah Perancis cukup aktif dalam memberikan bantuan beasiswa bagi para pelajar internasional. Kali ini, pemerintah Perancis melalui Institut Français d’Indonésie (IFI) – Kedutaan Besar Perancis di Indonesia, membuka kesempatan beasiswa bagi para pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi S2 di Perancis. Beasiswa inilah yang bernama France Excellence.

Nah, kamu tidak perlu khawatir, Sahabat Meddy. Program beasiswa ini terbuka untuk semua jurusan. Jadi, kamu bisa memilih jurusan apa saja yang kamu mau.

Cakupan Beasiswa

Pada dasarnya, beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Perancis ini termasuk beasiswa fully-funded. Berikut merupakan sejumlah hal yang ditanggung oleh beasiswa:

  1. Biaya pembuatan visa pelajar ke Perancis
  2. Biaya kuliah. Terdapat batasan untuk biaya kuliah ini, yakni hingga 5.000 Euro per tahun (Rp 80.124.549.-)
  3. Biaya hidup sebesar 700 Euro per bulan (Rp11.217.436,-)
  4. Biaya Contribution Vie étudiante et de Campus (CVEC).
  5. Akses prioritas ke asrama universitas.
Persyaratan Bagi Pelamar

Untuk dapat mendaftar beasiswa ini, berikut sejumlah persyaratan yang harus kamu penuhi:

  1. Merupakan warga negara Indonesia
  2. Berusia maksimal 30 tahun
  3. Minimal memiliki ijazah S1
  4. Memiliki IPK yang baik dan motivasi kuat untuk melanjutkan studi ke Perancis
  5. Telah diterima di institusi pendidikan tinggi Perancis untuk tahun ajaran 2020/2021
  6. Tidak sedang atau akan menerima beasiswa apapun dari pihak lain

 

Dokumen yang Dibutuhkan

Sejumlah dokumen yang harus kamu siapkan untuk mendaftar beasiswa ini adalah sebagai berikut:

  1. Bukti identitas berupa paspor atau KTP.
  2. CV dalam bahasa Inggris atau Perancis. Hal ini menyesuaikan dengan bahasa yang digunakan pada program studi yang dipilih.
  3. Surat motivasi. Sama seperti CV, bisa dalam bahasa Inggris atau Perancis.
  4. Surat penerimaan di institusi pendidikan tinggi Perancis.
  5. Bukti kemampuan bahasa Perancis (DELF/DALF/TCF), dan/atau Inggris (IELTS atau TOEFL iBT). Standar kecakapan bahasa Inggris untuk kuliah di negara Eropa biasanya adalah 6.5. Apabila kamu tertarik untuk memperdalam kemampuan bahasa Inggrismu, kamu bisa mencoba untuk belajar via kelas daring yang dilaksanakan oleh Cakap.
  6. Ijazah S1
  7. Transkrip nilai S1
  8. Transkrip nilai terakhir (untuk yang sudah menyesuaikan M1.

Demikian, mengenai kuliah di Prancis dan program France Excellence Scholarship yang tersedia untuk mahasiswa internasional. Bagi kamu yang membutuhkan jasa untuk menerjemahkan dokumen, kamu bisa menggunakan layanan Mediamaz Translation Service. Dengan harga yang pas di kantong, kamu nggak perlu khawatir lagi. Lebih lanjut, hubungi tim marketing kami di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *