Bukan Cuma Diplomat! Ini 5 Prospek Kerja Hubungan Internasional

Bukan Cuma Diplomat! Ini 5 Prospek Kerja Hubungan Internasional

Bukan Cuma Diplomat! Ini 5 Prospek Kerja Hubungan Internasional

Menurut Charles McClelland dan Robert Pfaltzgraff, pengertian hubungan internasional adalah hubungan antara negara dengan negara, negara dengan organisasi internasional, dan negara dengan entitas subnasional (Seperti partai politik). Mempelajari hubungan internasional juga akan menambah pengetahuan tentang isu global untuk meneliti dampaknya terhadap masyarakat. Memiliki peranan yang penting pada tatanan negara, prospek kerja jurusan hubungan internasional di Indonesia menjadi semakin luas dan berkembang.

Adapun untuk rekomendasi universitas di Indonesia dengan jurusan hubungan internasional terbaik adalah Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Airlangga (UNAIR). Tetapi jika Anda tertarik untuk belajar jurusan hubungan internasional di universitas luar negeri berikut rekomendasi terbaiknya, Harvard University, Science Pro University, dan University of Oxford.

Bagi lulusan jurusan hubungan internasional,biasanya pekerjaan yang paling diincar adalah menjadi diplomat, tetapi lebih dari itu berikut adalah 5 prospek pekerjaan terbaik untuk hubungan internasional versi Mediamaz:

1. International Officer

international-officer-freepik

© freepik.com

Kisaran Gaji Pekerjaan: Rp5.000.000,- sampai Rp15.000.000,-

Biasanya seorang international officer akan bekerja di lembaga yang mengurus hubungan kerjasama internasional seperti Kementerian Luar Negeri, Kedutaan Besar, Konsulat, hingga INGO (International Non-Governmental Organization). Adapun, tugasnya adalah untuk menangani permasalahan internasional.

International officer adalah prospek kerja terbaik karena merupakan profesi yang membutuhkan kandidat dengan latar belakang ilmu hubungan internasional. Selanjutnya, berikut adalah kualifikasi untuk bisa menjadi seorang international officer:

  1. Kemampuan diplomasi,
  2. Memiliki pengetahuan akan perkembangan ekonomi dan hukum internasional,
  3. Kaya akan wawasan ilmu politik luar negeri, dan
  4. Kemampuan berbahasa asing yang baik.

2. Content Writer

content-writer-unsplash

© unsplash.com

Kisaran Gaji Pekerjaan: Rp4.000.000,- sampai Rp15.000.000,-

Profesi content writer adalah prospek kerja lulusan hubungan internasional yang paling banyak diminati. Demikian karena pada mahasiswa jurusan hubungan internasional dalam perkuliahannya memiliki kemampuan analytical dan critical thinking, komunikasi, negosiasi, dan kemampuan menulis yang telah terasah.

Adapun, tugas seorang content writer adalah melakukan riset dan menulis konten panjang seperti artikel di platform perusahaan. Dalam dunia digital marketing, peranan content writer sangatlah penting karena menjadi penentu keberhasilan kenaikan traffic pengunjung website.

Selanjutnya untuk bisa menjadi seorang content writer, berikut adalah kualifikasinya:

  1. Mampu melakukan riset dan analisis konten,
  2. Memiliki keahlian menulis,
  3. Bisa mengoperasikan tools digital marketing,
  4. Up-to-date terhadap tren, dan
  5. Paham akan SEO.

BACA JUGA: Cek 5 Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat dan Gajinya!

3. Konsultan Bisnis Internasional

konsultan-bisnis-internasional-unsplash

© unsplash.com

Kisaran Gaji Pekerjaan: Rp5.000.000,- sampai Rp10.000.000,-

Konsultan bisnis internasional memiliki tanggung jawab untuk memberi arahan terkait persoalan dan hubungan perusahaan di pasar internasional. Seorang konsultan bisnis internasional juga memiliki tugas untuk mengurus proyeksi aktivitas perusahaan baik dari bidang manajemen, strategi, hingga sumber daya manusia.

Dengan adanya konsultan bisnis internasional, maka strategi perusahaan akan bisa lebih mudah diatur. Selanjutnya, berikut adalah beberapa kualifikasi yang harus ada pada calon konsultan:

  1. Mengikuti perkembangan isu internasional,
  2. Memiliki pengetahuan akan bisnis dan perdagangan internasional,
  3. Kemampuan public speaking yang baik,
  4. Dapat berkomunikasi dengan bahasa asing, dan
  5. Kemampuan analisa bisnis yang cermat.

4. Staf Ahli

staf-ahli-unsplash

© unsplash.com

Kisaran Gaji Pekerjaan: Rp5.000.000,- sampai Rp10.000.000,-

Seorang staf ahli umumnya bekerja di lembaga pemerintahan daerah. Selanjutnya, profesi staf ahli memiliki tugas untuk memberikan pedoman atau arahan yang menjadi bahan pertimbangan sebelum menentukan strategi.

Untuk menjadi seorang staf ahli, berikut adalah kualifikasinya:

  1. Kemampuan analisa yang baik,
  2. Mampu melakukan riset, dan
  3. Berpikir kritis dalam pemecahan masalah.

BACA JUGA: 5 Prospek Kerja Terbaik di Sektor Agribisnis Indonesia

5. Jurnalis

jurnalis-unsplash

© unsplash.com

Kisaran Gaji Pekerjaan: Rp3.000.000,- sampai Rp15.000.000,-

Menjadi seorang jurnalis berarti mempunyai tanggung jawab pekerjaan untuk menganalisis dan membuat artikel yang isinya melaporkan suatu isu kepada khalayak luas. Adapun alasan kenapa lulusan jurusan hubungan internasional cocok untuk menjadi jurnalis adalah karena mempunyai pengetahuan yang lebih seputar isu diplomatik maupun budaya internasional.

Berikut ini adalah beberapa kualifikasi seorang jurnalis:

  1. Mampu berpikir kritis,
  2. Paham akan ilmu jurnalistik,
  3. Teknik menulis yang baik, dan
  4. Kemampuan komunikasi yang baik.

Sudah Siap Kuliah Jurusan Hubungan Internasional di Universitas Pilihan?

Jika Anda perlu cepat untuk melakukan translasi dan legalisasi dokumen persiapan kuliah di universitas luar negeri, maka Mediamaz Translation Service bisa menjadi solusi andalan.

Karena dengan menggunakan layanan legalisasi kami, dokumen Anda akan bisa memiliki keabsahan di mata hukum internasional dengan cepat. Sehingga, Anda pun dapat langsung menggunakan dokumen yang telah dilegalisir untuk kebutuhan tujuan. Cek informasi terkait layanan kami di website Mediamaz sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.