Galat basis data WordPress: [Table 'medg6566_wp818.wp8e_trustindex_google_reviews' doesn't exist]
SHOW COLUMNS FROM `wp8e_trustindex_google_reviews` LIKE "highlight"

Galat basis data WordPress: [Table 'medg6566_wp818.wp8e_trustindex_google_reviews' doesn't exist]
ALTER TABLE `wp8e_trustindex_google_reviews` ADD highlight VARCHAR(11) NULL AFTER rating

Peluang Luas! Inilah Beberapa Prospek Kerja Sastra Inggris dan Gajinya

Prospek Kerja Sastra Inggris Beserta Gajinya

Prospek Kerja Sastra Inggris Beserta Gajinya

Seperti kita tahu bahwa bahasa Inggris adalah bahasa internasional atau disebut lingua franca. Karena sepertiga populasi dunia memilih untuk menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi. Oleh sebab itu, Prospek kerja sastra inggris terbilang masih sangat luas.

via canva.com

Sastra Inggris merupakan bidang ilmu yang mempelajari Bahasa Inggris dari sisi linguistik dan sastra secara mendalam. Jika  kamu kuliah sastra inggris, kamu akan melakukan banyak kajian terhadap berbagai karya, seperti puisi, prosa, novel drama, maupun film.

Beberapa mata kuliah yang akan kamu temui jika kamu mengambil jurusan sastra inggris, diantaranya Fonetik dan Fonologi Bahasa Inggris, Morfologi Bahasa Inggris, Sintaksis Bahasa Inggris, Semantik Bahasa Inggris, Pengkajian Prosa Inggris, Pengkajian Drama Inggris, Pengkajian Puisi Inggris, Kritik Sastra Inggris, Perkembangan Kebudayaan dan Kesusastraan Inggris, Perkembangan Kebudayaan dan Kesusastraan Amerika, Perkembangan Kebudayaan dan Kesusastraan Australia, Kajian Sastra dan Budaya Inggris Tematis, dan sebagainya. Gelar sarjana yang akan kamu dapatkan setelah menyelesaikan kuliah s1 jurusan sastra Inggris adalah Sarjana Sastra (S.S).

Sekarang mari kita bahas mengenai prospek kerja jurusan sastra inggris dan gajinya :

1. Translator

via unsplash.com

Translator atau Penerjemah adalah satu dari prospek kerja sastra inggris dimana seorang Translator merupakan orang yang menerjemahkan bahasa asing ke bahasa sasaran. Objek penerjemahan seorang translator adalah semua tulisan, seperti dokumen, artikel, buku dsb. Seorang translator bisa menggunakan alat bantu penerjemahan seperti kamus untuk mempermudah penerjemahan.

Seorang Translator saat menerjemahkan harus mempertimbangkan beberapa batasan, termasuk konteks, aturan tata bahasa, konvensi penulisan, idiom, serta hal lain antara kedua bahasa. Translator selalu menghadapi risiko untuk tanpa sengaja menyelipkan gaya bahasa maupun idiom dari bahasa sumber ke dalam bahasa sasaran. Di sisi lain, penyusupan gaya bahasa dan idiom dapat memperkaya bahasa sasaran dengan munculnya kata serapan. Oleh sebab itu seorang Translator ikut terlibat secara signifikan dalam proses pembentukan dan pengembangan bahasa.

Seorang Penerjemah biasanya harus sudah tersertifikasi Nasional Himpunan Penerjemah Indonesia (SNHPI). Pendapatan seorang penerjemah akan beragam mulai dari 4,000,000 hingga 6,000,000 per bulan bergantung jam terbang.

2. Interpreter

via unsplash.com

Sekilas sama dengan Translator, namun ini perbedaan antara Translator dengan Interpreter.

Objek penerjemahan seorang Interpreter biasanya adalah pembicaraan seseorang sedangkan objek penerjemahan seorang Translator adalah tulisan. Seorang Interpreter dituntut memiliki tingkat konsentrasi tinggi, wawasan yang luas dan penguasaan bahasa asing yang bagus karena seorang Interpreter harus bisa menerjemahkan secara langsung tanpa bisa menggunakan alat bantu penerjemahan seperti kamus.

Seorang Interpreter dituntut untuk netral dalam menerjemahkan sebuah pembicaraan serta harus menyampaikan secara tepat dan benar termasuk ide tersirat dari isi pembicaraan.

Dengan  menjadi seorang Interpreter maka kamu menjadi jembatan komunikasi bagi dua orang yang berbincang menggunakan dua bahasa berbeda.

Seorang lulusan sastra memiliki peluang besar  untuk menjadi Interpreter karena Interpreter merupakan satu dari beberapa prospek kerja sastra inggris dan sastra lainnya. Besaran pendapatan seorang Interpreter beragam mulai dari 5,000,000 hingga 7,000,000 per bulan dan bisa berbeda tergantung jam kerja masing-masing orang.

3. Tour guide

via canva.com

Seperti kita tahu, bahwa pengunjung objek wisata di Indonesia ini beragam, ada wisatawan lokal dan ada pula wisatawan mancanegara, oleh karena itu seorang Tour Guide yang menguasai bahasa asing, terutama bahasa Inggris masih banyak dibutuhkan.

Pemandu Wisata atau sering disebut Tour Guide merupakan seseorang yang bertugas memberikan bimbingan, penjelasan dan petunjuk tentang objek wisata serta membantu keperluan wisatawan lainnya.

Secara umum, seseorang yang hendak menjadi seorang Tour Guide di Indonesia disyaratkan untuk memiliki licence yang diterbitkan oleh Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI). Ketentuan ini terutama bagi Tour Guide yang melayani wisatawan asing agar kualitas pribadi seorang Tour Guide selalu mencerminkan ke-Indonesia-an serta menjaga validitas berbagai informasi yang disampaikan kepada wisatawan.

Profesi ini sangat cocok untuk lulusan sastra inggris yang mempunyai hobi jalan-jalan sambil kerja karena Tour Guide merupakan satu dari prospek kerja sastra inggris loh! Pendapatan menjadi seorang Tour Guide sangat bervariatif mulai dari 4,000,000 hingga 7,000,000 per bulan tergantung jam kerja kamu ya!

4. Jurnalis

via canva.com

Sebagai sarjana sastra Inggris menjadi seorang Jurnalis memiliki nilai lebih, kamu bisa saja menjadi seorang jurnalis internasional mengingat bahasa inggris merupakan bahasa internasional.

Seorang Jurnalis memiliki tugas menyampaikan kebenaran, memiliki loyalitas kepada masyarakat, memiliki disiplin untuk melakukan verifikasi, memiliki kemandirian terhadap apa yang diliputnya, memiliki kemampuan untuk memantau kekuasaan, menjadi forum bagi kritik dan kesepakatan publik, menyampaikan sesuatu secara menarik dan relevan kepada publik, dan membuat berita secara komprehensif dan proporsional.

Pendapatan yang akan kamu terima sebagai Jurnalis, berkisar antara 3,000,000 hingga 5,000,000 per bulan tergantung pada jam terbang yang kamu miliki.

5. Editor

via canva.com

Editor atau Penyunting adalah orang yang melakukan pengeditan pada suatu naskah pada buku berita, audio, video, film baik di media cetak, media elektronik, maupun di media baru.

Kerap luput dari kehebatan sebuah buku, berita, audio, video, maupun film, namun kenyataanya seorang Editor merupakan tulang punggung suksesnya industri penerbitan seperti buku, video, film, dll di media cetak.

Sebagai sarjana sastra Inggris kamu bisa menjadi seorang Editor bahasa inggris yang merupakan satu dari beberapa prospek kerja sastra Inggris yang memiliki tugas tugas mencari, memperbaiki dan menerbitkan tulisan yang berkaitan dengan bahasa Inggris.  Tak heran jika kreativitasnya sangat diperlukan untuk memastikan pembaca, penonton, maupun pendengar senang dan nyaman dengan hal yang menyangkut bahasa inggris pada buku, audio, maupun video.

Tugas yang tak kalah penting dari seorang Editor bahasa Inggris adalah memastikan bahwa hanya buku, audio, hingga video yang berkaitan dengan bahasa inggris terbaik saja yang akan diterbitkan. Editor juga memiliki tanggung jawab terhadap keseluruhan fungsi penyuntingan (editing) pada suatu naskah di perusahaan penerbitan maupun media.

Besaran pendapatan yang akan kamu terima sebagai Editor Bahasa inggris, berkisar antara 4,000,000 hingga 6,000,000 per bulan tergantung pada jam terbang yang kamu miliki.

6. Diplomat

via canva.com

Bukan hanya lulusan hubungan internasional saja yang bisa menjadi Diplomat, lulusan sastra Inggris pun bisa menjadi Diplomat karena bahasa merupakan syarat penting dalam menjalankan pekerjaan diplomat. Itulah sebabnya, lulusan Sastra Inggris punya peluang untuk menjalani profesi Diplomat.

Diplomat adalah seseorang yang melakukan diplomasi sebagai perwakilan suatu negara dengan negara-negara lain atau dalam organisasi-organisasi internasional. Syarat menjadi seorang Diplomat tidaklah mudah, kamu perlu mengikuti beberapa seleksi yang kemudian dilanjut dengan Sekolah Dinas Luar Negeri.

Seorang Diplomat akan mendapatkan gaji dengan rentang gaji mulai dari 8,000,000 sampai 10,000,000 per bulan dan akan mendapatkan tunjangan-tunjangan lainnya. Perkiraan gaji diatas bisa saja berbeda tergantung kebijakan pemerintah.

Sudah terbayang akan pekerjaan untuk jurusan sastra Inggris apa setelah kamu lulus dari jurusan Sastra Inggris ? Berbagai prospek kerja dari lulusan sastra Inggris di atas memiliki prospek kerja yang cukup luas, maka dari itu sastra Inggris termasuk salah satu prodi terfavorit yang selalu dibanjiri oleh peminat setiap tahunnya. So, untuk kamu yang mau mengambil kuliah jurusan sastra Inggris, wajib banget nih mempersiapkan diri dari sekarang agar bisa mengalahkan saingan lainnya.

Tertarik melanjutkan studi di luar negeri ?

Kamu berniat berkuliah jurusan sastra inggris langsung di negara dengan bahasa ibunya adalah bahasa Inggris berikut rekomendasi universitas luar negeri dengan jurusan sastra inggris terbaik di dunia ; University of Oxford-Inggris, University of Cambridge-Inggris, Harvard University-Amerika, Georgetown University-Amerika, Yale University-Amerika. Kampus-kampus tersebut juga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa internasional yang bisa kamu cek pada masing-masing websitenya ya.

Ingin cepat menyelesaikan dokumen persiapan untuk kuliah jurusan sastra Inggris di luar negeri ? Gunakan layanan penerjemah bahasa dan legalisasi dokumen dari Mediamaz Translation Service sekarang !

Dokumen persiapan kuliah di luar negeri milik Anda akan bisa diterjemahkan ke dalam bahasa asing dengan cepat dan akurat oleh tim kami. Menjadi layanan one stop solution, jasa legalisasi kami juga akan bisa membantu Anda untuk melegalisir dokumen di lembaga pemerintahan terkait. Sehingga dokumen Anda pun nantinya akan langsung bisa digunakan sebagaimana tujuannya dengan resmi. Yuk, cek selengkapnya di website Mediamaz TS sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.