Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Tidak Hanya Menjadi Akuntan, Berikut Prospek Kerja Jurusan Akuntasi Lainnya!

Memiliki pekerjaan impian tentu menjadi idaman bagi semua orang. Terlebih jika pekerjaan tersebut satu linear dengan jurusan kuliah. Salah satu prospek kerja yang paling banyak peminatnya adalah akuntasi. Bekerja menjadi akuntan memang masih menjadi pekerjaan menjanjikan. Prospek kerja akuntasi terjamin dari jenjang karir dan segi gaji yang menggiurkan. Sehingga tidak mengherankan, banyak perusahaan yang menyediakan lowongan sebagai akuntan, namun peminatnya tidak sebanding dengan jumlah tersedia lowongan. Untuk itu, jika Anda merupakan lulusan akuntasi ada pekerjaan lain yang tersedia selain menjadi akuntan. Simak penjelasan mengenai prospek kerja lulusan akuntasi pada artikel berikut ini.

Jurusan Akuntasi

prospek kerja akuntasi
freepik

Jika Anda tertarik dalam bidang keuangan, bekera sebagai akuntan memang pekerjaan yang paling tepat. Agar bisa menjadi seorang akuntan ataupun pekerjaan lain yang sejenis, Anda harus menempuh pendidikan di jurusan akuntasi. Tidak hanya mempelajari keuangan, tetapi juga erat kaitannya dengan matematika, angka, audit, pelaporan sampai perpajakan. Oleh karena itu, sebenarnya tersedia banyak sekali pekerjaan yang berkaitan dengan keuangan namun tidak terbatas menjadi seorang akuntan. Pada jurusan ini, Anda mempelajari bagaimana catatan keuangan perusahaan dan melaporkannya. Maka tidak heran, prospek kerja untuk jurusan akuntasi tidak pernah sepi peminat.

Kemampuan yang Harus Anda Kuasai

Ada beberapa kemampuan yang harus Anda miliki jika berkeinginan bekerja dalam sektor keuangan seperti akuntan. Berikut ini keterampilan yang berkaitan pada bidang akuntasi, antara lain:

1 Mengelola Keuangan

Kemampuan pertama yang sangat krusial untuk Anda pahami adalah memahami pengelolaan keuangan dengan sangat baik. Anda harus bisa menemukan solusi dari setiap permasalahan keuangan yang terjadi di perusahaan. Mengatasasi permasalahan dengan cara yang logis dan teliti. Prospek kerja lulusan akuntasi menuntut Anda untuk bisa bekerja secara teliti dan mampu menghadapi permasalahan keuangan dengan baik.

2 Menganalisis Laporan Keuangan

Mengelola keuangan akan berjalan beriringan dengan memahami analisis laporan keuangan. Apabila Anda berkeinginan menjadi seorang yang bekerja di bidang keuangan, Anda harus menempuh pendidikan akuntan yang profesional. Lalu mengambil program sertifikasi untuk tingkatan kemampuan dan keahlian. Misalnya mengambil program CPA (Certified Public Accountant) atau CMA (Certified Management Accountant).

3 Membuat Rekomendasi

Setelah menguasai kemampuan mengelola keuangan dan menganalisisnya dengan baik. Biasanya perusahaan akan meminta rekomendasi berupa strategi mengenai apa saja yang menjadi prioritas perusahaan bagian keuangan.

Prospek Kerja Jurusan Akuntasi

Jika Anda merupakan lulusan akuntasi, ada banyak sekali prospek kerja yang tersedia dan cakupannya yang luas. Terutama jika berkarir dalam bidang keuangan, dari segi gaji dan jenjang karir akan sangat terjamin. Simak beberapa prospek kerja jurusan akuntasi yang bisa Anda jadikan referensi pekerjaan impian.

1 Akuntan Publik

Prospek kerja lulusan akuntasi yang paling banyak peminatnya adalah menjadi seorang akuntan publik. Akuntan publik bisa bekerja secara individu maupun bergabung di perusahaan. Pekerjaan utamanya adalah menyiapkan dan menganalisis laporan keuangan. Seperti yang yang sudah terjabarkan di atas, seorang akuntan juga harus memahami regulasi perpajakan dengan baik. Menjadi seorang akuntan bisa bekerja di berbagai bidang industri, kemudian juga harus bisa menyediakan data. Berikut beberapa tugas menjadi seorang akuntan publik, yakni: menyusun laporan keuangan dari perusahaan. Lalu mengimplementasikan sistem laporan yang disesuaikan dengan pusat. Berpartisipasi dalam proses mengembangkan prinsip-prinsip akuntasi yang mendasari pelaporan eksternal. Kemudian mampu membuat laporan keuangan yang sesuai, mengevaluasi hasil kerja dan sebagainya.

2 Akuntasi Privat

Tidak jauh berbeda dengan akuntasi publik, akuntasi privat atau akuntan intern bertugas untuk menyusun semua hal yang berkaitan dengan akuntasi pada perusahaan. Seorang akuntan privat tidak bisa bekerja sendiri, melainkan harus tergabung dalam perusahaan. Tugas seorang akuntan privat ialah menangani masalah perpajakan, melakukan pemeriksaan intern, menyusun laporan keuangan yang ditujukan pihak intern dan ekstern. Kemudian menyusun sistem akuntasi perusahaan dan menyusun anggaran.

3 Account officer

Prospek kerja berikutnya dari lulusan akuntasi adalah menjadi seorang account officer. Account officer atau supervisor bertugas untuk mengurus pembukuan keuangan dan catatan organisasi. Seorang account officer juga bekerja untuk mencatat semua transaksi perusahaan baik pemasukan dan pengeluaran. Tugas lainnya seorang AO adalah membuat faktur perusahaan, memasarkan produk-produk perusahaan kepada calon nasabah potensial. Kemudian memonitoring pembiayaan yang nasabah yang berkaitan untuk memenuhi tugas kewajiban perusahaan. Berikut ini beberapa tugas berikutnya seorang account officer adalah melakukan analisis terhadap debitur yang potensial, mengukur tingkat resiko, membuat laporan, menjaga kredibilitas perusahaan dan lainnya.

4 Financial Analyst

Prospek kerja dari lulusan akuntasi berikutnya yakni menjadi financial analyst. Financial analyst bertugas untuk menjaga stabilitas, profitabilitas pada sebuah perusahaan. Menyajikan analisis keuangan dalam sebuah laporan bentuk rasio kepada pimpinan sebagai acuan untuk mengambil kebijakan perusahaan. FA juga mempelajari konsep investasi kerja seperti: saham, obligasi, komoditas dan lainnya yang berguna untuk membuat keputusan. Selanjutnya seorang financial analyst juga mampu memberikan saran kepada perusahaan mengenai strategi keuangan.

5 Internal Auditor

Perusahaan dalam sektor apapun pasti membutuhkan seorang internal auditor yang bertugas memastikan hasil laporan keuangan perusahaan sesuai dengan aslinya. Bukan hanya itu, internal auditor juga bertugas untuk memastikan seluruh manajemen sudah melakukan usaha secara efisien untuk mengurangi penyimpangan. Prospek kerja akuntasi khusus pekerjaan ini sangat membutuhkan ketelitian untuk menjaga sistem tetap terkendali. Tugas internal lainnya adalah mempersiapkan dan merencanakan rencana kerja audit tahunan. Berikutnya yakni menguji dan mengevaluasi pelaksanaan pengendalian internal dan sistem manajemen risiko. Lalu, membuat laporan audit, menganalisis dan melaporkannya.

Ingin Bekerja di Luar Negeri? Jangan Lupa Urus Keperluan Dokumennya di Mediamaz TS!

Mediamaz merupakan salah satu agensi penyedia layanan jasa translate yang telah terpercaya dan berpengalaman. Apabila kamu membutuhkan jasa translate untuk menyiapkan berbagai dokumen, Mediamaz siap menjadi solusi dari permasalahan mu. Di Mediamaz, kamu dapat menerjemahkan segala bentuk keperluan dokumen penting mu ke dalam berbagai bahasa, seperti Translate Ijazah, Transkip nilai, KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, dan lainnya. Kami juga menyediakan beberapa bahasa, mulai dari Bahasa Inggris, Jepang, Arab, Rusia, Jerman, dan lainnya. Kamu tidak usah ragu. Penerjemah yang ada di Mediamaz ini sudah terjamin kualitasnya. Kami menjamin dokumen yang kamu serahkan akan terjaga kerahasiaannya tidak akan bocor. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi tim kami, atau cek di website resmi Mediamaz dan klik link di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *